Sesuai namanya, sebetulnya cukup jelas perbedaan jasa digital marketing dengan jasa agen kreatif. Hanya saja, digital marketing bukan hanya sekedar membuat content dan mendistribusikanya saja. Agen kreatif, mereka adalah produsen konten yang diarahkan oleh client atau oleh konsultan digital marketing.

Desain telah berada di garis depan periklanan. Apakah itu logo yang kuat, tajuk utama yang mencolok, atau warna yang khas, desain adalah salah satu aspek terpenting dari iklan. Tidak mengherankan bahwa dalam iklim periklanan saat ini, di mana persaingan semakin ketat, Agen Kreatif terus berkembang.

Apa Bedanya Jasa Digital Marketing dengan Creative Agency?

Munculnya iklan online telah membuat jasa digital marketing sebagai salah satu layanan yang paling dicari oleh para pengiklan. Ini menciptakan banyak kebingungan di antara pengiklan tentang jenis agensi apa yang harus mereka gunakan untuk kampanye mereka.

Jadi apa perbedaan utama antara Agensi Kreatif dan Jasa Digital Marketing? Sebelum kita menjawab pertanyaan ini, mari kita tentukan definisi mereka terlebih dahulu.

Apa definisi Agensi Kreatif?

Agensi Kreatif berfokus pada desain dan sering terlibat dengan mitra seperti konsultan pemasaran iklan untuk sepenuhnya menyebarkan pekerjaan mereka.

Sebagian besar waktu, Agen Kreatif menawarkan layanan desain cetak. Agen Kreatif yang Baik biasanya “ahli branding” dan hebat dalam desain produk. Secara khusus, mereka dikenal untuk mendesain logo, kop surat, kartu nama yang hebat, dan mencapai rasa branding yang kohesif secara keseluruhan.

Dari segi struktur perusahaan, Agen Kreatif lebih fokus pada tim kreatif daripada strategi pemasaran. Agen Kreatif Besar sering diisi dengan Direktur Kreatif dan desainer grafis.

Apa definisi dari Jasa Digital Marketing?

Jasa digital marketing merupakan perusahaan yang memberikan layanan strategis untuk pemasaran di jalur digital. Mereka menawarkan jasa digital marketing yang lengkap dan ter-integrasi kepada klien, seperti:

  • Merumuskan strategi dan anggaran biaya digital marketing secara komprehensif untuk mencapai tujuan bisnis client.
  • Pemasaran mesin pencari, termasuk branding di search engine.
  • Pemasaran terarah di sosial media.
  • Pemasaran melalui e-mail.
  • Pemasaran ulang melalui orang-orang yang pernah melihat atau berinteraksi dengan iklan.
  • Manajemen iklan online secara ter-target.
  • Pembuatan website yang memenuhi syarat untuk pemasaran digital. (tidak semua website dapat dikatakan layak untuk digital marketing.
  • Pengukuran dan analisa, serta memberikan saran.

Dan masih banyak lagi, seperti meng-integrasikan alat pemasaran dengan alat penjualan seperti sales force dan hub spot.

Pentingnya Jasa Digital Marketing Secara Menyeluruh

Mengapa penting untuk mengetahui jasa digital marketing secara menyeluruh? Karena tidak semua penyedia jasa pemasaran digital menyediakan fungsi layanan penuh sebagai konsultan dan outsourcing bagian produksi.

Ini bukan berarti hal yang buruk, hanya saja Anda harus sadar bahwa sebelum mencari creative agency, sebaiknya Anda merumuskan dulu rencana pemasaran digital beserta strateginya pada konsultan digital marketing.

Banyak pengiklan dan perusahaan perlahan-lahan lebih fokus pada periklanan online saat ini. Dengan ratusan juta pengguna internet yang selalu aktif, ini merupakan alasan yang kuat bagi mereka. Akan tetapi, tanpa strategi dan dan konten kreatif, kampanye iklan tersebut tidak akan optimal.

Untuk mendorong poin lebih jauh, survei tahunan oleh APJII (Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia) pada tahun 2017, 51% pembeli memilih untuk berbelanja online. Dari tampilan tren, angka tersebut akan terus naik.

Update 2022:

Pandemi COVID-19 telah mengubah perilaku masyarakat Dunia termasuk Indonesia lebih ke saluran online. Belanja online tentunya semakin meningkat, ini merupakan momentum bagi perusahaan yang cepat beradaptasi pada kondisi ini.

Perusahaan sebaiknya menggunakan jasa digital marketing secara menyeluruh atau inegrated digital marketing atau managed digital marketing services. Ini akan lebih hemat 30 – 50% jika Anda menggunakan konsultan pemasaran digital ketimbang mendirikan team in-house yang biayanya antara Rp. 45 juta per bulan hingga Rp. 300 juta per bulan.

Inilah sebabnya mengapa pengiklan beralih ke konsultan pemasaran digital untuk mendapatkan bantuan dalam hal strategi pemasaran mereka. Periklanan digital tidak hanya memberi Anda pemirsa terbesar, tetapi juga hemat biaya, terukur secara real-time, dan dapat ditargetkan untuk pemirsa sesuai buyer persona Anda.

Jadi mengapa Anda masih membutuhkan Agensi Kreatif? Yah, masih ada beberapa alasan kuat untuk melakukannya.

Manfaat dari Jasa Creative Agency

Agen Kreatif masih menjadi raja dalam hal desain. Perusahaan-perusahaan ini fokus untuk memproduksi desain terbaik untuk merek Anda. Dengan desain yang bagus, ini dapat menjadi keajaiban untuk kampanye Anda. Membuat konten visual masih menjadi prioritas besar untuk bisnis di Indonesia, ketimbang membuat konten yang meng-edukasi konsumen.

Terlepas dari bentuk iklan lain yang muncul, orang masih menghargai desain dan kreativitas.

Agen kreatif menawarkan akses ke tingkat atas dalam desain grafis dan spesialis pemasaran offline. Mereka memiliki banyak pengetahuan dan pengalaman dengan berbagai jenis klien dan kebutuhan bisnis. Agen kreatif akan memberikan sudut pandang obyektif dalam merencanakan konten.

Mana yang lebih baik Anda gunakan?

Pada kenyataannya, ada kesesatan yang cukup luas. Praktisi pemasaran di Indonesia kebanyakan masih belum memahami pentingnya strategi untuk digital marketing sebelum melakukan aktivitas apapun terkait pemasaran digital. Mereka cenderung menghubungi agen kreatif dan menyerahkan semuanya begitu saja.

Untuk perusahaan besar multi nasional, mereka rata-rata sudah menggunakan konsultan pemasaran digital. Sayangnya, kebanyakan mereka memakai jasa dari perusahaan konsultan digital marketing di luar negeri untuk market di Indonesia, ini blunder yang sangat konyol.

Pemasaran digital untuk di suatu wilayah akan lebih dipahami dengan baik oleh konsultan lokal. Hanya saja, Anda harus dapat mencari konsultan digital marketing yang kompeten, bukan hanya sekedar menobatkan diri mereka sebagai konsultan digital marketing saja.

Sementara para pimpinan perusahaan mengetahui untuk mengalihkan anggaran dari iklan off-line ke online, di jalur online mereka hanya terdengar sebentar, tertimpa oleh konten-konten kreatif dari pihak lainnya pada linimasa sosial media. Hal ini merupakan sebab kenapa banyak perusahaan atau bahkan organisasi pemerintah yang semakin tidak terdengar brand, produk atau pencapaiannya.

Pemasaran digital tidak hanya sampai pada creative content saja, akan tetapi memerlukan tujuan yang jelas dan strategi yang masuk akal untuk mencapai tujuan bisnis.

Namun, desain sangat penting dalam hal kampanye. Desain yang baik akan meningkatkan efektivitas promosi Anda serta meningkatkan merek Anda.

Jadi, untuk melakukan pemasaran digital secara ideal, Anda harus menggunakan konsultan pemasaran digital dan agen kreatif. Masing-masing memiliki spesialisasi, Anda harus kombinasikan kedua jenis jasa tersebut untuk lebih optimal dalam upaya pemasaran digital.

Memilih Agensi Digital Marketing

Anda harus selektif dalam memilih digital marketing agency, jangan sampai mereka hanya mengetahui cara creative design, ads placement dan social media saja.

Terutama untuk di media sosial, hindari agensi digital marketing yang menggunakan cara “Fake Famous” yakni dengan menggunakan fake follower dan fake engagement. Seperti di film “Fake Famous”, bisa saja Anda berhasil menjadi terkenal akan tetapi hal tersebut untuk individu atau jalan untuk menjadi influencer. Sedangkan untuk bisnis, ketika para real follower atau konsumen Anda mengetahui bahwa Anda menggunakan fake follower dan sebagainya, maka tentu kepercayaan mereka terhadap bisnis Anda menurun.

Sebaiknya Anda memilih agensi digital marketing dengan kriteria sebagai berikut:

  • Berpengalaman dalam SEO onsite dan offsite
  • Memahami kualitas website. Ini sangat penting, misal Anda punya website e-commerce dan berharap dapat banyak pembelian. Anda beriklan besar-besaran, akan tetapi butuh waktu yang lama untuk membuka website Anda dan proses transaksi sulit. Ini akan menjadi “backfire” terhadap seluruh upaya yang Anda kerahkan. Oleh karena itu sangat penting untuk memilih agensi digital marketing yang paham soal kualitas website.
  • Memilki keahlian analitikal. Jika digital agency tidak mengerti Google Analytics, lantas apa yang dapat Anda harapkan dari mereka untuk meningkatkan penjualan Anda?. Dalam pemasaran digital sangat penting untuk mengetahui indikator kesuksesan digital marketing dan semua itu melalui Google Analytics.
  • Jujur dan Komunikatif. Agensi digital marketing merupakan mitra Anda dalam mengembankan usaha Anda. Ketidak-jujuran atau tidak transparan merupakan salah satu faktor gagalnya komunikasi, sedangkan komunikasi yang lancar dan jelas sangat dibutuhkan dalam urusan apapun. Tentu Anda akan hindari digital marketing agency yang “tricky”.
  • Independen. Digital marketing agency harus memiliki kemampuan diatas rata-rata secara profesional dalam bidang yang ada pada digital marketing. Mereka akan berikan saran terbaik untuk apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan. Sebagai contoh, ketika Anda ingin branding di Search Engine, lantas Anda pikir dengan membeli backlink akan mencapai hasil yang maksimal, padahal hal tersebut dapat menempatkan website bisnis atau brand Anda pada risiko yang tinggi, website Anda dapat di suspend di hasil pencarian Google alias terkena penalty. Jika ini terjadi, maka Anda harus mengulangi dari awal.

Memilih agensi digital marketing dapat menjadi pekerjaan yang menantang. Portfolio segudang perusahaan besar tidak dapat menjadi patokan karena setiap bisnis unik.

Apa yang dapat Anda jadikan patokan dalam memilih agensi digital marketing adalah dengan mengetahui cara mereka melakukan segala sesuatunya, sesuai praktik terbaik atau tidak.

Agensi digital marketing yang memahami kualitas website, otomatis mereka juga akan memberikan jasa pembuatan website sesuai praktik terbaik. Sebab, jika mereka paham dengan kualitas website, maka website mereka sendiri juga akan cepat di akses, mobile friendly, dan terstruktur.

Saran kami, carilah agensi digital marketing yang memiliki team profesional tersertifikasi oleh Google.

Beberapa hal yang perlu Anda ingat:

Pada dasarnya, pemasaran digital sudah menjadi tuntutan bisnis saat ini. Berhenti dalam upaya pemasaran digital dapat mengakibatkan bisnis Anda terlibas oleh para pesaing.

Berikut beberapa hal yang perlu diingat untuk membantu Anda dalam melakukan pemasaran digital:

  • Jasa digital marketing lebih pada strategi, eksekusi dan monitoring.
  • Creative agency lebih pada kreasi content grafis dan multi media untuk mendukung taktik pemasaran digital.
  • Rumuskan strategi pemasaran digital sebelum membuat konten.
  • Kombinasikan jasa digital marketing dan creative agency untuk mendukung strategi pemasaran Anda, karena keduanya memiliki spesialisasi masing-masing pada bidangnya.
  • Miliki selalu pengukuran kinerja digital marketing Anda, ini sangat penting dan masih banyak perusahaan di Indonesia yang pada akhirnya melakukan pemborosan besar pada anggaran pemasaran digital namun brand tidak terlalu terdengar dan akhirnya penjualan menyusut.

Sekali lagi, tidak hanya Anda sendiri yang melakukan pemasaran digital. Anda harus sadari bahwa di luar sana banyak perusahaan yang semakin memahami pentingnya digital marketing untuk bisnis mereka.

Pahami perbedaan tersebut di atas untuk semakin memperjelas tindakan pemasaran Anda. Kami berusaha untuk terus menyajikan pemikiran dan informasi berkualitas seputar pemasaran digital. Terimakasih sudah membaca artikel digital marketing ini, semoga bermanfaat untuk meningkatkan penjualan Anda.

Jasa Search Engine Marketing Profesional untuk Perusahaan

Pin It on Pinterest

Share This