Software Kasir Online untuk Usaha Retail, Ini Cara Memilihnya!

Kali ini kami mengangkat tema cara memilih software kasir online untuk usaha retail seperti rumah makan, kedai kopi, toko baju, mini market dan sebagainya, terfokus untuk multi cabang.

tips memilih software kasir online9 Kritertia Pemilihan Software Kasir Online

Pada prinsipnya, software kasir atau cash register software atau point of sales system, harus memiliki beberapa kriteria sebagai berikut:

  • Mudah digunakan untuk seluruh lini. Dengan grafis antar muka yang mudah dapat mempercepat proses kerja dari hari ke hari dan memudahkan manajemen untuk melatih para karyawan baru.
  • Dapat terhubung ke seluruh departemen. Saat ada pelanggan yang melakukan pembelian, software kasir online dapat langsung memberi informasi ke bagian kasir, bagian persediaan, bagian produksi, hingga ke bagian keuangan. Sehingga para manajer dan pemilik usaha dapat mengetahui posisi dan kondisi usaha mereka setiap waktu.
  • Fleksibel dalam melakukan penyesuaian order, stok, produksi. Jika ada pelanggan yang merubah pesanan, software kasir yang baik dapat memungkinkan secara cepat melakukan penyesuaian. Ini adalah hal penting, karena usaha retail di tuntut dalam segi pelayanan dan tidak semua software kasir dapat melakukan penyesuaian dengan baik karena sudah menyangkkut ke beberapa lini.
  • Laporan dapat di hasilkan dengan cepat dan tepat. Hal ini dapat mencerminkan kualitas software kasir tersebut, karena jika sebuah software tidak di kerjakan secara terstruktur maka untuk menghasilkan sebuah laporan dapat memakan waktu lama.
  • Ada fungsi audit trail sehingga dapat meningkatkan integritas para karyawan, dengan rekam jejak pengguna maka penyesuaian yang dilakukan dapat terlacak siapa yang melakukannya.
  • Memiliki tingkatan hak askses, misal untuk user, admin, supervisor, manager dan seterusnya
  • Stabil dan banyak mendukung beberapa perangkat kasir lainnya seperti barcode, printer, dan lain-lain.
  • Dibangun untuk dapat mengikuti perkembangan usaha. Software kasir yang layak digunakan adalah tidak sulit untuk melakukan pengembangan aplikasi
  • Terintegrasi dan terpusat. Hal ini dapat memudahkan manajemen dalam melakukan pengawasan hingga analisa untuk mengambil keputusan, misal membuat menu baru atau produk baru yang tepat sasaran, membuat kerjasama dengan pihak-pihak lainnya untuk mendukung penyebaran usaha.

Software Kasir Online untuk Meningkatkan Usaha Retail

Software Kasir Online untuk Usaha Retail Multi Cabang

Point of Sales system atau disingkat P.O.S ini dapat memberikan kecepatan dan ketepatan pada perusahaan restaurant, sebab usaha rumah makan ini walau terlihat sederhana namun sebetulnya mirip seperti pabrik yang memiliki lini produksi malah sekaligus lini pelayanan di tempat.

Seiring perkembangan zaman, tertama di Jakarta yang sering macet dan tersedianya jasa layanan antar seperti Go-Jek dan GrabBike, makin banyak warga Jakarta yang melakukan pesan makanan baik via telepon maupun via aplikasi android.

Nah .. untuk dapat melakukan hal tersebut, sebuah usaha rumah makan perlu memiliki POS yang terintegrasi dan terhubung ke internet, yang lebih dikenal dengan online POS atau Cloud POS.

Studi Kasus Kegunaan Cloud POS

Misal untuk rumah makan masakan padang Sederhana yang memiliki cabang tersebar di seluruh Indonesia, selama ini mereka menerima pesanan online hanya via telepon yang mana tidak semua orang paham dengan menu yang ada dan hanya bagi yang sering makan di restoran sederhana yang lebih banyak melakukan order via telepon.

Dengan Cloud POS mereka dapat menerima order lebih banyak lagi melalui saluran website, aplikasi android, bekerja sama dengan Go-Jek, Food Panda, Grab Bike dan lainnya secara terhubung langsung dan ter-integrasi. Dan pesanan tersebut dapat di arahkan tepat pada lokasi terdekat si pembeli.

Standarisasi Mutu Cabang Franchise

Disamping itu dengan sistem terpusat, restoran sederhana dapat mengukur secara tepat kebutuhan produksi di tiap-tiap cabang franchisenya, sehingga perusahaan pusat dapat lebih membuat standarisasi mutu.

Para pelanggan yang order menggunakan aplikasi online juga dapat memberikan pendapat mereka mengenai rasa dan pelayanan. Sebab menurut pengalaman kami, makanan restoran sederhana tidak semua mutu rasanya sama dan hanya dengan sistem yang terintegrasi manajemen dapat mengetahui secara cepat dan tepat sehingga mudah dilakukan standarisasi mutu rasa masakannya.

Demikian untuk usaha restoran lainnya seperti Warung Sunda, Bumbu Desa, D’Cost Seafood, dan lain-lain, juga untuk usaha retail seperti toko baju, toko roti dan kue, toko buah dan sejenisnya yang banyak cabang tersebar di berbagai lokasi, mulai dari puluhan sampai ribuan cabang.

Infrastruktur dibelakang Software Kasir Online

Software kasir online ini terlihat sederhana, namun diperlukan pengembang aplikasi atau perusahaan software yang dapat memahami bisnis anda, dan di dukung dengan infrastruktur IT yang terpusat seperti data center untuk menempatkan dan akses aplikasi serta data agar dapat digunakan secara cepat, terus menerus dan tanpa gangguan.

Kesimpulan:

Software kasir online harus memiliki 9 kriteria di atas, agar dapat benar-benar terpakai dan bermanfaat pada usaha, dengan kebijakan memilih software kasir online seperti apa yang tepat untuk bisnis anda maka dapat mengurangi resiko terhambatnya aktivitas operasional anda.

Dengan software kasir online ata Cloud POS, hal ini dapat memudahkan manajemen dalam mengetahui performa usaha dan mendapatkan data untuk di analisa dalam menentukan langkah selanjutnya..

 

Silahkan berdiskusi..
Post Tagged with ,

Comments are closed.

Pin It on Pinterest

Share This