Banyak sekali ide binis di rumah sebetulnya, namun kali ini kami akan memberikan ide bisnis yang paling mudah dilakukan bagi anda yang akan segera pensiun dari pekerjaannya. Ada baiknya sebelum anda benar-benar pensiun untuk membaca artikel mengenai ide bisnis di rumah ini. Dalam artikel ini

Ide Bisnis di Rumah Berdasarkan Pengalaman dan Praktik Terbaik

Belakangan ini kita dapat melihat banyaknya investasi bodong, koperasi simpan pinjam yang mandek pencairan uang, serta arisan online yang membawa kabur uang para peserta. Ini dapat terjadi karena adanya kemungkinan anda ingin tetap produktif saat pensiun namun tidak tau harus bagaimana.

Oleh karena itu, ada baiknya anda siapkan secangkir kopi atau teh untuk membaca artikel peluang bisnis yang dapat anda lakukan dari rumah.

Berikut beberapa ide bisnis di rumah yang minim risiko karena dapat dikatakan hampir tidak keluar uang untuk modal beli stok.

1. Agen Properti

Bisnis yang satu ini modalnya adalah informasi yang menjual properti dan mendapatkan pembeli. Penghasilan yang dapat anda hasilkan berkisar antara 0.5% sampai 2.5% dari total nilai transaksi properti.

Era pandemi membawa krisis pada banyak lapisan masyarakat, akan tetapi di tahun 2022 ini jika kita lihat dari frekuensi pencarian “harga rumah” dan “harga apartemen” ini mengindikasikan adanya peningkatan minat ditengah masyarakat.

Seorang agen properti profesional untuk wilayah Jabodetabek menginformasikan ke kami bahwa properti yang harganya dibawah 500 juta sudah mulai banyak yang cari.

Mulailah untuk menanyakan ke kerabat anda untuk mendapatkan izin memasarkan properti mereka yang akan dijual dan mendapatkan hak komisi penjual. Pasarkan properti tersebut di banyak situs properti, di OLX, serta di media sosial.

2. Join Reseller Dropship

Peluang reseller dropship cukup banyak, namun ada baiknya mulai dari yang tidak membutuhkan biaya pendaftaran alias join reseller gratis.

Anda harus memilih produk atau jasa apa yang akan anda pasarkan, ini harus sesuai dengan keahlian atau hobby anda, agar supaya anda tidak merasa bosan dan putus asa ditengah jalan.

Sebagai contoh, sebuah perusahaan importir baju tidur yang membuka peluang reseller dropship ini, mereka tidak mengenakan biaya pendaftaran. Artinya anda dapat langsung coba bisnis ini dengan hanya mendaftar, kemudian mendapatkan katalog dan harga.

Lakukan pemasaran online secara rutin dan konsisten. Sebar ke media sosial di jam yang ramai pengguna, seperti jam 11, jam 3 sore, dan jam 7 malam.

Jawab semua pertanyaan baik di inbox media sosial maupun di whatsapp secara cepat dan tepat. Pantau terus transaksi hingga barang diterima pembeli dan tidak ada komplen.

3. Menjadi Konsultan Profesional

Bagi anda yang telah menempati posisi manajerial di sebuah perusahaan, kini saatnya menjadi konsultan profesional setelah anda pensiun. Ini akan berguna untuk perusahaan rintisan, mereka akan menghargai saran dan pengalaman anda.

Anda dapat membuat sebuah website landing page yang berbiaya murah untuk memasarkan jasa anda tersebut. Kemudian kembangkan website tersebut dengan membuat artikel yang dapat memberikan pencerahan serta solusi pada masalah bisnis.

Pebisnis yang sedang mencari jawaban atas masalah di perusahaan mereka dapat menemukan artikel anda dan jika mereka tertarik maka mereka akan menghubungi anda.

Siapkan paket penawaran untuk jasa profesional anda, buatlah company profile untuk bisnis jasa profesional anda tersebut. Lihat contoh company profile perusahaan yang dapat anda download secara gratis.

4. Berkebun dan Jual Sendiri Secara Online

Untuk anda yang hobby merawat tanaman, berkebun tanaman hias ataupun tanaman makanan seperti cabai, sawi dan sebagainya dengan system hidroponik dapat menjadi bisnis yang menguntungkan saat ini.

Anda dapat melihat sebuah bisnis tanaman hias yang mulai menjual tanaman hias mereka ke Eropa dan Negara lainnya.

Modal utama anda dalah pengetahuan dan hobby pada bidang tersebut. Bibit dapat anda beli di Tokopedia atau di group-group Facebook seputar tanaman. Bisnis ini tidak memerlukan modal yang besar, sehingga anda tidak perlu khawatir dengan risiko kerugian.

Setelah tanaman anda mulai dapat anda jual, pasarkan di marketplace dan sebarkan di WA group serta FB group. Utamakan promosikan ke kerabat anda terlebih dahulu.

Begitu anda sudah mendapatkan keuntungan, simpan 30% nya untuk pengembangan usaha.

5. Menjadi Penulis atau Content Marketer

Setelah pensiun, anda benar-benar memiliki waktu yang banyak untuk menulis pengalaman dan pengetahuan anda. Tulisan tersebut akan menjadi konten yang berkualitas karena sumbernya dari pengalaman anda sendiri.

Secara SEO (optimasi mesin pencari), jika tulisan anda cukup panjang dan asli dari pemikiran anda sendiri maka akan mendapat prioritas tampil di halaman pertama hasil pencarian pada kata kunci pencarian yang relevan dengan tulisan anda.

Anda dapat memberikan halaman contact untuk memuat iklan atau membuatkan artikel bagi bisnis yang membutuhkan jasa penulisan artikel.

Content marketing sudah menjadi kebutuhan bisnsi sekarang ini. Selain dapat meningkatkan visibilitas bisnis di search engine, juga dapat meningkatkan kepercayaan calon konsumen.

Mungkin juga anda akan sering dipanggil jadi pembicara webinar ketika tulisan-tulisan anda bermanfaat bagi banyak orang. Biaya pembicara webinar tentu ada, namun untuk awal anda tidak perlu merisaukan bayaran tersebut. Uang akan datang sendiri ketika banyak orang sudah mulai percaya dengan pemikiran anda.

Ada baiknya anda mulai mempelajari cara penerapan SEO untuk setiap tulisan di blog atau website Anda.

6. Menjadi Influencer atau Vtuber

Jangan salah paham, influencer itu tidak harus masih mudah dan berwajah menarik. Sepanjang anda dapat membuat konten yang menarik dan bermanfaat maka anda dapat menjadi influencer atau vtuber.

Pundi-pundi uang akan mengalir seiring dengan pertumbuhan akun media sosial atau saluran video anda di youtube. Pabrikan atau distributor akan menghubungi anda untuk mempromosikan atau melakukan endorsement terhadap produk mereka.

Selain itu, anda juga dapat menghasilkan uang melalui program periklanan di youtube. Jika anda berhasil mendapatkan 1 juta penonton (real viewers) maka anda akan mendapatkan penghasilan sekitar Rp. 7 juta per video.

Pelajari tema apa yang akan anda angkat, dan konsistenlah pada tema tersebut. Bidang ini menuntut kreativitas dan harus sarat dengan hiburan.

7. Bisnis Kuliner

Ini merupakan bisnis yang banyak dilakukan dari rumah, terutama setelah adanya grabfood dan gofood. Sepanjang anda memiliki resep rahasia dengan rasa yang khas dan lezat, maka bisnis kuliner dari rumah dapat menjadi sukses.

Ide bisnis rumahan ini awalnya dari para ibu-ibu yang ingin memiliki penghasilan dari rumah. Oleh karena itu, setelah anda pensiun sebaiknya segera implementasikan ide bisnis di rumah ini.

Bisnis kuliner akan memiliki banyak pesaing, oleh karena itu anda memerlukan keunikan dan daya saing yang tidak dimiliki oleh orang lain.

Walaupun bisnis kuliner online sempat hits pada saat pandemi, kedepannya orang akan terbiasa dengan cara belanja online mereka saat pandemi. Kebiasaan orang setelah pandemi akan meningkatkan transaksi belanja online, menurut konsultan McKinsey.

Anda juga dapat membuat katering yang sehat dan halal. Bisnis ini sempat runtuh pada saat pandemi, mulai lah sekarang juga karena tidak ada pandemi yang tidak berakhir. Memiliki keyakinan dapat membuat masa pensiun anda semakin bernilai.

Ide Bisnis di Rumah yang Sesuai untuk Anda

Banyak pilihan idea bisnis dari rumah saat ini, terutama menggunakan teknologi online. Anda harus dapat menentukan ide bisnis di rumah yang mana yang sesuai untuk anda.

Caranya:

  1. Tanya ke diri anda, apakah menyukai bidang tersebut? Bisa saja anda menjalankan bisnis dari rumah yang sangat berbeda dari bidang pekerjaan anda di kantor, karena anda memiliki hobby terhadap suatu hal atau bidang tertentu.
  2. Miliki niat untuk dapat membantu orang lain. Terkadang, dengan niat membantu orang lain, lama kelamaan dapat kita jadikan bisnis. Ini karena ketika kita sudah berhasil membantu orang lain maka usaha kita tersebut sudah terbukti efektif.
  3. Ada berapa banyak diluar sana yang membutuhkan keterampilan anda? Coba pertimbangkan hal ini, misal dengan membantu orang lain untuk mendapatkan makanan enak dan bergizi, atau dengan tulisan yang mencerahkan dan menghilangkan kebingungan, apakah ada banyak orang yang membutuhkan hal tersebut pada masa sekarang dan di masa depan?
  4. Apakah anda memiliki keahlian yang cukup dalam bidang tersebut? Jika tidak, sepanjang ini merupakan hobby anda, tidak ada kata terlambat untuk terus mempelajari bidang yang anda sukai.
  5. Apakah anda akan kosnsiten jalankan bisnis dari rumah tersebut? Masalah akan selalu ada, akan tetapi ketika anda memiliki niat yang kuat maka hal tersebut tidak akan mudah membuat anda frustrasi.

Kesimpulan

Masa pensiun anda dapat lebih bernilai ketika menjalankan salah satu ide bisnis dari rumah tersebut di atas. Hindari investasi abal-abal dan sejenisnya agar uang pensiun anda tidak cepat habis.

Jalankan bisnis yang sesuai dengan hobby dan keahlian anda dan mulailai dari kerabat dekat anda. Lakukan pemasaran online untuk mendukung pertumbuhan bisnis Anda.

Semoga masa pensiun anda dapat terhindar dari penipuan dan mulailah melakukan hal yang bermanfaat seperti menjalankan bisnis dari rumah.

 

Pin It on Pinterest

Share This