Tips Memilih Software Akutansi Terbaik

Sebagai seorang akuntan atau pemilik perusahaan, untuk mempermudah dan mempercepat pekerjaan penyusunan laporan Anda tentu harus memilih software akutansi yang terbaik. Saat ini perkembangan zaman sudah menuntut manusia untuk benar-benar mengubah cara pandang dan cara hidupnya ke semua hal yang berbau mekanik dan otomatis. Tak terkecuali dalam bidang keilmuan, yang saat ini pun sudah banyak ditemukan teknologi menuntut ilmu dan melakukan pekerjaan yang lebih modern dan lebih menghemat waktu.

Saat ini sudah banyak perusahaan yang saling bersaing untuk membuat sebuah produk dan menyempurnakan layanan-layanan yang dahulu pernah dibuatnya agar sekarang tidak ketinggalan tren. Maka dari itu, saat ini mulai banyak perusahaan yang semakin mengembangkan software akutansi agar semakin lama semakin canggih. Akan tetapi, sebagai seorang user Anda harus bisa pandai mempertimbangkan atau memilih sebuah software akutansi.

Cara memilih software akutansi

Cara Memilih Software Akutansi yang Benar

Untuk mendapatkan software akutansi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, diantaranya:

Latar Belakang Perusahaan/Produsen

Latar belakang sebuah perusahaan atau produsen yang akan menggunakan software akutansi tentu harus diketahui terlebih dahulu. Latar belakang produsen yang merupakan perusahaan biasanya lebih aman dibandingkan dengan produsen perorangan atau sekelompok orang saja. Semakin lama perusahaan atau produsen ini eksis dalam bidangnya, maka tentu saja semakin matang juga pengetahuan para pekerjanya tentang akutansi. Nah, hal ini bisa dijadikan pertimbangan dalam memilih jenis software akutansi yang paling cocok dengan kemampuan tenaga ahli yang memang kompeten dalam bidang akutansi dan teknologi informasi.

Jenis Produk dan Fasilitas yang Ditawarkan

Prioritas kedua dalam memilih software akutansi yang tepat adalah dengan mengetahui kesesuaian produk dan kebutuhan penggunanya. Siapa pengguna software akutansinya? Apakah sebuah instansi, organisasi, atau perorangan? Semua tentu membutuhkan jenis software dengan fasilitas yang berbeda-beda. Pastikan segala kebutuhan pencatatan akutansi yang Anda butuhkan ada di dalam software yang Anda gunakan.

Sistem Perakitan Jadi atau Sistem Program pesanan

Nah, ada beberapa macam program akutansi jika dikategorikan berdasarkan proses perakitannya. Para produsen software akutansi biasanya memiliki dua cara dalam penyusunan software, yaitu dengan menyediakan software yang memang sudah dirancang sejak awal untuk suatu fungsi, dan bisa juga bergantung dari si pemesan atau calon penggunanya. Untuk software yang sudah jadi, biasanya memberikan beberapa keuntungan. Diantaranya fasilitas atau fitur dari softwarenya biasanya sudah teruji berdasarkan hasil uji coba selama bertahun-tahun. Pastinya juga sudah ada pengguna lain yang pernah membeli produk software akutansi tersebut. Berbeda lagi jika Anda memesan sebuah software yang biasanya menawarkan software sesuai dengan keinginan pemesannya. Biasanya pemesan menjelaskan alur transaksi perusahaannya secara terperinci, barulah setelah itu produsen membuatkan software yang cocok dengan sistem tersebut. Akan tetapi tentu saja software ini masih kurang teruji, karena Anda lah pemilik pertamanya dengan sistem yang sesuai dengan keinginan Anda.

Kesesuaian Harga

User interface atau tampilan grafis dari sebuah software akutansi juga harus menjadi pertimbangan Anda dalam proses pemilihan sebuah software akutansi. Apakah tampilannya membuat Anda nyaman dan fungsinya sesuai dengan keinginan Anda atau tidak. Setelah itu barulah Anda boleh memperkirakan soal harga.

Begitulah kira-kira bagaimana cara memilih software akutansi terbaik untuk perusahaan Anda. Semoga setelah membaca artikel ini Anda tidak lagi salah pilih software. Semoga menginspirasi dan semoga bermanfaat.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Software Akuntansi
Author Rating
51star1star1star1star1star
Silahkan berdiskusi..
Pengertian Software Akuntansi Secara Umum
Tips Membeli Software Akuntansi yang Tepat

One Response so far.

  1. […] Sebagai seorang akuntan atau pemilik perusahaan, untuk penyusunan laporan Anda tentu harus pilih software akutansi yang yang paling pas dengan kebutuhan.  […]