Tantangan Teknologi Informasi Pada Perusahaan Minyak dan Gas

Sumber daya energi dan mineral secara bersamaan terus mengalami pertumbuhan yang berkembang, dari cara tradisional menuju generasi baru dengan menggunakan teknologi eksplorasi yang selalu dituntut untuk menemukan cara yang lebih cerdas dimasa depan. Dalam hal ini, sangat diperlukan teknologi informasi pertambangan minyak dan gas bumi yang dapat diandalkan untuk operasional.

Sementara masing-masing sub-sektor menghadapi masalah yang berbeda, satu hal yang umum adalah : Data merupaakn teman anda dan anda dapat mengambil keuntungan dari hal tersebut dengan manfaat virtualisasi data untuk perusahaan perminyakan dan gas.

Teknologi Informasi Pertambangan Minyak dan Gas Bumi

Banyak perusahaan energi mencari mitra data center terpercaya untuk mengusahakan efisiensi dalam kinerja komputasi yang cukup tinggi seperti, pengolahan data, transfer data dan back-up. Perusahaan perminyakan juga harus memiliki perencanaan yang tepat untuk pertumbuhan dan pemulihan bencana di masa depan. Peluang bagi perusahaan energi untuk melakukan outsourcing solusi ini mengarahkan mereka kepada para penyedia layanan managed it services (MSP) yang dapat menghadirkan sarana teknologi sistem informasi bagi para perusahaan perminyakan dan gas bumi.

Tantangan dan Solusi Teknologi Informasi Pertambangan Minyak dan Gas Bumi

Sementara kebutuhan energi adalah kesempatan, memenuhi permintaan dapat menjadi semakin sulit karena beberapa faktor:

  • Peningkatan permukaan dan kompleksitas sub-permukaan dalam eksplorasi minyak dan gas mendorong batas-batas teknologi saat ini dan praktek bisnis.
  • Sebuah perubahan tenaga kerja akan mengakibatkan kekurangan staf yang berkualitas yang dibutuhkan untuk meningkatkan produktivitas dan transfer pengetahuan.
  • Seiring dengan percepatan usaha dan kemajuan petro-teknologi yang memberikan kesempatan tetapi membutuhkan perubahan operasional untuk mewujudkan nilai potensial.
  • Volatilitas harga produk yang lebih besar harus dapat disesuaikan dengan CAPEX dan OPEX yang membuat ketidak-pasitan dan membuat sulit untuk secara efektif menilai serta menjaga kelangsungan hidup ekonomis dari aset.
  • Tekanan risiko dan kepatuhan terhadap peraturan yang intensif dan berlaku ketat hampir di seluruh dunia.
  • Perhatian publik global yang meningkat untuk dampak lingkungan menempatkan praktik industri dan kinerja berad di bawah pengawasan ekstrim.
  • Memenuhi kebutuhan dunia yang meningkat terhadap sumber daya energi, perusahan perminyakan dituntut untuk dapat lebih handal dalam mengelola sistem IT mereka melalui sistem hybrid, sistem seismik, sitem monitoring, sistem pengendalian terpusat, kolaborasi pekerja offshore dan di kantor, teknologi smart-grid dan menggunakan teknologi untuk menghubungkan seluruh unit bisnis dimana saja mereka berada.

Tantangan

Mendukung kebutuhan yang unik dari produksi energi, pengolahan seismik, dan manajemen data minyak bukan merupakan tugas yang mudah. Layanan data center dan managed IT services yang terbaik dikelasnya membutuhkan pemahaman dan keahlian pada industri energi secara spesifik untuk dapat mendukung dengan handal melalui aplikasi perangkat lunak dan volume data multi-terabyte dibalik kegiatan penting seperti interpretasi seismik, perencanaan pola sumur dan rekayasa sistem konvensional dalam satu kesatuan teknologi informasi pertambangan.

Perusahaan di seluruh dunia menanggapi kebutuhan tersebut seperti dengan menggunakan Intelligent Digital Oil Fields, Unified Wll Master Datam, dan Predictive Analytics untuk permintaan, harga, atau risiko seperti kegagalan pipa, dan layanan smart-energy langsung ke konsumen. Semua pendekatan tersebut membutuhkan jumlah data sangat besar dari sumber yang kompleks dan beragam, dibawa bersama-sama dengan cara yang baru dan berbeda.

Solusi

Virtualisasi data untuk perusahaan minyak dan gas kebanyakan tidak ditemukan dalam alat integrasi data secara tradisional yang mana seharusnya dapat mengubah data mentah menjadi informasi yang dapat di tindak lanjuti dengan cepat dan dengan biaya rendah.

Sekarang ini, beberapa perusahan energi dunia, generator listrik, perdagangan energi, perusahaan jasa layanan informasi, dan departemen pemerintahan menggunakan virtualisasi data untuk minyak dan gas untuk beberapa proyek seperti :

  • Informasi Cadangan Sumur Minyak Global Secara Terpadu

    Sebuah perusahaan jasa informasi pengeboran minyak membuat sebuah sistem pelaporan cadangan minyak virtual bersumber dari data kanonikal yang menayangkan dari puluhan sumber tanpa harus memindahkan data tetapi menyediakan data secara real-time, akses ke data on-demand dan terintegrasi dengan baik.

  • Layanan Data Eksplorasi Minyak dan Gas

    Sebuah perusahaan jasa informasi energi terkemuka menggunakan virtualisasi data untuk membuat lpisan data logis terpadu terhadap semua aset informasi (kondisi sumur, sewa, produksi, penyimpanan, peraturan, dll) untuk di beberapa perusahaan yang tersebar di beberapa tempat. Layanan data ini digunakan sebagai sumber untuk mendukung analisa, membuat keputusan baru, dan aplikasi operasional.

  • Pelaporan Operasional Jalur Pipa Distribusi dan Analisa Prediktif

Sebuah penyedia pipa dan logistik energi di Amerika Utara menggunakan virtualisasi data untuk memberikan kelincahan dalam melakukan Business Intelligence (BI) pada volumetrics pipa, kesehatan lingkungan dan keselamatan dengan menggunakan data yang dapat dimuat ulang oleh para karyawan operasional, pelanggan dan pemerintah sementara juga memberikan replikasi minimal sampai dengan 80%. virtualisasi data memungkinkan penggunaan kembali dari beberapa data ini dan dikombinasikan dengan pemeliharaan lainnya, cuaca dan data pemasok untuk memberikan analisia prediktif pada kegagalan pipa dan penanganan langsung.

  • Pemantauan Daya Jaringan dan Sistem Respon

    Sebuah pembangkit listrik ter-diversifikasi yang berusia 100 tahun dan perusahaan distribusi grosir kebutuhan umum masyarakat menggunakan virtualisasi data yang sama untuk solusi pelaporan jaringan operasional. Selain itu, telah tersedia layanan data terkait yang memberikan informasi terhadap peningkatan kondisi kritis dan sistem distribusi untuk memungkinkan diagnosa yang cepat dan respon terhadap kerusakan dan gangguan.

Manfaat Virtualisasi Data untuk Perusahaan Minyak dan Gas

Perusahaan minyak nasional harus menggunakan virtualisasi data untuk membuat data warehouse yang logis dengan menggabungkan relasional data dan big data tidak terstruktur dengan beberapa interface untuk alat pelaporan, analisis, dan akses layanan data. Ini memberikan dukungan real-time untuk mendukung pengambilan keputusan bagi operasional dilapangan dengan menggabungkan produksi dan data sumur  terhadap latar belakang analisis historis.

Teknologi informasi pertambangan minyak dan gas bumi di era digital sudah menjadi digital oilfield dengan sejumlah set infrastruktur IT dan perancangan sistem untuk dapat membantu para pekerja lapangan dan menghubungkan dengan bagian back office. Pengontrolan dan pemantauan merupakan salah satu area dalam teknologi informasi pertambangan.

Tujuan utama solusi teknologi informasi pertambangan ini adalah untuk memberikan kelancaran operasional sehari-hari dan mengelola resiko terputusnya komunikasi data antar unit eksplorasi (oil rig) dengan kantor pusat.

Solusi modular data center yang telah dirancang khusus dapat memberikan solusi total pada unit eksplorasi dan produksi. Dengan teknologi informasi pertambangan terbaru maka perusahaan minyak dan gas dapat meningkatkan kinerja keseluruhan pada maksimum level.

Perusahaan oil & gas biasanya menggandeng partner teknologi informasi pertambangan yang dapat diandalkan dan sudah memiliki pengalaman dalam memberikan solusi pada sektor minyak dan gas.

Bagaimana Cara Memilih Konsultan Data Center Terpercaya ?
Manfaat Teknologi Informasi Untuk Usaha Restoran

Comments are closed.