Trend Baru Situs Berita Dengan Banyak Fungsi Menarik

Trend Baru Situs Berita Dengan Banyak Fungsi Menarik Seperti Marketplace

Trend Baru Situs Berita Dengan Banyak Fungsi Menarik Seperti Marketplace

Website berita seperti detik.com, metro tv, liputan6, kompas dan lainnya dapat lebih menarik bagi para pengunjung situs berita jika diberikan fungsi-fungsi menarik seperti blog, marketplace, jadwal dan booking penerbangan, forum, dan lain sebagainya. Ini dapat menjadi dasar persepsi trend baru situs berita di era Internet of Things yang cepat atau lambat kemungkinanya akan hadir di Indonesia.

Hal tersebut dapat membuat pengunjung web berita tersebut menjadi lebih betah berada dalam website tersebut, karena selain mendapatkan informasi mereka juga dapat berinteraksi dengan pengunjung lainnya, bahkan lebih bagus lagi jika dapat saling berkolaborasi seperti misalnya dengan memberikan pop up text link jika ada kalimat yang akan mengajak pengunjung website untuk berdiskusi seperti di Quora.com.

Sebetulnya, situs berita online merupakan website yang sangat kaya informasi unik atau fresh content bagi search crawler seperti google, sehingga memiliki tingkat popularitas yang sangat tinggi pada mesin pencari. Hal ini dapat lebih dimanfaatkan oleh para situs media berita tersebut, sebagai contoh dengan menghadirkan iklan jual beli, marketplace untuk member blog, forum, dan diskusi.

Sekedar informasi, situs e-commerce seperti situs iklan OLX dan seperti situs marketplace Tokopedia – model konsep bisnis mereka sama seperti situs berita yakni role based subscriber, bedanya terletak pada monetisasi para anggotanya. Tentunya para anggota mau mengeluarkan biaya jika mereka mendapat manfaat biaya juga, dan untuk inilah media berita perlu menempatkan sebuah marketplace sendiri sebagai bisnis sampingan perusahaan.

Yang Perlu Dipertimbangkan oleh Situs Berita

Dalam mengadakan fasilitas market place, para pengelola situs berita perlu mamahami konsep bisnis tersebut secara menyeluruh seperti proses transformasi subscriber ke subscribtion (premium subscriber). Dalam hal ini user experience baik pada situs utama (situs berita) dan sub website marketplace harus dipertimbangkan atau diatur sedemikian rupa untuk mencapai kenyamanan dan kepuasan para subscriber.

Selain itu, situs marketplace yang dapat terus memberikan kepercayaan dan kenyamanan para penggunanya merupakan situs marketplace yang setidaknya paling dapat bertahan. Tidak seperti situs iklan jual beli yang seakan ‘melupakan’ prinsip alami dalam jual beli adalah kepercayaan dan menutup mata terhadap kemungkinan menyebab transaksi fraud dapat terjadi berdasar info dari situs mereka.

Memang pemerintah belum mengatur situs iklan jual beli wajib lapor seluruh transaksi yang di duga fraud, namun dalam hal ini bagi situs berita yang dapat bertindak pro-aktiv yakni dengan mengadakan situs marketplace yang terhubung di dalam situs berita mereka maka dapat membawa perusahaan pada kebaikan financial.

Konektivitas internet di Indonesia juga perlu dipertimbangkan, seiring dengan beragam tipe perangkat yang digunakan. Dalam hal ini layout sebuah marketplace akan berbeda dengan situs berita anda, karena menurut sebuah penelitian bahwa pengguna mobile memiliki karakteristik yang lebih “tidak sabaran” dibanding pengguna desktop/notebook, hal ini menyangkut kecepatan jaringan internet, kelancaran rendering mobile site marketplace, dan tata letak website mobile marketplace.

Pemilihan antara cloud web service dengan investasi perangkat pada colocation center juga menjadi faktor penentu keberhasilan situs website berita tersebut secara keseluruhan, sedangkan marketplace membutuhkan performa kinerja yang lebih tinggi dari situs berita biasa.

Trend Baru Situs Berita Dengan Banyak Fungsi Menarik Seperti Marketplace

Dengan alasan apapun, faktor ekonomis akan mempengaruhi banyak situs berita mulai memberikan beragam fasilitas menarik di website mereka. Dan ini akan menggantikan era situs berita yang terlalu banyak iklan “sekujur tubuh” seperti memandangi seorang yakuza yang penuh tato namun kaya akan informasi.

Trend baru pada situs berita dengan memberikan manfaat lainnya yang banyak selain memberikan informasi akurat dan terpercaya dapat membawa era transformasi digital atau penetrasi digital akan meluas lebih cepat, ini sejalan dengan keinginan pak Jokowi. Oleh karena itu, para top level di perusahaan media mulai harus pro-active dalam dunia digital.

Memang banyak aspek yang perlu dipahami dengan baik pada industri marketplace, namun meskipun begitu hasil yang di tawarkan juga cukup menggiurkan.. katakanlan ratusan milyar rupiah per tahun jika proses yang dijalankan dari awal setup dapat dilaksanakan secara optimal dari waktu ke waktu dan dapat bertindak cepat serta felksibel dalam menghadapi tiap perubahan yang ada.

Penghasilan Ratusan Milyar Terlalu Menggiurkan untuk Dilewati

Kelincahan para team IT dan analisis bisnis di perusahaan anda sangat diperlukan dalam operational situs marketplace. Seperti pemilihan infrastruktur, aspek hukum, strategi bisnis, dan semuanya yang terperinci dalam sebuah business plan yang mana para pengambil keputusan dapat memiliki gambaran apakah team IT dan bisnis analis di perusahaan mereka cukup memadai atau memang diperlukan pihak luar untuk mengelola situs marketplace tersebut jika tidak ingin hilang kesempatan besar dalam meraih penghasilan ratusan milyar tiap tahunnya.

Tentunya dengan tata kelola marketplace yang di handle oleh pihak berpengalaman baik dari dalam perusahaan maupun dari luar perusahaan dapat membuat perusahaan semakin tersenyum sembari mengedip-ngedipkan mata. Dan sebaliknya, jika situs marketplace tersebut tidak di optimalkan maka seperti layaknya kuburan sepi yang tidak berpenghuni, dan ini akan membuat perusahaan seperti mebolak-balikan telapak tangannya karena tidak menyangka akan seperti itu.

Investasi yang dibutuhkan untuk membuat situs marketplace cukup besar, belum lagi kebutuhan biaya untuk mengantarkan sub situs marketplace tersebut pada tingkat subscriber yang tinggi, katakanlah dengan target 1 juta anggota jika di hitung per 1 anggota biaya yang perlu di keluarkan adalah Rp. 5000 maka cukup jelas skala kebutuhan modal sebuah marketplace dan ini belum lagi biaya yang dikeluarkan untuk “mempertahankan” para subscriber agar semakin nyaman dan gembira dalam menggunakan layanan tersebut.

Kunci kesuksesan bisnis pada dasarnya sama, yakni dengan menjalankannya sepenuh hati. Tentunya walau bukan sebagai bisnis utama perusahaan anda, namun tidak ada salahnya menghiasi angka ratusan milyar pada pos pendapatan luar usaha utama. Demikian Trend baru situs berita dengan jalan meningkatkan value added juga dapat meningkatkan pendapatan perusahaan atau bisa juga menjadi mimpi buruk yang mana dapat di hindari jika dari awal telah mendapatkan konsep yang bahkan lebih menarik.

Dan masih banyak lagi fungsi menarik seperti pengisian pulsa memakai saldo deposit di marketplace, pemesanan makanan favorit dari seluruh Indonesia yang diantar oleh Gojek atau kurir online lainnya, peta rumah di jual di Indonesia, dan lain sebagainya yang mana jika tiap-tiap sub website tersebut dikelola dengan baik tentunya dapat mendatangkan ratusan milyar lainnya di laporan keuangan anda. Semoga ide bermanfaat šŸ™‚

by ~ rigenz123

Silahkan berdiskusi..
Software Aplikasi Manajemen Rumah Sakit Terlengkap dan Terbaik
Solusi Manajemen Billing Perusahaan Telekomunikasi

2 Responses so far.

  1. […] Situs berita memiliki kekuatan popularitas di search engine, sistem keanggotan sama pada situs marketplace. Lantas bagaimana memanfaatkan hal tersebut ?  […]

  2. […] pun, sebetulnya fenomena perubahan trend iklan di Indonesia ini dapat diatasi dengan mengadakan situs marketplace atau ecommerce pada website media televisi baik untuk umum, maupun untuk produsen pemasang iklan, atau dengan cara lainnya semisal memberikan […]