Beberapa Tips Memilih Colocation Data Center

Menempatkan aset digital perusahaan anda pada sebuah ruangan data center atau colocation server di data center Indonesia haruslah pada sebuah jasa colocation data center yang aman dan memiliki kemampuan tinggi untuk skalabilitas dan aksesibilitas secara terus menerus dari waktu ke waktu agar operasional IT perusahaan anda lancar tanpa gangguan.

tips memilih colocation data center untuk perusahaan andaTips Memilih Jasa Colocation Data Center

Ada beberapa hal mendasar dalam memilih colocation data center, berikut kriterianya :

  1. Lokasi
  2. Keamanan
  3. Keandalan
  4. Skalabilitas
  5. Kecepatan Implementasi
  6. Konektivitas
  7. Standard Teknis
  8. IT Staff

Lokasi Colocation Data Center

Karena seluruh perangkat IT merupakan perangkat elektronik yang membutuhkan listrik, maka akan rentan terhadap suhu panas. Untuk itu semua data center memiliki sistem pendingin dan pengatur kelembaban, untuk hal ini idealnya data center Indonesia berlokasi di wilayah yang lebih sejuk seperti Bogor atau wilayah lainnya diluar Jakarta yang sudah padat dan panas.

Pertimbangan lainnya seperti banjir, gempa bumi, dan kerusuhan. Sebetulnya, data center kurang layak jika berada dilokasi yang sering banjir seperti di Jakarta walau di dalam gedung bertingkat sekalipun jika infrastrukturnya berada di ruangan basement, seperti panel kelistrikan, genset, tangki air pendingin, dan sebagainya.

Keamanan Data Center

Dalam menempatkan perangkat IT perusahaan anda, tentunya perlu memperhatikan tingkat keamanan pada penyedia ruangan tersebut. Seperti keluar masuknya orang ke gedung data center dan keruangan, semua harus dapat diawasi secara menyeluruh. Untuk hal ini, pilihlah data center yang memiliki gedung sendiri dan dengan sistem keamanan yang mendukung.

Seluruh lingkungan pada data center juga wajib terpantau oleh team security, untuk mencegah terjadinya pembobolan ke dalam data center.

Disamping itu, kemanan secara kelistrikan dapat terlihat dari kerapihan instalasi baik di dalam ruangan data center maupun di seluruh bagian yang menghubungkan sampai ke pusat kelistrikan (panel listrik).

Keamanan jaringan ke perangkat server juga sangat penting, dengan adanya sistem firewall dan anti virus yang selalu ter-update merupakan jaminan kemanan akses data perusahaan anda.

Sangat penting untuk perhatikan apakah perusahaan data center tersebut memiliki sertifikasi ISO / IEC 27001:2013 atau tidak, sebab sertifikasi ini mencerminkan prosedur yang dilakukan oleh provider data center tersebut.

Keandalan Data Center

Data center yang andal selain memiliki sistem bangunan yang tersertifikasi juga memiliki sistem pencegahan dan penganan dari bencana seperti kebakaran, gempa bumi, dan lain-lain. Sistem pendinginan dan sistem kelistrikan yang di dukung dengan catu daya cadangan meruapakan faktor keandalan data center.

Hal tersebut semata-mata untuk mendukung ketersediaan layanan yang dapat di akses hampir 100% dari waktu ke waktu.

Skalabilitas Data Center

Kebutuhan co-location data center oleh perusahaan adalah karena perusahaan anda sedang mengalami perkembangan dan menghadapi persaingan. Oleh karena itu data center yang dapat anda pilih adalah data center yang dapat memberikan layanan sesuai kebutuhan anda, sehingga jika perusahaan anda membutuhkan ruangan yang lebih maka data center tersebut dapat menyediakan, dan pertimbangan ini biasanya dan amannya adalah minimal untuk 5 tahun kedepan.

Kecepatan Implementasi

Seberapa cepat Anda membutuhkan infrastruktur untuk siap di gunakan merupakan faktor penting pada keberlangsungan usaha anda. Seberapa cepat ruangan rak tambahan yang dapat di siapkan oleh penyedia jasa data center di masa depan ?

Kebanyakan perusahaan membutuhkan ruang colocatioan tambahan yang mereka butuhkan secepat dan seefisien mungkin. Pastikan provider data center Anda dapat jelas berkomunikasi dengan memberikan jadwal untuk Anda.

Konektivitas Data Center

Salah satu keuntungan terbesar dari memakai jasa colocation adalah karena mereka memiliki kemampuan untuk menghubungkan seluruh perangkat dalam ruang data center.Interkoneksi dapat membawa nilai besar untuk bisnis Anda. Sebelum membuat pilihan, sebaiknya pelajari tentang pilihan konektivitas yang tersedia. Apakah fasilitas carrier-netral ? atau hanya tersedia satu provider saja untuk akses jaringan data ? tentunya anda tidak perlu mengambil resiko dalam memilih data center yang tidak memberikan pilihan provider jaringan.

Standard Teknis Data Center

Teknologi data center meningkat pesat selama beberapa tahun terakhir. Pusat data baru selalu dibangun, sementara pusat-pusat yang ada telah dibesarkan dengan standar yang diperlukan, sehingga pusat data yang sekarang menawarkan proposisi yang sangat mirip.

Namun, pengaturan dan standar keamanan pada tiap data center sangat bervariasi dan anda harus dapat memilih data center dengan standar teknis yang diberikan dapat memenuhi standard kebutuhan colocation anda.

IT Staff Data Center

Tentunya untuk mendukung layanan yang dapat di andalkan, provider data center yang dipilih adalah yang menyediakan dukungan pelanggan setiap waktu, sehingga para manager dan staff IT di perusahaan anda dapat selalu mudah untuk berkonsultasi.

Disamping itu, keahlian dalam hal konfigurasi perangkat jaringan, keamanan sistem, dan lainnya sangat penting untuk di amati dalam memilih colocation data center. Kuncinya adalah dengan melihat sertifikasi para staff data center.

Berikut Sertifikasi untuk Staff data center yang perlu anda ketahui :

  • Cisco Certified
  • Microsoft Certified Professional
  • Certified Ethical Hacker
  • Accredited Tier Specialist
  • Certified DC Facilities Operation Managers

Kebutuhan co-location server Indonesia mengalami peningkatan diluar ekspektasi para pengamat, dan kebutuhan perusahaan anda dalam mengambil layanan jasa colocation server tentunya untuk pertimbangan jangka panjang, oleh karena itu diluar hal tersebut diatas ada faktor yang sangat penting yakni kepemilikan tanah dan gedung data center yang dapat menjadi jaminan keberlangsungan layanan dari jasa data center itu sendiri.

Semoga tips memilih co-location data center ini dapat bermanfaat untuk anda..

Silahkan berdiskusi..
Pertumbuhan Indeks Evolusi Digital Indonesia 2016
Data Center Indonesia, Peluang dan Tantangannya

2 Responses so far.

  1. […] Kebijakan pemerintah yang mensyaratkan para penyedia layanan digital (Digital Service Provider/ Application Service Provides) wajib memiliki rencana penanggulangan bencana (disaster recovery) dan memilki data center atau paling tidak menyewa colocation data center. […]

  2. […] arti colocation server atau yang juga sering disebut sebagai colocation data center secara lengkap yang juga kerap disingkat dengan kata colo, semoga […]