Outsourcing Data Center Dapat Meningkatkan Bisnis Anda

Data center merupakan elemen penting pada tiap bisnis sekarang ini. Tidak hanya bagi para pebisnis digital, namun semua bisnis yang sudah atau berencana akan memiliki manajemen terpusat. Dengan melakukan outsourcing data center maka hal ini dapat meningkatkan bisnis anda. Simak selengkapnya dibawah ini.

Era ekonomi digital membawa banyak pergeseran dalam cara orang melakukan transaksi. Kemudian pergeseran tersebut juga membawa perubahan pada cara kerja di perusahaan. Misal, dulu orang untuk membeli barang belanjaan harus ke supermarket, sedangkan sekarang orang dapat memakai aplikasi gojek delivery dan sejenisnya untuk membeli barang secara 24 jam.

Untuk menghadapi perubahan tersebut, perusahaan harus memiliki sistem manajemen terpusat yang memiliki visibilitas yang lebih baik. Hal ini menyebabkan kebutuhan data center di tiap-tiap perusahaan merupakan suatu keharusan. Sayangnya, nilai investasi data center cukup besar. Kami pernah menghitung secara kasar biaya investasi data center itu sekitar USD 10.000 hingga USD 20.000 per meter per segi.

Outsourcing Data Center Dapat Meningkatkan Bisnis Anda

Apa itu data center ?

Sebuah data center pada dasarnya adalah sebuah ruang komputer – sebuah fasilitas fisik yang memungkinkan Anda untuk menyimpan dan mengelola server, jaringan dan peralatan komputer lainnya dalam lingkungan yang terkendali. Sebuah data center menjamin pasokan listrik (full back up), koneksi internet bandwidth yang tinggi, keamanan fisik dan jaringan, selain pemantauan 24×7 dan dukungan teknis penuh.

Manfaat co-location

Manfaat co-lokasi meliputi:

  • Penghematan biaya dalam kisaran 20% -70% dengan outsourcing data center melalui colocation server
  • Pemanfaatan yang lebih baik dari ruang yang Anda gunakan untuk data center di kantor anda
  • Kebebasan untuk dapat lebih fokus pada kompetensi inti Anda dan tidak khawatir tentang infrastruktur TI Anda

Dibawah ini adalah keuntungan tambahan khusus yang dapat Anda harapkan dengan co-location.

Keuntungan fisik

Biaya fasilitas berikut di ruang komputer adalah sebagian kecil dari apa yang akan biaya untuk mengatur mereka di rumah. Kami memberikan:

  • Presisi lebih terkendali, lingkungan ber-AC
  • Ketersediaan listrik 24×7 dengan cadangan sistem untuk semua peralatan Anda – tidak ada downtime atau gangguan karena listrik mati, tidak seperti di gedung-gedung bertingkat yang jauh lebih besar kemungkinan pemadaman listrik, listrik tidak stabil dan sebagainya. Sebuah gedung khusus untuk fasilitas colocation server data center memang dirancang untuk dapat memenuhi ketersediaan listrik dengan beragai sumber.
  • Struktur pipa pemadaman kebakaran dan tindakan awal yang State-of-the-art dapat meminimalkan kerugian kritis akibat kebakaran
  • Tingkat keamanan onsite yang tinggi melalui kamera pemantau dan sistem bio-metrik untuk melarang masuknya pihak yang belum atau tidak diizinkan
  • Pilihan untuk menambahkan sistem baru ketika diperlukan. Dapat secara bertahap mengganti sistem yang lebih tua ke yang baru sebelum menjadi usang.

Keuntungan konektivitas

Memiliki jalur koneksi T1 untuk menghubungkan jaringan Anda adalah lebih mahal dan tidak dapat diandalkan seperti koneksi serat optik di sebuah data center. Fasilitas colocation server dapat memberikan peningkatan konektivitas dan redundansi yang lebih besar tanpa biaya mahal.

Peningkatan bandwidth dengan mengurangi biaya bandwidth

Jasa colocation server seharusnya akan menjamin Anda dengan kelebihan kapasitas bandwidth yang mereka miliki. Sehingga jalur kecepatan tinggi Anda tidak akan melambat bahkan selama waktu beban puncak.

Redundansi jaringan lebih besar berarti operasional lancar

Aplikasi bisnis penting Anda akan selalu dapat diakses dengan lancar dan cepat. Ini jika data center yang anda pilih untuk colocation server memiliki konektivitas ke beberapa ISP penyedia serat optik.

Menjaga kebebasan Anda

Sebuah carrier-netral data center dapat mendukung beberapa ISP, Anda bisa memilih operator Anda sendiri atau Anda dapat memanfaatkan beberapa jaringan. Fasilitas data center juga mendukung kelancaran dalam transfer, jika diperlukan, untuk operator alternatif. Itulah alasan kenapa Anda tidak akan terlalu bergantung pada satu ISP saja.

jasa outsourcing data center

Harga lebih kompetitif

Pendekatan carrier-netral juga menyiratkan persaingan penjual yang berarti bahwa Anda mendapatkan harga dan layanan yang kompetitif.

BGP4 Routing

Sebuah data center carrier-netral menggunakan BGP4 pada router untuk memastikan bahwa data dikirim pada jalur yang paling dapat diandalkan dan disampaikan secepat mungkin. Jika koneksi satu penyedia gagal, BGP4 memungkinkan failover instan dan re-route data penting Anda melalui jalan yang berbeda dengan penyedia alternatif. Downtime dapat lebih berkurang.

Keamanan jaringan

Penyedia data center biasanya dapat menyediakan firewall / sistem IDS terbaru yang mendeteksi dan menangkap akses yang tidak sah. Firewall dan sistem keamanan perlu diperbarui secepat mungkin dan penyedia colocation server dapat memberikan keamanan yang selalu diperbarui pada waktu yang tepat dan biaya yang tepat.

Situs pemulihan bencana

Salah satu ciri fasilitas colocation server yang kuat adalah colocation server yang juga membuat situs pemulihan bencana. Dalam hal downtime dengan server utama Anda, seluruh jaringan beralih ke situs alternatif. Outsourcing data center untuk pemulihan bencana memiliki biaya yang lebih kecil daripada menyediakan di kantor anda.

Keuntungan Dari Dukungan Teknis

Dengan outsourcing data center, Anda dapat menghindari masalah yang dapat timbul dari sumber daya manusia dan dapat mengharapkan tingkat tertinggi layanan dengan keahlian khusus.

Tidak perlu untuk mempekerjakan spesialis

Ini juga merupakan salah satu ciri penyedia fasilitas colocation server yang bagus, yakni mereka memiliki tenaga teknis yang berkualitas. Dengan sertifikasi seperti CCNA dan MCSE – yang memantau jaringan dan server anda full time 24×7 dan mencegah masalah yang akan menjadi krisis yang melumpuhkan sistem TI anda.

Service Level Agreement (SLA)

Sebuah SLA yang ketat memastikan bahwa Anda mendapatkan tingkat jaminan layanan – lebih baik daripada memiliki data center sendiri di kantor anda.

Keuntungan pengalaman

Anda mendapatkan keuntungan dari pengalaman bertahun-tahun dalam mengelola data center dan tenaga teknis yang memenuhi syarat bekerja untuk menjaga sistem bisnis penting Anda berfungsi dengan baik sepanjang waktu. Ini merupakan salah satu keuntungan untuk anda dengan melakukan oustourcing data center.

Fasilitas Helpdesk Pada Outsourcing Data Center

Anda juga mendapatkan 24×7 help desk untuk mengkomunikasikan kasus atau masalah.

Secara keseluruhan, colocation server di carrier-netral data center banyak memberikan anda keuntungan. Ini merupakan strategi bisnis jangka panjang bagi perusahaan Anda terutama jika bisnis inti Anda tidak pada bidang TI. Sebuah jasa outsourcing data center menyediakan Anda pelayanan terbaik tanpa harus repot memiliki dan mengoperasikan fasilitas data center tersebut.

Silahkan berdiskusi..
Jika Deutsche Bank Bangkrut, Sistem Keuangan Dunia Bisa Kolaps
12 Perusahaan Startup Mendapat Investasi dari Intel Capital

Comments are closed.