Seperti kita ketahui, otomasi industri membawa kecepatan dan efisiensi pada seluruh bidang industri. Sistem kontrol pneumatic sangat dibutuhkan dalam otomatisasi industri. Demikian otomasi pada sistem kontrol pneumatik juga sangat diperlukan, seperti umur pakai elemen-elemen yang digunakan pada sistem pneumatic.

Seperti Apa Sistem Kontrol Pneumatic untuk Otomasi Industri?

Saat Revolusi Industri Keempat, atau Industri 4.0, mulai mencengkeram, Industrial Internet of Things (IIoT) terus bergerak maju. Revolusi industri 4.0 menuntut rekayasa yang berbeda dan akurat dengan perangkat keras yang andal dan berkinerja tinggi. Perangkat keras yang tepat yang menyediakan akumulasi data yang akurat, dikombinasikan dengan perangkat lunak komputasi awan, menghasilkan analisis data yang dapat mengubah wajah operasi industri.

Momentum IIoT dan analitik prediktif yang disediakannya sedang dibangun tanpa tanda-tanda melambat. Faktanya, ada alasan untuk percaya bahwa inovasi akan terus mendapatkan momentum karena Industri 4.0 menghasilkan produk dan komponen yang lebih banyak dan lebih baik.

Produk dan kontrol pneumatik adalah bagian dari momentum itu dan terus menambah otomatisasi dan kontrol yang lebih baik dan lebih cerdas. Standar protokol baru dan terbuka yang digunakan untuk mengonfigurasi komunikasi serial point-to-point yang cerdas dan efektif – dan jelas bahwa generasi baru IIoT sedang muncul.

Pabrik pintar telah benar-benar hadir

Karakteristik yang kokoh dan tahan lama dari sistem kontrol pneumatik saat ini lebih pintar dari sebelumnya, dan bekerja bersama-sama dengan pengontrol digital, sensor, dan komponen lainnya. Pneumatik memberikan daya di mana diperlukan, dan ideal untuk lingkungan dan sistem kontrol yang membutuhkan daya tahan.

Aktuator, katup, dan persiapan udara adalah tiga kategori utama pneumatik yang biasa diterapkan dalam otomasi industri modern. Jenis aktuator bervariasi, dan mana yang dipilih akan sangat mempengaruhi cara penerapannya.

Pilihannya termasuk:

  • gaya piston
  • aksi tunggal dan ganda atau putar
  • baling-baling dan rack-n-pinion, tanpa batang
  • digabungkan dan diikat secara magnetis,
  • gripper
  • paralel, miring, radial dan tiga titik, dan otot fluidic.

Katup industri adalah otak dari sistem pneumatik.

Output dari komponen ini menentukan kapan dan bagaimana pergerakan silinder terjadi. Katup industri digerakkan dalam banyak cara: solenoid valve untuk mengalirkan udara dan cairan, mekanis, disesuaikan, in-line, manifold-mount, kontrol analog dan serial interface.

Persiapan udara juga merupakan bagian penting dari sirkuit pneumatik, Pneumatic Air Preparation mengontrol pasokan udara terkompresi yang digunakan dalam sistem. Mempertahankan tekanan yang tepat, kualitas udara yang disaring, soft starting, dan pembuangan udara yang cepat dengan e-stopping. Semua kelompok produk utama ini berguna dalam membangun sirkuit pneumatik.

Dengan pneumatik, udara dan cairan harus disiapkan menggunakan teknologi perawatan dan persiapan seperti filter, pemisah kelembaban dan komponen lain untuk memenuhi spesifikasi desain pneumatik. Sistem kontrol pneumatic ini harus cukup mengalir melalui perpipaan, kadang-kadang harus melakukan konfigurasi untuk memberikan udara terkompresi jarak jauh.

Otomatis hal tersebut akan membutuhkan banyak alat kelengkapan yang cocok untuk aliran udara yang harus tersedia dalam berbagai bentuk dan konfigurasi.

Alirannya harus dikontrol untuk kecepatan dan ketepatan, seringkali dengan katup solenoida atau solenoid valve, yang memerlukan berbagai perangkat keras kontrol.

Aktuator dan perangkat aktuasi menggunakan udara terkompresi untuk menyalurkan daya melalui gerakan mekanis. Seiring dengan aktuator, banyak aksesori lain yang sering menjadi bagian dari desain pneumatik, seperti tabung, selang, peredam suara, motor udara, katup, regulator, nozel, dan banyak lagi.

Sistem pneumatik berkisar dari pengaturan sederhana hingga yang kompleks. Komponen mereka, dan fungsi yang mereka lakukan, bagaimanapun, sangat penting: mereka menjadi “lebih pintar”, lebih kompleks dan diperlukan untuk mencapai kesuksesan masa depan otomasi industri. Oleh karena itu, sistem kontrol pneumatic sangat berguna untuk mendukung otomatisasi pabrik.

Dalam kategori pneumatik, ada banyak kontrol dan alat kelengkapan pneumatik yang tersedia.

Daftar referensi yang lebih rinci untuk membantu mengatur dan mengelola penggunaan komponen pneumatik Anda untuk kontrol meliputi:

  • persiapan dan perawatan udara;
  • alat kelengkapan udara (umum);
  • aksesoris pas;
  • kontrol aliran;
  • kontrol kecepatan;
  • aktuator pneumatik, aksesoris aktuator;
  • generator pneumatik; generator dan peredam pneumatik;
  • tabung; selang;
  • bagian vakum dan aksesori untuk sistem pneumatik;
  • katup pneumatik.

Pertumbuhan Smart Pneumatics

Menurut laporan Riset dan Pasar, “Pasar Pneumatik Cerdas – Pertumbuhan, Tren, dan Prakiraan (2020 – 2025),” pasar pneumatik pintar akan tumbuh sekitar 7% per tahun selama lima tahun ke depan. Inti dari pertumbuhan ini adalah pencarian pabrik dan peralatan yang lebih efisien.

Produksi industri yang menghasilkan output terbesar dengan input paling sedikit akan selalu menjadi pendorong terkuat.

Laporan tersebut mengatakan bahwa, “Meskipun fokusnya sangat banyak pada kontrol elektronik dan digital dari sistem otomatis, ini tidak serta merta mencegah masa depan pneumatik, karena banyak elemen material dari sistem pneumatik dapat menyesuaikan desain dan prosesnya untuk menggabungkan faktor IIoT ke dalam operasi mereka.”

Sistem pneumatik yang ditemukan di seluruh lingkungan industri, yang mencakup solusi penginderaan dan komunikasi data baru, membuat pneumatik lebih cerdas dan lebih mudah untuk diintegrasikan ke dalam Industrial Internet of Things.

Masa depan pneumatik akan dikaitkan dengan perluasan teknologi penginderaan pintar. Peralatan penginderaan dan pemrosesan informasi yang hemat biaya kini menjadi bagian dari semua jenis peralatan tenaga fluida, mulai dari konektor, tubing, dan selang, hingga silinder pneumatik, aktuator, dan filter.

Transformasi Mendorong Penggunaan Teknologi Cerdas

Teknologi pneumatik digunakan di hampir semua jenis proses manufaktur. Seperti pada percetakan dan jasa sablon, pneumatic digunakan sebagai komponen penggerak dan pengaliran tinta. Demikian pada industri farmasi, makanan dan minuman, pneumatic banyak sekali digunakan.

Seiring dengan kemajuan teknologi di masa depan, persyaratan untuk mengetahui pemantauan waktu yang tepat terkait dengan posisi silinder, pergerakan poros katup dan harapan umur elemen filter semakin tumbuh dengan cepat.

Selain menjadi yang paling ekonomis dalam biaya keseluruhan, pneumatik dapat lebih fleksibel dalam arti beradaptasi dengan persyaratan yang sulit.

Fleksibilitas dan kemampuan beradaptasi seperti itu berguna karena lingkungan kontrol industri menjadi otomatis dan IIoT mengambil kendali yang kuat.

Accenture, dalam laporan mereka, “Driving Unconventional Growth through the Industrial Internet of Things, tidak hanya menyatakan bahwa pneumatik itu penting, tetapi juga menekankan bahwa upaya keseluruhan untuk berkontribusi pada IIoT sangat penting:

“Di masa depan, perusahaan yang sukses akan menggunakan Industri Internet of Things untuk menangkap pertumbuhan baru melalui tiga pendekatan: meningkatkan pendapatan dengan meningkatkan produksi dan menciptakan model bisnis hybrid baru, memanfaatkan teknologi cerdas untuk mendorong inovasi, dan melakukan transformasi pada tenaga kerja mereka.”

Kesimpulan:

Pneumatik telah, dan akan terus menjadi, bagian integral dari teknologi cerdas tersebut. Mereka akan terus membantu meningkatkan produktivitas dan selanjutnya meningkatkan pendapatan – terutama karena pneumatik tumbuh dalam kompleksitas dan utilitasnya.

Para ahli di sistem kontrol pneumatic mencatat bahwa teknologi sensor terbaru yang tersedia untuk sistem tenaga fluida telah merevolusi penggunaan pneumatic. Kontrol dan komponen pneumatik, bekerja bersama dengan perangkat cerdas lainnya yang mendukung jaringan dan penginderaan diagnostik bawaan.

Banyak industri telah menggunakan secara rutin sistem kontrol pneumatic untuk memantau suhu, tegangan, arus, dan terkadang bahkan jumlah siklus.

“Sensor ini menawarkan tim manajemen pabrik sejumlah besar data yang, jika digunakan dengan benar, akan memungkinkan mereka merevolusi cara mereka mengoperasikan dan memelihara peralatan fasilitas mereka,”

Pin It on Pinterest

Share This