Contoh Software Akutansi Berbayar MYOB

Kemajuan teknologi yang berkembang sangat pesat menuntut semua bidang pekerjaan yang ada juga harus mengikuti berkembangan teknologi, tak terkecuali bagi para akuntan. Saat ini sudah banyak dikembangkan software atau program aplikasi akutansi yang bertujuan untuk membantu proses penyusunan laporan keuangan agar bisa dikerjakan lebih cepat dan tepat.

Contoh software akutansi saat ini sudah sangat banyak dan beragam. Setiap software yang dibuat oleh perusahaan, produsen atau pengembang memiliki perbedaan satu sama lain. Setiap produsen tentunya ingin menunjukkan ciri khas dan keunggulan dari masing-masing software akutansinya. Akan tetapi, tidak sembarang software akutansi cocok digunakan oleh setiap perusahaan. Dan salah satu software akutansi terbaik yang ada saat ini adalah software MYOB.

software akutansi MYOB

Sejarah Singkat Contoh Software Akutansi MYOB

Software akutansi MYOB adalah sebuah program aplikasi akutansi atau accounting software yang dimulai di Australia pada tahun 1991. Software ini telah berhasil mengidentifikasi sistem manajemen bisnis dari perusahaan-perusahaan kecil sampai perusahaan besar. Kesuksesan dari software MYOB ini kemudian berbuah manis ketika MYOB mendapatkan penghargaan “MacWorld Award” dalam kategori “Best Accounting Software” dan “Best Newcomer Software” karena saat itu MYOB memang salahs atu software keluaran terbaru.

Kemudian kesuksesan MYOB ini tidak hanya berkembang di Australia saja, tetapi di seluruh dunia. Saat ini software MYOB sudah sangat berkembang. Secara fisik, Anda pasti bisa melihat perbedaan antara MYOB Accounting v. 15.0 dan MYOB Premier v. 9.0. Perbedaan antara keduanya juga bisa dilihat dari fungsi atau kegunaannya.

MYOB Accounting digunakan dalam kegiatan administrasi yang berkaitan dengan transaksi dengan mata uang dan hanya bisa dilakukan menggunakan satu komputer saja. Sedangkan untuk MYOB Premier, ternyata bisa digunakan untuk kegiatan pencatatan transaksi dengan multi currency atau berbagai mata uang. Dan kegiatan pencatatannya tersebut pun bisa dilakukan oleh lebih dari satu komputer dalam sebuah jaringan.

Fungsi Contoh Software Akutansi MYOB dalam Perusahaan

Secara umum, fungsi software akutansi MYOB dalam sebuah perusahaan adalah:

  • Membantu pekerjaan seorang akuntan atau siapapun dalam pekerjaan yang berhubungan dengan akutansi.
  • Lebih efisien waktu dalam proses pengerjaannya.
  • Bisa membuat penggunanya mengerti lebih jauh tentang bisnis.
  • Mempermudah pengguna dalam proses pendataan penjualan, pembelian, piutang, hutang, pajak, dan sebagainya. Semua ini bisa dilakukan hanya dengan mengklik beberapa tombol saja tanpa harus membolak-balik halaman buku catatan.
  • Mempermudah perusahaan dalam pengelolaan barang dagangannya.
  • Bisa memenuhi kebutuhan akutansi sebuah perusahaan.

Dalam sebuah perusahaan jasa, fungsi MYOB sedikit lebih berbeda. MYOB bisa digunakan untuk berbagi pengalaman ataupun pengetahuan dalam proses pengeoperasian MYOB. Selain itu MYOB juga akan mempermudah proses pencatatan transaksi sebuah perusahaan jasa.

Adapun dasar contoh software akutansi MYOB ini adalah memfokuskan fungsi software untuk perusahaan jasa dan dagang. Akan tetapi, jenis perusahaan lain pun tetap bisa mengimplementasikan software MYOB. Namun, software MYOB ini lebih cocok jika digunakan dalam sebuah perusahaan menengah ke bawah, sedangkan untuk sebuah perusahaan besar, sepertinya fitur-fitur yang disedikaan oleh software MYOB masih kurang memadai. Hal ini dikarenakan perusahaan-perusahaan besar biasanya memiliki sebuah sistem keuangan yang dirancang sendiri.

Itu tadi adalah sekilas pengenalan tentang contoh software akutansi bernama MYOB, yang hingga saat ini masih menjadi sebuah software yang populer. Jadi semoga artikel ini bisa menambah wawasan Anda tentang software akutansi dan semoga bermanfaat.

Silahkan berdiskusi..
5 Kriteria Software Akutansi Terbaik di Indonesia
Panduan Instal Sofware Akuntansi Ledger Plus

Comments are closed.