Pengertian Software Akuntansi Secara Umum

Kali ini kita akan membahas tentang pengertian software akuntansi. Zaman yang semakin modern membuat semua pekerjaan pun bisa dilakukan lebih cepat dan dengan teknologi yang lebih canggih. Tidak terkecuali dengan pekerjaan accounting yang biasanya dilakukan para akuntan di seluruh Indonesia dan Dunia.

Jika dahulu pekerjaan ini dikerjakan secara manual di buku dan menghitung secara manual atau menggunakan kalkulator, saat ini manusia sudah membuat teknologi yang lebih keren dan lebih canggih lagi.

Dengan software atau aplikasi akuntansi, seorang akuntan bisa mengerjakan pekerjaannya dengan lebih mudah dan lebih cepat, sehingga lebih efisien waktu.

Pengertian Software Akutansi

Apa pengertian software akuntansi secara umum?

Secara umum, software atau perangkat lunak akuntansi ini adalah sebuah program aplikasi yang memang dirancang khusus untuk mempermudah pekerjaan para akuntan dalam pencatatan transaksi usaha yang sama dengan apa yang dilakukan secara manual. Misalnya account payable atau pembelian, account reveivable atau penjualan, penggajian, buku besar, dan berbagai macam kegiatan pencatatan akutansi lainnya untuk menghasilkan pelaporan keuangan sebagai pertimbangan untuk pengambilan keputusan.

Biasanya perangkat lunak atau software ini dikembangkan sendiri oleh sebuah perusahaan atau dibeli dari pihak lain yang menyediakannya, atau bisa juga berasal dari kombinasi antara keduanya. Oleh karena itu, kualitas, kompleksitas, dan kegunaan dari software akuntansi ini sangatlah beragam dan bergantung pada fungsi yang dibutuhkan oleh sebuah perusahaan penggunanya.

Nah, itu tadi adalah pengertian software akuntansi. Sementara perangkat lunak atau software akutansi jenisnya sudah beragam. Baik buatan luar negeri ataupun buatan lokal. Fitur dari setiap perangkat lunaknya juga berbeda-beda. Mulai dari multi user atau bisa digunakan lebih dari satu pengguna, multi company atau lebih dari satu perusahaan, terdiri dari berbagai bahasa, database, multi cabang, multi currency, modul AR, AP, GL, Stock, Payroll, ledgerplus dan sebagainya.

Pada dasarnya, program akuntansi keuangan ini dibuat dengan tujuan untuk mempermudah seorang akuntan dalam membuat laporan keuangan yang terdiri dari Neraca atau Balance Sheet, Rugi Laba atau Profit Lost Statement, Laporan Perubahan Posisi Keuangan atau Statement of Chash Flow, buku besar, trial balance, sampai Laporan keuangan untuk periode satu tahun buku. Dan untuk membuat laporan-laporan tersebut, dibutuhkan langkah dasar yaitu dengan menyusun perkiraan atau buku besar atau yang juga disebut dengan account/ledger. Di mana setiap ledger tersebut memiliki kode atau nama dan memiliki letak yang paten dalam sebuah laporan keuangan.

Dengan menggunakan perangkat lunak atau software akuntansi ini, sebuah perusahaan bisa lebih cepat untuk menerbitkan sebuah laporan keuangan, karena memang jika dibandingkan dengan pekerjaan akutansi secara manual, penggunaan software akuntansi ini jauh lebih menghemat waktu.

Biasanya jika dikerjakan secara manual, dalam penyusunan laporan keuangan membutuhkan waktu sekitar satu minggu. Berbeda halnya jika seorang akuntan mengerjakannya menggunakan program aplikasi yang memang dirancang khusus untuk menyusun laporan keuangan. Nah, jadi yang menjadi latar belakang dibuat atau dikembangkannya software akutansi adalah efisiensi waktu.

Begitulah kira-kira pengertian software akutansi dan cara kerjanya. Adapun beberapa perangkat lunak yang populer dan sering digunakan ada MYOB, SAP, Omegasoft, Acosys, Zahir Accounting, Seventhsoft, Accurate, Bee, LedgerPlus dan sebagainya. Untuk software atau program yang disebutkan tadi, semuanya adalah aplikasi berbayar. Namun jangan khawatir karena masih ada beberapa software akutansi yang juga bisa diunduh secara gratis, seperti TurboCash misalnya yang dirilis sejak tahun 2003.

Demikian penjelasan mengenai pengertian software akutansi, latar belakang diciptakannya, dan beberapa contoh software akutansi. Semoga bisa menambah wawasan Anda dan semoga bermanfaat.

Silahkan berdiskusi..

Comments are closed.

Pin It on Pinterest

Share This