Ship Chandler adalah perusahaan yang memasok barang dan peralatan untuk kapal. Ship Chandler pada perkembangannya dapat merupakan toko alat keperluan untuk perkapalan.

Barang yang dipasok biasanya berupa makanan dan minumun. Untuk jasa seperti ini pada ship chandler sering disebut dengan “jasa provisi”.

Peluang Besar Bisnis Ship Chandler di Indonesia

Jumlah pelabuhan di Indonesia ada 2.439 pelabuhan. Berdasar data tahun 2020, di Indonesia ada 43.037 unit kapal barang, 4.506 unit kapal penumpang. Kapal kargo di Indonesia mengangkut 1.4 milyar ton kargo pada tahun 2019. Jumlah ini tentunya bertambah di tahun 2022 ini.

Berdasar data dari MarineTraffic.Com, bisnis ship chandler di Indonesia hanya ada 47 perusahaan. Namun ini mungkin bisa lebih pada kenyataanya.

Meskipun begitu, dengan 47 perusahaan penyedia jasa pasokan kebutuhan kapal ini masih terlalu besar market sizenya yang untuk melayani 43.037 kapal barang. Ini artinya hampi setiap perusahaan ship chandler mendapatkan pangsa pasar ke 100 kapal barang.

Anda dapat mengkalikan potensi keuntungan setiap bulannya jika harus melayani pasokan makanan dan minuman ke 100 kapal di Indonesia. Belum lagi untuk kapal asing yang sedang merapat ke salah satu pelabuhan atau sedang berada di open sea wilayah Indonesia.

Jika per satu kapal Anda mendapatkan keuntungan Rp. 10 juta per sekali muat pasokan, maka untuk 100 kapal artinya perusahaan Ship Chandler dapat menghasilkan laba sekitar Rp. 1 milyar per bulan. 

Bisnis Ship Chandler tidak hanya menyediakan provisi untuk makanan dan minuman saja, akan tetapi bisa juga memasok kebutuhan lainnya.

Pekerjaan chandler kapal sangat unik karena melayani secara khusus hanya untuk satu lini bisnis, oleh karena itu, memungkinkan eksklusivitas lengkap untuk kedua belah pihak – penjual maupun klien.

Dengan melakukan pendekatan langsung ke chandler kapal, awak kapal dapat menghindari tengkulak ketika melakukan transaksi bisnis dan dengan demikian menghemat banyak uang yang dapat digunakan di area produktif lainnya.

Sejarah Jasa Ship Chandler

Layanan ship chandler bukanlah konsep baru. Layanan tersebut sudah ada berabad-abad yang lalu ketika kapal sangat membutuhkan komoditas tertentu untuk perjalanan panjang mereka selama berbulan-bulan. Persyaratan ini diperlukan untuk menjaga agar kapal tetap berlayar dengan aman untuk jangka waktu yang lama.

Pada awalnya, jasa ship chandler hanya digunakan untuk menyediakan barang-barang seperti tali, kain layar, dan detail lainnya kepada awak kapal itu.

Di abad pertengahan dengan munculnya navigasi global, ada kecanggihan yang tinggi dalam bisnis layanan ship chandler berdasarkan teknologi yang lebih baru. Jadi, pekerjaan ship chandler bukanlah hal baru tetapi mencapai puncaknya dalam dua dekade terakhir.

Saat ini bisnis jasa chandeling kapal telah menjadi aspek penting dari semua industri pelabuhan dan perkapalan di seluruh dunia. Saat ini peran chandler kapal sangat signifikan, karena ia tidak hanya menyediakan komoditas penting seperti tali, kain layar, dan sebagainya tetapi juga memenuhi kebutuhan lain seperti alat perawatan, persediaan makanan, senyawa kimia, peralatan kebersihan dan banyak item lainnya.

Pemerintah dan Perusahaan pelayaran memberikan lisensi kepada chandler yang memenuhi syarat untuk memberikan layanan mereka.

Sebagai contoh, sebuah perusahaan ship provision di Indonesia ini telah mendapatkan lisesnsi dari Pertamina untuk jasa ship chandler.

Dengan demikian, perusahaan perkapalan akan terhindar dari spekulasi harga dan dari barang-barang yang tidak aman untuk dikonsumsi oleh awak kapal.

Kenapa Pasokan Kapal Ini Menjadi Penting ?

Jasa provisi yang memasok ke kapal memainkan pekerjaan yang bernilai dan memberikan layanan multiguna untuk kapal.

Berikut ini adalah beberapa pentingnya Jasa Ship Chandler:

  • Jasa ini memasok semua kebutuhan kapal, seperti makanan, minyak, pelumas, suku cadang, dll.
  • Tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan yang paling penting oleh kapten atau awak, tetapi harus memenuhi semua kebutuhan kapal dan awaknya. Misal untuk spare part kapal seperti pneumatic yang sangat penting untuk mesin kapal.
  • Tidak hanya membantu dalam memasok komoditas yang dibutuhkan oleh kapal dan awaknya tetapi juga membantu memberikan rincian kepada pembeli. Dengan demikian, menyelamatkan pembeli dari kerugian yang besar dalam membeli barang kebutuhan untuk perkapalan.
  • Selain memasok komoditas, jasa ini juga memberikan layanan tertentu seperti layanan perbaikan dan pemeliharaan, pembersihan, dll.
  • Jasa perkapalan yang satu ini memberikan layanan mereka secara efektif dalam kedua kasus yaitu. pada saat kapal berlabuh di pelabuhan dan pada saat kapal sedang berlayar. Lebih banyak tindakan pencegahan harus diambil untuk pasokan dalam kasus terakhir.
  • Selama pelayaran kapal mungkin memerlukan bahan makanan untuk sisa perjalanan, bahan bakar atau bensin untuk kapal, suku cadang yang diperlukan atau jasa perbaikan. Semua kebutuhan tersebut harus ditangani dengan intensif oleh penyedia jasa chandler.

Meskipun begitu penting, ada batasan untuk jasa ship chandler karena mereka tidak berhubungan langsung dengan Kapten dan awaknya. Ada perantara tertentu yang seharusnya menjembatani kesenjangan antara Chandler dan klien dan memperbaiki semua tarif untuk layanan mereka.

Bagaimana Cara Sukses Memulai Bisnis Ini?

Selain mendirikan perusahaan pada awalnya, Anda juga harus mendata semua barang kebutuhan yang akan Anda tawarkan ke kapal-kapal. Kemudian hitung ongkos angkut di darat, tenaga kerja, dan ongkos angkut menggunakan kapal motor ke tengah laut.

Selain itu, ada beberapa langkah lainnya untuk memulai bisnis ship chandler:

  • Dapatkan semua data perusahaan perkapalan di Indonesia.
  • Buatlah company profile perusahaan yang jelas dan menarik. Jika perlu, gunakan jasa design grafis untuk membuat company profile perusahaan Anda. Silahkan lihat contoh company profile perusahaan yang bagus dan dapat Anda download.
  • Perkenalkan bisnis Anda secara online dengan membuat website perusahaan yang mencerminkan profesionalisme dan keahlian Anda dalam bidang ini.
  • Lakukan pemasaran online:
    • Buat akun sosmed, terutama di LinkedIn karena banyak profesional yang bekerja di perusahaan perkapalan hadir di platform tersebut.
    • Daftarkan bisnis dan website Anda di Google Bisnis, direktori perkapalan dan sebagainya.
    • Update konten di website dan medsos secara rutin.
    • Optimasi website Anda (SEO)
    • Beriklan di Google dan LinkedIn agar semakin cepat menjangkau para calon pengguna jasa Anda.
  • Tingkatkan jumlah pengunjung website Anda dari waktu ke waktu, ini akan menjadi fondasi dasar kesuksesan bisnis Anda di era digital sekarang ini.

Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan teknologi digital seperti web app dan mobile app untuk memudahkan pemesanan barang oleh para kapten kapal.

Pemesanan online untuk brang kebutuhan kapal ini agak sedikit unik dan belum ada di Indonesia, namun kami bersedia membuatkannya jika Anda tertarik untuk membuat aplikasi shipping chandler. Untuk membuat aplikasi tersebut kemungkinan membutuhkan biaya sekitar Rp. 100 juta hingga 600 juta rupiah.

Silahkan hubungi kami melalui formulir contact di bawah ini.

 

Anggaran Anda Untuk Pembuatan Aplikasi

Pin It on Pinterest

Share This