Apakah Anda bertanya-tanya apa manfaat kesehatan dari teh daun kelor? Mungkinkah itu benar-benar bermanfaat untuk kesehatan ? Baca terus untuk mengetahui mengapa Anda mungkin tergoda untuk menaburkan bubuk kelor ke dalam smoothie pagi Anda.

Apa itu daun kelor?

Keor memiliki banyak nama. Anda mungkin pernah mendengarnya disebut pohon paha, pohon lobak atau bahkan pohon minyak ben. Nama lengkapnya adalah moringa oleifera, tetapi Anda akan sering mendengarnya disebut ‘moringa’. Di Indonesia Moringa disebut sebagai Kelor.

Kelor adalah tanaman yang banyak tumbuh secara alami di Indonesia. Sebagian besar tanaman dapat dimakan, meskipun daunnya biasanya dianggap paling bergizi. Kita biasanya melihat kelor olahan dalam bentuk bubuk atau dalam bentuk kapsul. Anda juga dapat membeli teh kelor dan bubuk daun kelor di beberapa toko online. Minyak kelor adalah alternatif lain.

Manfaat daun kelor

Dari semua bagian pohon, daun kelor menawarkan nutrisi vitamin dan mineral yang paling banyak. Daun ini biasanya dihancurkan untuk menjadi bubuk yang dapat Anda tambahkan ke indomie Anda. Sebagian juga menjadikan kelor sebagai teh. Daun kering juga tersedia sebagai suplemen makanan, dalam bentuk bubuk atau kapsul.

Manfaat biji kelor

Bijinya tidak menawarkan kepadatan nutrisi yang sama seperti daunnya, dan akibatnya tidak menawarkan berbagai manfaat kelor. Tetapi manfaat biji kelor tidak boleh diabaikan. Secara khusus, bijinya memiliki kandungan minyak sehat yang dapat diekstraksi dan digunakan dalam banyak cara.

Misalnya, sebagai minyak goreng, ini adalah sumber lemak tak jenuh tunggal (varietas yang menyehatkan jantung), yang juga menyediakan protein dan berbagai senyawa nutrisi lainnya. Atau, sebagai minyak esensial, sering ditemukan sebagai bahan bergizi dalam produk perawatan rambut dan wajah.

Ringkasan

  • Moringa oleifera dikenal sebagai salah satu tanaman yang paling kaya nutrisi.
  • Secara teknis, semua bagian dari pohon ini dapat dimakan, tetapi daunnyalah yang menawarkan manfaat kelor yang paling banyak.
  • Daunnya sering dihancurkan menjadi bubuk atau untuk teh.
  • Minyak kelor juga dapat diekstraksi dari bijinya.

Apa saja manfaat daun kelor?

Sebagai permulaan, tahukah Anda bahwa kelor mengandung vitamin C tujuh kali lebih banyak daripada jeruk?

Itu hanya salah satu kualitas nutrisi yang mengesankan dari tanaman ini. Kelor sering dijuluki pohon paling berguna di dunia, dan mudah untuk mengetahui alasannya.

Kandungan Nutrisi Kelor

  • Vitamin A, B, C, D dan E
  • Mineral seperti kalsium, magnesium, seng, besi dan tembaga
  • Asam folat, piridoksin dan asam nikotinat
  • Serat

Katalog nutrisi kelor yang bervariasi ini berada di balik beragam manfaat kesehatan yang terkait dengan tanaman kelor – mulai dari mendukung kekebalan hingga menambah cahaya pada kulit Anda.

11 manfaat daun kelor

Untuk apa teh kelor? Dan bisakah satu sendok bubuk kelor keloreen benar-benar membuat perbedaan bagi kesehatan Anda?

Diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengidentifikasi secara tepat bagaimana tanaman ini dapat membantu kesehatan dan kesejahteraan manusia. Banyak bukti saat ini yang berdasar pada penelitian tentang manfaat kelor untuk manusia.

Namun, 11 manfaat kelor berikut untuk kesehatan adalah indikasi yang baik dari potensi kesehatan tanaman ini.

1. Sumber yang kaya akan berbagai vitamin dan mineral

Banyak makanan super menonjol karena kandungan tinggi nutrisi pahlawan tunggal. Ini tidak terjadi dengan kelor karena kelor sangat kayak akan beberapa sumber vitamn dan mineral yang kita perlukan.

Selain menjadi sumber vitamin C yang berlimpah, ia juga memberi Anda 10 kali lebih banyak vitamin A daripada wortel, 17 kali lebih banyak kalsium daripada susu, 9 kali lebih banyak protein daripada yoghurt, 15 kali lebih banyak potasium daripada pisang, dan 25 kali lebih banyak zat besi daripada. bayam.3

2. Kaya akan zat antioksidan

Seperti banyak makanan super lainnya, kelor juga mengandung banyak antioksidan.

Faktanya, satu penelitian mendeteksi peningkatan signifikan kadar antioksidan dalam darah peserta yang mengonsumsi 1½ sendok teh bubuk kelor setiap hari selama tiga bulan.

Diet kaya antioksidan membantu mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh stres oksidatif.

3. Sumber protein nabati

Jika Anda vegetarian, mengikuti pola makan vegan atau mungkin Anda hanya mencoba mengurangi makan daging, kelor adalah sumber protein nabati yang bagus.

Dan tidak seperti sumber protein non-daging lainnya, (kami memikirkan lentil) itu tidak memerlukan memasak atau persiapan.

4. Menyeimbangkan pengaruh pada hormon

Seperti sayuran berdaun gelap lainnya, kelor dapat memberikan dukungan pada sistem endokrin, membantu mengatur hormon.

Misalnya, sebuah studi tahun 2014 menyarankan sifat antioksidan dalam kelor (dalam hal ini jika dikombinasikan dengan bayam) dapat membantu mencegah komplikasi yang disebabkan oleh perubahan hormonal pada wanita pascamenopause.

5. Dapat membantu menurunkan efek peradangan

Daun Kelor memiliki sifat yang dapat membantu mengurangi peradangan yang tidak terkendali. Hal ini telah terbukti dari berbagai penelitian sehingga W.H.O menjuluki kelor sebagai tanaman ajaib.

6. Cara efktif menurunkan kolesterol secar alami

Kelor dapat berkontribusi pada fungsi kardiovaskular yang sehat dengan mengurangi peningkatan kadar kolesterol. Misalnya, sebuah studi tahun 2007 pada menunjukkan bahwa kelor membantu menurunkan kolesterol secara efektif.

7. Menstabilkan gula darah

Ada banyak risiko kesehatan yang terkait dengan peningkatan gula darah. Penelitian menunjukkan senyawa tanaman di kelor dapat membantu menyeimbangkan kadar gula darah

8. Kesehatan hati

Polifenol dalam kelor dapat membantu dalam membalikkan oksidasi di hati. Ada penelitian pada yang menunjukkan dampak positif kelor pada pemulihan dari kerusakan hati.

9. Pengaruh positif pada kesehatan usus dan pencernaan

Dengan serat lebih dari 30% pada susunan nutrisi kelor, tidak mengherankan jika sering dikonsumsi untuk membantu pencernaan. 12 Penelitian juga menunjukkan manfaat potensial dalam mengurangi gangguan usus, seperti radang usus besar.

10. Sebagai cara menurunkan berat badan tanpa efek samping

Bisakah bubuk kelor membantu Anda menurunkan berat badan? Penelitian menunjukkan kelor membantu memecah lemak dan mengurangi akumulasi lemak. Hal ini sudah teruji pada sebuah penelitian yang melibatkan beberapa penderita obesitas selama 80 hari, efektif menurunkan berat badan mereka rata-rata 4.9 kg.

11. Kelor bermanfaat bagi kulit dalam beberapa cara

Daun dan Biji Kelor mengandung pasokan yang baik dari tiga bahan bergizi kulit.

  • Vitamin A untuk pembaruan kolagen.
  • Vitamin C untuk mencerahkan dan melawan tanda-tanda penuaan.
  • Dan vitamin E menawarkan injeksi kelembapan dan antioksidan pembersih kulit.

Ringkasan

  • Kelor menawarkan dosis yang kaya dari berbagai antioksidan, vitamin dan mineral
  • Selain mengatasi kekurangan nutrisi, ia juga menawarkan sejumlah manfaat kesehatan – mulai dari mendukung fungsi jantung yang sehat hingga mengatur gula darah dan menyeimbangkan hormon.
  • Studi lebih ilmiah akan membantu dengan sepenuhnya memahami manfaat kelor.

Bagaimana cara konsumsi daun kelor yang benar?

Kelor memiliki rasa lembut, sedikit pahit, yang dapat melengkapi hidangan manis atau gurih.

Jika Anda ingin mencoba manfaat kesehatan kelor untuk diri sendiri, bubuk kelor adalah bentuk tanaman yang paling umum tersedia.

Tapi Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara menggunakan bubuk kelor?

Dan tahukah Anda bahwa daun kelor yang Anda rebus akan hilang manfaat nutrisinya?

9 cara konsumsi kelor

  1. Ditaburkan di atas salad atau sup
  2. Dicampur menjadi smoothie (berfungsi dengan baik dalam jus hijau)
  3. Tambahan untuk saus, sup, indomie
  4. Diaduk ke dalam air sebagai alternatif kopi bebas kafein
  5. Dipanggang menjadi brownies, bola energi, kue kering, kue atau roti
  6. Campurkan ke dalam guacamole atau hummus
  7. Campuran saus salad
  8. Untuk teh moringa-blend
  9. Masukan ke kapsul dan telan.

Ringkasan

  • Daun kelor memudahkan diet dan mudah konsumsinya.
  • Daun kelor sering hadir sebagai bubuk atau daun kering yang dapat Anda tambahkan untuk membuat teh.
  • Anda bisa mendapatkan manfaat bubuk kelor dengan menambahkannya ke resep

Efek samping kelor

Secara umum, efek samping kelor ditoleransi dengan baik. Namun, ada interaksi obat yang perlu kita ketahui dan beberapa keadaan yang tidak direkomendasikan.

Apakah aman mengonsumsi kelor setiap hari?

Ya. Tetapi tetap dalam dosis yang normal, jangan berlebihan karena Anda bisa terkena diare. Daun kelor memiliki fungsi pencahar.

Kapan harus mengonsumsi suplemen kelor?

Anda mungkin lebih menyukainya dalam teh atau kopi pagi Anda. Anda juga dapat taburkan bubuk kelor saat makan siang pada makanan Anda. Itu semua tergantung pada bagaimana Anda lebih suka mengkonsumsi kelor dan bagaimana itu paling cocok dengan rutinitas Anda.

Peluang Bisnis Daun Kelor

Minyak dan ekstrak tanaman telah digunakan selama berabad-abad dalam pengobatan herbal. Namun, manfaat kesehatan kelor sekarang menarik perhatian yang lebih luas dari ahli gizi dan penggemar kesehatan.

Akibatnya, kelor telah menjadi suplemen nutrisi umum di beberapa negara, dan kini saatnya di Indonesia.

Pangsa pasar untuk kelor ini sangat besar. Tahun 2021 saja mencapai Rp. 121 Triliun.

Sebelumnya India merupakakn negara pengekspor kelor terbesar, namun karena banyaknya produsen kelor yang menjemur daun kelor di bawah sinar matahari maka nutrisinya hilang dan akhirnya para buyer tidak mau membeli lagi dari trader-trader di India.

Di Indonesia sendiri pangsa pasar kelor cukup besar sebenarnya, minimal Rp. 34 triliun per tahun. Akan tetapi pasar kelor di Indonesia masih ‘tidur’ akibat kurangnya sosialisasi dan dukungan pemerintah.

Faktor lainnya yang sebabkan pasar kelor di Indonesia masih “tidur” adalah karena ada kesalah pahaman cara penyajian kelor yang banyak kita rebus dan ini sebabkan nutrisinya hilang. Mungkin Anda pernah mendengar “kelor gak ada efeknya, sama saja”.

Selain itu, hanya ada 1 produk olahan kelor Indonesia yang sudah diakui dunia yakni “Kelorina”. Ini sangat penting, karena negara seperti Amerika dan Eropa sangat ketat dalam pemeriksaan kandungan nutrisi kelor terhadap produk yang merkea impor.

Bagaimana caranya memanfaatkan peluang bisnis kelor?

Anda tidak perlu menunggu memiliki modal jutaan rupiah untuk memulai bisnis kelor, karena saat ini ada peluang reseller dari PT. Moringa Organik Indonesia.

PT. Moringa Organik Indonesia merupakan produsen produk olahan kelor dengan brand “Kelorina” yang sudah mendapatkan pengakuan secara internasional.

Bedanya dengan produk olahan kelor lain di Indonesia adalah produk Kelorina ini memiliki proses “Nutrition Locking System” yang berhasil menyimpan nutrisi kelor dan telah lulus uji BPOM serta laboratorium independen lainnya. Hasil dari uji tersebut menyatakan bahwa Kelorina masih mengandung 18 jenis asam amino, dan nutrisi penting lainnya dari daun kelor.

Peluang bisnis reseller kelor ini merupakan bisnis dropship, yakni tanpa modal stock dan gratis biaya pendaftarannya. Bisnis ini sangat cocok untuk Anda yang aktif di media sosial dan di komunitas-komunitas, cukup tawarkan ke teman-teman Anda, tunggu beberapa bulan, merkea akan order kembali ke Anda karena merasakan manfaatnya.

Bagi Anda para kapten kapal di bisnis pelayaran juga sangat bagus untuk menyediakan produk olahan kelor. Berikan asupan super food untuk meningkatkan kesehatan para crew kapal Anda.

Baca Juga Mengenai: Ide Bisnis Di Rumah Modal Minim Bagi yang Akan Pensiun

Produk olahan kelor yang tersedia juga cukup variatif, ada sekitar 25 produk. Seperti teh kelor, kapsul kelor, kopi kelor, wedang kelor dan tepung (bubuk) daun kelor, semuanya ada dan sudah miliki 10 sertifikasi secara nasional dan internasional. Ini merupakan satu-satunya produk olahan kelor yang memiliki sertifikasi sebanyak itu.

Oleh karena itu, segeralah mendaftar sebagai reseller kelorina mumpung pendaftarannya masih gratis, dan dapatkan selisih penjualan hingga 10% per produk.

Pin It on Pinterest

Share This