Peluang Jasa Cloud Storage Masih Terbuka Lebar di Indonesia

Indonesia dengan pengguna internet yang mencap 130 juta orang, dan sedang mengalami revolusi digital tentunya membuka peluang besar bagi penyedia jasa cloud storage. Jasa cloud storage merupakan fasilitas penyimpanan yang dapat diakses melalui internet. Anda tidak perlu beli harddisk lagi. Lantas, seberapa besar peluang jasa cloud storage di indonesia ?

peluang jasa clous storage di indonesia

Skala Peluang Jasa Cloud Storage di Indonesia

Pertama yang perlu kita pahami adalah segmentasi pasar untuk jasa cloud storage di Indonesia. Beberapa tahun yang lalu, cloud merupakan teknologi yang menggemparkan dunia usaha. Banyak perusahaan mulai beralih ke cloud, namun pada titik tertentu mereka mulai mengevaluasi ulang hal tersebut.

Cloud pada titik tertentu akan sangat bagus, namun untuk infrastruktur operasional IT skala besar akan lebih mahal ketimbang menggunakan infrastruktur fisik. Contohnya, DropBox sebagai penyedia layanan cloud storage, mulai mengalihkan infrastruktur mereka ke data center fisik yang tersebar di beberapa wilayah.

Oleh karena itu, segmen yang tepat untuk produk layanan cloud storage adalah perusahaan startup dan bisnis UMKM. Mereka dapat terhindar dari keperluan membeli perangkat hardware dan software. Ketika bisnis startup UMKM tersebut mulai stabil, langkah yang di ambil oleh DropBox akan mereka ikuti. Berikut penjelasan pangsa pasar layanan cloud storage tersebut:

Perusahaan startup. Seperti provider aplikasi mobile seperti aplikasi fintech.
Bisnis UMKM. Mulai dari bisnis rumahan hingga perusahaan menengah seperti pabrik kecil, percetakan, dan usaha menengah lainnya.

Layanan penyimpanan cloud juga bahkan dapat ditawarkan untuk individu. Semisal untuk para C-Level dan profesional. Tentunya layanan tersebut harus memiliki nilai khusus yang fungsi atau manfaatnya dapat diterima banyak orang.

Meskipun begitu, peluang pasar layanan penyimpanan cloud tetap terbuka luas. Kreativitas dan kualitas aplikasi sebagai medium akan menjadi faktor penentu utama layanan tersebut. Dengan metode kerja DevOps dan teknologi otomatisasi hingga orkestrasi IT, hal tersebut dapat dicapai.

Cara Pemasaran Jasa Cloud Storage

Anda dapat menggunakan jasa SEO ataupun digital marketing untuk memasarkan jasa cloud storage. Disamping itu, anda juga dapat bekerjasama dengan beberapa pedagang eksternal harddisk.

Anda juga dapat bekerjasama dengan distributor ponsel dan operator telepon seluler. Karena pada dasarnya, ponsel Android dan IoS tidak memiliki ruang penyimpanan diatas 1TB. Dengan pengemasan produk (bundling) dan konsep Freemium pada aplikasi yang dapat selalu diandalkan oleh pengguna, tentunya akan lebih berpotensi dalam keberhasilan pemasaran produk penyimpanan cloud tersebut.

Konsep Freemium tersebut dapat juga di tawarkan secara publik melalui sebuah website resmi yang dapat digunakan untuk administrasi pendaftaran berlangganan dan pembayaran. Potensi pengganti Micro SD dimana tingkat mobilitas semakin tinggi dapat menjadi sebuah tambang emas.

Produk ini dapat dikemas menjadi gratis 1 bulan untuk 1 TB dan jika ingin dilanjutkan akan berbayar sekian, dan jika tidak tetap akan mendapatkan ruang penyimpanan gratis namun dengan fungsi terbatas. Sehingga, “change plan” akan selalu ditemui di benak target segment.

Program digital marketing harus dijalankan dengan strategi yang terukur pencapaiannya. Pada awalnya, anda akan memerlukan untuk melakukan pengujian terhadap beberapa segment, dan pada akhirnya penetapan target segment untuk iklan serta saluran digital yang efektif akan menjadi program digital marketing secara keseluruhan.

Penyebaran informasi merupakan faktor utama dalam pemasaran jasa cloud storage, baik untuk B2B maupun B2C. Selanjutnya, kualitas aplikasi / antarmuka dan kelancaran akan menjadi faktor penentu untuk mempertahankan pelanggan dan mendapat promosi gratis hasil referensi dari para pengguna yang puas.

Dengan demikian, pengalaman pelanggan merupakan cara pemasaran produk penyimpanan cloud yang paling utama. Selanjutnya, secara reguler akan dijalankan program digital marketing yang sudah terukur efektifitasnya.

Semoga artikel mengenai peluang jasa cloud storage ini dapat bermanfaat.. silahkan baca juga mengenai beberapa jenis layanan cloud storage.

Silahkan berdiskusi..
Mengenal Jenis Layanan Cloud Storage untuk Bisnis UMKM

One Response so far.

  1. […] data center, tentunya sudah saatnya sekarang berinovasi untuk dapat memenuhi kebutuhan bisnis UKM. Peluang usaha layanan cloud storage terbuka luas tidak hanya sebatas untuk usaha kecil dan menengah saja, bahkan layanan ini dapat ditujukan untuk […]

You must be logged in to post a comment.