Fungsi Software Akuntansi

Software atau perangkat lunak akutansi saat ini sudah beragam jenisnya. Fungsi software akuntansi dari software yang dikeluarkan dari setiap vendor pun berbeda-beda. Setiap software memiliki spesifikasi atau fitur yang telah dirancang sedemikian rupa untuk mempermudah berbagai jenis kegiatan pencatatan akutansi. Malah bukan hanya akutansi keuangan saja, karena saat ini juga sudah banyak terdapat software atau perangkat lunak akutansi manajemen untuk costing, budgeting, dan sebagainya. Bahkan untuk bagian pajak pun kini sudah ada software khususnya.

Bahkan sekarang keberadaan akuntan pun cukup terancam dengan adanya software akuntansi, karena biasanya pada perusahaan-perusahaan yang skalanya tidak terlalu besar lebih percaya dengan software akutansi ketimbang dengan akuntan. Biasanya mereka hanya mempekerjakan orang untuk melakukan pekerjaan “data entry” yang paham tentang debit dan kredit. Sementara proses penyusunan laporan keuangannya sudah ditangani oleh software secara otomatis.

Fungsi Software Akuntansi

Fungsi Software Akuntansi

Namun demikian, software akutansi juga dibuat oleh manusia yang pasti paham tentang akutansi. Maka dari itu, ada beberapa fungsi dari seorang akuntan yang sampai saat ini masih tidak bisa tergantikan oleh sebuah software akutansi.

Hal yang Tidak Bisa Dilakukan dengan Fungsi Software Akutansi

Validasi

Software adalah sebuah mesin yang juga dijalankan oleh manusia. Proses validasi transaksi yang dilakukan oleh seorang akuntan sampai saat ini belum bisa tergantikan oleh keberadaan software akutansi. Misalnya melakukan pemeriksaan tetnang kelengkapan nota tagihan, resi penerimaan barang, dan sebagainya. Sebuah software tentu tidak bisa melakukan kegiatan tersebut secara otomatis.

Analisa

Setelah data masuk ke sistem atau ke software akuntansi, seorang akuntan perlu memeriksa lagi apakah semua data yang diinput sudah benar atau belum. Jika salah, tentu software akan melakukan pekerjaan yang salah pula. Nah, hal ini tentu tidak bisa dilakukan oleh sebuah mesin, karena mesin hanya berjalan secara otomatis sesuai dengan perintah.

Rekonsilisasi

Selain tidak bisa melakukan validasi dan analisa, sebuah software akuntansi tentu juga tidak bisa melakukan rekonsilisasi. Seorang akuntan yang paham dengan ilmu akuntansi dituntut untuk melakukan rekonsiliasi pada semua akun yang ada mulai dari kas, piutang, deposit, persediaan, surat berharga, aset tetap, aset pajak tangguhan, dan sebagainya.

Evaluasi

Meskipun fungsi software akutansi memang canggih, tetapi fungsinya masih kalah dengan seorang akuntan. Seorang akutan perlu mengawasi dan memastikan bahwa validasi dan analisa berjalan secara konsisten setiap harinya sehingga nantinya tidak ada yang salah dalam laporan keuangan. Nantinya evaluasi ini dilakukan oleh akuntan lain, yaitu auditor internal dan eksternal. Prosesnya dinamakan proses audit. Meskipun menggunakan software khusus audit pun pasti akan tetap membutuhkan seorang akuntan yang benar-benar paham.

Rekomendasi

Semua kegiatan yang telah dibahas di beberapa poin sebelumnya, mulai dari validasi, analisa, rekonsiliasi dan evaluasi, tidak akan ada gunanya apabila tidak menghasilkan rekomendasi. Mengapa? Tidak ada sistem yang sempurna tentunya. Apabila kegiatan-kegiatan tadi tetap tidak dilakukan dengan teliti, maka mungkin akan ada masalah yang tidak terdeteksi. Hasil dari validasi sampai evaluasi tadi ternyata ditemukan kejanggalan atau masalah. Maka hal tersebut harus dituangkan dalam rekomendasi. Hal ini juga mungkin tidak ada dalam software akuntansi, walaupun ada maka sifatnya hanya sebagai pelengkap saja kemungkinan.

Nah, itu tadi adalah pembahasan tentang kelemahan dari fungsi software akutansi yang memang tidak bisa dilakukan secara otomatis dan tetap membutuhkan seorang akuntan ahli yang menjalankan program tersebut. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan Anda tentang software akuntansi sehingga anda tidak terlalu menempatkan ekspetasi diluar batas dari sebuah sofware akuntansi.. semoga bermanfaat.

Silahkan berdiskusi..

2 Responses so far.

  1. […] Software atau perangkat lunak akutansi saat ini sudah beragam jenisnya. Fungsi software akutansi dari software yang dikeluarkan dari setiap vendor pun  […]

  2. […] Fungsi software akuntansi memang tidak bisa dilakukan secara otomatis 100% dan tetap membutuhkan seorang akuntan ahli yang menjalankan program tersebut.  […]

Pin It on Pinterest

Share This