Bagaimana Cara Memilih Konsultan Data Center Terpercaya ?

Jika anda berencana untuk membangun sebuah fasilitas data center yang baru (atau retrofit struktur yang ada untuk digunakan sebagai data center), anda seharusnya serius mempertimbangkan untuk menyewa jasa konsultan data center. Sangat penting untuk mengetauhi beberapa kriteria dalam memilih jasa konsultan data center terbaik dengan terlebih dahulu mempelajari kebutuhan perusahaan anda sendiri serta kualifikasi, keterampilan dan karakteristik dari data center profesional.

Semakin perusahaan anda bergantung pada sumber daya TI untuk fungsi, yang lebih penting adalah keberhasilan proyek pembangunan data center anda. Bantuan profesional dapat dengan cepat memberikan pengembalian investasi anda dengan menghemat biaya tambahan dari kesalahan dan ketidak efisienan implementasi, dan dapat mencegah dari situasi berbahaya yang dapat mengancam peralatan dan serta personil.

tips memilih jasa konsultan data center terpercaya

Langkah Awal Sebelum Memilih Jasa Konsultan Data Center

Langkah pertama dalam memilih jasa konsultan data center adalah dengan mengevaluasi kebutuhan perusahaan anda. Konsultan data center dapat membantu anda sampai batas tertentu dalam hal ini. Akan tapi tidak ada yang tahu perusahaan anda lebih baik daripada yang anda sendiri. Semakin banyak informasi yang anda kumpulkan dan mengevaluasi terlebih dahulu, semakin sedikit anda harus membayar jasa konsultan data center untuk pekerjaan yang anda bisa lakukan sendiri.

Langkah kedua adalah mengevaluasi kandidat terhadap kebutuhan dan tingkat keahlian mereka. Dan akhirnya tentu saja, anda perlu membuat keputusan akhir-mungkin bagian yang paling sulit dari proses ini.

Kebutuhan Terhadap Jasa Konsultan Data Center

Jika anda berencana membuat proyek data center – yang berarti lebih dari sekedar ruang server atau implementasi kecil dari Teknologi Informasi, maka anda perlu menyewa konsultan data center. Dan jika perusahaan anda membutuhkan data center sendiri, maka tidak dapat membeli fasilitas yang tidak dirancang dan dibangun dengan baik untuk menjaga uptime yang konsisten.

Seorang pakar Fasilitas Pelayanan Penting (mission-critical-services) di Hewlett Packard, merangkum situasi ini sebagai berikut: “program data center berdampak banyak pada bisnis, keuangan, operasional, teknologi, dan fasilitas pemangku kepentingan. Hal ini dapat menciptakan kompleksitas karena setiap kelompok mungkin memiliki tujuan dan kebutuhan yang berbeda. Selain itu, waktu, komitmen modal dan margin untuk kesalahan ketika membangun atau memperbarui data center dapat jauh diluar dugaan. Mengingat kompleksitas yang luar biasa dan risiko (downtime, kehilangan pendapatan, pekerjaan dan reputasi), tujuannya adalah untuk mendapatkan yang benar pertama kalinya. ”

Untuk bisa diterima dengan pemerintah daerah mengenai fasilitas data center terbaru anda, ada bagian-bagian tertentu dari proyek data center harus dilakukan oleh konsultan yang memiliki pengalaman terbukti. Selain kesulitan yang dapat terlihat dan timbul dari berbenturan peraturan daerah, kegagalan dalam memenuhi berbagai kode dapat mebawa perusahaan anda berpeluang untuk memakai asuransi, kewajiban dan konsekuensi lainnya yang artinya akan timbul biaya lebih besar lagi.

Kriteria Umum Pemilihan Konsultan Data Center

Selain itu, konsultan data center yang handal adalah yang mengetahui kontur dan perangkap terkait pembangunan data center dan tidak menyebabkan kesulitan dalam pembelajaran atau transfer pengetahun bagi karyawan anda sebagai pihak yang akan mengoperasikan data center tersebut. Dan terutama jika perusahaan anda menyadari resiko biaya kesalahan yang dapat menyebabkan kegagalan dalam pemenuhan anggaran, down time di kemudian hari dan kesulitan operasional lainnya, maka anda harus memakai jasa konsultan data center.

Sebuah jasa konsultan data center harus dapat membantu mengatasi kompleksitas yang disebutkan di atas sekaligus mengurangi risiko terkait dengan arah strategis, desain dan pembangunan pusat data. Konsultan data center memiliki kemampuan yang unik untuk memberikan kerangka pengiriman secara terintegrasi yang kesemuanya melibatkan beberapa disiplin ilmu, membimbing klien untuk melewati kompleksitas tersebut, keputusan penting dan menjaga program berjalan sesuai jadwal dan sesuai anggaran.

Memahami Perusahaan Anda Sebagai Langkah Awal Strategis

Jika anda tahu persis apa kebutuhan perusahaan anda, maka anda akan akan berada dalam posisi terbaik untuk memilih konsultan data center berkualitas untuk membantu menciptakan desain yang baik dan menghasilkan sebuah pusat data yang akan melayani perusahaan atau instansi pemerintahan dengan baik selama bertahun-tahun.

Sebuah perusahaan harus memiliki gambaran yang jelas dari staus akhir proyek data centernya sebelum memulai pencarian konsultan. Perusahaan dan instansi pemerintahan harus melakukan inventarisasi terperinci dan pelacakan aset, serta memetakan matriks saling ketergantungan.

Hal ini akan membantu organisasi dalam mengidentifikasi semua aplikasi mereka dan keterkaitan dari aplikasi. Meskipun organisasi dapat mengandalkan konsultan untuk melakukan beberapa pekerjaan ini, setidaknya perusahaan dan instansi pemerintahan harus menyiapkan sebelumnya. Banyak konsultan data center yang berpengalaman untuk membantu dalam diskusi ini sebagai rencana pengembangan pusat data terpadu dan strategis yang menyelaraskan IT dengan tujuan bisnis. Namun, organisasi harus memiliki diskusi awal untuk membantu menguraikan tujuan dari pembangunan data center sebelum mencari konsultan.

Selain menentukan kebutuhan anda saat ini, juga selidiki potensi pertumbuhan perusahaan anda. Sebuah data center yang cukup untuk sekarang mungkin sama sekali tidak cukup beberapa tahun dari sekarang. Konsultan data center dapat membantu anda merancang fasilitas data center sesuai perkembangan perusahaan anda, menghemat kerumitan membangun fasilitas baru atau memperluas yang ada setiap beberapa tahun. Juga, pertimbangkan apakah perusahaan anda mungkin ingin menggunakan cloud, fokus pada infrastruktur ramah lingkungan atau menerapkan strategi lain seperti penyebaran data center dengan modular atau edge data center. Konsultan anda dapat membantu mengintegrasikan strategi ini ke dalam sebuah desain data center.

KONSULTAN DATA CENTER SEPERTI APA YANG DAPAT DIHARAPKAN ?

Untuk menjadi yang paling sukses, sebuah konsultan fasilitas data center fasilitas harus mampu memberikan konsultasi end-to-end terhadap seluruh program data center. Konsultan fasilitas data center berpengalaman harus mengawasi semua elemen dari siklus hidup data center termasuk desain, konstruksi dan manajemen proyek serta dapat mengelola atau bermitra dengan kontraktor umum untuk membangun elemen. Dengan kata lain, konsultan data center harus memberikan lebih dari hanya sekdar aspek IT.

Konsultan data center harus mampu mengatasi bidang utama : daya listrik dan pendinginan. kebutuhan konsumsi listrik perusaaan sering berubah, dan konsultan harus menyadari bagaimana skema daya dapat bergeser untuk membuat semua pilihan yang tersedia dalam mengatasi hal tersebut. Konsultan data center juga harus mampu memberikan nasihat tentang sistem pendinginan yang canggih dan pilihan pendinginan lainnya, karena ini akan berdampak pada arsitektur dan tata letak di ruangan data center. Karena distribusi tenaga listrik, pendinginan, dan infrastruktur TI yang begitu saling tergantung pada sebuah data center, konsultan anda harus dapat mengatasi semua bidang ini secara terpadu.

Di luar harapan secara fundamental terhadap jasa konsultan data center, proyek data center instan pemerintahan mungkin memerlukan layanan tambahan. Baik secara keseluruhan atau sedikit demi sedikit, beberapa hal ini dapat bermanfaat untuk proyek pengadaan data center anda seperti: manajemen program untuk meninjau atau mengembangkan rencana induk, pengembangan masalah operasional, persiapan untuk presentasi eksekutif, dan data center commissioning seperti migrasi dan transisi ke operasional, untuk beberapa hal. Tentu saja, layanan ini memerlukan tambahan untuk jasa desain data center dan pengembangan layanan data center yang lebih mendasar. Ketika mewawancarai konsultan data center, anda dapat belajar tentang ini atau layanan tambahan lainnya yang dapat menguntungkan proyek data center anda.

sangat penting dalam melakukan penelitian tentang konsultan data center dengan mencari jurnal artikel data center yang ditulis oleh individu atau manajemen jasa konsultan data center tersebut

Daftar Kriteria Pemilihan Jasa Konsultan Data Center

Berikut ini adalah beberapa pertimbangan dan asesment ketika mencari perusahaan jasa konsultan data center. Pembebanan yang anda berikan terhadap masing-masing faktor tentu akan tergantung pada situasi dan kondisi yang ada, seperti: industri anda, maksud dan tujuan penggunaan data center, anggaran, dan sebagainya.

  • Pengalaman

    Ini merupakan faktor paling penting dalam menentukan pilihan. Sebuah konsultan data center yang berpengalaman akan tahu banyak strategi dalam membantu menghemat waktu, kesulitan dan keuangan, dan juga akan menyadari banyak jebakan yang bisa menjerat proyek anda dan menyebabkan penyimpangan jadwal, biaya tak terduga, serta resiko down time dikemudian hari. Konsultan data center berpengalaman yang dapat anda percaya adalah yang pernah memiliki pengalaman memenuhi jasa mereka pada sebuah institusi besar yang memiliki tengat waktu yang ketat. Perusahaan harus mempertimbangkan pengalaman para konsultan data center, dan meminta referensi untuk proyek-proyek yang setara di mana mereka telah berhasil memandu klien dalam merancang data center dan memperleh sertifikasi data center dari pihak yang diakui secara internasional.

  • Keahlian

    Ketika memilih konsultan, penting untuk mengetahui bidang keahlian mereka. Contoh keahlian dalam mendesain data center dan arsitektur. Sebuah perusahaan dapat memvalidasi keahlian konsultan melaui portfolio pengalaman pekerjaan sebagai referensi mereka, metodologi, dan jumlah kompetensi tim terlibat dalam. Data center anda tidak akan sama dengan data center perusahaan atau instansi lain, dan juga tidak harus sama.
    Tergantung pada industri anda, anggaran dan persyaratan lainnya, anda mungkin akan ingin fokus pada aspek-aspek tertentu dari fasilitas anda lebih dari yang lain. Jadi, perhatikan secara hati-hati terhadap apa yang dapat diharapkan dari calon konsultan data center terbaik yang akan anda pilih. Sebuah konsultan data center yang keahliannya jauh melebihi kebutuhan fokus area anda mungkin merupakan calon terbaik.

  • Sertifikasi

    Selain penting untuk mengetahui bidang keahlian mereka juga sangat penting untuk mengetahui sertifikasi para profesional yang dimilki oleh sebuah penyedia layaan jasa konsultasi data center. Untuk desain fasilitas data center di sebagian besar negara, seorang insinyur profesional berlisensi diperlukan untuk banyak hal. Juga dianjurkan bahwa konsultan pihak ketiga melakukan peer review atas desain apapun, mengingat kekritisan proyek-proyek ini. Sertifikasi dan lisensi dapat bermanfaat baik dalam menunjukkan bahwa konsultan telah mencapai tingkat tertentu keahlian dan profesionalisme sebagaimana dinilai oleh pihak luar, dan dalam menyediakan perlindungan dalam hal bahwa kegagalan sistem, bencana, atau insiden lainnya yang mungkin terjadi di kemudian hari di data center anda.

  • Pemenuhan Persyaratan Peraturan

    Suka atau tidak, ada beberapa pemerintah daerah di wilayah tertentu yang memiliki pesyaratan terhadap bangunan data center baik didalam ruangan maupun diluar ruangan. Pesyaratan bangunan dapat menjadi kompleks dan sulit dimengerti, dan bahkan jika anda memahami hal tersebut – manajer bangunan anda mungkin mengatakan sesuatu yang sama sekali berbeda. Karena itu, Konsultan data center anda harus dapat menangani dengan baik peraturan terhadap wilayah tertentu dan manajer anda yang akan menilai fasilitas tersebut.
    Sebuah perusahaan harus memiliki pengetahuan tentang persyaratan dari sebuah data center yang diakui secara global disamping pesyaratan bangunan pada pemerintahan setempat. Hal ini memunculkan kebutuhan terhadap jasa konsultan data center yang dapat mensurvei dan berkompeten dalam membantu anda untuk mepersiapkan pemenuhan persyaratan tersebut.

  • Anggaran Konsultan Data Center

    Harga dari produk atau layanan selalu menjadi pertimbangan dan terutama pada masa ekonomi sulit. Bagian dari keputusan apapun dapat diseimbangkan dengan sejumlah pertimbangan, untuk mendapatkan pilihan ideal dalam segala hal. Sayangnya, konsultan data center terbaik mungkin berada di luar jangkauan ekspektasi anggaran anda selama ini hanya karena biaya layanan mereka berkesan terlalu mahal bagi perusahaan atau organisasi anda.

    Tapi ketika memulai proses mencari jasa konsultan, anda harus memiliki beberapa ide tentang berapa anggaran biaya yang sanggup di akomodir oleh perusahaan atau organisasi anda. Sebagai contoh, biaya jasa konsultasi sertifikasi dan desain data center dapat berkisar milyaran rupiah. Ini sangat kecil jika dibanding dengan total keseluruhan anggaran investasi pembangunan data center anda yang mana tidak mungkin anda pertaruhkan tanpa menyertai para konsultan handal dan berpengalaman.

    Kemungkinan range untuk konsultan sebagai persentase dari harga proyek. Biaya menyewa konsultan data center tergantung pada kedalaman dan detail dari proyek secara keseluruhan. Jika konsultan diperlikan untuk penelitian, desain dan harus mengelola pelaksanaan proyek, biaya bisa sampai 25 persen dari proyek secara keseluruhan. Jika seorang konsultan hanya mendesain atau peer review, itu hanya mungkin 5 – 10 persen dari biaya proyek secara keseluruhan. Mengetahui apa yang Anda butuhkan untuk proyek data center anda akan sangat membantu dalam menentukan apa yang harus diharapkan dalam memakai jasa konsultan data center dan dapat seimbang kedalam anggaran.

    Sebagai gambaran, biaya pembangunan data center per meter persegi dapat mencapai Rp. 250 juta, jika pembangunan data center anda lebih dari 1000 m2 maka total anggaran investasi data center tersebut sekitar Rp. 250 milyar, dan tentunya anggaran konsultan desain dan sertifikasi data center dapat di sesuaikan agar tidak membebani perusahaan atau organisasi anda. Menurut para praktisi di dunia, maksimum 2.5% dari total anggaran investasi, dapat anda jadikan sebagai patokan awal dalam menentukan anggaran jasa konsultan data center dalam bidang perencanaan.

    Sedangkan untuk konsultan proyek, konstruksi, arsitek, mekanikal, kelistrikan, sipil, dan landscape – dapat mencapai 10% sampai 15% dari total anggaran. Memang sebuah jasa konsultan data center akan memberikan blue print, namun para konsultan lainnya yang terhubung dalam satu proyek pengadaan pembangunan data center akan memberikan gambaran lebih terperinci untuk dilaksanakan.

  • Profesionalisme

    Partisipasi dalam organisasi profesional dan publikasi dokumen juga dapat menunjukkan calon konsultan yang baik. Hal ini juga sangat penting dalam melakukan penelitian tentang konsultan data center dengan mencari jurnal artikel data center yang ditulis oleh individu atau manajemen jasa konsultan data center tersebut. Serta contoh dari kepemimpinan mereka dalam mengembangkan standar industri pembentukan asosiasi atau perhimpunan industri data center (Contoh: IDPRO).

Tentu saja, masing-masing dari kriteria tersebut diatas dapat mencakup berbagai sub-bidang yang perlu dipertimbangkan. Misalnya, mungkin organisasi anda ingin menerapkan sebuah data center dengan yang ramah lingkungan. Dalam kasus seperti itu, anda mebutuhkan konsultan yang berfokus pada isu-isu ramah ligkungan dan menyadari teknologi serta strategi yang dapat membantu mencapai tujuan tersebut.
Dalam setiap kategori, anda harus mengembangkan daftar anda sendiri terhadap item yang penting untuk proyek data center perusahaan anda. Mendiskusikannya dengan calon konsultan yang akan dipilih untuk mencari pihak yang mampu menjawab masalah tersebut.

Pada akhirnya, bagaimanapun juga anda akan perlu untuk membuat keputusan akhir. Dengan menerapkan pertimbangan di atas, keputusan tersebut harus mempertajam pilihan kepada hanya beberapa calon yang terbaik.

potensi tuntuan hukum dikemudian hari yang mengancam para pelaku korupsi di proyek pengadaan data center.

Kesimpulan:

Filosofi umum untuk mencari jasa konsultan data center yang terbaik adalah: Konsultan data center yang ideal adalah yang benar-benar memahami bagaimana merencanakan, merancang dan mengimplementasikan fasilitas serta infrastruktur data center,baik dari sisi bangunan, peralatan, dan terminologi.

Disamping itu para penyedia jasa konsultan data center selayaknya memiliki keahlian dalam strategi, operasi, risiko, teknologi dan kebijakan kedisiplinan di fasilitas data center. Proyek data center yang kompleks dan mahal tidak bisa dilakukan tanpa ada perencanaan jika melakukannya salah maka kerugian yang ditimbulkan dapat mencapai ratusan milyar sebelum kerugian operasinal dan masalah tuntuan hukum.

Menyewa konsultan data center dapat berkisar antara 2.5% hinga 25% dari total biaya proyek data center anda, mungkin tampak terlalu mahal, tapi risiko dan biaya akibat pembangunan data center tanpa konsultan berpengalaman wajib untuk dipahami oleh para panitia tender pengadaan data center di lembaga kementrian pemerintah dan pemerintah daerah. Disini kami sangat mengimbau potensi tuntuan hukum dikemudian hari yang mengancam para pelaku korupsi di proyek pengadaan data center. Baik untuk pejabat pemerintahan maupun terhadap konsultan.

Anda membutuhkan konsultan data center terbaik namun anda harus mengambil waktu untuk mempersiapkan diri dengan mengevaluasi kebutuhan organisasi anda dan kemudian mewawancarai calon kandidat dengan penjelasan pertimbangan di atas.

Jika anda tahu apa yang dibutuhkan dan layanan apa yang calon konsultan dapat berikan, maka akan dapat memilih salah satu yang terbaik untuk proyek data center perusahaan anda.

Semoga bermanfat 😉

Konsultan Data Center
Konsultan Data Center
Elitery Data Center Consultant,
Desain data center dan sertifikasi Tier data center
Elitery selain sebagai operator data center juga berpengalaman dalam memberikan jasa konsultasi data center seperti pada Bank Indonesia dan Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia. Info: 021-750-2976 Web: http://bit.ly/konsultandatacenter

Comments are closed.

Pin It on Pinterest

Share This