kursus digital markteing

Kursus Digital Marketing Terbaik Akan Mempelajari Apa Saja?

Mungkin sebentar lagi akan mulai ramai kursus digital marketing di Indonesia, namun sebaiknya Anda memahami apa saja yang akan dipelajari secara step-by-step. Anda bisa saja mempelajari pemasaran digital tanpa berurutan, akan tetapi ketika ditengah perjalanan Anda menemui hambatan, maka Anda harus mundur untuk mempelajari materi pelajaran digital marketing yang dibutuhkan.

Pada dasarnya, digital marketing harus dilakukan secara ter-struktur. Untuk dapat mengarah pada tujuan, digital marketing harus dapat di ukur kinerjanya, agar Anda dapat selalu menilai ulang mana yang salah dan mana yang benar.

Tenaga pemasaran digital semakin banyak dibutuhkan perusahaan dan bisnis di era 4.0 sekarang ini. Akan tetapi, saat ini, ketersediaan tenaga pemasaran digital sangat terbatas. Beruntung, saat ini telah mulai bermunculan kursus pemasaran digital walau belum banyak.

Apa Yang Perlu Dipelajari Pada Kursus Digital Marketing?

Digital marketing sebetulnya merupakan sebuah disiplin ilmu yang teramat baru. Ini tidak hanya sekedar mempelajari teknik sosmed, SEO dan iklan berbayar saja.¬†Untuk awal, sebaiknya cari kursus digital marketing yang memberikan materi “Pengenalan Digital Marketing”.

Untuk dapat memahami digital marketing, berikut materi pelajaran yang dibutuhkan:

  • Pengenalan Digital Marketing

    Dengan mengenali digital marketing secara benar dan menyeluruh, Anda akan mendapat gambaran seperti apa digital marketing itu, dan apa manfaatnya. Setelah memahami manfaatnya, otomatis Anda akan mulai menentukan tujuan untuk melakukan pemasaran digital.

    Dalam tahap ini, Anda akan mempelajari semua hal yang penting pada digital marketing secara keseluruhan. Seperti cara menyusun strategi pemasaran digital yang baik dan benar, cara menyusun anggaran digital marketing. Perlu Anda ketahui, biaya digital marketing harus realistis agar program pemasaran digital dapat berjalan sesuai harapan.

  • Metoda Digital Marketing

    Mengenali metoda yang tersedia pada digital marketing dapat memudahkan Anda dalam melakukan eksekusi terhadap rangkaian strategi pemasaran digital. Ini akan memberikan Anda kejelasan mengenai pendekatan apa yang akan Anda gunakan dalam mencapai tujuan bisnis Anda melalui pemasaran digital.

  • Cara Membuat Website

    Ini yang biasanya paling malas dilakukan oleh para peminat pemasaran digital. Perlu Anda ketahui, bahwa pemasaran digital tidak hanya seputar sosmed dan blogging saja, pemasaran melalui search engine merupakan salah satu hal yang dapat dicapai jika Anda dapat membuat website. Padahal, saat ini membuat website semakin mudah dengan tersedianya teknologi visual builder.

  • Pemasaran di Search Engine

    Mesin pencari merupakan saluran utama untuk pemasaran digital. Anda akan mempelajari cara optimasi halaman website (SEO), cara membuat content untuk mempengaruhi target pemirsa, dan sebagainya. Untuk dapat melakukan ini, sebaiknya terlebih dahulu pelajari cara membuat website.

    Kemudian, Anda akan mempelajari cara beriklan di google search dan google display tentunya. Ini dapat memperluas jangkauan terhadap sebuah halaman konten yang sudah Anda terbitkan.

  • Pemasaran melalui Media Sosial

    Anda akan mempelajari karakteristik media sosial. Tidak semua media sosial cocok untuk semua bisnis. Seperti untuk bidang B2B, Anda mungkin lebih tertarik untuk menggunakan LinkedIn sebagai saluran pemasaran ketimbang Facebook atau Instagram.

    Selanjutnya, Anda akan mempelajari bagaimana cara membuat grafis untuk mendukung konten Anda di Media Sosial. Ini sangat penting baik untuk bisnis retail maupun B2B.

    Untuk memperluas jangkauan, Anda akan ingin mempelajari cara beriklan di sosial media. Ini akan mempelajari cara penargetan yang tepat untuk target pemirsa Anda.

  • Pemasaran melalui Video

    Pemasaran melalui video atau video marketing ini tidak kalah menariknya, saat ini ada banyak alat online untuk video editing yang canggih. Video dapat lebih menarik pemirsa di media sosial, jadi sebaiknya Anda mempelajari cara edit video dan cara menyebarkannya secara tertarget.

  • Pemasaran melalui e-mail

    Tentu setelah semua rangkaian pemasaran digital dilakukan, maka semakin banyak pelanggan yang didapat. Untuk menjaga hubungan dengan pelanggan agar bisnis tidak cepat dilupakan begitu saja, sebaiknya Anda mempelajari cara email marketing.

  • Monitoring dan Analytics

    Untuk mengetahui sampai mana kinerja pemasaran digital, Anda harus mempelajari Google Analytics. Anda dapat meningkatkan upaya pemasaran digital jika mengetahui konten apa yang paling menarik, di saluran apa yang lebih efektif untuk akuisisi dan bagaimana alur konversi.

Akhirnya, ketika Anda sudah mengenal digital marketing dengan baik maka Anda dapat mendukung perusahaan tempat Anda bekerja. Jika Anda ingin memberikan jasa digital marketing kepada khalayak umum, sebaiknya miliki sertifikat kompetensi yang diakui secara internasional dalam bidang pemasaran digital.

Indonesia Memerlukan Lebih Banyak Kurus Digital Marketing

Kami berharap kedepannya semakin banyak kursus digital marketing yang hadir di Indonesia. Sebab, dengan perkembangan transformasi digital yang dahsyat, edukasi mengenai pemasaran digital hanya tersedia sedikit. Hasilnya, tenaga pemasaran digital menjadi langka.

Adapun yang bekerja pada perusahaan digital, mereka hanya bisa untuk design grafis dan foto-foto selfie serta memberikan narasi story telling bak seorang ibu menyanyikan lagu nina bobo agar bayinya tidur. Tentu ini tidak dapat diandalkan untuk pemasaran bisnis perusahaan.

Kami banyak melihat, bahkan yang mengaku sebagai “konsultan digital marketing” pun sebenarnya tidak memahami digital marketing secara menyeluruh. Tentu kami sangat khawatir dengan fenomena ini, karena akibatnya dapat berdampak pada pemborosan anggaran perusahaan dan menyebabkan perusahaan merumahkan sebagian karyawan.

Pemasaran digital membutuhkan strategi dan pengukuran. Praktisi pemasaran harus mulai mempelajari kedua hal tersebut, terutama pada tingkat manajer. Tanpa mempelajari ini, kami khawatir semakin banyak perusahaan yang mengalami penurunan penjualan dan terus digempur dengan barang-barang impor yang dipasarkan melalui marketplace.

Saatnya sekarang untuk bahu membahu mengatasi masalah tersebut. Jika Anda memiliki modal lebih dan berminat untuk membuat kursus digital marketing, silahkan hubungi kami melalui formulir di bawah ini.

Formulir Investor Kursus Pemasaran Digital

4 + 4 =