Salah satu cara sukses jualan online memang harus melibatkan iklan digital, akan tetapi untuk pemula hal ini dapat menguras sumber daya keuangan. Untungnya, ada cara lain. Dalam artikel ini kami akan ungkapkan tips jualan online tanpa harus bayar iklan digital.

Cara Sukses Jualan Online untuk Para Pemula

Pemasaran online adalah suatu proses yang tidak bisa dilepaskan dari konstruksi konten. Pemasaran digital, seperti e-mail marketing untuk menjual produk dan layanan, memiliki pengaruh besar terhadap penjualan Anda. Namun, ini bisa sangat mahal jika Anda harus membayar untuk mendaftarkan iklan di Google atau Facebook. Bagaimana caranya?

Buatlah Website, Jika Bisa Buatlah Website Toko Online

Menyediakan situs web yang berisi informasi mengenai toko Anda (dan tentunya iklan) adalah salah satu bagian dari strategi meng-advertise dengan gratis internet. Anda bisa membuat situs web secara komersial di platform seperti Wix, Squarespace,

Shopify atau WordPress. Setelah mendirikan toko online anda tinggal menyediakan produk pada website anda dan mulai memasarkannya lewat iklan yang ada di situs anda.

Dengan Toko Online Anda Dapat Berikan Promo Lebih Fleksibel

Penting sekali untuk memiliki website jika Anda ingin berhasil terapkan cara sukses jualan online ini. Anda dapat menggunakan jasa pembuatan website yang berpenglaman untuk hal ini, atau pelajari cara membuat toko online dan buat website toko online Anda sendiri.

Enaknya jualan pakai toko online adalah, Anda tidak terkena biaya komisi penjualan. Selain itu, Anda dapat menentukan promosi Anda sendiri secara lebih fleksibel. Selain itu, Anda dapat menerapkan branding pada situs toko online Anda sendiri ketimbang di marketplace.

Manfaatkan akun media sosial Anda sebaik mungkin

Manfaatkan akun media sosial Anda untuk mempromosikan merek Anda dan menyebarkan konten yang bermanfaat. Banyak orang memiliki beberapa akun media sosial yang berbeda, jadi semakin banyak akun yang Anda miliki, semakin besar kemungkinan konsumen dapat menemukan Anda dan mendaftar pada situs web Anda.

  • Maklumat umum: Bagaimana caranya? Buatlah halaman Facebook, Twitter, Instagram, dan akun Pinterest untuk bisnis Anda. Pastikan untuk memasang profile photo yang berisi gambar brand bagi keseluruhan bisnis Anda; itu memberi gambaran tentang apakah brand lainnya manfaatkan produk atau layanan pengguna sebelumnya. Jangan lupakan untuk meng-upload foto produk secara regular!
  • Tips bagi pemula: Gunakan hashtag yang tepat di setiap posting social media yang dibuat oleh pihak ketiga agar lebih mudah terindeks oleh search engines (Google atau Bing).

Hasilkan konten visual yang orisinil dan menarik

Sebagai salah satu cara sukses jualan online tanpa bayar iklan, Anda harus perkuat di konten visual Anda.

  • Gunakan foto dan video Anda sendiri. Baik untuk di website toko online, marketplace, ataupun di media sosial.
  • Pastikan konten relevan dengan merek dan produk Anda.
  • Berikan alasan kepada pengikut untuk mengikuti Anda, dan jangan lupa tagar!

Buat strategi Optimasi Mesin Pencari (SEO) untuk situs web Anda.

Jika Anda ingin membangun bisnis online Anda, penting bagi Anda untuk memahami cara kerja optimasi mesin pencari (SEO). SEO mengacu pada proses mengoptimalkan situs web sehingga peringkatnya tinggi di Google dan mesin pencari lainnya.

Dengan mengoptimalkan situs Anda, Anda bisa mendapatkan lebih banyak lalu lintas organik dari pelanggan yang mencari produk seperti milik Anda dan mudah-mudahan akan mendorong mereka kembali ke situs Anda untuk informasi lebih lanjut atau pembelian.

Jika Anda ingin memaksimalkan keuntungan Anda dengan investasi minimal dalam iklan digital, maka menerapkan strategi SEO yang efektif adalah kuncinya. Kabar baiknya adalah bahwa ada banyak cara bagi bisnis dari semua ukuran dan anggaran untuk mengoptimalkan situs mereka secara gratis atau dengan biaya rendah

Perlu Anda ketahui, hindari menggunakan tawaran jasa SEO yang memberikan garansi karena hal tersebut hanya akan berikan Anda kekecewaan. Website Anda dapat cepat terkena penalti oleh search engine dan pada akhirnya tidak dapat muncul pada seluruh kata kunci di hasil pencarian.

Jika Anda ingin menggunakan jasa SEO, maka sebaiknya gunakan jasa SEO professional. Sayangnya, biasanya jasa SEO professional cukup mahal untuk para pemula.

Kabar baiknya adalah, Anda dapat melakuakn optimasi webste Anda sendiri. Pelajari cara melakukan optimasi website (SEO) dan terapkan segera di website Anda.

Buat blog di mana Anda dapat menunjukkan keahlian Anda dalam industri Anda melalui pemasaran konten berkualitas.

Blogging adalah cara yang bagus untuk membangun merek Anda, memposisikan diri Anda sebagai ahli di bidang Anda, dan mengarahkan lalu lintas organik ke situs web Anda. Jika Anda belum membuat blog, kami sarankan untuk meluncurkan blog di WordPress dan kemudian meluangkan waktu untuk mengaturnya dengan benar (ini akan menyelamatkan Anda dari kehilangan pelanggan potensial).

Blog Anda harus memiliki:

  • Nama domain yang menarik (contoh: www.yourblogdomainname.com)
  • Desain unik yang sesuai dengan tujuannya (misalnya, jika Anda menjual perkakas untuk proyek perbaikan rumah, maka menampilkan gambar perkakas akan efektif)
  • Konten yang relevan tentang topik yang terkait dengan niche Anda

Setiap postingan blog harus memuat gambar produk atatu tautan ke salah satu produk Anda. Ini akan membantu optimasi website Anda.. Domain website Anda akan lebih cepat popular dan naik peringkat di hasil pencarian dengan cara seperti ini.

Kesimpulan

Pemasaran digital tidak selalu harus mengharuskan Anda mengeluarkan uang untuk beriklan. Ada sejumlah cara hebat untuk mendapatkan lalu lintas secara organik yang sepenuhnya gratis!

  • SEO
  • Pemasaran media sosial
  • Pemasaran media sosial organik
  • Membuat blog
  • Membuat website
  • Membuat toko online

Penting untuk diingat bahwa apa pun yang Anda lakukan, pelanggan Anda adalah bagian terpenting dari bisnis Anda. Untuk alasan ini, kami mendorong Anda untuk memastikan bahwa setiap konten yang Anda buat relevan dan menarik secara sosial bagi mereka.

Baca selanjutnya: Cara Meningkatkan Penjualan Online

Apa yang kami tunjukkan di sini hari ini hanyalah salah satu contoh betapa kuatnya media sosial bagi bisnis kecil tanpa anggaran untuk beriklan; ada banyak cara lain untuk menggunakan alat ini secara efektif juga!

Dengan memanfaatkan tips dan trik ini, kami berharap semua orang yang membaca artikel cara sukses jualan online ini akan dapat meningkatkan kehadiran online mereka sekaligus menghemat uang untuk biaya pemasaran pada saat yang bersamaan.

Pin It on Pinterest

Share This