Tren Transformasi Keuangan Merubah Masa Depan Perbankan

Saat ini, transformasi keuangan telah terjadi dan terus merubah masa depan perbankan di era yang semakin digital. Seiring revolusi industri berikutnya, banyak wilayah di bidang perbankan dan keuangan yang sedang berubah.

dampak transformasi keuangan pada industri perbankan

Transformasi Digital Semakin Mendorong Transformasi Keuangan

Keuangan dan perdagangan adalah salah satu keterampilan tertua yang telah dikembangkan manusia di tengah masyarakat. Sejak itu, keuangan telah mengalami perkembangan dan revolusi agar sesuai dengan evolusi masyarakat manusia.

Transformasi keuangan telah terjadi di segala bidang. Sekarang, pengguna jalan tol Jasa Marga di Jakarta mengalami transformasi pembayaran dari tunai ke non tunai.

Dari contoh pembayaran tol dalam kota, kita bisa lihat bahwa ada biaya administrasi yang merupakan pendapatan bank. Ini berarti akan ada pergeseran pendapatan sebagai dampak luas dari transformasi keuangan. Lihat grafis peningkatan pendapatan non-bunga sebelum transformasi digital yang sudah meningkat dibawah ini:

trend pergeseran pendapatan bank

Perbankan lebih di dorong untuk memenuhi efisiensi, kecepatan dan peningkatan pengalaman pelanggan. Dengan banyaknya varian teknologi digital yang muncul, persaingan akan terjadi dalam bentuk yang berbeda dari sebelumnya.

Inilah beberapa tren yang membentuk kembali masa depan industri perbankan digital.

  • Kecerdasan buatan

    Hampir tidak ada lapangan yang belum disentuh Artificial Intelligence, tidak terkecuali industri keuangan. Algoritma pembelajaran mesin dapat diandalkan dalam menganalisa sejumlah besar data dan menemukan pola yang tidak diperhatikan manusia.

    Hedge fund dan bursa saham memanfaatkan algoritma AI untuk menjadi lebih efisien dalam meramalkan pasar saham dan membuat keputusan yang lebih cerdas. Numerai dan Sentient adalah dua hedge fund berbasis Silicon Valley yang menantang raksasa Wall Street dengan sistem perdagangan bertenaga AI mereka.

    AI juga menemukan jalannya ke perbankan. Survei Accenture terhadap 600 bankir terkemuka menemukan bahwa AI akan menjadi cara utama bank berinteraksi dengan pelanggan mereka dalam tiga tahun ke depan, mengurangi beban kerja bagi karyawan dan meningkatkan pengalaman konsumen.

    ABN AMRO adalah salah satu perusahaan perbankan yang sedang menyelidiki potensi keuntungan AI dalam memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik dan memfasilitasi kerja staf. Aplikasi Grip misalnya, menggunakan pembelajaran mesin untuk membuat rincian pendapatan dan pengeluaran otomatis ke dalam kategori.

    ABN AMRO juga sedang bereksperimen secara internal dengan asisten bertenaga AI untuk lebih memahami bagaimana teknologi bekerja dan apa yang diperlukan untuk melatih asisten virtual ini. Dua dari bot perusahaan, sementara non-Artificial Intelligent, menunjukkan bagaimana komunikasi otomatis dapat meningkatkan interaksi klien.

    Artificial Intelligence juga dapat memainkan peran penting dalam mencegah kecurangan di perbankan dan sistem pembayaran online lainnya. Perusahaan pencegahan kecurangan e-commerce bernama Riskified menggunakan model analisis pembelajaran dan perilaku yang mendalam untuk meningkatkan proses penghentian transaksi penipuan. Ini berarti perusahaan berposisi lebih baik untuk menemukan skema penipuan yang rumit sekaligus mengurangi penurunan palsu, sebuah fenomena yang tak kalah merusaknya daripada penipuan itu sendiri.

  • Blockchain

    Model transaksi keuangan tradisional bergantung pada perantara terpercaya untuk menjamin integritas pertukaran moneter. Hal tersebut merupakan proses yang lambat dan mahal. Itu semua berubah dengan munculnya Bitcoin, mata uang digital yang memungkinkan pertukaran mata uang peer-to-peer tanpa memerlukan broker terpercaya.Bitcoin sendiri tidak mendapatkan traksi arus utama yang awalnya dijanjikannya. Tapi blockchain, buku besar terdistribusi yang memberi kekuatan pada Bitcoin, telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Singkatnya, blockchain adalah database yang direplikasi pada beberapa node independen dan bukannya disimpan pada sistem terpusat.

    Dengan menghapus perantara, blockchain secara dramatis mengurangi biaya dan penundaan yang terkait dengan menyelesaikan transaksi. Hal ini membuatnya sangat nyaman untuk transaksi mikro dan pertukaran barang berharga di lingkungan yang tidak konsisten dan tidak berdaya. Antara lain, Internet of Things (IoT), industri rantai pasokan, musik dan game mengeksplorasi keuntungan dari blockchain.

    Setelah menyingkirkan Bitcoin selama bertahun-tahun, industri keuangan dan perbankan sekarang merangkul blockchain sebagai pengubah permainan yang tak terelakkan. Menurut Accenture, blockchain mungkin bisa menghilangkan kebutuhan ‘clearing house’ untuk mendefinisikan kembali proses rekonsiliasi. Ini akan menghasilkan penghematan biaya infrastruktur tahunan sebesar $ 8 sampai 12 miliar atau sebesar Rp. 100 triliun hingga Rp. 160 triliun.

    Ripple, penyedia blockchain, menggunakan teknologi untuk memberikan pembayaran instan berbiaya rendah dalam transaksi yang melibatkan mata uang yang berbeda, bank yang berbeda dan negara yang berbeda.

    perantara transaksi pembayaran digital

    Tahun lalu, startup tersebut berhasil menguji platform tersebut dengan 12 bank, termasuk ABN AMRO, Barclays Inggris, Royal Bank of Canada dan National Australia Bank. Setelah diluncurkan pada bulan Oktober, bank-bank dari berbagai negara telah bergabung dengan platform Ripple.

    Bagi konsumen dan bisnis, sistem ini berarti transaksi yang lebih cepat dan lebih likuid, biaya lebih rendah, dan pilihan yang lebih luas untuk pengiriman uang dan pembayaran internasional.

  • Open Banking

    Seiring perusahaan perbankan mencoba menyesuaikan kecepatan dan efisiensi dunia modern, Standard Perbankan Terbuka telah muncul sebagai kerangka untuk: menciptakan, berbagi dan mengakses data perbankan dengan cara yang cepat, aman dan hemat biaya.sistem perbankan terbukaKekuatan Open Banking memaksa perusahaan besar untuk lebih kompetitif dengan bank yang lebih kecil dan yang lebih baru. Hal ini akan memunculkan biaya yang lebih rendah, teknologi yang lebih baik, dan layanan pelanggan yang lebih baik. Perbankan terbuka juga memberlakukan publikasi informasi yang transparan dan tidak bias sehingga konsumen dapat mengevaluasi kualitas layanan perusahaan keuangan.

    API Open Banking memungkinkan pengembang pihak ketiga membuat layanan dan alat bermanfaat yang dapat dimanfaatkan oleh pelanggan. API ini memberi informasi bisnis yang lebih akurat dan mutakhir mengenai keuangan dan pengelolaan data mereka yang lebih baik.

    Perbankan terbuka belum diluncurkan dalam skala penuh. Namun, pada akhirnya dapat memberikan lingkungan kerja sama dimana bank, pemain cepat teknologi dan pemain lain di industri keuangan dapat berkolaborasi dan memberi pelanggan mereka gambaran 360 derajat penuh atas semua data keuangan mereka.

Masa depan perbankan

Inilah beberapa cara teknologi mendefinisikan ulang industri keuangan. Penyebut umum tren ini adalah kemudahan aksesibilitas, pengalaman pelanggan yang lebih ramping, lebih efisien, dan peluang bisnis yang lebih baik.

Perbankan dituntut untuk lebih terbuka dan membuka kerjasama dengan pihak lain. Akan terdapat pergeseran penghasilan perbankan, dari pendapatan bunga ke pendapatan non bunga. Ini merupakan perubahan yang akan terjadi dan tidak bisa di hindari.

Sebuah hukum alam, transformasi digital akan memunculkan transformasi keuangan, transformasi layanan, transformasi edukasi, dan hingga pada transformasi pendapatan. Dampak turunan dari transformasi digital harus dipahami secara jelas oleh para pemangku kepentingan.

Perkembangan teknologi informasi hari ini semakin mengalami peningkatan eksponensial. Inovasi teknologi keuangan dan perbankan juga semakin cepat. Ini merupakan sebab mengapa transformasi infrastruktur IT harus ditempatkan di prioritas utama dalam melakukan transformasi digital.

Oleh karena itu, sudah saatnya bagi perbankan nasional untuk segera memulai penyesuaian terhadap perubahan tersebut. Transformasi digital yang dianggap sebagai ‘isapan jempol’ kini telah menghantui para pemain lama. Untuk dapat tetap bertahan, tidak ada jalan lain selain dari menerima perubahan.

Silahkan berdiskusi..
Post Tagged with

Comments are closed.

Pin It on Pinterest

Share This