Tips Membeli Software Akuntansi yang Tepat

Tips Membeli Software Akuntansi yang TepatPerangkat lunak atau software akuntansi adalah sebuah program aplikasi yang digunakan untuk mempermudah pekerjaan pencatatan akuntansi keuangan. Oleh karena fungsi software ini yang sangat penting, maka Anda harus memperhatikan bagaimana teknik membeli software akuntansi yang berkualitas. Perusahaan biasanya dituntut untuk menerbitkan laporan keuangan terkini dalam waktu yang cepat. Nah, penggunaan software akuntansi ini berperan cukup penting dalam proses penyusunan laporan keuangan tersebut

Penggunaan sebuah software akuntansi diketahui memang lebih cepat dan lebih efisien waktu ketimbang melakukan penyusunan laporan keuangan secara manual. Untuk sebuah perusahaan, penyusunan laporan keuangan ini mungkin bisa diselesaikan dalam waktu kurang lebih satu minggu. Sedangkan dengan memanfaatkan software akuntansi, seorang akuntan atau pekerja yang melakukan penyusunan laporan keuangan bisa menyelesaikan laporannya dalam waktu kurang dari seminggu tentunya.

Teknik membeli software akutansi

Bagaimana teknik membeli software akuntansi yang berkualitas?

Pada dasarnya membeli software akutansi tergantung dengan kebutuhan dari perusahaan atau produsen yang membelinya. Laporan keuangan dari sebuah perusahaan memang pada dasarnya tidak selalu bergantung pada kinerja akuntan dan software akutansi yang dikelolanya saja. Seorang akuntan dituntut untuk bisa melakukan pekerjaan dengan cepat, teliti dan jeli dalam menyusun sebuah laporan dengan memperhatikan seluruh aspek yang ada dalam akutansi. Akan tetapi cara ini dinilai kurang efektif dan makin tidak efisian, mengingat semakin maju perkembangan zaman, maka tinggi pula tingkat produktifitas yang diharapkan. Dan dengan adanya software akutansi ini, seorang akuntan bisa lebih cepat dalam menyusun laporan keuangan. Software akutansi pada umumnya digunakan untuk membuat jurnal, neraca keuangan, laporan laba-rugi, penggajian, tagihan, pembayaran pajak, dan sebagainya.

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli software akuntansi, sebaiknya Anda mengetahui dulu aspek-aspek saja yang perlu Anda pertimbangkan untuk membeli software akuntansi.

Ketahui Jenis-Jenis Software Akuntansi

Banyak sekali jenis software akutansi yang dijual dan dibuat oleh vendor yang berbeda-beda. Pastikan sebelumnya Anda sudah tahu jenis-jenis dari software akutansi itu sendiri sebagai salah satu teknik membeli software akutansi. Masing-masing software akutansi memiliki tingkat kesulitan dan fungsi yang juga beragam.

Pilih Perusahaan yang Punya Kredibilitas

Langkah selanjutnya adalah dengan menentukan perusahaan atau kelompok mana yang memang sudah terpercaya dalam penjualan software akuntansi untuk jenis laporan keuangan dalam usaha Anda. Yang perlu Anda perhatikan adalah, cobalah untuk mencari perusahaan yang sudah mengaplikasikan teknologi terbaru dalam software akuntansi yang mereka buat. Apabila ada perusahaan atau produsen yang masih menggunakan software akuntansi yang sudah lawas, lebih baik cari perusahaan lain. Teknologi terbaru tentu saja akan membantu Anda dalam mempercepat proses pengerjaan.

Bandingkan Harga

Software akuntansi ada yang gratis dan ada pula yang berbayar. Tetapi jika Anda memang menginginkan software yang berkualitas, seharusnya Anda menggunakan software akuntansi yang berbayar. Teknik membeli software akuntansi yang berikutnya adalah dengan membandingkan harga beli antara produsen software satu dengan produsen lainnya. Tentu saja setiap software yang dibuat masing-masing produsen memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Carilah yang memiliki lebih banyak kelebihan dan harganya paling sesuai dengan budget yang tersedia.

Sebenarnya ada satu lagi hal yang tidak kalah pentingnya dalam membeli software akuntansi, yaitu dengan mengenali sebuah program yang terstruktur, artinya saat dilakukan indeks, pencarian, penyimpanan, dan printing (terutama print preview) pastikan software akuntansi yang akan anda beli tidak terlalu lama dalam memproses hal tersebut, karena jika terlalu lama berarti ada penggelembungan dalam program dan kedepannya dapat mengakibatkan aktivitas pencatatan laporan keuangan anda menjadi terhambat secara parah..

So, selamat memilih software akuntansi yang tepat dengan perusahaan Anda. Semoga tipsnya bermanfaat dan semoga sukses.

Silahkan berdiskusi..
Tips Memilih Software Akutansi Terbaik
Software Akuntansi Ledger Plus

One Response so far.

  1. […] Dengan mengenali apa itu sebuah program yang terstruktur maka anda akan terhindar dari kekusutan setelah membeli sebuah software akuntansi perusahaan.  […]