OLX di tengah Persaingan E-Commerce Indonesia

olx ditengah kancah persaingan e-commerce indonesiaAktifitas perdagangan melalui internet (e-Commerce) di Indonesia semakin meningkat secara drastis, hal ini di dorong dengan penetrasi pengguna internet aktif di Indonesia yang menembus angka 90 juta pengguna, persaingan e-commerce pun tidak dapat dihindari walau sekedar untuk tetap bertahan.

Sejarah Singkat OLX Indonesia (from our experience as a user)

Merupakan website tempat pasang iklan (online classified ad) yang sudah berumur cukup lama (sekitar 8 tahun), sebelumnya bernama TokoBagus dot Com dan OLX pun juga sudah ada hanya saja masih berdiri terpisah sebelum OLX ‘memberangus’ TokoBagus dot com.

Pada awalnya, sebagai pengguna OLX dan TokoBagus. Kami lebih senang dengan OLX karena popularitas di search engine nya cukup mumpuni, dan disamping itu dulu kita dapat memasang link website sehingga dapat membuat back link ke website.

Persaingan OLX dengan Situs E-Commerce

Saat ini OLX menghadapi persaingan dengan website marketplace seperti Bukapalak.com, Tokopedia.Com, dan juga dengan froum Kaskus yang sedang mencoba menjadi forum e-marketplace.

OLX Lebih Pasif ketimbang Situs E-Commerce dan Forum

Dalam hal ini OLX dengan konsep iklanbaris yang bersifat lebih pasif dari sisi fungsi bagi user, harus banyak menggelontorkan biaya iklan lebih dari yang lain untuk meng-akuisisi pengunjung ke website mereka karena minim sarana untuk berinteraksi antara sesama pengguna. Misal, pengguna yang pasang iklan setelah iklan terpasang mereka tinggalkan website OLX selama berhari-hari sampai ber tahun-tahun, alias dengan mode pasif sembari menuggu ada yang menelpon.

Tingkat Pencarian OLX di Search Engine dan Jumlah Pengunjung

OLX masih menempati rangking nomor 1 untuk frekuensi pencarian di google, seperti pada gambar dibawah ini.frekuensi pencarian di google untuk olx bukalapak tokopedia dan kaskus sebagai cerminan persaingan e-commerce di IndonesiaTentunya OLX tidak hanya di Indonesia, namun jaringan website iklan baris OLX tersedia di banyak negara. Gambar tersebut diatas menjelaskan frekuensi pencarian di Indonesia.

Jumlah Pengunjung dan Jumlah Halaman Yang Dilihat per Hari

Sekarang mari kita lihat perbandingan jumlah pengunjung per hari dari 4 website e-commerce tersebut.jumlah pengunjung olx dan situs marketplace, persaingan e-commerce indonesiaPage Views atau Jumlah Halaman yang Dilihat per pengunjung (unique visitors) pada website OLX Indonesia masih menempati urutan teratas meskipun jumlah pengunjung per bulannya hampir terlampaui oleh BukaLapak.Com yang mana usia websitenya masih lebih muda 2 tahun dari OLX.Co.Id, hal ini mencerminkan bahwa ada usaha keras dari BukaLapak.Com untuk melampaui OLX Indonesia, baik dengan cara iklan di TV yang lebih gencar, iklan di Google Adwords, Iklan di Facebook, perbaikan Onsite SEO juga sepertinya terus dilakukan oleh bukalapak.com, mari kita lihat ScoreCard untuk ke 4 website tersebut.scorecard website ecommerce indonesia dalam persaingan e-commerceOLX Indonesia memiliki page speed tercepat yakni 70 pada perangkat mobile, dan 72 pada perangkat desktop dan ini harusnya dapat di optimalkan lagi. SEO Score OLX cukup tinggi, hampir seperti kaskus dan dengan Page Authority 61 serta Domain Authority 54 sebetulnya ini sudah sangat bagus untuk popularitas di search engine (setidaknya begitulah teorinya, kenyataan bisa lain).

Bukapalak dan Tokopedia masih harus menyesuakan design untuk mobile view mereka, dan juga proses pengambilan keputusan dan pembelian barang secara online, tidak semudah OLX dan sebetulnya untuk user mobile experience jika lambat sedikit dalam mebuka website maka mereka akan langsung menutup browsernya, tentunya dalam hal page speed OLX Indonesia sudah memiliki keunggulan sebagaimana pemilik ponsel pintar di Indoesia 2x lipat sampai 3x lipat dari pengguna internet di Indonesia (1 orang punya 2 sampai 3 handphone/tablet).

OLX Indonesia sangat bergantung dengan aktifitas penyebaran di sosial media, untuk hasil jumlah pengunjung yang sama dengan BukaLapak.. OLX memerlukan hampir 10x lipat aktifitas penyebaran link di sosial media walaupun ini dilakukan oleh para usernya atau tim/partner OLX.

Terlihat pada scorecard diatas, terutama posisi ranking Alexa untuk website Indonesia bahwa BukaLapak.Com telah berhasil melampaui OLX Indonesia dalam urutan website yang paling sering di kunjungi di Indonesia.

Popularitas situs-situs e-Commerce di Search Engine

Ada keterkaitan jumlah pengunjung dengan efektifitas penerapan SEO (onsite dan offsite) pada sebuah website, dengan parameter popularitas di search engine yang dapat dilihat melalui berapa banyak kata kunci yang tampil pada top 100 hasil pencarian di google. Berikut kata kunci dari ke 4 website e-commerce tersebut:

  • OLX Indonesia : 26512 keyword (trendnya jatuh kedasar grafik statistik)
  • Kaskus : 70.018 keyword (trendnya stabil turun)
  • Tokopedia : 44.974 keyword (trendnya stabil naik)
  • BukaLapak : 32.808 keyword (trendnya turun naik, ini mencerminkan sedang ada usaha keras dari Tim Buka Lapak)

Sangat jelas dalam hal pengunjung dari search engine dimana tanpa biaya iklan, OLX Indonesia sedang menghadapi ancaman serius yang hanya dapat dihadapi dengan 2 cara yakni dengan memperbaiki SEO website atau meng-anggarkan biaya iklan lebih besar lagi.

Penghasilan dari Adwords untuk OLX Indonesia memang cukup besar, kami meng-estimasi sekitar hampir Rp. 1 milyar per bulan. Akan tetapi untuk mendapatkan 10 juta pengunjung website per bulan dibutuhkan biaya sekitar 1 milyar juga dengan estimasi biaya per 1000 tayang adalah Rp. 13rb dan Konversi Klik terhadap Iklan yang terlihat (CTR) 1:10.

Model Penghasilan OLX Indonesia lainnya adalah dari fitur iklan premium dan fitur sundul seperti di bukalapak.com, dalam hal ini kami belum dapat meng-estimasi berapa banyak penghasilan dari hal tersebut namun untuk iklan di TV setidaknya membutuhkan biaya milyaran rupiah juga tentunya.

Saran untuk OLX dalam Menghadapi Persaingan e-Commerce di Indonesia

Sebetulnya pengguna internet Indonesia sudah cukup banyak yang sebentar lagi dapat menembus 100 juta pengguna aktif, dan tiap bulan berdasar data diatas ada belasan pengguna internet yang mengunjungi website e-commerce tiap bulannya, setidaknya perlu suatu cara untuk mem-branding ke 100 juta pengguna internet di Indonesia yang notebene akan lebih hemat dari sisi biaya periklanan ketimbang meng-generate pengunjung melalui iklan TV.

Berikut beberapa saluran iklan di Internet untuk OLX Indonesia :

  • Facebook, terdapat 60 juta pengguna aktif di Indonesia. Periklanan di Facebook membutuhkan strategi, dengan penargetan segemen yang di prioritaskan untuk penjual dan pembeli tertentu yang dianalisa terlebih dahulu frekuensi minat dan pencariannya terhadap sesuatu, tentu dapat lebih efektif dan efisien dalam mendatangkan pengunjung serta menambah subscriber.
  • Iklan di jaringan Google, dalam hal ini iklan di search engine tidak perlu dilakukan untuk semua grup kata kunci.. cukup sebar di kata kunci yang memang memiliki frekuensi pencarian tinggi dan tingkat persaingan rendah.
  • Iklan di Twitter dan LinkedIn, di kedua sosial media ini sebetulnya OLX Indonesia dapat lebih mengarahkan kepada branding suatu produk, semisal OLX sedang mengadakan kerjasama Branding dengan produk Coklat, Mobil, Rumah dan lainnya.. maka OLX dapat mengadakan kuis hadiah di Twitter dan juga iklan di LinkedIn sebagaimana segmen LinkedIn adalah menengah keatas dan tiwtter adalah menengah.

Iklan Text, Iklan Gambar dan Iklan Video di Internet

Mana yang lebih baik ? berikut kami berikan gambaran secara umum dalam mengatasi persaingan e-commerce di Indonesia bagi situs-situs besar tersebut.

  • Iklan Teks, banyak mata yang sudah lelah seharian baca post stats FB dan Twitter, sehingga iklan teks kemungkinan terlewati begitu saja kecuali menarik, menghibur dan ter-target ke orang yang memang sedang membutuhkan informasi yang ada pada iklan tersebut.
  • Iklan Gambar, tentunya dibanding iklan teks jauh lebih menarik dan mudah dilihat serta gampang ditangkap dengan cepat informasi yang disampaikan. Apalagi jika isi gambarnya Obral, Gebyar, Diskon dengan design angka persen yang lucu atau menarik serta barang yang dipasang sesuai dengan target audience.
  • Iklan Video, inilah iklan yang paling efektif dapat menggantikan fungsi dari Iklan di TV serta dapat di ukur efektifitasnya. Secara umum hampir sama dengan iklan di TV, sebagai sarana Branding yang ‘menghipnotis’ alam pikiran para pemirsanya. Tentunya dengan visualisasi dan musik yang menyenangkan dan lebih suka di ingat di benak tiap pemirsa menjadi tolak ukur efektifitas iklan video ini, tidak semua iklan video atau iklan TV dapat efektif.. hanya yang mendatangkan suasana positif bagi seluruh kalangan baik bagi penjual maupun pembeli yang dapat lebih ‘mengena’ dan ‘tertanam’ di benak mereka.

Contoh Kasus Iklan TV / Video Perusahaan e-Commerce di Indonesia

Sebagai contoh kasus iklan TV atau iklan video yang kurang efektif, BukaLapak.Com sering menampilkan iklan yang heboh dan sebetulnya kurang lucu serta mengandung sisi negatif, baik iklan yang menampilkan pria memakai celana pendek diatas lutut dimana myaoritas penduduk Indonesia adalah muslim dan mengerti batasan aurat untuk pria atau untuk para pedagang batu akik yang di asosiasikan bahwa batu akik seperti permen kecuali beli di bukalapak, ini benar-benar dapat menjadi bumerang terhadap biaya iklan yang sudah di gelontorkan alih-alih ‘memaksa’ pendekatan supaya seluruh penjual batu akik masuk ke bukalapak untuk berjualan, malah terlihat banyak penjual batu akik yang menjual barang setinggi-tingginya dan pada akhirnya membawa dampak pada pasar batu akik itu sendiri dan akhirnya BukaLapak dapat berkemungkinan kehilangan pengunjung cukup signifikan karena hal itu, tentunya ini bukan cara yang bijak dalam menghadapi persaingan e-commerce dengan situs lainnya.

Seharusnya bukalapak dapat saja membuat iklan batu akik yang bagus dan memberikan sedikit hiburan dengan menanamkan persepsi daya tarik keindahan batu akik bagi para pemakainya seperti iklan parfum axe. Disini OLX memiliki kesempatan lebih bagus dalam menghadapi persaingan e-commerce namun harus dilakukan secara cepat dan tepat.. sebaiknya segera hubungi production house anda untuk membuat iklan tersebut.. mumpung pencarian batu akik di google masih tersisa 960.000 kali pencarian per bulan.

Update 28 Mey 2016: Bukalapak telah melakukan perubahan iklan yang lebih inspiratif dan menarik per 19 Mei 2016.

Persaingan e-commerce memang dapat membawa keputusan dalam kondisi tergesa-gesa untuk melampaui marketplace yang lain, karena penaman modal dalam industri e-commerce ini cukup besar sampai triliunan rupiah seperti yang dilakukan softbank ke tokopedia (100 juta dolar, atau sekitar 1.3 triliun)

Beda dengan yang dilakukan tokopedia saat batu akik sedang booming di awal tahun 2015 sampai pertengahan 2015, mereka mengundang para pedagang batu akik ke kantor mereka dan mengeluarkan biaya “Aqua Gelas” sehingga pengguna batu akik banyak memasang iklan dan cukup merasa di hargai, sehingga mereka banyak juga yang menjadi gold merchant di tokopedia. Dan suasana tingkat persaingan harga batu akik cukup alami sehingga loyalitas pengunjung dari sisi peminat batu akik cukup tinggi untuk di website tokopedia walaupun secara popularitas search engine dan SEO tokopedia masih dibawah Bukalapak.

Iklan Video OLX

Berikut adalah salah satu contoh iklan video olx di youtube yang cukup impresif untuk segement tertentu yang lebih berpotensi dalam hal membeli.

Demikian dalam era persaingan e-commerce Indonesia, membuat iklan yang heboh atau kontrovoersial hanya untuk mendapatkan viral hanya efektif sementara waktu, dan selanjutnya akan kehilangan jumlah pengunjungnya.

Iklan TV atau Iklan Video adalah suatu hal yang lebih psiko-informatif, artinya iklan yang menghibur harus tetap pada konteks positif. Dalam hal ini kami melihat iklan OLX masih dalam batasan tersebut hanya saja penempatannya sudah tidak up-to-date.

OLX Indonesia dapat membuat video iklan sebagai berikut:

Untuk mengatasi persaingan e-commerce, tidak selalu harus terpaku pada sumber kekuatan modal. Kreatifitas dalam menentukan langkah strategis dapat lebih baik dilakukan menyikapi persaingan e-commerce.

  • Edukasi daur ulang dan cara berhemat
  • Edukasi entrepreneur / wirausaha
  • Edukasi fitur
  • Sosialisasi program marketing dan branding

Dan jumlah iklan yang disebar sebaiknya banyak variasinya, dengan setahun 365 hari cukup per iklan video untuk per 2 minggu tayang di seluruh saluran internet, ini untuk menjaga kebosanan dan strategi efektifitas untuk strong-call-to-action agar mendapat subscriber yang lebih banyak lagi, semisal iklan yang menayangkan pemandangan dan setelah itu di tengah atau di akhir iklan baru ada informasi OLX dan iklan seperti ini baiknya 1 sampai 2 minggu saja dengan tiap TVC “di dorong” dengan iklan sponsor di Youtube, Facebook dan Twitter.

Penyesuaian yang dapat dilakukan di Website OLX Indonesia:

seo score OLX sudah cukup untuk menghadapi persaingan e-commerce di Indonesia

SEO score OLX sudah cukup untuk menghadapi persaingan e-commerce di Indonesia, hanya perlu sedikit penyesuaian lagi yang harus dilakukan.

Untuk tujuan meningkatkan organic keyword agar semakin banyak pengunjung dari search engine secara gratis, OLX Indonesia perlu melakukan penyesuaian untuk meningkatkan SEO Score, sebagai berikut:

  • Penggunaan H2 pada tiap halaman website (high priority fix)
  • Image Alt, Sitemap, dan penggunaan SSL (medium priority fix, akan tetapi ini sudah dilakukan bukalapak dan tokopedia karena website dengan https lebih di prioritaskan oleh algoritma google).
  • Inline CSS Test, Microdata Schema Test, Canonical Tag (low priority)

Sehingga persaingan e-commerce dapat berpihak lebih baik lagi bagi OLX dari peningkatan popularitas search engine dan juga dapat menghemat biaya iklan.

Tulang Punggung OLX Indonesia

Sangat penting untuk mempertimbangkan penggunaan layanan colocation server di data center yang memiliki uptime diatas 99.9% (Certified Tier 3 Data Center) yang berlokasi di Indonesia, dan juga yang telco-friendly atau neutral network carrier sehingga website OLX Indonesia selalu dapat diakses selama 365 hari, karena data center yang sudah tersertifikasi juga sangat direkomendasikan untuk hal back up system dan data penting seperti data user dan lainnya.

Silahkan baca juga kerugian akibat down time serta keuntungan menggunakan colocation server yang dapat diandalkan 24/7 x 365. Oleh karena itu sangat disarankan untuk para situs market place di Indonesia melakukan colocation server di data center Indonesia agar dapat meningkatkan kelancaran aksesibilitas website anda.

Kesimpulan:

Posisi persaingan e-Commerce OLX Indonesia masih menempati hal tertinggi dibanding 3 situs e-commerce lainnya, namun OLX Indonesia memerlukan penyesuaian untuk mendatangkan pengunjung dari search engine dan dari sosial media. Hal ini dapat dilakukan dengan meningkatkan kualitas interaksi antara pengguna, On Site SEO dan juga iklan Video yang menarik, menghibur, menghipnotis secara positif, serta menyesuaikan strategi penempatan iklan di sistus-situs sosial media dan search engine.

OLX adalah situs online di Internet, ibaratnya seperti memindahkan ikan di laut untuk berenang di danau.. jika memasang iklan di TV. tentu perlu biaya lebih besar.. ketimbang mengolah iklan di danau secara langsung untuk hal tertentu šŸ˜‰

Untuk commercial ads yang sudah pernah dibuat, kami melihat bahwa iklan TV yang diproduksi oleh team OLX sudah memenuhi syarat psiko-informatif, sehingga OLX Indonesia dapat terus memproduksi iklan visual tersebut dengan pihak yang sama, sebab jika ganti produser iklan maka berubah lagi nuansa positif yang sudah ada di benak pengguna, hanya saja penempatannya harus di ‘kolam’ yang tepat untuk meningkatkan efektivitas dan menurunkan biaya iklan serta dapat mengukur biaya yang dikeluarkan terhadap jumlah audience serta subscriber.

Dan masih banyak cara lainnya seperti menggalang seluruh toko online untuk berjualan di OLX dengan memberikan mereka sebuah “badge” diatas “verified” dengan sebuah modul gateway yang terintegrasi ke platform toko online mereka. Semoga bermanfaat untuk menghadapi era persaingan e-commerce yang semakin ganas..

Silahkan berdiskusi..
10 Data Center Terbesar di Dunia
3 Software Manajemen Proyek dan Kolaborasi Online

One Response so far.

  1. […] OLX menghadapi era persaingan e-commerce yang cukup berat, namun hingga saat ini OLX masih cukup bagus untuk iklan produk barang yang akan di jual, terutama […]