5 Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Teknologi Blockchain

Menurut penulis Blockchain Revolution (2016), teknologi blockchain adalah buku besar digital dari transaksi ekonomi yang tidak dapat rusak. Hal ini dapat di program untuk mencatat transaksi keuangan dan juga nilai yang hampir sama. Teknologi ini mirip dengan internet karena memiliki ketahanan built-in. Teknologi ini menyimpan blok informasi yang identik di jaringannya.

5 Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Teknologi Blockchain

Blockchains tidak memiliki satu titik kegagalan dan tidak dapat dikendalikan oleh satu kesatuan.

Jaringan hidup dalam keadaan konsensus yang berarti dapat check-in dengan sendirinya secara otomatis setiap sepuluh menit. Jaringan blockchain mengamankan setiap transaksi yang terjadi dalam interval sepuluh menit. Hal ini menjadikan teknologi blockchain sebagai suatu ekosistem self-auditing dalam platform digital. Istilah ‘blok’ digunakan untuk merujuk ke sekelompok setiap transaksi.

5 Hal Penting Tentang Teknologi Blockchain

Untuk memahami lebih baik, ada lima hal yang harus Anda ketahui tentang teknologi blockchain:

  1. Blockchain tidak menggunakan pihak ketiga

    Komputer yang digunakan untuk membuat sistem blockchain menjamin integritasnya dan berkontribusi pada isi buku besar. Akibatnya, tidak ada kebutuhan bagi agen pihak ketiga terpercaya atau perantara untuk memelihara database. Ini adalah atribut yang telah menarik pertukaran perdagangan dan bank terhadap teknologi. Contoh bagus dari yang menggunakan blockchain adalah Bitcoin.

  2. Blockchain sangat bagus untuk mobile banking

    Berbagai pemain utama di industri mobile banking telah menunjukkan ketertarikan pada blockchain. Beberapa bank mulai meluncurkan sistem terbaru untuk konsumen. Misalnya, Humaniq menggunakan teknologi blockchain. Ini adalah mobile banking generasi keempat yang aman dan sederhana. Dengan melarutkan semua hambatan yang terkait dengan bank-bank kuno seperti melindungi data dengan password yang rumit dan sulit diingat, membuat kertas kerja dan kebutuhan untuk pergi ke cabang, Humaniq telah Mampu mengembangkan pengalaman perbankan yang sama sekali baru.

    Kegunaan Teknologi Blockchain

    Kegunaan Teknologi Blockchain pada beberapa Bidang Bisnis

    Perusahaan tersebut mengatakan bahwa mereka telah berhasil membuat alat keuangan yang kuat dan aman. Ekosistem keuangan digital tersebut dirancang khusus untuk orang-orang yang tidak memiliki identifikasi atau kurang berpendidikan. Mayoritas orang seperti itu tinggal di negara atau wilayah dunia ketiga atau negara berkembang dengan pendapatan kurang dari Rp. 26.000 per hari. Humaniq percaya platform mereka bisa membantu mengubahnya.

  3. Blockchain dijalankan oleh peserta melalui konsensus

    Dalam sistem blockchain tidak ada otoritas pusat. Komputer melakukan transaksi untuk disertakan dalam buku besar yang mereka bagikan dengan menggunakan jaringan peer-to-peer. Setiap simpul dalam rantai memiliki salinan buku besar, dan tidak mengizinkan salinan lain yang sama dengan tanda tangan yang mereka miliki. Transaksi terakhir dibungkus secara berkala dalam blok data baru yang akan ditambahkan ke rantai. Setiap blok, di samping data transaksi, berisi hash komputasi ‘dari blok sebelumnya dalam rantai. Digests, nama lain untuk hash, adalah representasi digital singkat dari potongan data yang lebih besar.

    Memalsukan atau memodifikasi transaksi di blok sebelumnya akan mengubah hash. Ini berarti bahwa hash yang tertanam di blok sebelumnya dan balok berikutnya harus dihitung ulang jika perubahannya disembunyikan. Itu hampir tidak mungkin dilakukan sebelum semua peserta jujur ​​menambahkan transaksi baru yang sah ke akhir rantai.

  4. Blockchain dapat bekerja dengan biometrik

    Otentikasi biometrik yang aman ditawarkan sesuai dengan teknologi blockchain. Privasi, keamanan dan kenyamanan ditingkatkan. HYPR adalah solusi yang menggunakan teknologi blockchain dalam biometrik. Blockchain menyediakan metode desentralisasi dan terdistribusi untuk menjaga data pengguna tanpa memerlukan entitas individual untuk memproses atau menyimpannya. Informasi tidak bisa rusak atau berubah. Untuk mengaktifkan otentikasi yang benar-benar terdesentralisasi, HYPR menggabungkan blockchain dengan kenyamanan biometrik.

    Teknologi Blockchain untuk SmartContract

    Teknologi Blockchain untuk SmartContract. Contoh Pada Industri Migas

  5. Blockchain bisa memanfaatkan uang yang dapat diprogram

    Penggunaan blockchain yang menarik adalah mencatat apa yang seharusnya terjadi di masa depan, alih-alih apa yang terjadi di masa lalu. Blockchain digunakan untuk memproses dan menyimpan “kontrak cerdas” oleh organisasi seperti Ethereum Foundation.Hal ini dilakukan oleh komputer di jaringan dengan basis pay-as-you-go selama mereka berpartisipasi dalam blockchain. Mereka dapat merespons transaksi dengan mentransmisikan, menyimpan atau mengumpulkan informasi, atau mentransfer semua mata uang digital yang menjadi transaksi blockchain. Blockchain yang mereka simpan dapat menjamin keaslian kontrak.

SmartContract dapat di manfaatkan oleh pemerintah dalam rangka proyek pengadaan barang, selain efisien, juga jauh lebih transparan ke publik.

Kesimpulan:

Teknologi Blockchain dapat digunakan pada sejumlah besar aplikasi. Ini bisa digunakan di industri dan platform yang berbeda termasuk pada institusi keuangan, kesehatan, pemerintah, industri migas, retail dan sebagainya. Blockchain, sama revolusionernya, menggunakan mekanisme yang membawa semua orang ke tingkat kejujuran dan akuntabilitas tertinggi. Tidak ada lagi kesalahan mesin atau kesalahan manusia, kehilangan transaksi, atau bahkan pertukaran yang dilakukan tanpa persetujuan semua pihak yang terlibat.

Pemerintah dapat memanfaatkan teknologi blockchain untuk mendukung transparansi publik. Hal ini sedang di persiapkan oleh para peserta yang terlibat dari berbagai negara melalui teknologi hyper-ledger yang akan di publikasikan di tahun 2018.

Untuk perbankan, pembayaran transaksi perbankan akan menjadi penyumbang penghasilan terbesar. Oleh karena itu, perbankan dapat lebih mengurangi transaksi hutang piutang sembari menekan resiko bisnis.

Silahkan berdiskusi..
Potensi Transformasi Digital di Asia Tenggara Sangat Besar
Cara Menangkal Serangan Ransomware Wanna Cry Dari Ahli
Post Tagged with ,

One Response so far.

  1. […] Satoshi Nakamoto akhirnya menemukan solusi yang cukup memuaskan di tahun 2008. Penemuannya – teknologi blockchain – sekarang digunakan untuk mewakili kepemilikan segala jenis Aset, tidak hanya uang, tapi […]