TIC adalah singkatan dari Testing, Inspection, and Certification. Ada banyak perusahaan TIC di Indonesia yang menyediakan jasa pengujian dan sertifikasi yang berguna sebagai bukti untuk kualitas produk, kebersihan makanan, dan keperluan lainnya.

Meningkatnya aktivitas perdagangan internasional di Indonesia telah mendorong tingginya kebutuhan bisnis pada jasa perusahaan TIC di Indonesia. Jasa TIC di Indonesia memiliki banyak jenis layanan testing, inspeksi, dan sertifikasi.

Jasa Perusahaan TIC di Indonesia Mendukung Bisnis Ekspor dan Impor

Perusahaan perdagangan internasional harus memastikan bahwa produk mereka memenuhi undang-undang dan peraturan setempat.

Pengujian produk adalah bagian penting untuk memastikan kepatuhan terhadap undang-undang yang berlaku. Setiap negara memiliki peraturan yang berbeda untuk standar keamanan dan kualitas.

Mengirim barang ke luar negeri tanpa mengujinya terlebih dahulu dapat menyebabkan penundaan yang mahal di bea cukai, serta hilangnya pendapatan dari penjualan karena barang Anda mendapatkan penolakan untuk masuk ke negara tersebut karena tidak sesuai dengan aturan mereka.

Selain itu, jika ada masalah yang kita temukan selama pengujian yang dapat membahayakan kesehatan manusia atau merusak reputasinya di antara para pelanggan, hal ini juga dapat menyebabkan kerugian finansial. Oleh karena itu, layanan TIC sangat bermanfaat untuk para eksportir dan importir di Indonesia.

Untuk memastikan bahwa produk Anda memenuhi persyaratan pasar negara lain, sebaiknya produk Anda diuji. Hal ini bisa dilakukan selama tahap pengembangan atau setelahnya. Proses pengujian melibatkan pemeriksaan apakah produk Anda memenuhi peraturan di negara tertentu. Jika tidak, maka Anda harus membuat perubahan sebelum menjual produk Anda di sana.

Pengujian produk adalah bagian penting dari proses kepatuhan untuk perdagangan internasional karena negara yang berbeda memiliki persyaratan peraturan yang berbeda. Peraturan ini menentukan bagaimana kelompok mikroorganisme harus diuji dan jumlah tingkat toleransi waktu atau hasil pengujian yang diperlukan untuk melengkapi proses ini.

Pengujian kualitas adalah pembatas utama bagi produk farmasi. Produk farmasi bersifat biokimia, sehingga pengujian kualitas akan memberikan informasi yang sangat penting tentang kandungan zat-zat dalam suatu produk.

Sekilas Mengenai Perusahaan TIC di Indonesia

Perusahaan TIC di Indonesia banyak menyediakan layanan pengujian dan inspeksi produk terkemuka. Jasa TIC yang diberikan perusahaan TIC di Indonesia dapat membantu memastikan bahwa produk memenuhi semua persyaratan hukum, keselamatan dan kesehatan.

Pengujian produk dapat membantu Anda menentukan apakah produk Anda memenuhi persyaratan pasar di suatu negara. Ini juga menunjukkan bahwa produk Anda aman, patuh dan berkualitas tinggi.

Pengujian produk adalah bagian penting dari proses kepatuhan internasional karena negara yang berbeda memiliki persyaratan peraturan yang berbeda

Beberapa Perusahaan Penyedia Jasa TIC di Indonesia

Di Indonesia, ada banyak perusahaan TIC yang menyediakan layanan testing, inspection, dan certification. Namun, tidak semuanya bersertifikat atau terakreditasi. Akreditasi dan sertifikasi adalah konfirmasi bahwa suatu perusahaan telah memenuhi persyaratan dan telah disetujui untuk melakukan kegiatan TIC oleh badan akreditasi atau lembaga sertifikasi.

Badan akreditasi atau lembaga sertifikasi bertindak sebagai mediator antara perusahaan TIC dan publik dengan menilai apakah proses perusahaan TIC memenuhi persyaratan mereka.

Akreditasi biasanya diberikan setelah penilaian di tempat terhadap kemampuan organisasi untuk melakukan pengujian, inspeksi, atau layanan sertifikasi yang relevan sesuai dengan hukum, peraturan, kode, dan lembaga yang berlaku. Akreditasi sering diberikan untuk sektor, industri dan teknologi tertentu; akreditasi juga dapat diberikan kepada semua jenis organisasi.

Cara Persiapan IPO Perusahaan

Banyak sekali jenis layanan yang diberikan oleh penyedia jasa TIC di Indonesia. Masing-masing perusahaan TIC di Indonesia memiliki spesialisasi dalam memberikan layanan tersebut.

Berikut beberapa penyedia layanan TIC di Indonesia.

  • Cotecna Indonesia
  • Bureau Veritas Indonesia
  • PT. Titis Sampurna
  • SGS Indonesia
  • Sucofindo
  • PT. TUV NORD Indonesia
  • PT. Qualis Indonesia
  • PT. IAPMO Group Indonesia
  • PT. Mutu Agung Lestari

Anda dapat mengunjungi website perusahaan penyedia jasa TIC tersebut untuk mengetahui masing-masing layanan mereka. Hal tersebut sangat penting sebelum memilih perusahaan penyedia layanan TIC untuk produk Anda.

Jenis Layanan TIC

Untuk lebih jelasnya, berikut merupakan jenis layanan TIC yang disediakan oleh penyedia Jasa TIC di Indonesia.

Layanan Pengujian (Testing)

Jasa Inspeksi

Layanan inspeksi atau surveyor banyak berguna untuk perusahaan trading hasil tambang, minyak dan gas. Akan tetapi layanan inspeksi ini tidak hanya sebatas pada sampai hal tersebut saja. Layanan ini juga dapat menginspeksi barang kargo, inspeksi pelabuhan, inspeksi teknis, dan sebagainya.

Misal, Anda ingin membeli kayu mentah di Papua, sedangkan lokasi Anda berada di Jakarta. Anda dapat menggunakan jasa inspeksi dari perusahaan TIC di Indonesia yang memiliki cabang terdekat di lokasi penjual kayu tersebut. Ini akan lebih efisien ketimbang Anda harus berangkat ke Papua.

Layanan Sertifikasi

Ini merupakan layanan umum yang perusahaan TIC di Indonesia banyak berikan. Layanan sertifikasi ini sangat banyak, mulai dari sertifikasi ISO, Organik, Halal, dan sebagainya.

Misal, Anda merupakan produsen kelor di Indonesia yang akan menjual produk tersebut ke Eropa, maka Anda memerlukan sertifikasi organik yang diakui di Eropa. Sering layanan sertifikasi ini juga melibatkan jasa pengujian dan inspeksi.

Keuntungan Menggunakan Jasa TIC

Untuk bisnis, jasa TIC dapat memberikan banyak manfaat sesuai tujuannya. Berikut beberapa manfaat dari menggunakan jasa TIC.

  • Terhindar dari kesalahan. Baik itu keselahan produk, kandungan, ataupun suatu proses. Dengan melakukan pengujian, produk Anda mendapatkan kepastian tentang keamanan dan kualitasnya.
  • Meningkatkan kepercayaan konsumen. Produk yang sudah mendapat sertifikasi biasanya mudah mendapatkan kepercayaan konsumen, baik di dalam negeri maupun di luar neger.
  • Terhindar dari kerugian. Sebelum memulai produksi atau membeli produk untuk Anda jual ke luar negeri, sebaiknya Anda lakukan testing dan inspeksi. Dengan cara ini, bisnis Anda dapat terhindar dari gagal jual ataupun terkena denda pinalti.
  • Menghemat biaya, waktu dan tenaga. Seperti pada contoh jasa inspeksi di atas, Anda dapat meningkatkan efisiensi. Ketika produk yang akan Anda beli berada di Papua, Anda dapat meminta jasa inspeksi oleh perusahaan TIC di Papua.
  • Memenuhi standar dunia. Ketika produk Anda telah mendapatkan sertifikasi yang menjadi syarat global, maka Anda sudah dapat memasarkan propduk Anda secara online ke seluruh dunia.

Kesimpulan

Indonesia memiliki kekayaan alam yang melimpah. Selain itu, Indonesia juga memiliki tanah yang subur dengan iklim tropis. Sementara di belahan dunia lain sedang mengalami krisis, semakin banyak pebisnis di Indonesia yang mengirim barang komoditas ke luar negeri.

Aktivitas pengujian, inspeksi, dan sertifikasi (TIC) dapat didefinisikan secara luas sebagai layanan profesional yang dilakukan oleh perusahaan TIC untuk memberikan informasi tentang kualitas atau kinerja produk atau proses. Aktivitas TIC dimaksudkan untuk memberikan jaminan pihak ketiga bahwa suatu produk memenuhi persyaratan atau standar tertentu.

Meningkatnya aktivitas perdagangan internasional di Indonesia telah mendorong kebutuhan akan jasa testing, inspeksi, dan sertifikasi. Pada akhirnya kini jasa TIC di Indonesia telah menjadi kebutuhan untuk banyak bisnis yang berkembang.

Semoga artikel singkat mengenai jasa TIC di Indonesia dan Perusahaan TIC di Indonesia ini dapat menambah wawasan para pembaca. Selanjutnya, kami akan coba jelaskan cara pemasaran jasa TIC untuk perusahaan TIC di Indoneisia.

Pin It on Pinterest

Share This