Kenapa Digital Marketing Sangat Penting Untuk Bisnis Anda?

Saat ini, banyak orang di Indonesia yang memiliki akses internet dimana saja dan kapan saja. Dalam era transformasi digital sekarang ini, semakin banyak orang di Indonesia yang mengakses informasi melalui komputer, tablet atau ponsel. Inilah kenapa digital marketing menjadi semakin penting untuk menjaga dan meningkatkan pertumbuhan bisnis anda.

Kenapa Digital Marketing Sangat Penting Untuk Bisnis

Apa yang para pebisnis harus ingat adalah bahwa setiap orang dapat mempengaruhi citra perusahaan mereka melalui Media Sosial dan Anda dapat yakin bahwa umpan balik pelanggan akan lebih dapat dipercaya bagi orang lain.

Mengapa Pemasaran Digital Kian Menjadi Penting dan Memberi Banyak Manfaat Bagi Bisnis ?

Karena melalui saluran elektronik dan dengan mengirimkan komentar positif, masukan tentang perusahaan / produk Anda (dan pelanggan Anda yang puas) dapat menarik pelanggan baru dan membangun hubungan jangka panjang. Tetapi berhati-hatilah! Ini bekerja dua arah! Pelanggan yang puas dapat membantu Anda, namun pelanggan yang tidak puas dapat membahayakan bisnis Anda dengan sangat serius.

Sebagai pemilik bisnis, pastikan para staff dan kepala pemasaran anda memiliki strategi digital marketing yang efektif. Ini artinya, mereka memiliki serangkaian rencana pemasaran melalui platform digital dengan dasar dan pengukuran yang jelas.

Sebagai pemilik bisnis, yang perlu selalu anda ingat dalam digital marketing adalah hal-hal sebagai berikut:

  • Dapatkan kejelasan perilaku konsumen online

    Digital marketing yang terintegrasi akan melibatkan SEM (Search Engine Marketing) dan SMM (Social Media Marketing). Dapatkan pengukuran kinerja dan laporan analitik yang menjelaskan dari platform apa saja datangnya pengunjung ke website dan membeli produk melalui website anda. Ini akan bermanfaat untuk  mengukur efektivitas strategi digital marketing yang dilakukan mereka. Baca juga mengenai: Manfaat website untuk bisnis di era digital.

  • Dorong keterlibatan melalui media digital

    Anda bisa mendapatkan klien baru misal melalui saluran Media Sosial. Saat melakukannya, pastikan Anda menyegmentasikannya ke dalam kelompok pelanggan yang berbeda sesuai dengan minat mereka. Nantinya, Anda akan bisa berinteraksi dengan mereka dan mendorong berbagai tindakan.

  • Pesaing Anda melakukan hal yang sama

    Setiap tahun semakin banyak bisnis yang melepaskan metode periklanan tradisional dan fokus pada SEO, Google Adwords atau Social Media dengan menghabiskan banyak uang pada sumber daya ini. Inilah alasan mengapa pasar semakin kompetitif dan pemain besar unggul dari perusahaan kecil. Anda dapat memantau teknik dan strategi digital marketing yang dilakukan oleh para pesaing, dan membandingkan dengan strategi digital marketing anda.

  • Strategik, Kreatif dan inovatif

    Penting untuk dipahami bahwa pemasaran digital tidak hanya berlaku untuk situs web Anda! Namun sebagian besar pemasar membuat situs web atau eCommerce dan berinvestasi di SEO dan / atau AdWords. Tapi untuk membuat bisnis Anda menonjol dari keramaian, Anda memerlukan strategi nyata yang menempatkan pelanggan potensial terlebih dahulu dan menggunakan semua alat yang ada untuk mendapatkannya.

    Agak sulit untuk memahami hal ini, karena ini merupakan hal teknis yang dapat disiapkan oleh para ahli yang berpengalaman. Namun, hal ini bukanlah teknik ‘black-hat’ atau melanggar ketentuan dari masing-masing platform. Akan tetapi, dengan pemahaman algoritma search engine dan karakteristik social media, cara ini dapat diterapkan.

  • Tingkatkan reputasi bisnis

    Reputasi bisnis yang baik sangat penting. Tanpa kepercayaan dan referensi positif dari pelanggan, perusahaan tidak akan bertahan. Terutama di tahun-tahun sebelumnya, pentingnya reputasi telah menjadi semakin nyata. Jika sebuah bisnis memiliki reputasi yang baik, pelanggan dapat memilih perusahaan tertentu dari banyak pasar. Reputasi positif memungkinkan pemasar untuk membedakan produk / layanan mereka di pasar yang sangat kompetitif dan berhasil bersaing dengan pemain besar.

    Bagaimana membangun reputasi yang baik? Pastikan Anda berkomunikasi dengan pelanggan dan setiap orang yang berinteraksi dengan perusahaan Anda melalui situs web, e-mail, Social Media. Jawab keraguan, tawarkan bantuan dan pastikan Anda membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan Anda.

    Seperti Sari Roti, setelah membuat pengumuman kontroversial, mereka menglami penurunan saham yang drastis, lebih dari 50%. Kabarnya, produk mereka di minimarket ‘tidak disentuh’ pengunjung. Ini merupakan contoh dari suatu kesalahan fatal dalam bisnis.

Apa Saja Manfaat Digital Marketing ?

Manfaat digital marketing ini memungkinkan Anda mengembangkan rencana pemasaran dan tetap kompetitif di industri Anda. Dengan cara pemasaran online di internet sesuai praktik terbaik, bisnis Anda akan mendapatkan keuntungan sebagai berikut:

  1. Menjadi terhubung ke konsumen secara online

    Menurut para peneliti, 72 persen pemasar menganggap konten marketing lebih efektif daripada beriklan di majalah. 69 persen mengatakan konten marketing lebih unggul dari direct mail dan PR. Mempertahankan kehadiran online yang dominan sangat penting untuk kenyamanan pelanggan dan kesuksesan pemasaran.

  2. Dapat melacak perilaku pemirsa

    Dengan analisis dari pemasaran digital, Anda dapat melacak tindakan, keputusan, dan preferensi pelanggan potensial, sehingga Anda memiliki wawasan sejati tentang perilaku pemirsa Anda.

  3. Optimalisasi konversi

    Kemampuan untuk melacak perjalanan pelanggan yang dimulai pada klik pertama memungkinkan Anda menguji dan mengoptimalkan strategi pemasaran online anda untuk konversi secara berkelanjutan.

  4. Lebih terhubung dengan pelanggan ponsel

    Memiliki kehadiran online yang dominan yang dioptimalkan untuk pengguna smartphone dan tablet dapat mempengaruhi perilaku pembelian. 82% yang melakukan pencarian melalui ponsel merupakan pemirsa yang paling berprospek terhadap pembelian. 65% mencari informasi yang paling relevan dengan kueri mereka. 33% pengguna ponsel telah membeli dari merek yang berbeda dari yang ada dalam pikiran mereka setelah mereka mendapatkan informasi dari produk tersebut.

  5. Tingkat ROI dan pendapatan yang lebih tinggi

    Meningkatkan jangkauan digital Anda adalah cara yang lebih dapat diprediksi untuk meningkatkan pendapatan Anda daripada metode pemasaran tradisional. Selain itu, pemasaran digital memberi Anda data yang nyata, dan memprediksi seta mengukur ROI (return on investment) terhadap biaya pemasaran anda menjadi jauh lebih mudah dilakukan.

  6. Menganalisis dan beradaptasi dengan mudah

    Karena pemasaran digital menyediakan data yang nyata dan tepat waktu, Anda dapat mengamati dan menyesuaikan strategi dengan tren dan tindakan yang diambil orang yang sebenarnya. Anda tidak harus bergantung pada kumpulan data sampel atau membuat dugaan. Kini anda dapat lebih yakin dalam merencanakan dan melaksanakan pemasaran, dan menyesuaikannya strategi berdasarkan data kinerja real-time.

  7. Menjadi lebih kompetitif

    Pemasaran digital adalah bagaimana bisnis bekerja sekarang, dan akan terus bekerja di masa depan. Jika bisnis Anda belum masuk dalam permainan pemasaran digital, berarti Anda berada di belakang. Pastikan bisnis Anda kompetitif dengan menggunakan strategi pemasaran digital yang cerdas.

Akhirnya, anda harus mengintegrasikan seluruh hal tersebut dalam sebuah rencana aksi pemasaran online. Semakin cepat anda beralih ke digital marketing, semakin tinggi daya tahan bisnis dan bahkan dapat mengungguli para pesaing. Ini merupakan ‘hukum alam’ dari transformasi digital.

Silahkan hubungi kami untuk konsultasi digital marketing, melalui formulir dibawah ini.

Silahkan berdiskusi..
Post Tagged with

Comments are closed.

Pin It on Pinterest

Share This