Konsultan IT Indonesia Merekomendasikan Platform Docker

Saat ini mulai ada beberapa konsultan IT Indonesia yang merekomendasikan penggunaan platform docker yang biasa digunakan untuk mendukung kinerja atau tugas. Umumnya para konsultan IT akan menawarkan 2 jenis docker, seperti open docker dan collapse docker.  Para konsultan IT dan profesional IT di seluruh dunia menemukan bahwa platform docker dapat menghemat sumberdaya infrastruktur IT di data center mereka.

Konsultan IT Indonesia Mengutamakan Manfaat Optimalisasi Infrastruktur dengan Docker

Docker adalah sejenis platform terbuka yang dirancang untuk para sysadmin, developer, atau siapapun yang berminat untuk menggunakan sebuah platform untuk menciptakan, mendistribusikan, mengoperasikan sebuah aplikasi dari manapun dan di manapun. Misalnya saja aplikasi-aplikasi yang terdapat pada data center, laptop, cloud, atau virtual mesin.

Platform yang satu ini menjadikan proses pemaketan/ pengemasan aplikasi lengkap dengan komponen-komponennya menjadi lebih cepat. Aplikasi dan komponen-komponennya perlu dipaketkan ke dalam sebuah ‘kontainer’ terisolasi sehingga aplikasi tersebut dapat dijalankan pada infrastruktur lokal (semaca pusat data lokal) atau cloud tanpa harus mengubah setting-an pada container. Hanya saja operasi semacam ini dapat dijalankan selama host menjalankan.

Docker: Open-Source Platform untuk Semua Kalangan Pengguna

docker direkomendasikan para konsultan it indonesia untuk efisiensi infrastruktur it

Platform Docker ini tak lain adalah software yang dapat diakses oleh siapa saja. Dokcer dirancang di bawah lisensi Apache Versi 2.0 dan dapat dioperasikan secara gratis. Sayangnya, platform Docker hanya dapat dioperasikan pada Linux; namun kita dapat menggunakan mesin virtual pada sistem operasi Windows atau bisa juga menggunakan Boo2docker. Berbicara soal Docker, kita akan mengenal istilah arsitektur docker. Client-server merupakan sebuah server yang digunakan untuk menjalankan platform docker.

Bagaimana urutannya? Berikut tata urutannya: Perintah dikirimkan kepada Docker daemon oleh Docker client. Perintah tersebut digunakan untuk membangun, mendistribusikan, dan mengoperasikan container docker.

Docker daemon sendiri secara otomatis aktif pada mesin host. Para pengguna tidak perlu mengoperasikannya secara langsung dengan docker daemon. Tapi tidak dengan Docker client. Docker client tidak dapat beroperasi secara otomatis, melainkan harus berada di bawah kendali pengguna. Sedangkan Docker client adalah wujud dari Docker binary dan docker ini merupakan sebuah user interface utama untuk Docker. User interface utama ini berperan sebagai penerima perintah dari pengguna. User interface ini juga menjadi bagian yang berfungsi bagi pengguna untuk berkomunikasi dengan Docker deamon.

Fungsi Docker

Windows/ platform Docker didesain untuk mempercepat dan memperlancar kinerja/ tugas yang paling umum. Operasi Docker ini dapat dilakukan melalui Menu Utama atau Toolbar. Meski begitu, docker tetap menyediakan akses yang begitu mudah untuk para penggunanya. Salah satu contohnya yaitu akses penyimpanan pengaturan yang dapat dimanfaatkan untuk mengoptimasi tugas yang sifatnya berulang. Docker dapat menyatu pada tempat yang berbeda (undocked) dan dapat diletakan di mana saja. Dokcer juga dapat ditutup dengan mudah atau diminimalkan agar hemat ruang layar ketika sedang tidak diperlukan.

Docker dan Dialog Box

Docker bisa dibilang mirip seperti sebuah dialog box, hanya saja ada sedikit perbedaan. Dialog box hanya bisa diakses ketika ada sebuah tool tertentu aktif, dialog box akan saat perintah editting muncul. Sedang docker tetap akan terus muncul atau terlihat pada layar. Layar kerja yang didukung dengan docker memiliki fitur layar yang lengkap, khususnya soal akses perintahnya. Akses perintah biasanya akan aktif dan muncul di sebelah kanan layar. Ada cukup banyak jenis docker yang tersedia dan salah satunya yang terkenal adalah Insert Symbol  Character dan objek manejer.

Open docker dapat diakses dengan cara mengklik Windows docker lalu pilih View Manager. Beberapa saat kemudian akan muncul view window Manager akan tampak dan menempel di sisi kanan layar. Collapse Docker dapat diakses dengan cara mengklik menu Collapse Docker berlambang panah ganda yang terletak di pojok kiri atas di jendela docker. Nah, untuk mengembalikan menu jendela ke mode ukuran penuh, silahkan klik simbol bergambar panah ganda. Simbol panah ganda bisa terletak di mana saja pada tab window docker.

Keunggulan Docker

Bila dibandingkan dengan mesin virtual berbasis hypervisor, docker tergolong sangat cepat dan ringan. Tak heran jika docker sering dijadikan sebagai alternatif terbaik dan terefisien bagi para developer yang ingin meningkatkan skill tooling-nya. Sebagaimana docker menawarkan virtualisasi yang ringan, docker tidak memerlukan ovehead pada perangkat host-nya. Hal ini menjadikan docker memiliki beberapa keuntungan dan di rekomendasikan oleh para konsultan IT Indonesia. Salah satunya yaitu layer virtualisasi yang disediakan oleh docker tidak memerlukan tambahan overhead layaknya virtualisasi-virtualisasi berbasis hypervisor pada umumnya. Besarnya overhead-nya pun tak seberapa; hanya seukuran layanan aplikasi yang dioperasikan pada container tersebut (app process). Keuntungan lainnya pengguna dapat menjalankan lebih dari satu container dalam satu host.

Konsultan IT Indonesia mulai memperkenalkan Efisiensi yang di dapat dari Docker.

Dari sebuah hasil pengujian, bila dibandingkan denganVM Virtualbox, ketika 5 buah perangkat mesin virtual berbasis teks dengan memori 192 MB, Virtualbox memerlukan memori berkapasitas lebih dari 1 GB. Berbeda dengan Docker yang hanya memerlukan memori berkapasitas 27 MB untuk menjalankan 10 container berbasis teks. Tentu selisih kebutuhan memorinya sangat besar, bukan? Pengujian ini dilakukan terhadap mesin virtual yang baru saja di fresh instal.

Bagaimana dengan perkembangan dan eksistensi docker saat ini? Dalam praktiknya, penggunaan docker kian hari kian meluas. Hal ini dibuktikan dengan perkembangan docker yang cepat dan bahkan kini menjadi standard tool dengan basis container. Docker saat ini juga banyak diintegrasikan dengan project PaaS, misalnya saja seperti Deis, Dokku, Vagrant, dan Flynn. Sejumlah server farm terbesar saat ini didukung dengan docker guna tingkatkan performa. Pengembangan web-web besar seperti Twitter, Google, dan sejumlah platoform provider seperti dotCloud dan Heroku juga didukung teknologi container ini, bahkan pada skala ribuan atau jutaan container yang beroperasi secara paralel.

Docker juga menjadi salah satu jenis perangkat canggih yang mampu memaketkan aplikasi ke dalam container virtual secara independen.  Dengan menggunakan deckor, pengguna akan jauh lebih fleksibel dalam menjalankan sebuah aplikasi dimanapun (dalam cloud pribadi, cloud umum, bare metal, dan lain sebagainya).

Dari keseluruhan informasi di atas, terlihat jelas bahwa Docker tentunya telah memberikan kontribusi besar di bidang IT, khususnya bagi para pengguna container virtual di dunia. Dan pastinya ada banyak sekali manfaat dari penggunaan dokcer ini. Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat awam akan pengetahuan tentang docker, kini banyak konsultan IT yang menawarkan jasa konsultasi seputar docker kepada masyarakat yang berminat untuk memahami dan memanfaatkan docker untuk mendukung aktivitas sehari-hari mereka yang ada kaitanya dengan bidang informatika.

Jasa Konsultasi Docker

Di Indonesia sendiri sudah ada beberapa konsultan IT dan jasa managed service yang menawarkan jasa konsultasi sekaligus implementasi docker kepada para calon klien yang tertarik dengan manfaat docker yang fenomenal ini atau mereka yang ingin menambah optimalisasi infrastruktur IT mereka dengan hal-hal yang berkaitan dengan container virtual.

Mungkin Anda berminat untuk menjadi calon klien yang tertarik untuk memanfaatkan container virtual, dokcer, dan hal-hal lainnya yang terkait dengan platform docker, sebaiknya Anda pilih konsultan yang terpercaya, profesional, dan yang pasti expert di bidang IT. Demikian informasi seputar docker, semoga informasi konsultan IT Indonesia mulai merekomendasikan Docker sebagai platform terbaru yang dapat memberikan efisiensi ini dapat bermanfaat untuk pertimbangan anda dalam mengambil keputusan penting seputar hal ini.

Dalam hal penerapan Docker di lingkungan infrastruktur IT anda, sebuah Konsultan IT Indonesia yang berlokasi di Jakarta bernama Elitery merupakan mitra resmi Docker dan dapat dipercaya dalam melakuan pekerjaan optimalisasi infrastruktur IT anda.

Jasa Migrasi dan Implementasi Docker
Jasa Migrasi dan Implementasi Docker
Elitery (PT. Data Sinergitama Jaya),
Docker Partner Indonesia
Elitery merupakan mitra resmi Docker di Indonesia yang dapat membantu para client dalam migrasi sistem containerized ke platform docker yang lebih ringan, cepat, dan dapat menghemat sumber daya infrastruktur IT cukup signifikan.

Comments are closed.

Pin It on Pinterest

Share This