Jenis Layanan pada Jasa Data Center di Indonesia

Jasa data center atau pusat data yang merupakan ruangan untuk meletakan perangkat jaringan server skala besar, baik untuk menyimpan sistem operasi, aplikasi perusahaan, dan data perusahaan, tentunya harus di dukung dengan infrastruktur gedung yang memenuhi standard tinggi untuk hal ini, karena data center Indonesia harus tetap dapat di akses secara terus menerus oleh banyak orang.

Jenis Layanan Pada Penyedia Jasa Data Center

Kebutuhan data center di Indonesia semakin meningkat sering perkembangan teknologi yang telah mengarah kepada big data mining. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui apa saja layanan yang diberikan oleh para penyedia fasilitas data center di Indonesia.

Berikut jenis layanan yang paling utama pada sebuah datacenter.

  • Co-Location Data Center. Penyewaan ruang server beserta infrastrukturnya, baik untuk operator telekomunikasi, perusahaan jasa aplikasi online, perusahaan teknologi informasi, content provider, perusahaan besar dengan cabang tersebar, UKM yang sedang berkembang ke arah perusahaan besar. Layanan collocation ini dapat menghemat modal dan biaya operasional anda. Colocation di Indonesia semakin banyak juga kebutuhannya dan sementara para penyedia fasilitas data center berlomba dalam perluasan gedung data center.
  • Disaster Recovery Services. Jasa ini menyediakan solusi persiapan menghadapi gangguan aktivitas operasional IT perusahaan seperti banjir, demo kerusuhan anarkis, teror bom, gempa bumi, longsor dan bencana alam lainnya. Mulai dari penempatan perangkat IT perusahaan, ruang penyimpanan backup data yang selalu dapat diakses setiap saat , bahkan sampai kantor sementara pun disediakan oleh para provider data center di Indonesia.
  • Jasa Managed Services. Memberikan layanan manajemen perangkat jaringan, monitoring jaringan, load balance jaringan, penyimpanan cadangan terjadwal, instalasi virtual server, konfigurasi cloud server, sampai keamanan server dan jaringan. Walaupun perusahaan besar biasanya sudah memilki team IT sendiri, namun bekerjasama dengan team IT dari data center tentu dapat lebih menguatkan operasional sistem informasi.
  • Dedicated Server. Memberikan layanan hosting yang tidak bercampur dengan pelanggan lain, sehingga aksesibilitas, keamanan, kecepatan dan kestabilan tetap terjaga. Untuk perusahaan menengah (UKM) lebih cocok menggunakan jasa dedicated server karena tidak perlu membeli server dan menyediakan team IT. Inilah solusi dari pertimbangan pemilihan antara membangun data center dengan menyewa colocation space di data center untuk server perusahaan anda.

Kriteria Dalam Memilih Jasa Data Center

Di Indonesia terdapat 18 perusahaan penyedia bisnis data center yang tersebar di beberapa lokasi seperti Jakarta, Bogor, Cibitung, Bandung, Medan, Bali, Surabaya, Balikpapan dan kota lainnya.

Ada 2 hal mendasar untuk menilai layanan data center di Indonesia, yakni aksesibilitas dan kontinuitas. Artinya penyedia jasa data center yang dapat diandalkan adalah yang memiliki fasilitas data center yang selalu dapat diakses terus menerus hampir tanpa gangguan. Sehingga pemilihan data center terbaik bukan dari seberapa besar perusahaan penyedia data center tersebut.

jasa data center elitery, Indonesia. Tier 3 Certified

Berikut kriteria pemilihan data center:

  • Sertifikasi Tier Data Center. Seperti apakah data center tersebut sudah tersertifikasi oleh uptime institute untuk Tier 1, Tier 2, Tier 3, dan Tier 4. Sertifikasi ini sangat ketat persyaratannya, sehingga memang dapat diandalkan untuk memakai data center Tier 3 di Indonesia atau pun data center yang sudah Tier 4 dengan kualitas aksesibilitas 99.999% (beda sedikit dengan tier III).
  • Lokasi Data Center. Agar supaya data center dapat terus menerus diakses, tentunya lokasi gedung data center tersebut berada di lokasi yang aman dengan kriteria sebagai berikut :
    • lokasi jauh dari wilayah yang sering ada demo kerusuhan
    • bebas banjir, dalam hal ini data center di Jakarta memerlukan sistem antisipasi banjir, jangan sampai ruangan panel pendukung data center dapat terendam banjir, sebab jika data center berada di suatu gedung di Jakarta biasanya lokasi panel genset, cooling plant dan sebagainya itu berada di lantai basement.
    • aman dari jalur gempa bumi, serta memiliki sistem ketahanan dan penanganan saat ada gempa bumi sekalipun.
    • cukup jauh dari jalur gunung berapi, atau pada batas wilayah aman.
    • diluar jalur penerbangan
    • dekat dengan kantor polisi dan pemadam kebakaran
  • Fasilitas Data Center. Penyedia data center Indonesia yang dapat siap untuk mitigasi bencana atau sebagai pendukung strategi disaster recovery plan perusahaan anda selain yang memiliki lokasi yang layak juga fasilitas pada gedung data center itu sendiri, seperti :
    • pencegahan kebakaran
    • sistem pendingin udara
    • tenaga listrik cadangan seperti genset, gas, dan UPS data center.
    • infrastruktur IT dengan sistem isolasi dan tersentralisasi
    • keamanan keluar masuk gedung dan ruangan
    • ruangan pendukung pada data center baik untuk aktifitas sehari-hari maupun sebagai layanan kantor sementara bagi perusahaan anda (DRC Site Office / BCP Office)
    • multi carrier network untuk mendukung aksesibilitas jalur private dan publik.

Neutral Network Data Center

Data center yang fleksibel adalah yang dapat memberikan pilihan jaringan komunikasi data dari beberapa provider telekomunikasi. Sebab jika terjadi gangguan pada sebuah operator telekomunikasi dapat menyebabkan tersendatnya akses ke server dan berisiko terjadinya data loss.

Gangguan pada komunikasi data dapat terjadi bukan karena provider telekomunikasi tersebut sedang mengalami gangguan, akan tetapi bisa saja suatu saat akses data ke server anda di data center mengalami peningkatan dan membutuhkan bandwidth yang lebih besar.

Keuntungan menggunakan jasa data center yang netral dalam koneksi jaringan adalah fleksibilitas tinggi dalam menentukan akan memakai provider fiber optic dari perusahaan apa. Sedangkan jika memakai jasa data center yang tidak netral (jasa data center yang dimiliki sendiri oleh operator telkom) adalah kebergantungan pada satu jenis provider telkom saja sehingga mau tidak mau suatu saat perusahaan anda tetap akan outsource data center ke data center netral yang dapat mendukung skalabilitas sesuai kebutuhan.

Semoga informasi informasi jenis layanan data center di Indonesia dan juga tips memilih data center terbaik sesuai kebutuhan ini dapat bermanfaat baik bagi para pengambil keputusan di perusahaan dan pemerintahan, manajer IT, dan halayak umum šŸ™‚ .

Pin It on Pinterest

Share This