Keuntungan Memakai Manajemen Sistem Informasi Terpusat

Banyak perusahaan yang masih berjuang dengan sistem informasi manajemen dan database mereka. Salah satu perjuangan utama mereka adalah kurangnya manajemen sistem informasi terpusat. Waktu terlalu banyak dihabiskan untuk kegiatan yang non produktif dapat menghambat kemajuan usaha. Sebuah sistem terpusat berarti bahwa hanya ada satu tempat dimana pengguna dapat mengakses informasi yang dibutuhkan.

Keuntungan Memakai Manajemen Sistem Informasi Terpusat

Keuntungan Perusahaan Memakai Manajemen Sistem Informasi Terpusat

Berikut beberapa keuntungan yang dapat diraih dengan merubah sistem menjadi terpusat:

  • Integritas Data

    Manfaat terbesar yang utama dari sentralisasi manajemen adalah integritas data. Hal ini memungkinkan tidak ada data ganda dalam database. Ketika sebuah organisasi beroperasi dengan beberapa database untuk kelompok orang yang sama (misalnya, database keanggotaan dengan database pendaftaran secara terpisah), hal ini telah melanggar aturan integritas data. Hal tersebut dapat mengarah pada isu-isu integritas data utama. Sebuah database terpusat berarti bahwa setiap anggota memiliki satu catatan utama, dengan informasi kontak utama. Jadi ketika ada perubahan yang diperlukan (seperti nomor telepon baru atau alamat email), hanya ada satu tempat untuk melihat dan melakukan perubahan. Hanya dengan integritas data, anda bisa mendapatkan laporan yang berkualitas unuk pertimbangan dalam mengambil keputusan.

  • Menurunkan Biaya Kepemilikan

    Dengan sistem virtualisasi pada infrastruktur yang digunakan, perusahaan dapat menggunakan beberapa perangkat yang mendukung virtualisasi. Sebagai contoh, mengadakan 10 unit desktop dengan 10 unit VDI dapat menurunkan biaya kepemilikan hingga 70%. Biaya dukungan teknis dan biaya listrik pun dapat menurun hingga 70%.

  • Menurunkan Biaya Operasional

    Selain biaya dukungan teknis dan listrik, terkadang untuk suatu usaha dengan banyak cabang memerlukan staff yang memeriksa. Biaya tersebut akan dibebankan pada pos biaya perjalanan dinas karyawan. Dengan sistem tersentralisasi, audit dapat dilakukan dari pusat. Seperti dengan memeriksa log penggunaan, memeriksa CCTV, dan sebagainya. Dan perusahaan dapat berhemat dari sisi training karyawan, karena semua sistem telah seragam.

  • Pengelolaan Lebih Mudah dan Hemat Waktu

    Perusahaan dapat menyeragamkan seluruh perangkat dan sistem. Dengan manajemen sistem informasi terpusat, perusahaan lebih mudah mengelola seluruh infrastruktur IT. Ini akan menghemat waktu, dan memungkinkan perusahaan untuk menerapkan budaya kerja DevOps dalam era digital yang berkembang sangat cepat. Sehingga, anda dan para staff dapat lebih menggunakan waktu yang berharga untuk terus melakukan improvisasi dan inovasi. Disini terdapat manfaat keunggulan kompetitif, dimana perusahaan anda akan lebih cepat melangkah ke depan.

  • Berkemampuan Untuk Hadapi Bencana

    Bencana dalam dunia IT kebanyakan berasal dari faktor manusia, ketimbang alam. Dengan sistem terpusat, seluruh keamanan dan mitigasi bencana dapat di akomodir. Beda dengan sistem yang tidak terpusat, anda harus amankan dan persiapkan satu persatu cadangannya untuk antisipasi hal-hal yang dapat menghambat operasional bisnis anda.

Bagaimana Memulainya ?

Dari serangkaian keuntungan tersebut diatas, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk memulainya.

  • Perancangan manajemen sistem informasi terpusat. Memiliki strategi IT yang jelas adalah kunci membangun keunggulan kompetitif dalam persaingan apapun. Hal ini dapat membuat perbedaan antara bisnis yang berhasil dengan bisnis yang gagal.
  • Penentuan aplikasi dan perangkat yang akan digunakan.
  • Kalkulasi harga perangkat yang dibutuhkan.
  • Penentuan supplier dan vendor.
  • Perbandingan sistem lama dengan sistem baru dari sisi biaya, waktu, dan kinerja.

Manajemen sistem informasi terpusat memerlukan virtualisasi aplikasi dan perangkat. Hanya dengan cara tersebut perusahaan dapat menghadirkan sistem informasi terpusat. Sebetulnya anda tidak perlu repot untuk memulai hal tersebut, anda bisa menggandeng mitra konsultan IT yang ahli dan berpengalaman dalam hal virtualisasi infrastruktur IT perusahaan skala besar. Perhatikan track-record perusahaan konsultan yang akan anda pilih.

Sistem ini sangat berguna bagi perusahaan yang memiliki banyak kantor cabang, restoran, outlet toko retail, dan sebagainya. Sistem informasi terpusat harus di dukung dengan kekuatan tulang punggung, yakni sebuah data center. Anda tidak perlu berinvestasi membuat data center, karena akan memakan biaya yang sangat tinggi. Cukup bermitra dengan konsultan IT yang memiliki fasilitas data center dengan tingkat ketersediaan diatas 99.99%. Sehingga, resiko kerugian yang dapat di timbulkan dari downtime juga semakin rendah.

Dengan sistem informasi terpusat, berarti perusahaan anda telah siap untuk memasuki tingkatan selanjutnya.

Silahkan berdiskusi..

One Response so far.

  1. […] Infrastruktur TI yang mendukung, perusahaan dapat melakukan sentralisasi sistem dan memungkinkan untuk menerapkan manajemen terpusat. Setelah itu, perusahaan baru bisa menerapkan […]

Pin It on Pinterest

Share This