5 Kriteria Software Akutansi Terbaik di Indonesia

Ketika teknologi sudah semakin maju seperti saat ini, keberadaan software akutansi terbaik tentu sangat dibutuhkan oleh setiap perusahaan yang ingin berbicara banyak dalam persaingan bisnis. Software atau perangkat lunak akutansi adalah sebuah tool atau alat yang digunakan oleh para akuntan atau pekerja untuk mengolah data dan menyusun informasi keuangan perusahaan dengan lebih cepat dan tepat. Perkembangan software akutansi ini pun membuat software ini tidak lagi hanya berfungsi untuk mencatat transaksi keuangan saja, tetapi saat ini software akutansi sudah dikemas dalam satu paket untuk mengolah data modul pembelian, penjualan, hutang, pajak, dan sebagainya.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, maka Anda perlu memilih software akutansi yang tepat untuk diimplementasikan di perusahaan Anda. Akan tetapi, mencari kriteria software yang sesuai bukanlah hal yang mudah, karena hal ini tentu terkait dengan investasi perusahaan yang tidak sedikit nilainya. Maka dari itu, sebelum Anda memutuskan untuk membeli software akutansi, ada beberapa kriteria software yang perlu Anda pertimbangkan.

software akutansi terbaik

Kriteria Software Akutansi Terbaik untuk Perusahaan Anda

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang kriteria software akutansi seperti apakah yang memang layak dan sesuai untuk diimplementasikan di perusahaan Anda agar Anda tidak salah pilih, diantaranya:

Memenuhi Stadar Laporan Keuangan di Indonesia

Sebagai perusahaan yang berada di Indonesia, laporan keuangan yang dibuat di perusahaan Anda harus sesuai dengan standar perlaporan keuangan di Indonesia atau Standard Akuntansi Indonesia. Format laporannya tentu akan berbeda dengan laporan di negara lain. Maka dari itu, pilihlah software yang sesuai dengan kriteria standar laporan keuangan Republik Indonesia.

Memenuhi Kebutuhan Transaksi PPN, PPh dan Perpajakan Lainnya

Anda membutuhkan kriteria software akutansi terbaik yang bisa menghitung PPN, memotong PPh dan mencetak faktur pajak. Hal ini tentu akan mempermudah staff pajak dalam menyusun dokumen laporan pajaknya terutama untuk software akuntansi yang multi currency dengan fungsi untuk revalusi laba rugi selisih kurs pajak.

Memenuhi standar operasional perusahaan

Selain harus mencari software yang sesuai dengan standar laporan keuangan Republik Indonesia, Anda juga harus mencari kriteria software yang sesuai dengan standar operasional perusahaan Anda. Bila perlu Anda bisa memesan software akutansi yang sudah dirancang sedemikian rupa agar sesuai dengan operasional perusahaan Anda. Dengan demikian pembuatan laporan keuangan tidakakan sulit lagi.

Dapat memudahkan pekerjaan rutin

Untuk perusahaan yang memiliki ribuan transaksi perhari, tentunya cukup lelah dan membosankan jika karyawan anda harus memposting jurnal dengan menentukan lagi transaksi debet kreditnya, oleh karena itu software akuntansi yang memiliki fungsi template jurnal dapat memberikan solusi atas permasalahan umum ini, artinya manager accounting cukup membuat jurnal template untuk jenis transaksi tertentu dan kemudian tentukan debit kreditnya, dan selanjutnya staff anda hanya perlu meng-input nominal transaksi saja… software seperti ini masih tergolong jarang di Indonesia.

Dikembangkan oleh Programmer yang memberikan peluang untuk Open Connectivity

Kriteria software akutansi terbaik yang selanjutnya adalah dengan mencari software yang memang berkualitas. Dalam artian, software akutansi tersebut dikembangkan oleh perusahaan atau pengembang terpercaya yang sudah teruji kualitasnya. Anda bisa menilainya dengan mengetahui berapa user atau pemesan yang sudah membeli software di pengembang tersebut. Lihat testimonial para pembelinya atau lihat review dari beberapa sumber lainnya tentang software yang dikembangkan oleh pengembang tersebut. Dengan demikian, Anda bisa lebih yakin dengan software akutansi yang diproduksi oleh pengembang tersebut.

Dengan Open connectivity, artinya software akuntansi tersebut dapat di gabungkan dengan software lainnya di perusahaan anda atau menjadi software akuntansi untuk lingkungan ERP, sehingga menghilangkan ketergantungan anda pada pengembang software akuntansi tersebut.

Kesimpulannya adalah, Software akuntansi yang terbaik adalah yang stabil program dan databasenya, memudahkan pekerjaan, sesuai standar akuntansi, dan open connectivity.

Nah, setelah Anda mengetahui beberapa kriteria software akutansi terbaik yang telah disebutkan tadi. Semoga setelah ini Anda tidak lagi salah pilih software akutansi untuk diimplementasikan di perusahaan yang Anda kelola saat ini. Semoga bermanfaat.

Silahkan berdiskusi..

Comments are closed.

Pin It on Pinterest

Share This