Teknologi HyperLedger Perlu Diketahui Oleh Para Pengembang

Pengembang perangkat lunak dalam industri jasa keuangan dan perusahaan besar menyabut antusuas sebuah arsitektur blockchain baru. Teknologi HyperLedger menjanjikan transaksi yang lebih efisien dan memiliki audit rantai pasokan lebih baik. Dengan dukungan teknologi cloud dan infrastruktur fisik cloud yang kuat, secata alami teknologi blockchain ini sangat cocok. Blockchain dapat mengurangi overhead dalam proses transfer peer-to-peer antara mitra dagang.

Teknologi HyperLedger Membuka Batasan Dalam Berbagi Catatan Transaksi Keuangan

Sebuah blockchain adalah struktur data yang memungkinkan untuk membukukan transaksi digital yang kemudian di sebar pada jaringan digital atau infrastruktur cloud. Teknologi distribusi catatan keuangan akan membuka potensi digital secara penuh pada pasar modal dan industri jasa keuangan yang lebih luas dengan memungkinkan pergeseran dari sistem berbasis rekonsiliasi saat ini yang sangat mahal dan sangat tidak efisien.

Bitcoin telah menarik perhatian dan tumbuh dengan cepat dimana terdapat dukungan untuk transaksi anonim. Bitcoin juga sedang dijauhi oleh bank dan institusi keuangan lainnya karena hubungannya dengan pencucian uang dari aktivitas ransomware dan kurangnya akuntabilitas. Lembaga keuangan memiliki persyaratan yang kuat untuk menerapkan tata kelola dalam mencegah praktik pencucian uang dan untuk mengetahui pelanggan mereka.

Proyek teknologi Hyperledger adalah upaya komunitas open source terbaru yang didukung oleh puluhan bank, perusahaan asuransi, dan produsen besar yang membahas masalah ini. Ini termasuk fitur untuk memastikan kepercayaan, transparansi, dan kontrak cerdas. Pendukung terkemuka dari Proyek Hyperledger termasuk perusahaan keuangan seperti American Express, JPMorgan Chase & Co, London Stock Exchange dan Wells Fargo. Salah satu alat yang muncul dari kolaborasi ini adalah Fiber Hyperledger, yang diharapkan akan selesai pada bulan Maret.

Teknologi HyperLedger dapat mengurangi waktu dalam menyelesaikan transaksi besar dari hitungan hari ke detik. Teknologi HyperLedger juga dapat mengurangi pos biaya dengan menghilangkan perantara yang menambah overhead dan pengolahan. Mereka juga berjanji untuk mengurangi risiko dari gangguan, penipuan dan cybercrime, karena terdapat perhitungan matematis yang mendasari pada lapisan perlindungan untuk setiap transaksi.

Konsep Data Fana Digunakan Untuk Keamanan Teknologi HyperLedger

Sebuah catatan keuangan yang didistribusikan bersama dapat meningkatkan kepercayaan karena direplikasi oleh semua pihak dalam transaksi. Peserta hanya dapat menambahkan ke registry ini, namun tidak dapat melakukan modifikasi. Dalam model transaksi tradisional, hacker hanya perlu mengubah entri dalam database untuk mengalihkan dana. Dalam pendekatan blockchain, perubahan hanya ditambahkan ke registri, daripada ditulis langsung ke database.

Kemampuan untuk membangun kepercayaan adalah kunci lain dari bursa blockchain. Dalam hal ini, catatan didistribusikan dengan menetapkan bagian historis dalam rantai pasokan. Jika ditemui masalah di bagian tertentu seperti cacat produk, produsen bisa cepat merespon pemasok, melacak tanggal pembuatan dan jalur produksi yang bertanggung jawab. Ini akan mempermudah dalam mempersempit ruang lingkup penarikan produk. Selanjutnya, pemasok yang kurang bertanggung jawab tidak akan mampu membuat perubahan ke database lokal mereka untuk menyembunyikan kesalahan karena catatan dibagi bersama semua mitra dalam transaksi.

Proyek Teknologi Hyperledger juga memiliki dukungan untuk transaksi yang memerlukan kerahasiaan khusus. Identitas adalah penting, tetapi perusahaan membutuhkan buku besar yang dapat melindungi kerahasiaan antara pemasok yang berbeda atau pelanggan. Mereka tidak menginginkan sistem dimana pihak lain dapat melihat harga penawaran pemasok yang lain.

Kontrak Cerdas Memerlukan Alat Debugging Baru

SmartContract adalah komponen lain dari Teknologi Hyperledger yang sdang dikembangkan. Teknologi HyperLedger memungkinkan otomatisasi kontrak yang dilaksanakan oleh transaksi yang kompleks pada tanggal tertentu atau ketika kondisi lain terpenuhi. Salah satu pengembang khawatir bahwa kontrak pintar bisa menambahkan sumber ‘bug’. Apa yang terjadi jika pengembang menempatkan titik desimal di tempat yang salah atau mengimplementasikan logika sesat?

Berbagai pendekatan dapat dilakukan untuk mengurangi risiko ini. Salah satunya adalah untuk menciptakan alat untuk debugging kontrak cerdas sebelum mereka dikirim ke buku besar. Cara lainnya adalah dengan membuatnya lebih mudah untuk mengakhiri kontrak cacat dan memulai yang baru. Namun, tidak ada mekanisme untuk memutar kembali terhadap logika kontrak cerdas yang tidak diinginkan, sehingga bisnis harus mengatasi hal ini diluar infrastruktur blockchain.

Prototipe Teknologi HyperLedger

Konsep ini masih dalam tahap awal, namun layanan cloud blockchain eksperimental sudah tersedia. Implementasi lebih halus berdasarkan pada Fiber Hyperledger akan datang segera.

Blockchain berjanji dapat mengubah beberapa industri dengan cara yang beragam seperti rantai pasokan, industri kesehatan, hiburan, jasa keuangan terutama layanan aplikasi FinTech, dan banyak lagi. Bagaimana dan kecepatan masing-masing industri daplam mengadopsi blockchain juga akan berbeda-beda.

Pada industri jasa keuangan, HyperLedger bermanfaat untuk rekonsiliasi yang lebih efisien, meningkatkan likuiditas, optimasi rantai pasokan, peningkatan transparansi dan baru produk / pasar. Pada industri kesehatan, manfaat HyperLedger diantaranya untuk meningkatkan aliran data dan likuiditas, mengurangi biaya dan meningkatkan pengalaman pasien dan hasil.

Kita sama-sama dapat mempelajari mengenai hyperledger ini di situs resmi hyperledger.

Silahkan berdiskusi..
Psikologis Cicilan dan Hubungannya Dengan Pendapatan Berulang (MMR)
Potensi Bisnis Pencadangan Data Untuk UKM Cukup Menggiurkan

2 Responses so far.

  1. Teknologi HyperLedger Perlu Diketahui Oleh Para Pengembang – SharingMedia berkata:

    […] Source: Teknologi HyperLedger Perlu Diketahui Oleh Para Pengembang […]

  2. Teknologi HyperLedger Perlu Diketahui Oleh Para Pengembang – SharingMedia berkata:

    […] Source : https://perantara.net/teknologi-hyperledger/ […]