Perusahaan dengan banyak cabang atau dengan wilayah operasi yang terpisah dimana banyak terdapat aset penting untuk di pantau, akan lebih efisien jika menggunakan solusi asset tracker atau IoT Asset Tracking.

Ratusan dan bahkan ribuan asset yang tadinya tidak dapat Anda pantau, kini semakin mudah untuk melacak keberadaannya. Penyedia solusi asset tracker telah banyak hadir di Indonesia. Jika Anda mencari di Google “penyedia solusi asset tracking” mungkin Anda akan menemukan salah satunya.

Lantas, bagaimana IoT Asset Tracker ini dapat meningkatkan efisiensi bisnis?

Efisiensi Bisnis Meningkat Jika Anda Menggunakan Solusi Asset Tracker

Sekarang ini kita telah memasuki era internet of Things, yang mana teknologi digital dapat memberikan solusi pada berbagai cara kita melakukan sesuatu. Sebagai contoh, berbagai manfaat IoT Tracker mulai hadir di Indonesia melalui para penyedia jasa solusi asset tracking.

Sebelum adanya solusi asset tracker ini, banyak perusahaan hanya mengandalkan laporan manual dari cabang atau dari wilayah tempat aset berada. Selain memakan waktu, kurang akurat, dan butuh biaya untuk inspeksi aset saat melakukan audit perusahaan.

Kini, bisnis dapat menghubungkan aset-aset tersebut dengan perangkat IoT, baik pada aset bergerak maupun pada aset tak bergerak. Monitoring dapat Anda lakukan dari mana saja dan kapan saja secara real-time. Ini artinya dapat meningkatkan efisiensi waktu, tenaga dan biaya.secara signifikan.

Tidak hanya sampai disitu, perusahaan Anda juga dapat memantau penggunaan bahan bakar, suku cadang kendaraan dan sebagainya dengan bantuan IoT Tracker. Anda cukup mencari perusahaan penyedia jasa solusi IoT yang dapat mengimplementasikan hal tersebut, salah satunya adalah Data Cakra.

Bahkan, dengan bantuan IoT – Data Cakra dapat membuat sistem pemantauan mesin, seperti genset pada tower operator seluler atau pada instalasi pabrik. Demikian untuk mengendalikan alat dari jarak jauh, ada alat IoT khusus yang dapat Anda gunakan.

Dengan pelacakan Aset jarak jauh, Anda bisa mendapatkan informasi rutin terhadap pemeliharaan aset dan masa pakai aset. Cara ini akan mencegah pemborosan dan risiko down time pada operasional bisnis Anda. Dari sini saja, efisiensi sudah sangat banyak dihasilkan bukan? ingat, down time 1 jam saja dapat merugikan bisnis Anda milyaran rupiah.

Mari kita lihat lebih dekat banyak manfaat pelacakan aset untuk bisnis apa pun, yang tidak dapat diabaikan begitu saja:

1. Menghilangkan Biaya yang Tidak Perlu

Solusi asset tracker membantu Anda menghilangkan kebutuhan karyawan untuk melacak aset secara manual. Dengan pengelolaan aset yang tepat, biaya administrasi bisnis Anda akan semakin turun.

Cukup membantu, bukan? Belum lagi pelacakan manual hanya menghasilkan lebih banyak kesalahan manusia, yang berarti kehilangan aset. Dan tidak ada yang menginginkan itu. Anda juga dapat mengurangi waktu administrasi dan fokus pada lebih banyak tugas yang menghasilkan pendapatan.

Selain biaya administrasi, biaya perbaikan dan pemeliharaan juga dapat dihindari. Sangat penting untuk melacak siklus hidup aset Anda karena ketika Anda memiliki berbagai informasi tentang sesuatu, seperti kapan belinya, seberapa sering digunakan dan dirawat, Anda memiliki kemungkinan untuk merencanakan penggantiannya dengan tepat waktu.

2. Mencegah Kerugian

Dalam proses menjalankan operasi bisnis sehari-hari, terkadang karyawan salah menaruhkan aset penting. Ketika segala sesuatunya menjadi terlalu sibuk, sering terjadi bahwa mereka tidak memperhatikan detail seperti itu.

Peralatan, laptop, dan barang-barang lainnya yang dipindahkan berkali-kali dari satu tempat ke tempat lain mungkin tidak selalu terdaftar dengan benar, akibatnya, membutuhkan waktu terlalu lama untuk menemukannya. Dan itu berarti Anda mungkin akhirnya membeli barang yang sama lagi, sehingga Anda memiliki biaya tambahan yang dapat dihindari.

Selain itu, kerugian akibat kehilangan aset bukanlah sesuatu yang Anda inginkan untuk perusahaan Anda.

Ketika tag pelacakan aset dilampirkan ke item barang, sebagai pemilik bisnis Anda dapat mengawasi lebih dekat setiap aset bisnis Anda.

3. Meningkatkan Efisiensi, Produktivitas, dan Akurasi

Solusi asset tracking dan manajemen aset memberikan data dan wawasan yang berguna tentang kinerja kantor, penyimpanan, atau ruang perusahaan Anda.

Ini bermanfaat bagi bisnis Anda karena Anda dapat membangun struktur yang lebih baik untuk ruang fisiknya dan Anda dapat mengidentifikasi cara baru yang lebih efisien untuk menggunakan aset. Jadi cukup jelas bahwa Anda akan menghemat uang dalam jangka panjang. Dan siapa yang tidak menginginkan itu?

Pelacakan aset juga akan membantu Anda mengantisipasi kebutuhan aset bisnis Anda (misalnya pemeliharaan).

Selain meningkatkan efisiensi dan organisasi, sistem pelacakan aset juga akan meningkatkan akurasi dan produktivitas. Anda akan memahami dengan tepat di mana aset tersebut berada dan bagaimana aset tersebut digunakan. Tidak perlu lagi menebak dan berasumsi, Anda akan memiliki semua fakta yang Anda butuhkan untuk membuat keputusan bisnis terbaik di ujung jari Anda.

Bayangkan setiap kita harus cari aset yang salah tempat, menunggu atau melacak aset secara manual. dapat menghabiskan waktu yang sangat berharga. Waktu adalah uang, solusi asset tracker dalam hal ini meningkatkan efisiensi bisnis Anda bukan?

4. Meningkatkan pengalaman dan layanan pelanggan

Layanan pelanggan yang baik sama dengan klien yang bahagia. Pelanggan mengharapkan pengembalian investasi yang layak ketika mereka memilih bisnis Anda. Setiap kali Anda meningkatkan sesuatu untuk bisnis Anda, apakah itu inventaris yang dilakukan dengan baik atau operasi yang sempurna, hasilnya adalah kepuasan pelanggan yang lebih besar.

Menemukan aset dengan mudah dan cepat sangat penting bagi kemampuan bisnis Anda untuk responsif terhadap pelanggan. Jadi dengan pelacakan aset yang ditingkatkan, datanglah layanan yang luar biasa. Anda memiliki kendali besar atas aset Anda. Anda tahu siapa yang menggunakannya dan untuk tujuan apa. Bagian terbaik? Sumber daya Anda tidak terbuang sia-sia.

Jika Anda memberi pelanggan layanan yang memuaskan, Anda akan menerima rekomendasi dari pelanggan yang puas, yang berarti lebih banyak penghasilan untuk bisnis Anda. Layanan pelanggan yang lebih baik juga akan memberikan pemasaran dari mulut ke mulut yang kuat dan akan mempertahankan pelanggan Anda saat ini.

5. Memastikan ketenangan pikiran

Terakhir, menggunakan solusi asset tracking memberi Anda ketenangan pikiran. Sekarang ini adalah sesuatu yang kita semua harus tuju. Dalam dunia bisnis saat ini di mana segala sesuatu bergerak dengan kecepatan yang sangat cepat dan ada banyak tekanan, ketenangan pikiran akan seperti menghirup udara yang sangat segar.

Anda akan merasakan ketenangan pikiran jika bisnis Anda telah mencapai akurasi dan efisiensi maksimum. Ini mungkin salah satu manfaat yang paling diinginkan dari solusi asset tracker.

Dengan menggunakan tag pelacakan aset untuk aset fisik Anda, Anda akan melihat peningkatan dalam cara bisnis Anda dijalankan. Lebih dari itu, Anda dapat percaya bahwa klien Anda tidak akan menyerah pada Anda karena mereka mendapatkan apa yang mereka inginkan: laba atas investasi yang positif.

Jadi, jika perusahaan ingin menggunakan asetnya dengan kapasitas penuh dan efisien, Anda harus mau berinvestasi dalam pelacakan aset. Dan dengan melakukan ini, sebagai pemilik bisnis akan membuat langkah yang cukup besar dalam mengoptimalkan alur kerja, meningkatkan kontrol inventaris, dan meningkatkan kinerja secara keseluruhan.

Menerapkan Manajemen Aset untuk Efisiensi Bisnis

Dengan proses yang mapan, Anda dapat meningkatkan operasi bisnis dan produktivitas secara keseluruhan di organisasi Anda. Karena proses manajemen aset yang efektif dapat membantu organisasi memantau dan mengelola aset mereka dengan pendekatan yang sistematis.

Selanjutnya, organisasi dapat meningkatkan laba atas investasi. Mari kita bahas beberapa praktik terbaik untuk manajemen aset.

Temukan aset TI Anda secara global

Dari perspektif yang lebih luas, temukan aset Anda secara geografis. Meskipun ini adalah tugas yang sulit untuk dilakukan secara manual, Anda dapat menggunakan alat Manajemen Aset TI (ITAM) yang dapat dengan mudah melacak lokasi aset Anda di seluruh cabang.

Ini sangat bermanfaat ketika sebuah perusahaan beroperasi di banyak kota. Ini dapat membantu menjaga inventaris dengan lebih baik, dan memberi tahu aset mana yang selalu tersedia. Juga, ini akan membantu Anda mengetahui di mana Anda dapat mengalokasikannya.

Kelola siklus hidup aset

Melacak semua aset yang terkait dengan bisnis Anda sangat penting. Jadi, manajemen aset juga memantau siklus hidup lengkap aset bisnis Anda. Ini termasuk permintaan aset baru, persetujuan untuk itu, pembelian, akuisisi, penyediaan, penggunaan kembali aset, dan penghapusan produk atau sistem usang.

Strategi manajemen aset yang efektif dapat membantu menetapkan prosedur yang tepat untuk kelancaran fungsi operasi bisnis. Mengelola setiap bagian dari siklus hidup aset dapat membantu bisnis dengan menyediakan layanan berkualitas dengan sumber daya yang kompeten dan memberi mereka informasi untuk membuat keputusan yang tepat.

Pelajari sumber daya Anda

Lingkungan TI suatu organisasi harus memiliki kejelasan tentang aset apa, apakah perangkat keras atau perangkat lunak, yang dialokasikan untuk sumber daya mana. Hal ini memungkinkan administrator untuk memantau aset dengan cermat ketika mereka membutuhkan pemeliharaan, peningkatan, atau penggantian.

Jenis pendekatan proaktif ini benar-benar meningkatkan nilai umur pakai suatu aset dan membantu memantau biaya real-time per aset.

Selain itu, ini juga merupakan ukuran keamanan yang bagus ketika seorang karyawan keluar dari organisasi. Admin akan mengetahui dengan tepat apa yang dapat diakses oleh karyawan tersebut dan dapat menyimpan perangkat lunak pada sistem dan menggunakan kembali perangkat keras tersebut.

Periksa akuntabilitas

Dalam banyak kasus, beberapa organisasi memberikan perangkat kepada karyawan mereka. Ini dapat berupa laptop atau hard drive dan penyimpanan eksternal atau ponsel. Jadi, strategi manajemen aset membangun program semacam itu untuk menangkap semua fase mulai dari alokasi hingga pengembalian dan perbaikan jika diperlukan.

Sistem akan melacak semua perangkat yang diperoleh karyawan dan kapan perangkat tersebut akan diterima atau ditingkatkan. Jelas, ini memastikan akuntabilitas karyawan dan karenanya membantu meminimalkan risiko keamanan apa pun.

Selain itu, ini juga membantu admin untuk mempertahankan kontrol atas semua perangkat. Karena itu adalah tanggung jawab mereka untuk alokasi perangkat dan menjaganya tetap aman. Alat atau perangkat lunak ITAM (IT Asset Mangement) yang dikembangkan oleh sebuah startup di Jakarta bernama Data Cakra dapat membantu merampingkan proses dan memantau semua fase untuk pembelian, distribusi, pemeliharaan, peningkatan, dan perbaikan.

Otomatisasi proses

Program manajemen aset yang efektif membantu Anda membangun proses otomatisasi dalam operasi Anda. Ini akan memfasilitasi proses yang mulus dan otomatis dengan tag aset, alat khusus, dan perangkat lunak.

Setiap tag aset memiliki informasi yang akurat sehingga program dapat membacanya dan secara virtual menghilangkan kesalahan karena entri catatan secara manual. Ini mendorong Anda untuk fokus pada pengelolaan mikro setiap langkah dan mengawasi proses yang disederhanakan.

Selain itu, Anda dapat menyesuaikan program untuk menjalankan proses yang unik untuk bisnis Anda. Misal, pada sebuah industri, Anda dapat mengontrol pemakaian listrik pabrik dengan perangkat IoT yang juga digunakan sebagai asset tracker.

Bagaimana ini semua dapat bermanfaat untuk Bisnis Anda?

Jika Anda menerapkan dan menangani manajemen aset dengan benar, Anda pasti akan mendapatkan manfaatnya. Anda dapat melihat peningkatan efisiensi dan produktivitas.

Secara khusus, manajemen aset yang tepat bermanfaat untuk penghematan pajak yang substansial dan pengembangan keuangan. Apapun, manajemen aset yang tepat membantu perusahaan untuk profitabilitas yang lebih besar dan pada saat yang sama meningkatkan pelacakan aset dan prosedur persediaan.

Jika Anda mencari solusi manajemen aset yang sempurna, maka gunakan penyedia solusi asset tracker yang akan membantu bisnis Anda untuk mengelola seluruh aset TI Anda dan pada saat yang sama, memperpanjang masa pakainya sehingga dapat beroperasi secara ekonomis dan efisien.

Semoga proses transformasi digital di perusahaan Anda dapat berjalan mulus dan bisnis Anda semakin efisien sehingga dapat lebih kuat dalam menghadapi faktor ektsternal yang cukup dinamis akhir-akhir ini.

Terimakasih telah membaca hingga tuntas, jangan lupa jika Anda ingin merenovasi website jadul perusahaan Anda, silahkan hubungi kami.

Jasa Search Engine Marketing Profesional untuk Perusahaan

Pin It on Pinterest

Share This