Manfaat Website untuk Perusahaan Kecil di Tengah Era Digital

Dimana era transformasi digital semakin tak terbendung, banyak bisnis besar sekalipun yang terpukul mundur. Perusahaan kecil yang biasanya ‘bergerilya’ dalam mencari order, semakin terdengar sayup eksistensinya. Manfaat website untuk perusahaan kecil sekarang ini semakin banyak dari sebelumnya yang hanya sebagai pencitraan saja.

manfaat website untuk perusahan anda

Manfaat Website untuk Perusahaan Lebih Dari Sekedar Citra Kredibilitas

Kini, sebuah website untuk perusahaan dapat banyak mendatangkan manfaat di era digital sekarang ini. Pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 150 juta orang, dimana mereka sering mencari informasi melalui mesin pencari dan sosial media.

Perusahaan yang memiliki website akan lebih dikenal oleh segmen pengguna jasa / produk. Manfaat website untuk perusahaan selain memberikan informasi keberadaan bisnis, juga dapat berfungsi untuk perluasan pemasaran dan mendapatkan prospek bisnis secara online. Untuk mendapatkan manfaat dari sebuah website untuk perusahaan, anda perlu optimalisasikan kebergunaan website tersebut.

Sebagai contoh, jika anda adalah seorang akuntan publik atau konsultan yang memberikan jasa kepada perusahaan lain. Selama ini, untuk mendapatkan client / order, anda harus mengikuti forum, diskusi, networking dan sebagainya. Disaat yang sama, ada banyak perusahaan yang berpotensi menjadi client namun tidak memiliki jaringan yang terhubung dengan bisnis anda.

Dalam hal ini, manfaat website untuk perusahaan anda sangatlah jelas. Menjadi sebuah penghubung antara bisnis anda dan para calon client potensial yang tidak memiliki waktu banyak dan berada diluar lingkungan bisnis anda.

Dengan adanya sebuah website, orang dapat menemukan bisnis anda, baik melalui mesin pencari maupun sosial media. Setelah itu, mereka kan menggali informasi di website anda untuk mendapatkan keyakinan. Jika informasi di website anda berhasil meyakinkan calon client, maka mereka akan mulai menghubungi anda baik melalui telepon, formulir kontak online, hingga mengunjungi kantor anda.

Kini memang zaman telah berubah, cara orang melakukan sesuatu semakin bergeser ke arah digital, dimana kecepatan mendapatkan sesuatu menjadi alasan utama.

Era Transformasi Digital Harus Di Imbangi Dengan Sebuah Website

Pemasaran digital atau digital marketing tidak mungkin dilakukan tanpa sebuah website. Sedangkan digital marketing merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari transformasi digital secara keseluruhan. Ini artinya, seluruh bisnis wajib memiliki sebuah website, namun bukan sembarang website asal jadi saja.

Sebuah website untuk perusahaan dengan skala apapun harus dapat menjadi jembatan penghubung antara bisnis dengan para calon client potensial.

Berikut beberapa faktor yang perlu diperhatikan pada sebuah website untuk perusahaan:

  1. Mobile Responsive Design

    Tampilan website perusahaan anda dapat menyesuaikan dengan seluruh jenis layar ponsel, notebook, tablet dan desktop. Sehingga tampilan website perusahaan anda tetap rapih. Tentunya, jika website anda selalu terlihat rapih, akan dapat memberikan kesan profesional yang lebih.

  2. Memiliki Menu Terstruktur

    Ini untuk kemudahan navigasi pengunjung. Misal dengan tampilan menu yang berisi sub menu untuk seluruh informasi dalam kategori yang sama.

  3. Memiliki Halaman Utama

    Halaman utama dapat berupa tentang perusahaan anda, jasa yang ditawarkan, daftar client, anggota pendiri dan tenaga ahli, dan sebagainya. Ini sangat penting untuk memberikan keyakinan pada calon client anda.

  4. Kaya akan Informasi

    Untuk perusahaan B2B, tentu para calon client akan menggali informasi sebanyak mungkin melalui website anda sebelum akhirnya menghubungi anda. Dalam hal ini, anda dapat menambahkan blog untuk artikel tulisan profesional yang dapat mendorong tingkat keyakinan para calon client.

  5. SEO Friendly

    Website anda akan mudah ditemukan oleh para pencari informasi melalui mesin pencari. Untuk dapat memenuhi hal ini, ada 200 syarat yang harus diterapkan. Anda tidak perlu kahwatir, anda dapat mengandalkan jasa pembuatan website untuk perusahaan UKM dengan standar kelas dunia dan harga murah.

  6. Memiliki Call-to-Action

    Selain adanya informasi alamat, telepon dan formulir kontak online yang dapat menampung prospek dan di kirim via e-mail, sebuah website untuk perusahaan harus memiliki tombol call-to-action untuk mendorong dan memudahkan pengunjung untuk segera menghubungi anda. Tombol tersebut dapat ditambahi kata-kata yang mengajak untuk menghubungi anda. Jika di klik, tombol tersebut akan melakukan panggilan di ponsel pengunjung website.

  7. Fungsi Social Media

    Seperti tombol follow ke akun sosial media anda, share posting artikel dan halaman landing page ke sosial media. Hal ini dapat memudahkan dalam menyebar informasi di website anda ke seluruh saluran sosial media. Ini dapat dilakukan secara manual, ataupun otomatis sehingga tidak merepotkan anda. Menyebarkan informasi anda di sosial media akan meningkatkan jumlah pengunjung ke website anda.

  8. Formulir Kontak Online dengan Peta Alamat

    Ini dapat memudahkan orang selain untuk menghubungi anda via telepon, whatsapp, formulir kontak, juga untuk mengakses alamat anda.

     

  9. Portfolio

    Anda dapat menyajikan pengalaman menarik dalam tugas yang pernah anda kerjakan dari calon client. Untuk arsitektur, anda dapat menampilkan contoh hasil kerja anda, dan sebagainya.

  10. Testimonial

    Berdasar beberapa survey, umumnya online akan melakukan order jika ada referensi dari orang lain. Oleh karena itu, halaman testimonial mendatangkan tingkat manfaat website untuk perusahaan yang lebih tinggi.

Sebetulnya masih banyak aspek lainnya. Namun dengan 10 point diatas sudah sangat cukup untuk dapat mendatangkan manfaat website untuk perusahaan anda. Selain point diatas, server hosting website sangat perlu diperhatikan. Carilah jasa pembuatan website yang memiliki infrastruktur hosting yang mendukung kecepatan website untuk diakses banyak orang. Untuk menanyakan keamanan website, sebaiknya pilihlah server hosting yang memiliki backup.

Biaya pembuatan website untuk perusahaan dengan 10 point di atas dalam masa promosi dapat kami tawarkan Rp. 2.5 juta per website per tahun. Untuk tahun selanjutnya hanya Rp. 750rb rupiah saja. Jika anda ingin segera memiliki website profesional setara enterprise, silahkan hubungi kami di 0 8 8 8 1 6 2 6 2 52 (Call/WhastApp) atau melalui formulir kontak dibawah ini.

Kesimpulan:

Transformasi digital telah banyak memukul perusahaan besar dari kancah persaingan bisnis. Di lain sisi, perusahaan kecil memiliki peluang sejajar dengan perusahaan besar. Oleh karena itu, segeralah miliki sebuah website untuk bisnis anda!

Silahkan berdiskusi..
Post Tagged with

Comments are closed.

Pin It on Pinterest

Share This