Teknologi Asuransi Kesehatan Untuk Mempercepat Layanan

Industri asuransi terutama asuransi kesehatan akan lebih berfokus kepada layanan. Sebab, jika tidak dapat memudahkan dan mempercepat layanan maka perusahaan asuransi tersebut akan menghadapi kondisi sulit bersaing. Hal ini akan membutuhkan teknologi asuransi kesehatan yang dapat meningkatkan layanan kepada para nasabah.

Meningkatkan Layanan dengan Teknologi Asuransi Kesehatan

Meningkatkan Layanan dengan Teknologi Asuransi Kesehatan

Menurut Forrester Research, trend pasar asuransi kesehatan terus mengalami peningkatan. Demikian persaingan dari para startup baru yang menggunakan teknologi informasi terkini mulai bermunculan. Tentunya hal ini dapat “menggoyang” bisnis perusahaan asuransi skala besar.

Era digital juga telah merubah industri asuransi, dimana pertumbuhan laba merupakan prioritas utama para penyedia layanan asuransi. Kompetisi dalam industri asuransi ini semakin memanas. Perusahaan asuransi mau tidak mau harus melakukan inovasi dengan menggunakan teknologi asuransi kesehatan.

Jika perusahaan asuransi yang sudah besar tidak mau melakukan transformasi digital, maka para startup akan mulai menggantikan posisi mereka di pasar seperti dengan meyediakan proses pembelian polis asuransi yang lebih mudah dan cepat. Dengan aplikasi mobile, perusahaan asuransi dapat lebih mudah mendapatkan pelanggan dari para millenial.

statistik trend pertumbuhan pasar asuransiPerusahaan asuransi harus menggunakan pendekatan mobile dan multimedia untuk kondisi sekarang ini. Disamping itu, teknologi asuransi kesehatan dengan menggunakan IoT (Internet of Things) juga patut dipertimbangkan. Dengan menggunakan IoT, perusahaan asuransi dapat lebih memantau kesehatan para pelanggan. Perusahaan dapat melakukan analisa secara real-time, sehingga jumlah klaim asuransi kesehatan dapat lebih terukur.

Peran Pimpinan IT di Perusahaan Asuransi Sekarang Ini

Peran pimpinan IT di perusahaan asuransi juga akan mengalami perubahan. Kini, para CIO (Chief Information Officer) atau IT Manager tidak hanya mengurus hal teknis, akan tetapi lebih mengarah pada inovasi. Dengan melakukan inovasi terus menerus, perusahaan asuransi akan memiliki daya saing yang lebih kuat.

Untuk melakukan inovasi secara terus menerus, para pimpinan IT harus memastikan kekuatan infrastruktur teknologi informasi mereka. Ini akan membutuhkan lingkungan kerja DevOps dengan berbagai peralatan sesuai kebutuhan. DevOps dapat memungkinkan para pengembang anda melakukan pengujian pada sistem yang berjalan tanpa harus berpotensi menimbulkan masalah pada sistem tersebut.

Tanpa DevOps, pengujian dapat menyebabkan downtime, dan inovasi akan berjalan lambat. Persaingan pada industri manapun sekarang ini bergantung pada inovasi yang dikeluarkan. Semakin cepat dan banyak inovasi yang di keluarkan, maka akan semakin banyak mendapatkan umpat balik dari pelanggan dan pengguna. Semakin feedback tersebut cepat di dapat, maka aplikasi anda akan semakin dapat diterima oleh banyak orang.

Selain itu, teknologi DevOps dapat melakukan banyak otomatisasi terhadap pekerjaan rutin. Para staff IT anda akan memiliki banyak waktu untuk mengerjakan hal yang lebih penting dan menantang. Dalam hal ini, perusahaan dapat lebih meningkatkan loyalitas para karyawan.

Beberapa teknologi asuransi kesehatan lainnya dapat menghemat biaya, meningkatkan efisiensi operasional, dan memperbesar laba. Dengan teknologi DevOps, perusahaan asuransi dapat mengintegrasikan pembayaran asuransi dengan para penyedia layanan fintech. Dengan menggunakan DevOps, perusahaan asuransi dapat lebih terhubung dengan penyedia layanan kesehatan, seperti rumah sakit, klinik dokter, dan sebagainya. Hal ini akan menghemat proses administrasi.

Masa Depan Perusahaan Asuransi Secara Umum

Faktor kunci adalah bahwa orang tidak ter-motivasi untuk tetap sehat. Mereka kurang paham premi asuransi kesehatan. Teknologi asuransi kesehatan dapat memberikan informasi yang disertai kemudahan untuk membeli polis asuransi. Dari sisi proses pembelian asuransi, teknologi asuransi kesehatan yang tepat dapat memangkas biaya penjualan anda cukup besar.

Masa depan perusahaan asuransi secara umum akan di penuhi dengan layanan asuransi mikro. Penggunaan aplikasi mobile dan produk IoT yang dapat dipakai orang merupakan faktor penting dalam meningkatkan daya saing. Terlebih lagi, bahkan dengan data real-time yang terukur, perusahaan asuransi dapat lebih menghemat biaya claim.

Sebagai contoh, sebuah rumah sakit yang tergolong semi mal praktik karena mengincar pembayaran dari pihak asuransi, bisa saja melebih-lebihkan kondisi kesehatan seseorang. Pihak asuransi dapat melakukan audit berdasar data pasien yang diterima. Proses ini memerlukan integrasi antara data pasien di rumah sakit dengan manajemen konsol di perusahaan asuransi yang di cocokan dengan data dari perangkat IoT yang dikenakan oleh pelanggan asuransi.

Perangkat IoT sebagai pendukung teknologi asuransi kesehatan banyak jenisnya. Ada yang dapat mengukur detak jantung, pengukur suhu badan, dan pencatat aktivitas kebugaran. Perangkat IoT tersebut tergolong cukup murah, harganya berkisar puluhan ribu hingga ratusan ribu saja. Perusahaan asuransi dapat membagikan perangkat IoT yang dipakai oleh pelanggan secara cuma-cuma. Tentunya pelanggan asuransi anda akan senang.

Dengan perangkat IoT yang di pasang pada pelanggan, walau mereka mengenakan sesekali atau secara berkala, perusahaan akan mendapatkan data kesehatan mereka. Kemudian data tersebut dapat di olah dengan teknik “query” sesuai parameter kesehatan yang di tetapkan. Ketika, seorang pelanggan mengalami penurunan kesehatan, aplikasi mobile anda yang di pasang di smartphone pelanggan dapat mengirim pesan dan tips untuk meningkatkan kesehatan dan stamina mereka.

Dengan cara tersebut, perusahaan asuransi dapat lebih peduli terhadap kesehatan pelanggan, disamping dapat menghemat biaya klaim asuransi. Sehingga, dapat kita pahami bahwa masa depan perusahaan asuransi akan berubah, dari berfokus pada resiko menjadi lebih peduli terhadap kesehatan pelanggan.

Kesimpulan:

Secara keseluruhan, penting bagi perusahaan asuransi untuk tetap mengikut trend dan memiliki konsultan teknologi informasi yang tepat untuk dapat membantu penerapan teknologi tersebut. Jenis tren teknologi digital dapat bekerja untuk mempercepat pertumbuhan profitabilitas dan membantu untuk mencegah dan mengatasi kelumpuhan sistem (downtime).

Silahkan berdiskusi..
Konsep Manajemen Sistem Informasi Pada Usaha Restoran
Mengenal Jenis Layanan Cloud Storage untuk Bisnis UMKM

Comments are closed.