Madu memiliki banyak manfaat untuk Manusia, namun sebelum mengonsumsi madu, ada baiknya kita mengetahui beberapa pantangan dalam mengonsumsi madu. Artikel kali ini bukan bermaksud untuk menakut-nakuti, akan tetapi untuk memberikan penjelasan agar Anda dan Keluarga dapat terhindar dari hal-hal yang tidak kita inginkan.

Beberapa Pantangan Dalam Mengonsumsi Madu

Mengonsumsi secara rutin dapat membantu menurunkan tekanan darah, meningkatkan kadar lemak darah, mengatur detak jantung Anda, dan mencegah kematian sel-sel sehat yang dapat meningkatkan fungsi dan kesehatan jantung Anda.

Studi menunjukkan bahwa madu bermanfaat sebagai antidepresan, antikonvulsan, dan anti-kecemasan. Dalam beberapa penelitian, madu terbukti membantu mencegah gangguan ingatan. Demikian untuk penderita sinusits, osteoporosis, dan hyper-alergic atau kekurangan natrium, mereka sangat disarankan untuk mengonsumsi madu.

Dalam mengonsumsi madu, Anda harus perlakukan seperti kebutuhan akan gula. The American Heart Association merekomendasikan agar pria mengonsumsi tidak lebih dari sembilan sendok teh (36 gram) per hari; wanita dan anak-anak, tidak lebih dari enam sendok teh (24 gram) setiap hari.

Segala sesuatu ada batasannya, bahkan dalam konteks madu ada beberapa hal yang harus Anda hindari agar tidak menimnulkan masalah kesehatan.

Hindari Beberapa Hal Ini Dalam Mengonsumsi Madu

Pantangan dalam mengonsumsi madu ini sangat perlu Anda ketahui agar Anda terbebas dari kesalahan informasi yang banyak beredar. Anda tidak perlu khawatir dalam mengonsumsi madu, karena manfaatnya sangat banyak.

Berikut beberapa batasan datau pantangan dalam mengonsumsi madu yang perlu Anda ketahui:

Hindari Menggunakan Air Panas

Ada beberapa informasi yang simpang siur, seperti mengonsumsi madu dengan air panas akan menjadi racun, tentu saja ini tidak benar. Mengonsumsi madu dengan air panas hanya akan mengurangi khasiat dari madu.

Mencampurkan madu dengan air hangat adalah cara yang bagus untuk membuat madu lebih larut merata. Cara ini juga akan menjaga kandungan sehat di dalam madu. Jangan terlalu jauh di atas tanda 60 derajat celcius dan Anda akan baik-baik saja.

Untuk mudahnya, jika Anda ingin menggunakan madu sebagai pemanis pada Teh atau Kopi, diamkan air teh dan kopi tersebut selama 1 menit, baru tuangkan madunya dan aduk.

Anda dapat mengaduk madu dengan sendok stainless steel, Anda tak perlu khawatir soal ini. Ada banyak disinformasi mengenai madu dan besi pada artikel online.

Madu Berbahay untuk Bayi di Bawah 12 Bulan

Salah satu pantangan dalam mengonsumsi madu adalah memberikan madu ke anak bayi yang belum berusia 12 bulan. Memberikan madu kepada bayi di bawah 12 bulan telah dikaitkan dengan kondisi langka namun serius yang disebut botulisme bayi.

Apa itu Botulisme Bayi?

Botulisme bayi disebabkan oleh paparan spora bakteri. Spora bakteri Clostridium botulinum dapat tumbuh dan berkembang biak di usus bayi Anda. Ini menghasilkan racun berbahaya yang menyebabkan botulisme pada bayi.

Botulisme bayi paling sering terjadi pada bayi di bawah usia enam bulan. Kebanyakan orang dewasa dan anak-anak yang lebih tua memiliki pertahanan di usus mereka yang mencegah spora berkecambah dan bereproduksi. Madu bukan satu-satunya sumber spora penyebab botulisme. Spora ini juga dapat hadir di tanah atau debu

.Gejala botulisme pada bayi bisa ringan atau berat dan bisa meliputi:

  • Kelemahan secara keseluruhan
  • Makan lambat
  • Sembelit
  • Kehilangan ekspresi wajah
  • Mengurangi refleks muntah

Jadi harap ingat, berikan madu ke anak Anda sebaiknya ketika usia mereka sudah lebih dari 1 tahun dan lebih baik lagi jika sudah lepas ASI.

Cara Terbaik Mengonsumsi Madu

Ada banyak cara dalam mengonsumsi madu, salah satu cara terbaik adalah memnimumnya begitu saja. Anda dapat mencampur madu dengan air biasa

Es Kelapa Jeruk Plus Madu Sumatera

Es Kelapa Jeruk Plus Madu Sumatera

Terlebih lagi, untuk campuran jus jeruk dan buah lainnya, akan menjadi tambahan cita rasa yang lezat jika Anda campurkan satu sendok makan madu.

Anda juga dapat mencampurkan madu dengan serbuk daun kelor untuk meningkatkan kesehatan secara ekstrim. Kelor memiliki kandungan yang sangat dahsyat bagi tubuh manusia dan telah dinobatkan sebagai makanan super di negara-negara maju.

Untuk satu gelas 350 mili liter, cukup campurkan satu sendok makan saja. Madu asli rasanya manis murni, hanya ada asam sedikit saja. Rasa manis madu dapat melebihi manisnya gula dan tidak sebabkan sakit di tenggorokan.

Madu dengan es kelapa jeruk juga patut Anda coba. Terutama saat berbuka puasa, ini akan menjadi menu favorit yang membuat anda ketagihan.

Jika Anda suka berolah raga, siapkan madu air biasa 250 mili liter dengan 1 sendok makan madu. Anda dapat menyiapkan 500 mili liter, dengan 2 sendok makan madu. Tapi ingat, ada batasan harian dalam mengonsumsi madu, yakni tidak lebih dari 4 sendok makan per hari.

Terlebih Lagi, Jangan Konsumsi Madu Jika Anda Tidak Mau Tetap Sehat!

Jika Anda tidak peduli dengan kesehatan, maka Anda tidak perlu mengonsumsi madu. Madu merupakan karunia dari alam yang banyak manfaatnya, bahkan di kitab suci umat Islam juga ada keterangannya mengenai manfaat madu.

Beberapa waktu yang lalu, banyak anak-anak terkena penyakit gagal ginjal lantaran obat penurun demam atau parasetamol. Padahal, organisasi kesehatan dunia – W.H.O – telah merekomendasikan madu mentah alami untuk turunkan demam dan meredakan batuk sekitar 7 tahun yang lalu.

Karena Anda telah mempelajari tentang batasan dan pantangan dalam mengonsumsi madu, penting untuk mengopnsumsi secukupnya mulai hari ini. Sekitar 50ml madu per hari sudah optimal dan Anda tidak boleh mengonsumsi lebih dari itu.

Untuk Anda yang ingin mengonsumsi madu, ingatlah untuk membeli madu mentah alami. Hati-hati dengan tawaran harga madu yang terlalu murah, biasanya sudah di oplos dengan gula atau sirup.

Pin It on Pinterest

Share This