Software Aplikasi Manajemen Rumah Sakit Terlengkap dan Terbaik

Dalam mencari software manajemen rumah sakit atau hospital management systems provider, Software Manajemen Rumah Sakit Terlengkap dan Terbaiktentu harus mempertimbangkan kecocokan kondisi dan proses pada masing-masing rumah sakit. Sistem manajemen informasi rumah sakit merupakan tulang punggung terpenting dalam melaksanakan operasional sehari-hari. Oleh karena itu, sistem informasi rumah sakit perlu direncanakan untuk strategi jangka panjang.

Fitur Lengkap Software Manajemen Rumah Sakit

Software manajemen informasi rumah sakit yang terintegrasi selayaknya dirancang untuk mengelola seluruh aspek operasional rumah sakit. Seperti untuk manajemen keluar masuk pasien, pendaftaran pasien, perjanjian pertemuan dokter dengan pasien, tagihan pasien, sumber daya manusia dan sitem penggajian, perpajakan, pembukuan, pengelolaan aset, dan lainnya.

Berikut fitur lengkap yang harus dimiliki oleh sebuah software rumah sakit:

  • Manajemen Pelayanan

    Mengelola layanan yang disediakan oleh rumah sakit. Tingkat penilaian layanan dapat ditentukan berdasar peraturan yang di tetapkan oleh RS. Modul dari sistem informasi rumah sakit ini akan mempertimbangkan beberapa hal dan parameter untuk menghitung tingkat pelayanan per pasien. Sehingga pihak manajemen rumah sakit dapat memantau kualitas pelayanan mereka setiap waktu.

  • Manajemen Pasien

    Setiap pasien yang di rawat diberikan ID unik yang berguna untuk memberikan informasi sejarah perawatan (Medical Record) dan sejarah kunjungan pasien. Modul ini secara lengkap termasuk mengelola pasien rawat inap dan pasien rawat jalan beserta data lengkap ruangan, biaya dokter, sampai pada total tagihan pembayaran (billing)

  • Manajemen Dokter

    Selain untuk mendata para dokter dan bidang keahlian, modul ini dapat langsung memberikan saran ke bagian penerimaan pasien (resepsionis / front desk). Berdasarkan ketentuan yang diatur oleh manajemen, misal: pasien A ingin bersihkan gigi maka modul ini akan memberikan daftar dokter gigi serta informasi lengkap terkait hal ini. Sehingga rumah sakit dapat meningkatkan kecepatan dan ketepatan pelayanan di front-desk. Modul in merupakan bagian penting dari sebuah software manajemen rumah sakit.

  • Manajemen Supplier dan Vendor

    Modul ini mendata seluruh pemasok ke Rumah Sakit, baik pemasok obat, peralatan medis, keamanan, perangkat IT dan sebagainya. Terdapat fungsi penilaian untuk masing-masing supplier dan vendor sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh manajemen rumah sakit.

  • Manajemen Pembelian

    Modul ini mengurus seluruh aktivitas pembelian mulai dari pengajuan, persetujuan, pembayaran, sampai ke penerimaan. Dilengkapi dengan fitur analisa kebutuhan dan notifikasi jika ada persediaan yang menipis. Tujuannya adalah untuk menjaga agar pelayanan ke pasien dan aktivitas operasional tetap dapat berjalan lancar tanpa kekurangan.

  • Manajemen Unit Lainnya

    Modul untuk unit laboratorium, apotik, radiologi, pembelian di ruang dokter, ruang operasi dan sebagainya, unit gawat darurat dan lainnya, modul ini terhubung dengan modul-modul lainnya.

  • Modul HRD dan Payroll

    Memuat informasi karyawan dan dokter, serta sistem pembayaran gaji dan imbal jasa beserta perhitungan bonus atau penalty. Modul ini juga terhubung dengan mesin absensi sidik jari.

  • Modul Akuntansi Lengkap

    Modul ini berisi jurnal otomatis dari setiap transaksi yang dihasilkan oleh seluruh unit di rumah sakit. Manajemen aset yang otomatis memberikan daftar aset tetap dan penyusutan, perpajakan, manajemen hutang dan piutang, dan lainnya. Sehingga sistem informasi rumah sakit dapat menghasilkan laporan keuangan serta rasio keuangan rumah sakit.

  • Keamanan dan Pencadangan

    Merupakan fitur penting untuk menjaga keberlanjutan operasional rumah sakit. Manajemen sistem informasi sangat membutuhkan pencadangan. Hal ini ditujukan agar jika terjadi suatu kesalahan atau kerusakan, maka manajemen dapat menggunakan data cadangan yang terakhir disimpan. Sistem ini harus di otomatisasi agar tidak menyita waktu para staff TI anda.

Kriteria Pemilihan Software Manajemen Rumah Sakit

Beberapa kriteria dalam memilih software manajemen rumah sakit adalah :

  • Kemudahan akses data dokter yang berisi berbagai informasi dengan tujuan untuk menjaga kesinambungan perawatan pasien, dan harus dapat diakses dari mana saja secara aman oleh dokter itu sendiri dan staff yang berkepentingan (authorized staff)
  • Dapat membantu dalam pengambilan keputusan bagi manajemen untuk mengembangkan kebijakan pelayanan kesehatan yang komprehensif.
  • Sistem administrasi yang mudah digunakan, efisien dan akurat untuk seluruh aspek. Hal ini dapat memberikan gambaran kepada pihak manajemen mengenai pertumbuhan pelayanan dan keuangan rumah sakit.
  • Dapat meningkatkan pemantauan penggunaan obat dan menelaah efektifitasnya. Hal ini dapat menekan resiko tuduhan malpraktek, memberikan saran ke dokter dan bagian farmasi, sehingga pembelian obat dapat lebih efisien dan pemberian obat ke pasien dapat lebih tepat.
  • Pemrograman terstruktur, dapat mengurangi kesalahan pengguna dalam input data atau pemakaian modul. Pemrograman terstruktur dapat mencegah terjadinya data atau informasi berganda, pratampil pencetakan cepat tersaji dalam hitungan kurang dari 3 detik.
  • Memakai database yang andal dan sanggup menampung data besar (big data).
  • Diberikan “pintu” untuk integrasi modul lain yang akan dikembangkan di masa akan datang, sehingga tidak harus bergantung pada developer awal. Ini merupakan faktor penting untuk mengiringi perkembangan pelayanan rumah sakit yang semakin canggih seperti menggunakan perangkat Internet of Things (IoT) untuk di bidang kesehatan dan kedokteran. Hal ini dikarenakan kedepannya persaingan rumah sakit dapat berasal dari hal tersebut. Semakin canggih, semakin tinggi tingkat pelayanan dan ketepatan tindakan ke pasien.
  • Memiliki fungsi backup dan restore baik secara lokal, maupun ke lokasi server di provider data center atau colocation data center yang mana hal ini untuk menjaga keberlangsungan aktiKonsuas operasional.
  • Sistem pendeteksi kerusakan hardware dan software, yang berguna untuk memberikan notifikasi ke departemen IT rumah sakit.

Untuk rumah sakit dengan beberapa cabang terpisah secara lokasi, perlu adanya fitur-fitur khusus untuk memberikan segmentasi atau cost profit center yang kemudian dapat digunakan untuk konsolidasi dengan pusat. Hal ini juga berguna untuk memantau aktivitas dan perkembangan cabang rumah sakit tersebut. Hal ini akan memudahkan pihak manajemen dalam memberikan saran, kebijakan serta tindakan pengambilan keputusan secara tepat. Silahkan baca juga mengenai: Manajemen Sistem Informasi Terpusat untuk Bisnis.

Sistem manajemen informasi rumah sakit tersebut diatas dapat dibuat oleh para developer yang mengerti segala aspek operasional rumah sakit. Tentunya hal tersebut memerlukan keahlian multi disiplin. Oleh karena itu sangat disarankan untuk memakai provider jasa managed service yang memang memiliki team profesional dari berbagai bidang. Konsultan IT tersebut tidak hanya memiliki ahli di bidang IT saja, akan tetapi mencakup bidang manajemen, akuntansi dan perpajakan, keamanan software dan jaringan. Dan lebih bagus lagi jika memakai jasa managed service yang merupakan operator data center dan selalu update dalam bidang teknologi informasi plus internet (cloud based application).

Demikian sedikit info mengenai Hospital Management Software bagi anda yang sedang berencana membuat rumah sakit baik untuk karyawan dan keluarga, maupun untuk umum. Semoga dapat membantu anda dalam proses procurement lelang pengadaan jasa sistem manajemen rumah sakit.

Silahkan berdiskusi..
Disaster Recovery Center untuk Pemerintah Sangat Mendesak
Trend Baru Situs Berita Dengan Banyak Fungsi Menarik

Comments are closed.