Membangun Infrastruktur Hyper Konvergen

Meskipun infrastruktur hyper konvergen merupakan sebuah konsep yang telah ada sementara waktu ini, namun hal tersebut bukanlah hanya sekedar tren yang telah meluas. Masih ada kebutuhan besar untuk membantu orang yang benar-benar memahami apa yang dimaksud dengan infrastruktur hyper konvergen dan, dan yang lebih penting adalah bagaimana meningkatkan infrastruktur hyper konvergen dalam sebuah organisasi. Dengan pengumuman VMware di VMworld 2014 dari EVO: RAIL, solusi infrastruktur hyperconverged VMware, diharapkan kreaivitas hyperconvergence dapat meledak karena lebih banyak orang mulai melihat lebih dekat pada arsitektur ini .

infrastruktur hyper konvergen

Tips Membangun Infrastruktur Hyper Konvergen

Sangat penting untuk memahami manfaat potensial yang menanti di sisi lain dari implementasi infrastruktur hyper konvergen. Membuat infrastruktur hyperconverged tidak jauh berbeda dengan memulai jenis lingkungan lainnya. Berikut adalah beberapa tips untuk memulai, untuk segala ukuran organisasi.

Pertimbangkan Semua Biaya dan Faktor Kompleksitas

Data center adalah sebuah set yang kompleks, terutama untuk usaha menengah dan pasar menengah kecil. Ada banyak perangkat yang berbeda dan layanan yang disediakan di data center, termasuk server, storage (baik rotasi dan solid state), hypervisor, backup dan alat pemulihan, serta banyak lagi. Ketika Anda sedang mempertimbangkan arsitektur data center berikutnya, pastikan seluruhnya erlah tercakup.

Berikut adalah beberapa biaya akuisisi perangkat yang harus dipertimbangkan ketika mencoba untuk mencari tahu berapa banyak anggaran yang diperlukan untuk data center di perusahaan anda:

  • Server
  • Storage. Secara fisik akan berlaku sama pada arsitektur lama, penyimpanan saat ini mngkin sudah memenuhi kebutuhan Anda, baik dari sudut pandang kapasitas dan juga sudut pandang kinerja. Hal ini dapat menjadi lebih menguras biaya jika harus menambahkan solid state disk untuk lingkungan kecil dengan cara yang dikelola, sehingga solusi hyperconverged mungkin pilihan yang tepat.
  • Backup dan Recovery. Software backup wajib dimiliki pada segala ukuran ukuran organisasi. Dalam beberapa solusi hyperconverged, backup dan perangkat lunak pemulihan adalah bagian penting dari infrastruktur hyper konvergen ini.
  • Replikasi. Banyak UKM tidak melakukan pemulihan bencana karena biasanya mahal. Sebuah solusi hyperconverged biasanya memiliki kemampuan replikasi secara built-in.
  • Kompleksitas. Apakah seluruh perangkat di data center anda sudah memiliki kemudahan administratif, atau setidaknya, apakah anda memiliki staf yang dapat menjaga dengan baik ? Jika tidak, merampingkan proses dengan solusi pemusatan administrasi adalah yang paling masuk akal.
  • Staff Berpengalaman. Jika keperluan dalam memiliki solusi namun terdapat kekurangan pada sumber daya staf, apakah anda dapat mengarahkan beberapa dari staf untuk dapat memberikan aktivitas yang lebih bernilai tambah?

Ketika mempertimbangkan hyperconvergence sebagai solusi, pastikan anda benar-benar mempertimbangkan spektrum penuh biaya dan kebutuhan dan memilih konsultan data center yang dapat membantu penyederhanaan sebanyak mungkin.

Implementasi Infrastruktur Hyper Converged SECARA Bertahap

Salah satu manfaat paling menarik dari infrastruktur hyper konvergen ini adalah skalabilitas dan fleksibilitas, dimana infrastruktur dapat ditingkatkan, atau diperluas. Anda dapat memulai dari yang kecil – dengan hanya cukup satu node untuk memenuhi minimum cluster dan perlindungan data / ketersediaan kebutuhan. Sebagai lingkungan yang dapa tumbuh-kembang, dengan hanya menambahkan node yang lain. Unit skala dengan infrastruktur hyper konvergen umumnya sangat wajar dan tidak terlalu menguras anggaran. Ketika Anda menambahkan node tambahan, Anda menambahkan komputasi, memori, dan penyimpanan sumber daya sementara, pada saat yang sama, Anda menambahkan lebih disk, yang selanjutnya meningkatkan kinerja secara keseluruhan.

Ada beberapa kondisi alami yang menandakan bahwa infrastruktur hyper konvergen dapat mulai dikerjakan:

  • Bila Anda memiliki kebutuhan baru yang tidak dapat dipenuhi pada lingkungan legacy. Misalnya, Anda ingin melakukan VDI (Virtual Desktop Infrastructure, contoh: thin client), tetapi Anda tahu bahwa SAN (Storage Attached Network) tidak mendukung hal tersebut. Proyek VDI mungkin menjadi kesempatan untuk membawa infrastruktur hyper konvergen ke dalam organisasi anda untuk memenuhi kebutuhan tertentu. Dengan berjalannya waktu, Anda dapat memperluas skala lingkungan dan melakukan migrasi layanan lain untuk hal tersebut.
  • Pada saat membuat anggaran. Banyak organisasi menggantikan sistem data center pada jadwal yang telah ditetapkan. Pada waktu yang tepat, menggunakan sebagian dana tersebut untuk membeli perangkat hyperconvergence. Tidak semua solusi hyper konvergen harus langsung diambil, jadi harus berhati-hari dan integrasikan dengan sangat baik dengan arsitektur warisan.

Bagaimana hyperconvergence menyatukan semua isu penting yang sulit ditangani oleh bagian IT di perusahaan ?

Hyperconvergence adalah perwujudan dari software-defined data center. Berbasis di software, memberikan fleksibilitas dan kelincahan pada tuntutan bisnis.

  • Operator cloud memiliki model ekonomi terukur. Hyperconvergence membawa IT perusahaan IT ke model ekonomi seperti cloud yang menyediakan waktu lebih cepat untuk mengukur pengeluaran data center dan menekan total biaya kepemilikan untuk seluruh solusi.
  • Hyperconvergence menawarkan manfaat ekonomi dari cloud sementara memberikan kinerja, ketersediaan tinggi, dan kehandalan terhadap tuntutan perusahaan.
  • Flash memecahkan masalah kinerja, tetapi harus digunakan dengan hati-hati. Pilihan Hyperconverged menggabungkan flash dan spinning disk untuk memberikan perpaduan ideal kapasitas dan kinerja..
  • Pasar infrastruktur terkonvergensi memberikan pendekatan pengelolaan tunggal untuk pengadaan, pelaksanaan, dan operasi. Tidak ada lagi penjual menyalahkan permainan, dan hanya ada satu nomor untuk panggilan ketika masalah data center muncul.

10 Hal yang dapat dilakukan pada insfrastruktur hyper konvergen

manfaat infrastruktur hyper converged

Berfokus pada perangkat lunak, sentralisasi manajemen dan meningkatkan perlindungan data, berikut hal-hal yang dapat dilakukan pada lingkungan hyper-converged.

  1. LEBIH BERFOKUS KE SOFTWARE

    Hyperconvergence adalah intisari dari software-defined data center (SDDC). Sifat software berbasis hyperconvergence memberikan fleksibilitas yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan bisnis saat ini dan masa depan tanpa harus merombak dan mengganti komponen infrastruktur. Lebih baik lagi, sebagian vendor menambahkan fitur baru dalam rilis software yang selalu diupdate, dimana sesegera mungkin pelanggan dapat memanfaatkan fitur-fitur tanpa harus mengganti perangkat keras.

  2. PENGGUNAAN KOMODITAS HARDWARE X86

    Penggunaan hardware komoditas erat kaitannya dengan biaya yang lebih rendah. Lapisan perangkat lunak terancang untuk deteksi dini kerusakan hardware sangat bagus untuk mencegah downtime. Selain pencegahan downtime karena kegagalan hardware, perbaikan juga dapat dilakukan tanpa harus merombak total.

    Departemen keuangan di perusahaan anda selalu berusaha menekan pengeluaran. Bisnis dapan menikmati hasil yang lebih baik daripada sistem data center yang terdahulu (legacy data center), dan hasilnya sering menurunkan biaya yang jauh lebih rendah.

  3. SISTEM DAN MANAJEMEN TERPUSAT

    Dalam hyperconvergence, semua komponen – komputasi, storage, backup ke disk, fungsi gerbang cloud, dan sebagainya – digabungkan dalam sebuah wadah sumber daya tunggal bersama dengan teknologi hypervisor. Desain ini sederhana dan efisien, memungkinkan TI untuk mengelola sumber daya gabungan seluruh node individu sebagai sistem federasi tunggal.

    Sentralisasi komponen dan integrasi juga terjadi di tingkat manajemen. Terlepas dari seberapa luas sumber daya fisik yang ada, sistem hyperconverged menangani mereka seolah-olah mereka semua duduk di samping satu sama lain. Sumber tersebar di beberapa data center fisik yang dikelola dari satu antarmuka terpusat. Semua gunsi sistem dan manajemen data juga ditangani dalam antarmuka tersebut.

  4. MENINGKATKAN KELANCARAN

    Agility adalah masalah besar di bidang TI modern. Bisnis mengharapkan IT untuk merespon dengan cepat terhadap berbagai kebutuhan yang muncul, namun lingkungan legacy memaksa IT untuk menggunakan berbagai sumber daya untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Infrastruktur Hyper konvergen memungkinkan TI untuk mencapai hasil yang positif jauh lebih cepat.

    Menjadi bagian infrastruktur yang handal adalah mampu menjalankan beban kerja yang diperlukan. Dalam dunia hyperconverged, semua sumber daya di seluruh data center fisik berada di bawah pengelolaan terpusat. Beban kerja migrasi di lingkungan tersebut sangat mudah, khususnya dalam solusi yang dapat melakukan deduplication secara konsisten sebagai bagian inti dari keutamaan pendekatan ini. Data yang dipadatkan dapat lebih mudah bekerja ketimbang data penuh. Hal ini meningkatkan kecepatan operasional IT di perusahan anda.

  5. SKALABILITAS DAN EFISIENSI

    Hyperconvergence adalah pendekatan blok bangungan yang dapat diperluan. Sehingga seperti set LEGO dimana infrastruktur IT dapat diperluas dengan menambahkan unit. skalabilitas yang presisi adalah salah satu keunggulan dari infrastruktur ini. Tidak seperti produk sistem terintegrasi yang sering membutuhkan investasi besar, solusi hyperconverged memiliki ukuran langkah yang jauh lebih kecil. Ukuran langkah adalah jumlah infrastruktur yang perlu dimiliki perusahaan untuk upgrade infrastruktur data center mereka. Semakin besar ukuran langkah, semakin besar biaya di muka.

    Semakin besar ukuran langkah, semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk dapat sepenuhnya memanfaatkan sumber daya baru yang ditambahkan melalui ekspansi. Sebuah langkah kecil memberikan efisiensi lebih besar terhadap sumber daya baru yang diperlukan, dan mudah untuk menambahkan node ke infrastruktur hyper konvergen.

  6. BIAYA RENDAH

    Sistem Hyperconverged lebih rendah biaya dibandingkan dengan rekan-rekan sistem terintegrasi dan infrastruktur legacy.

  7. OTMATISASI MUDAH

    Otomatisasi adalah komponen kunci dari Software Defined Data Center dan bergandengan tangan dengan hyperconvergence. Ketika semua sumber daya yang benar-benar tergabung dan ketika alat manajemen terpusat berada di tempat, fungsi administratif termasuk penjadwalan dapat menjadi seperti hanya pada masalah pilihan scripting.

    Juga, anda tidak perlu khawatir untuk mencoba membuat struktur otomatis dengan perangkat keras dari produsen yang berbeda. Semuanya dikemas dalam satu lingkungan yang bagus dan rapi.

  8. FOKUS PADA MESIN-MESIN VIRTUAL

    Virtualisasi adalah dasar dari Software-Defined-Data Center. Pilihan infrastruktur Hyper konvergen menggunakan mesin virtual (VM) sebagai konstruksi paling dasar dari lingkungan. Semua sumber informasi lainnya – penyimpanan, backup, replikasi, load balancing, dan sebagainya – adalah pendukung unit-unit VMS.

    Akibatnya, kebijakan di lingkungan hyper konvergen juga dikendalikan dari VM’s, seperti halnya semua pilihan manajemen yang tersedia dalam sistem, seperti kebijakan perlindungan data, yang sering didefinisikan dalam alat pihak ketiga di lingkungan legacy. Dengan hyperconvergence, kebijakan dan kontrol perlindungan data terintegrasi terjadi tepat pada tingkat VM.

    VM-centricity juga dapat dilihat sebagai beban kerja yang perlu dipindahkan disekitar pada data center di tiap jenis layanan yang berbeda, seperti backup dan replikasi. Administrator selalu bekerja dengan mesin virtual sebagai fokus, bukan datacenter dan layanan yang tidak mendasari, seperti penyimpanan.

  9. BERBAGI PAKAI SUMBER DAYA

    Hyperconvergence memungkinkan organisasi untuk menyebarkan berbagai jenis aplikasi di satu wadah sumber daya yang dipakai bersama tanpa khawatir tentang efek IO blender yang dapat memberatkan kinerja VM.

    Sistem Hyper Konvergen mencakup beberapa jenis penyimpanan – baik penyimpanan solid-state dan spinning-disk – pada setiap alat. Sebuah perangkat dapat memiliki beberapa terabyte pada setiap jenis penyimpanan terpasang. Karena beberapa peralatan diperlukan untuk mencapai redundansi dan perlindungan data, ada banyak dari kedua jenis penyimpanan tersebut. Fokus pada VM dalam sistem hyperconverged juga memungkinkan sistem untuk mengetahui blender IO dan mengoptimalkan berdasarkan profil IO pada individu VM tersebut.

    Campuran infrastruktur hyper konvergen untuk penyimpanan memungkinkan sistem untuk dapat menangani beban kerja baik secara acak maupun berurutan secara cepat. Bahkan lebih baik, dengan begitu banyak perangkat penyimpanan solid-state dalam sebuah cluster hyperconverged yang ber-operasi setiap detik. Hal ini dapat mendukung beban kerja paling intensif – termasuk dalam booting infrastruktur virtual desktop (VDI).

    Wadah sumber daya bersama juga memungkinkan penggunaan sumber daya yang efisien untuk meningkatkan kinerja dan kapasitas, seperti inisiatif konsolidasi server yang mungkin anda lakukan pada perjalanan awal ke arah virtualisasi. Sepanjang jalan, meskipun anda mungkin telah menciptakan node-node baru berkat tantangan pasca-virtualisasi sebelumnya. Node sumber daya membawa tantangan pemanfaatan yang sama dengan lingkungan fisik lama yang anda andalkan. Dengan hyperconvergence, anda bisa menjauh dari kebutuhan untuk menciptakan node-node sumber daya hanya untuk memenuhi IO / kebutuhan aplikasi tertentu. Lingkungan itu sendiri dapat menangani semua CPU, RAM, kapasitas, dan tugas IOPS.. sehingga administrator dapat fokus pada aplikasi dan tidak pada kebutuhan sumber daya individu.

    Organisasi mendapat manfaat atas pengeluaran yang lebih rendah dalam rangka meningkatkan kinerja IT di kemudian hari dan sambil melakukan perbaikan layanan secara keseluruhan. Sehingga, jika infrastruktur IT semakin baik, lebih fleksibel dan mudah di kelola, maka perusahaan dapat lebih fokus pada bisnis utama dan ketimbgang memikirkan teknologi informasi.

  10. PERLINDUNGAN DATA

    Meskipun bukan merupakan tugas yang menyenangkan, melindungi data merupakan hal kritis terpenting. Kenyataan yang menyedihkan adalah bahwa banyak organisasi hanya melindungi data penting mereka saja. Ada dua alasan utama mengapa: perlindungan data yang komprehensif dapat benar-benar mahal dan benar-benar kompleks.

    Untuk memberikan perlindungan data dalam sistem legacy, anda harus membuat banyak keputusan dan membeli berbagai perangkat data center. Dalam lingkungan hyperconverged, backup, recovery, dan pemulihan bencana dibangun secara terintegrasi sebagai bagian dari infrastruktur.

Manfaat Infrastruktur Hyper Konvergen

  • Pencadangan dan pemulihan dilakukan lebih komprehensif, dan biaya pemulihan bencana menjadi lebih terjangkau.
  • Perlindungan efisien tanpa pemborosan pemrosesan data dan re-duplikasi yang mana merupakan ketidak-efisien-an penggunaan sumber daya.
  • Sebuah konsol terpusat memungkinkan bagian IT lebih cepat merespon.

MANFAAT SATU-VENDOR

Vendor selalu berusaha memberikan dukungan yang terbaik meskipun sistem yang terintegrasi tidak memberikan manfaat yang luas dibanding dengan sistem hyperconvergence. Untungnya, banyak yang menyediakan jasa desain data center, jasa implementasi dan jasa pengelolaan infrastruktur data center hyper konvergen dalam satu paket layanan. Pelanggan mendapatkan satu titik kontak untuk keseluruhan sistem IT, dari penelaahan kebutuhan awal hingga beroperasi. Karena sistem hyperconverged harus selalu di uji, hal ini dapat mengurangi aktifitas pilot-project. Untuk pelanggan yang memilih untuk menjalankan operasional IT maka mereka dapat melakukannya dalam waktu yang lebih singkat. Artinya dengan satu pihak penyedia solusi IT, maka penyiapan data center baru anda dapat lebih cepat.

Sementara sistem terpadu memberikan daftar dan pre-test berbagai versi firmware untuk perangkat yang berbeda dalam stack, dalam sistem hyperconverged hanya ada produsen tunggal dan hanya satu upgrade yang harus dilakukan. Hal in mengurangi kompleksitas dalam proses dan diterjemahkan langsung sehingga menghemat waktu dan biaya operasional.

Silahkan berdiskusi..
Tips Membuat Migrasi ke Sistem Cloud Menjadi Semakin Mudah
7-Eleven Indonesia Mengadopsi Teknologi Terbaru

Comments are closed.