Data Center untuk Perusahaan Media Televisi

Jika medengar kata media, saat ini kita akan berpikir selain televisi juga film, radio, social media dan video-video digial seperti youtube. Menurut perusahaan prosesor kenamaan ”Intel”, dalam hitungan menit ada sebanyak 30 jam video yang di upload ke youtube dan dalam hitungan jam di akses oleh 1.3 juta orang.

Saat ini perusahaan media di Indonesia banyak terlihat sudah melakukan adaptasi dari analog broadcasting ke digital broadcasting. Data center untuk media televisi, memiliki peran yang sangat penting untuk mendukung operasional sehari-hari.

Manfaat data center untuk perusahaan media televisi sangat banyak, berikut kami rangkum yang agak lain dari biasanya.

Kegunaan Data Center untuk Perusahaan Media Televisi

Pertumbuhan konten digital media pada dunia broadcast dan film yang semakin pesat, menjadikan kebutuhan media penyimpanan (storage / hardisk) sebagai salah satu isu yang dihadapi pada industri tersebut. Banyak jam tayang dan film yang di arsipkan, sehingga kebutuhan penyimpanan membutuhkan sistem yang cepat dan andal untuk pencarian arsip tertentu dan sebuah fasilitas data center yang berkemampuan tinggi sangat penting perannya dalam industri broadcasting.

Data Center untuk Perusahaan Media TelevisiIndonesia memiliki beragam budaya, bahasa, keyakinan akan nilai tertentu. Keragaman ini jika kita perhatikan terutama pada media televisi yang memiliki jangkauan luas, maka perusahaan media televisi nasional sebetulnya dapat memberlakukan segmentasi per wilayah untuk program siaran mereka, sehingga siaran televisi dapat lebih mengena di tiap-tiap daerah dan hal ini dapat meningkatkan loyalitas pemirsa pada stasiun televisi tersebut.

Hal tersebut dapat dilakukan dengan mengadakan server di tiap cabang daerah yang memiliki siaran khusus di jam-jam tertentu, dan untuk siaran reguler dapat memakai server relay.

Kombinasi Siaran TV Pusat dan Lokal

Data center yang dapat mendukung kombinasi siaran pusat dan siaran lokal untuk perusahaan media televisi adalah sebuah data center yang dapat menyediakan banyak bandwidth dari beberapa operator telkom atau disebut sebagai Neutral Network Data Center.

Dengan memakai data center yang “kaya” dengan konektivitas bandwidth dari multi operator, maka perusahaan media televisi tidak perlu khawatir dengan permasalahan “freezing” dan sebagainya, dan juga untuk operasional karyawan baik di kantor maupun di ruang produksi acara. Bahwa saat ini para CIO di perusahaan media televisi juga mengalami kekhawatiran jika terjadi downtime pada sistem IT yang dapat menyebabkan performa usaha mereka menurun jika terlalu sering terjadi.

Dengan cara tersebut, misal untuk siaran televisi dimana daerah tersebut mayoritas penduduknya beragama Islam, maka televisi tersebut dapat menayangkan Azan lengkap 5 waktu Sholat. Tentunya dengan cara segmentasi siaran seperti ini, para perusahaan televisi dapat lebih mengena di hati pemirsanya di wilayah tersebut tanpa harus mengorbankan loyalitas pemirsa di wilayah lainnya. Dan hal ini dapat meingkatkan tarif iklan televisi mereka.

Data Center untuk Siaran TV Digital

Dengan koneksi jaringan lokal dan internet yang cepat, stabil dan tidak terputus, siaran tv digital dapat dilakukan oleh seluruh perusahaan TV. Jumlah pemirsa dapat terukur lebih tepat dan cepat, biaya operasional ‘streaming’ lebih hemat ketimbang TV analog, apalagi jika sudah memakai IP Based

Kepercayaan para pelanggan iklan lebih baik, karena jumlah pemirsa dapat diketahui lebih pasti.

Selain berada di dalam kantor, data center di luar kantor juga wajib ada sebagai cadangan tulang punggung operasional dan sebagai sarana backup, sehingga jika terjadi gangguan di operator internet yang di pakai di data center perusahaan maka perusahaan dapat mengalihkan sementara operasional menggunakan data center yang ada di luar perusahaan. Cadangan untuk hal-hal penting atau siaran penting juga dapat selalu di upload ke storage server milik perusahaan media televisi yang di pasang di penyedia fasilitas data center.

Demikian untuk selain perusahaan media televisi, data center juga berguna untuk perusahaan majalah, koran, radio dan lainnya. Hal ini perlu dilakukan sebab pemilik ponsel pintar di Indonesia mencapai 300 juta lebih, dan pengguna internet aktif ada hampir 100 juta orang dan bisa saja terus bertambah ke depannya.

Mau tidak mau, seluruh perusahaan media akan menggunakan sebuah fasilitas data center yang terbaik untuk keperluan usahanya. Perusahaan media dapat meningkatkan serta mengembangkan layanannya dan sangat memungkinkan untuk memberlakukan bisnis model ‘subscription’.

Cloud Video Merupakan Solusi Operasional Media TV dan Film.

Seperti pada contoh perusahaan media televisi yang menyajikan berita, seluruh file tayangan berita yang lampau di simpan pada sebuah storage server, dan kemudian saat ada berita yang sehubungan dengan berita yang telah lampau, maka sistem dapat memberikan rekomendasi ”related news” kepada awak media berita tersebut, baik untuk ”inhouse reporter” ataupun untuk para crew yang diluar ruangan.

Sebagai mana para perusahaan industri media TV mencari operator data center yang dapat melayani akses instan on-demand untuk keperluan konten mereka yang akan di gunakan oleh produse, jurnalis dan awak berita, para penyedia data center perlu membuat suatu sistem Media Hub Terpusat atau sebuah ruang bersama untuk para pengguna meng-akses dan berkolaborasi dalam mengelola suatu tayangan televisi secara cepat tanpa hambatan dan mudah gunakan, disinilah sistem Cloud Video memainkan peranan penting dibalik operasional awak media sehari-hari.

Sebuah penelitian menemukan bahwa sekitar 15.750.000 GigaByte data yang disimpan setiap minggunya bagi perusahaan media. Dengan asumsi keperluan penyimpanan data tersebut untuk 50 tahun, maka akan dibutuhkan ruang penyimpanan sebesar 40jt TeraByte dan ini sebetulnya dengan asumsi kebutuhan untuk per 1 kamera broadcast, pada kenyataannya memang lebih dari 1 kamera yang digunakan oleh media televisi, dan angkat tersebut tentunya masih jauh lebih besar.

Berdasar hal tersebut diatas, kebutuhan perusahaan media akan data center akan terus semakin meningkat secara dramatis. Terutama sebagai fasilitas penyimpanan yang aman,  distribusi konten, dan sistem cloud yang dapat diakses dengan cepat. Hal ini merupakan faktor penting untuk performa kinerja atau optimalisasi karyawan dan juga sekaligus dalam rangka menekan pengeluaran operasional.

Dunia pertelevisian dan film akan membangkitkan jumlah besar penggunaan data yang mana harus di simpan di storage server. Data tersebut harus disimpan di suatu lokasi yang aman dan dapat di akses setiap saat secara cepat dan mudah.

Proses Pemilihan Operator Data Center bagi Persusahaan Media

Faktor penting dalam hal ini adalah kemudahan penyebaran storage server yang dapat disesuaikan secara cepat sehingga setiap waktu para awak media membutuhkan maka perusahaan penyedia layanan data center harus sigap dalam mengadakannya sehingga para awak perusahaan media tidak perlu menunggu lama untuk kebutuhan operasional mereka.

Hal lainnya adalah, sebuah data center yang dapat diandalkan untuk operasional perusahaan media televisi, film dan sejenisnya adalah data center yang dapat menyediakan bandwitdh dari beberapa operator yang beda secara cepat, dengan demikian seluruh aktiitas yang berhubungan dengan jaringan cloud dapat selalu di akses tanpa gangguan.

Untuk perusahaan media, dalam memutuskan provider data center yang mana yang akan mereka pakai jasanya juga tergantung dari lokasi dan kapasitas ruangan tersisa yang mereka miliki. Disamping itu, sangat di sarankan untuk memakai jasa colocation server pada penyedia data center yang memiliki gedung sendiri, sehingga keamanan lebih terjamin.

Kecepatan dalam instalasi, konfigurasi dan penyebaran penyimpanan merupakan faktor penting dalam memilih data center bagi para perusahaan media, jika perusahaan media memilih data center cukup dengan 3 faktor tersebut saja, maka dia dapat menjadi pemenang di bidang usaha tersebut yang mana jika menghadapi persaingan dengan perusahaan media yang memakai jasa data center akan tetapi ketiga faktor tersebut kurang maka akan mereka akan tertinggal.

Biasanya perusahaan data center yang memiliki 3 faktor diatas itu adalah perusahaan data center yang juga melayani jasa managed service, bukan hanya sekedar ahli dalam jaringan dan server saja, namun kalau perlu mereka dapat diandalkan untuk membuat aplikasi yang memudahkan para awak media untuk berkolaborasi dan menangani tiap siaran.

Silahkan berdiskusi..
Jasa Layanan Manajemen Jaringan Perusahaan dan Pemerintahan
Manfaat Aplikasi Cloud Car untuk Bisnis Rental Mobil

Comments are closed.