Manfaat DevOps Untuk Perusahaan Dalam Menghadapi Dinamika Bisnis

Bila diterapkan dengan benar DevOps dapat sangat bermanfaat bagi proses bisnis di perusahaan anda. Manfaat DevOps paling utama adalah dapat memberikan nilai lebih bagi karyawan dan pelanggan, serta menghasilkan peningkatan kinerja.

Manfaat DevOps untuk Perusahaan Dalam Menghadapi Dinamika Bisnis

Dalam dunia digital saat ini, banyak perusahaan dan instansi pemerintahan berjuang untuk mengikuti kecepatan perubahan teknologi terbaru. Setiap perusahaan, terlepas dari industri apapun, akan menjadi semakin digital dalam keterlibatan dengan karyawan, mitra, dan pelanggan. saluran digital juga secara mendasar telah mengubah model bisnis dan mendorong pertumbuhan bisnis yang baru.

Sepuluh Manfaat DevOps untuk Departement IT di Perusahaan Anda.

Pemenang akan menemukan cara baru untuk mempercepat kecepatan proses inovasi bisnis untuk menyesuaikan kecepatan bisnis. Mereka beralih ke gerakan yang muncul disebut DevOps untuk mengeksekusi secara cepat tanpa mengorbankan kualitas, keamanan, efektivitas biaya, dan pengalaman pengguna akhir.

Secara umum, DevOps dapat meningkatkan kecepatan yang mencakup:

  • Konversi lebih cepat dari ide ke fungsi berbasis teknologi
  • Biaya proses yang lebih rendah
  • Deteksi dini kesalahan aplikasi
  • Lebih sedikit kesalahan dalam produksi
  • Peningkatan keamanan proses pengembangan
  • Metrik berbasis perbaikan terus-menerus
  • Pemanfaatan sumber daya teknologi dan karyawan yang lebih baik
  • Kemampuan untuk mengantisipasi dan menemui masalah sepanjang siklus secara menyeluruh

Metodologi DevOps yang bekerja dengan baik akan membawa manfaat sebagai berikut:

Peningkatan Kualitas Pelayanan

Kualitas pelayanan yang dirasakan dan kehandalan tergantung pada ketersediaan layanan tanpa adanya kesalahan dan kemampuan untuk mengembalikan layanan ke kondisi normal. Loop umpan balik yang cepat dan kecepatan rilis yang tinggi, dapat mengatasi penurunan kualitas layanan secara cepat. Hal ini akan mengarah ke peningkatan kualitas dan kehandalan pelayanan yang dirasakan oleh entitas.

Peningkatan Kehandalan Layanan

Ketepatan waktu dalam penyelesaian pekerjaan merupakan faktor kepuasan yang sangat penting bagi pihak internal dan para pelanggan. Hasil yang bermanfaat dapat diterima sering lebih awal, yang mana merupakan faktor penting dalam lingkungan bisnis.

Dengan DevOps, proyek-proyek besar dipotong menjadi potongan kecil, yang kemudian terus disebar untuk dikerjakan. Baik persyaratan awal dan persyaratan lanjutan, perubahan ataupun perbaikan dapat selesai dengan lead time yang lebih singkat. Khususnya bagi perusahaan yang selalu di tuntut untuk mengembangakan aplikasi internal dan eksternal, anda dapat meraih manfaat DevOps lebih besar lagi.

Peningkatan Layanan Pelanggan Dengan Kecepatan Menanggapi Perubahan

Untuk tetap relevan, bisnis perlu terus-menerus menyesuaikan diri terhadap perubahan pasar yang berubah dengan cepat. Manfaat DevOps salah satunya adalah untuk menanggapi pesaing dan tetap maju dalam siklus inovasi. Bisnis Anda perlu bertindak cepat pada lingkungan bisnis yang sangat dinamis.

Sebagai contoh, untuk perusahaan yang melayani konsumen akhir, tentu akan lebih cepat menggunakan aplikasi mobile untuk menjaring para pengguna mobile. Dalam hal ini perusahaan anda harus cepat menanggapi perubahan tersebut. Jika pesaing anda dapat memberikan nilai lebih pada pelanggan maka setidaknya akan ada pengurangan pada bisnis anda.

Kegunaan Yang Lebih Baik Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

siklus rilis yang lebih pendek menyebabkan siklus umpan balik yang lebih cepat. Pelanggan Anda dapat sering menerima pembaharuan dengan tepat waktu. Manfaat DevOps dalam hal ini dapat memberikan kemampuan untuk mengevaluasi dan menguji kepuasan dan tanggapan pelanggan lebih dini.

Anda bahkan dapat menguji versi yang berbeda dari produk anda pada waktu yang sama dengan kelompok-kelompok pelanggan yang berbeda dengan pengujian A / B (A/B Testing). Ini memberikan kemampuan untuk membandingkan fitur-fitur baru yang berbeda atau kemampuan produk satu sama lain.

Operasional Lebih Efisien

DevOps dibangun di atas prinsip-prinsip lean. Melalui perbaikan terus-menerus sebagai prinsip inti dari DevOps, Devops dapat bermanfaat untuk mengurangi limbah atau waste material dan juga waktu tunggu atau proses overhead yang tidak perlu. Hal ini tidak hanya membantu kelincahan, tetapi juga memiliki dampak positif yang dapat menekan biaya.

Untuk di pemerintahan, DevOps dapat berguna untuk mengatasi birokrasi. Sehingga instansi pemerintah tidak perlu selalu mengadakan proyek-proyek yang bersifat rutin dalam hal infrastruktur IT dan sistem informasi. Pendekatan DevOps dapat membawa dampak penghematan penggunaan anggaran di tiap departemen pemerintahan.

Mengurangi Bottle-Neck Melalui Multi Keahlian

Dengan mengurangi batas antara dev dan ops melibatkan setiap sisi belajar tentang urusan satu sama lainnya. Hal ini memungkinkan staff untuk memahami seluruh proses end-to-end dan melihat di mana ia dapat men-tweak dan melakukan peningkatan.

Jika bagian ops (operasional) mengetahui dasar-dasar coding dan sebaliknya, bottleneck dapat dihapus dengan tidak harus bergantung pada individu yang sangat khusus. Otomasi juga membantu di sini, misalnya dalam cara bagian dev (pengembang) dapat menggunakan katalog layanan untuk berputar ke atas lingkungan untuk memenuhi permintaan, tanpa menunggu anggota ops memiliki waktu luang untuk memberikan brief.

Membentuk Nilai Secara Menyelurh Dapat Meningkatkan Kepuasan Karyawan

Dalam organisasi yang masih memakai sistem IT konvensional, baik dev dan ops sering terbatas dalam melaksanakan tugas-tugas khusus. Nilai tugas ini sering kali sulit di ukur karena merupakan salah satu aspek kecil dari proses yang kompleks.

Apakah pihak internal atau eksternal dilayani, dampak yang diciptakan dengan ketangkasan tim dev dan ops jauh lebih langsung dan holistik dan dengan demikian dapat lebih mudah diamati oleh karyawan.

Ini ada infografis dari CIO.Com yang cukup menarik:

manfaat devops dari majalah CIO

Kolaborasi Meningkatkan Profesionalisme Karyawan

Padahal sebelumnya dev akan menyerahkan kode ke ops kemudian beralih ke proyek berikutnya. Pendekatan DevOps mendorong kolaborasi seluruh tim sepanjang seluruh proses. Bukan hanya bertukar email, tapi tatap muka dan melalui perangkat kolaboratif seperti redbooth atau dengan menggunakan wadah docker.

Di masa lalu, kedua tim bisa bekerja di kantor yang berbeda. DevOps membawa team IT bersama-sama, dan pergeseran dalam budaya cenderung menyebar di luar departemen. Hal ini mengurangi pemborosan melalui insentif sejajar yang biasanya juga dapat menyebabkan perilaku saling menyalahkan dan mengurangi kepuasan karyawan. Inilah sebabnya manfaat DevOps perlu dikenali oleh para manajemen tingkat atas di seluruh perusahaan.

Pembelajaran dan Perbaikan Terus-Menerus

DevOps mempromosikan budaya belajar terus menerus dan perbaikan melalui prinsip-prinsip lean (pergeseran atau perubahan). Dalam lingkungan yang bergerak cepat dan tak terduga, perbaikan terus-menerus adalah sumber yang paling penting dari keunggulan kompetitif berkelanjutan dan nilai ekonomi yang unggul.

Lingkungan pembelajaran terus menerus juga menarik dan dapat mempertahankan bakat yang luar biasa. Ini adalah unsur penting untuk kepuasan karyawan.

Menyemangati Kembali Karyawan Anda

Terlepas dari manfaat terhadap praktek-praktek teknis DevOps, mungkin salah satu manfaat utama DevOps untuk IT adalah dapat memberikan semangat kerja para karyawan. Seperti pelatih olahraga yang baru dapat membawa perspektif yang segar dan peningkatan kinerja antar tim, sehingga DevOps dapat menghidupkan kembali semangat pada tim rekayasa perangkat lunak di perusahaan anda.

Kesimpulan:

Masih banyak manfaat DevOps bagi perusahaan yang memiliki kesadaran bahwa dunia bisnis terus bergerak secara dinamis. Pendekatan DevOps sangat membantu perusahaan dalam mengatasi perubahan tersebut. Artinya, peningkatan sistem dan infrastruktur IT dapat terus menerus dilakuan tanpa harus mengorbankan kualitas layanan.

Dalam era digital saat ini, persaingan pasar dipengaruhi kuat dengan seberapa cepat anda dapat memberikan pemutakhiran layanan disamping meningkatkan visibilitas data dan kestabilan operasional IT. Banyak perusahaan startup yang begitu cepat menjadi besar karena mereka lebih dulu menerapkan sistem DevOps pada awal bisnis mereka.

Anda tidak perlu khawatir mengenai masalah ini, anda dapat menggunakan jasa konsultan IT yang memiliki pengalaman dalam dunia DevOps untuk mendukung bisnis anda agar dapat bertumbuh sesuai rencana pada dunia bisnis yang semakin dinamis.

Silahkan berdiskusi..

Comments are closed.

Pin It on Pinterest

Share This