Dampak Transformasi Digital Pada Mata Rantai Bisnis dan Industri

Kekuatan baru yang berdampak pada seluruh mata rantai bisnis perusahaan. Data digital yang semakin banyak, otomatisasi proses produksi, koneksi rantai pasokan, dan digitalisasi pengalaman pelanggan kembali merubah seluruh industri yang mengarah ke transformasi digital. Mari kita lihat pada beberapa bagian penting dari dampak transformasi digital pada mata rantai bisnis.

Dampak Transformasi Digital Pada Mata Rantai Bisnis dan Industri

Dampak Transformasi Digital Pada Mata Rantai Bisnis dan Industri

Pada era digitalisasi ini ada beberapa pergesaran yang wajib diketahui oleh para manajemen perusahaan dan para pejabat di pemerintahan. Dengan mengetahui pergeseran tersebut, tentu dampak transformasi digital tersebut dapat di respon dengan baik. Berikut beberapa pergeseran yang terjadi:

Manufaktur

Untuk setiap perusahaan yang memproduksi atau menggunkan sumber bahan baku / bagian / produk, sumber global telah menjadi norma. Interkonektivitas seluruh rantai pasokan melalui jaringan telekomunikasi telah disinkronkan dengan rantai pasokan dan memperpendek siklus produksi. Munculnya Internet of Things (IOT) telah memungkinkan interkonektivitas di seluruh mata rantai. Sehingga seluruh proses dapat di monitor secara terpusat.

Distribusi dan Logistik

Model distribusi semakin bergerak ke arah online. Pemasaran semakin luar, produk (dan juga jasa tentunya) dapat dipesan dari seluruh dunia. Dampak transformasi digital ini menyebabkan perubahan dinamika dalam distribusi dan logistik yang mana merupakan bagian dari rantai pasokan. Munculnya teknologi cetak 3D akan membawa perubahan besar dalam cara mengelola logistik. Beberapa bagian dapat dicetak pada lokasi, menghemat biaya logistik dan menjadi strategi pergudangan dari hari ini. Gudang pihak ketiga dan pusat penjualan  (mis : bagian penjualan Amazon) telah mengubah model biaya secara keseluruhan. Munculnya lokasi per wilayah telah memungkinkan pelacakan real time dari item yang memungkinkan transparansi sehingga memungkinkan untuk membuat keputusan lebih cepat.

Pada model distribusi dan logistik modern, hal ini sangat berpengaruh terutama pada bisnis percetakan, seperti industri packaging. Misal sebuah perusahaan meng-import porduk elektronik, mereka dapat menghemat biaya cetak kemasan produk elektronik tersebut. Import produk tanpa packing akan menghemat ruangan dan biaya di pengiriman. Sembari menunggu waktu pengiriman, mereka dapat memesan packaging di salah satu perusahaan packaging di Indonesia. Dan berdasar kondisi pasar global terkait hal ini, biaya cetak di Indonesia masih jauh lebih murah ketimbang cetak di Taiwan ataupun di beberapa negara lainnya, kecuali Tiongkok. Namun, Indonesia masih lebih memiliki kualitas dalam hasil pekerjaan percetakan.

Pelanggan dan Karyawan

Dengan perangkat pintar di mana-mana, konsumen mulai meminta informasi yang kontekstual, aktual dan memberi mereka motivasi. Ketika individu yang sama pergi bekerja ke kantor, mereka mengharapkan kualitas yang sama dari pengalaman pelanggan. Revolusi sosial pada seluruh fokus hanya pada aspek-aspek sosial dari pelanggan. Dampak transformasi digital terjadi dari hulu ke hilir pada proses penjualan ke pelanggan. Banyaknya pelanggan dari jaringan sosial dikombinasikan dengan pengetahuan tentang pelanggan dari sistem internal perlu diteliti untuk menciptakan pengalaman pribadi dan pengalaman kontekstual pelanggan.

Sistem Informasi Perusahaan

Banyak perusahaan yang kurang berinvestasi dalam Perubahan untuk mengikuti dampak transformasi digital yang terjadi di sekitar mereka. Transformasi digital sedang diaktifkan oleh teknologi, sehingga perusahaan perlu meng-upgrade / meningkatkan sistem lama mereka untuk mendukung proses digital model baru. Ketersediaan solusi SaaS, perangkat lunak open source, analisa Big Data , komputasi awan telah mengubah lanskap perusahaan. Keahlian yang dibutuhkan untuk mengelola hal tersebut kebanyakan berasal dari teknologi terbaru yang mendorong transformasi. Oleh karena itu setiap perusahaan yang mulai menyadari pentingnya sebuah “Manajemen Perubahan” banyak menggandeng penyedia jasa konsultan IT modern. Konsultan IT yang memberikan jasa managed IT services dapat memberikan solusi terhadap dampak transformasi digital. Sehingga bisnis anda tetap dapat berkembang seiring perubahan tersebut.

Keamanan Jaringan Perusahaan

Pada era digital, baik pelanggan maupun karyawan, mereka banyak melakukan akses pada jaringan perusahaan. Hal ini dapat membawa dampak keamanan yang semakin meningkat. Contohnya pada mobile dan internet banking. Perusahaan perlu mengisolasi akses publik, karyawan dan akses ke wilayah sensitif. Dalam hal ini zero trust network perlu diterapkan pada infrastruktur IT perusahaan atau pada data center internal. Menggunakan platform Docker sebagai wadah dari DevOps, perusahaan dapat lebih mudah menerapkan keamanan. Serangan cyber terutama mengarah pada institusi keuangan, dan ini terus meningkat dari waktu ke waktu. Disamping perusahaan harus dapat mencegah dan menangani serangan cyber, perusahaan juga perlu meng-colocation-kan server mereka pada fasilitas data center yang terpisah. Kebutuhan akan Disaster Recovery Center dapat dikatakan wajib pada perusahaan institusi keuangan. Hal ini berguna selain sebagai tindakan preventif juga dapat berguna jika terjadi serangan cyber, sehingga sistem anda tidak harus lumpuh.

Tanda Terjadinya Dampak Transformasi Digital

Dampak transformasi digital dapat dilihat pada industri perintis (startup) seperti

  • musik – produk musik yang disampaikan melalui saluran digital,
  • percetakan, media berita, media sosial raksasa seperti Facebook,
  • ritel – toko fisik semakin diganti dengan toko eCommerce online, para produsen pun mulai menggunakan toko online untuk meangkas rantai distribusi,
  • layanan taksi  online – mengubah dinamika layanan taksi tradisional,
  • mobil listrik yang mengubah dinamika seluruh industri otomotif

Tanda-tanda transformasi digital yang sama dapat dilihat di sebagian besar domain industri. Untuk itu, seluruh bisnis baik kecil maupun besar sudah harus menyesuaikan diri dengan dampak transformasi digital tersebut. Harapannya adalah, bisnis dapat bertahan dan berkembang lebih pesat. Transformasi digital dapat memberikan peluang kreativitas pemasaran dengan pendekatan-pendekatan yang belum pernah ada dari sebelumnya.

Silahkan berdiskusi..
8 Tanda Bahwa Bisnis Anda Harus Menggunakan Jasa Konsultan IT
Manfaat DevOps Untuk Perusahaan Dalam Menghadapi Dinamika Bisnis

2 Responses so far.

  1. […] Kekuatan baru yang berdampak pada seluruh mata rantai bisnis perusahaan. Data digital yang semakin banyak, otomatisasi proses produksi, koneksi rantai pasokan, dan digitalisasi pengalaman pelanggan kembali merubah seluruh industri yang mengarah ke transformasi digital. Mari kita lihat pada beberapa bagian penting dari dampak transformasi digital pada mata rantai bisnis.  […]

  2. […] suatu langkah yang di tempuh, sudah terlalu melaju jauh. Oleh karena itu, para CIO perlu memahami dampak transformasi digital dengan […]