5 Cara Untuk Membuat Strategi Digital Sukses Pada Tahun 2017

Di Tahun 2017 banyak perusahaan ingin untuk dapat menciptakan ide-ide baru yang inovatif yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan. Seluruh aktivitas pemasaran akan lebih dikerahkan pada saluran digital baik layanan digital melalui inovasi, maupun digital marketing. Dalam membuat strategi digital yang sukses, para pimpinan perusahaan harus memiliki konsep yang jelas untuk dapat mengembangkan bisnis perusahaan.

Cara Membuat Strategi Digital Sukses

Cara Membuat Strategi Digital Yang Dapat Sukses

Ada lima prinsip-prinsip dalam membuat strategi digital yang dapat memberikan dampak bisnis besar pada tahun 2017.

  1. Libatkan Orang Dalam Strategi Digital Anda

    Seorang CDO harus memastikan keterlibatan pelanggan. Ini merupakan adalah garis depan pekerjaan mereka dari konsepsi untuk pengiriman. CDO harus dapat mendorong eksekutif senior lainnya untuk bersama-sama mendesain produk dan layanan untuk pelanggan.

    Setelah produk dikeluarkan, CDO harus terus memantau perilaku pelanggan. Lakukan analisa terhadap bagaimana produk dan yang dikonsumsi, dan apa yang dapat membuat proses pembelian menjadi berulang. CDO harus menerapkan beberapa teknik yang berbeda selama siklus hidup produk, seperti kelompok tes selama tahap desain dan mekanisme umpan balik secara online selama roll out.

    CDO juga harus berfokus terhadap penyebaran orang, baik itu bisnis internal dan mitra eksternal.

    Dalam hal Internal, sangat penting untuk membangun tim yang kuat dan untuk mempromosikan pelaksanaan proyek lintas-bisnis, daripada membiarkan orang bekerja di departemen fungsional secara sendiri-sendiri. Pemasok harus memberi umpan ke dalam proses tersebut.

    Anda akan memerlukan beberapa mitra yang benar-benar kuat untuk membantu Anda memberikan transformasi digital. Para perusahaan startup di tahun 2017 akan semakin menggerogoti pasar perusahaan besar. Ini artinya, anda harus benar-benar melakukan digitalisasi bisnis secara tepat dan benar. Perusahaan anda akan memerlukan infrastruktur IT yang handal dan mitra jasa konsultan IT yang berpengalaman dalam mengiringi digitalisasi bisnis.

  2. Jangan Terlalu Kaku Dalam Membuat Strategi Digital

    Membuat strategi digital sukses, adalah lebih dari sekedar menggunakan teknologi yang tepat untuk membantu digitalisasi bisnis. Sementara layanan cloud dan hybrid datacenter, aplikasi serta lingkungan kerja yang kolaboratif adalah kunci utama. CDO juga harus memastikan bahwa baik mereka dan manajemen perusahaan mereka cukup gesit untuk memodifikasi pendekatan tersebut untuk beradaptasi pada kebutuhan bisnis yang senantiasa berubah.

    Dalam membuat strategi digital, bersiaplah untuk memodifikasinya pada hari pertama. Jika pelanggan Anda memberitahu Anda sesuatu yang harus di ubah, maka Anda harus memiliki kemampuan untuk mengikuti feedback tersebut secara cepat. Kemampuan itu sering sangat terkait dengan pola pikir dan karyawan yang terlibat di sekitar Anda.

    Seorang pakar perencanaan strategi digital mengatakan, tidak mungkin untuk menjalankan bisnis digital tanpa kreativitas. Ketangkasan dan inovasi berjalan ber-iringan. Dalam rangka memberikan pelayanan terbaik secara digital, Anda perlu membawa bersama-sama banyak orang dan konsep.

    Penggabungan ide yang berbeda akan memberikan berbagai jenis solusi untuk tantangan yang anda hadapi. Apa yang Anda cari adalah pembeda kompetitif, dan ini berlaku baik untuk bisnis komersial atau organisasi amal sekalipun.

  3. Teliti Eksploitasi Data Yang Anda Lakukan

    Data adalah darah kehidupan organisasi modern. Ada dua elemen kunci untuk memompa informasi agar dapat berhasil di perusahaan anda. Pertama, CDO harus mengambil manfaat dari wawasan dan kesempatan dari Big Data. Kedua, CDO harus bekerja pada perlindungan data.

    Anda perlu tahu data apa yang harus dijaga dan bagaimana Anda akan memanfaatkan data tersebut untuk keberhasilan strategi digital anda.Anda juga perlu tahu tingkat kebutuhan jenis data apa saja yang harus diberikan perlindungan yang kuat. Anda harus menjaga kepentingan perusahaan Anda. Risiko di dunia maya terus meningkat dan kerentanan selalu hadir.

    Pendekatan holistik ini tidak harus membuat perpecahan strategis. Insight dan keamanan adalah dua sisi dari mata uang yang sama. Dua elemen tersebut dapat dikelola bersama-sama dalam membuat strategi digital yang sukses.

  4. Pikirkan Layanan Hybrid Data Center Dalam Membuat Strategi Digital

    Perusahaan pemula akan terus meningkatkan pembelian layanan cloud selama 2017. Sedangkan perusahaan besar dengan akses pelanggan yang tinggi, alan lebih memilih hybrid data center (cloud dan colocation server). Bekerja secara on-demand berarti CDO harus berpikir tentang bagaimana bisnis mereka akan membeli layanan tersebut dan bagaimana tim keuangan internal akan membuat pengaturan cloud terhadap biaya secara keseluruhan.

    Anda harus berpikir tentang bagaimana Anda mendanai biaya itu. Manajemen akan melakukan kontrak layanan berbasis yang cenderung berbeda untuk pengaturan tradisional dan cenderung memiliki bias yang kuat terhadap pengeluaran operasional, bukan belanja modal.

    Para eksekutif perusahaan dalam memilih layanan cloud harus menyelaraskan dengan dinamika bisnis perusahaan mereka secara keseluruhan. CDO harus memastikan organisasi mereka dapat melenturkan layanan digital dalam menanggapi tren yang lebih luas dalam bisnis. Ini akan menyangkut keputusan yang mempengaruhi pembengkakan biaya atau penghematan.

    Jika Anda akan mendapatkan layanan digital, maka Anda perlu melakukan beberapa hal yang berbeda. Bisnis yang berorientasi pada layanan harus memiliki kemampuan untuk memastikan bahwa setiap elemen organisasi telah menyadari bahwa model operasi dapat mengubah hal biaya dan integrasi teknis.

  5. Fokus Pada Penyediaan Nilai

    Tenaga ahli dan konsultan digital akan terus di butuhkan. Namun eksekutif harus menghindari digitalisasi bisnis yang tidak efektif. Ini lebih memerlukan semacam pendekatan yang berharga seperti penerapan DevOps. Anda harus melihat waktu untuk menciptakan nilai dan laba atas investasi. Kecepatan dan ketepatan inovasi atau fitur baru merupakan kunci dari nilai pembeda yang jelas di pasar.

    Penerapan DevOps sangat diperlukan, jika tidak maka seluruh kegiatan invovasi dapat berakibat pada seringnya terjadi gangguan pada infrastruktur IT anda. Sedangkan jika tidak melakukan inovasi, maka pesaing bisnis anda akan melakukannya, juga para perusahaan startup.

    Dalam hal ini, jika manajemen anda belum menerapkan lingkunan kerja DevOps maka anda dapat menggunakan layanan pemulihan bencana untuk antisipasi downtime yang akan terjadi. Proses pengujian fitur baru dapat menyebabkan terhentinya operasional IT anda. Dengan layanan disaster recovery, dalam waktu kurang dari 15 menit operasional IT anda dapat tersedia kembali. Dampak downtime akan menjadi hal yang sangat buruk bagi bisnis apapun di dunia, oleh karena itu setiap perusahaan harus memiliki strategi penanganan downtime.

Kesimpulan:

Dalam era ekonomi digital, setiap perusahaan mau tidak mau harus cepat menanggapi perubahan yang berorientasi pada peningkatan layanan. Hal ini akan memberikan nilai pembeda yang jelas dan dapat meningkatkan brand produk dan usaha anda. Para pimpinan perusahaan, terutama CIO, CEO, CFO dan CDO harus bersama membuat strategi digital yang jelas dan terstruktur. Strategi digital harus memiliki dasar yang jelas, anda dapat memanfaatkan Big Data. Disamping itu, infrastruktur IT, Disaster Recovery, serta konsultan IT yang berpengalaman harus bersama-sama dapat di kelola dan di manage.

Semoga di tahun 2017 para pimpinan perusahaan dapat membuat strategi digital yang efektif dalam meningkatkan daya saing perusahaan di Indonesia dan Internasional.

Silahkan berdiskusi..
Sudahkah Anda Menghitung Downtime Pada Jam Operasional ?
Transformasi Digital Unilever Telah Berhasil Melalui Tim IT

Comments are closed.