Dental Clinic atau Klinik Gigi termasuk bisnsi yang mengalami penurunan saat pandemi. Saat pandemi akan berakhir, digital marketing klinik gigi harus segera dilakukan. Ini merupakan strategi down-turn pada bisnis di era pasca pandemi.

Tujuan Digital Marketing Untuk Dental Clinic

Digital marketing klinik gigi bertujuan untuk meramaikan orang yang akan merawat gigi mereka. Secara sepintas, ini sangat mudah. Cukup bikin akun sosmed, iklankan dan biarkan keajaiban digital terjadi untuk bisnis Anda.

Namun perlu kita ketahui, anggapan tersebut terjadi jika memang bisnis dental clinic di kota Anda hanya Anda sendiri yang ada, alias tidak ada pesaing.

Tujuan dari digital marketing klinik gigi pada awalnya dapat diarahkan untuk mengunjungi website, agar para calon pengguna jasa dapat mengetahui lebih lanjut layanan dan paket apa saja yang ada.

Kemudian, kita dapat arahkan para pengunjung untuk membuat perjanjian dengan klik tombol WhatsApp dan juga kita sediakan tombol untuk mendapatkan arahan ke lokasi dental clinic Anda.

Pada akhirnya, digital marketing dental clinic Anda dapat terukur kinerjanya dengan berapa banyak orang yang klik tombol WhatsApp dan berapa banyak yang klik “Get Google Direction” untuk ke klinik Anda.

Apa Yang Dibutuhkan Untuk Digital Marketing Klinik Gigi?

Ketika menghadapi persaingan, digital marketing klinik gigi tidak bisa hanya mengandalkan sosmed dan iklan. Ada beberapa cara digital marketing untuk klinik gigi sesuai praktik terbaik.

Memiliki Website, Minimal Landing Page 1 Halaman

Seperti Kantor Jasa Akuntan dan jasa profesional lainnya, klinik gigi juga memerlukan sebuah website yang berfungsi untuk memberikan kesan pertama bagi para calon pasien. Sebuah website yang baik dapat merepresentasikan kualitas dentak klinik Anda.

Buatlah sebuah website yang rapih, tidak acak-acakan seperti ceker ayam, bersih tapi informatif dan design up-to-date, sesuai segmen pasar Anda. Minimal, buatlah sebuah landing page yang dapat cepat terbuka di ponsel dalam waktu 3 – 5 detik untuk bisnis klinik Gigi Anda.

Website dental clinic juga dapat berfungsi sebagai sarana re-marketing. Silahkan terus baca untuk dapat lebih memahami mengenai periklanan re-marketing.

Akun Sosmed, Minimal Instagram

Melakukan digital marketing untuk klinik gigi sama seperti Marketing online to offline lainnya. Selain menggunakan website, dental klinik juga harus hadir di Instagram. Berapa banyak orang yang suka selfie namun kurang percaya diri untuk tersenyum, ini menandakan adanya kebutuhan akan perawatan gigi.

Hadirnya bisnis klinik perawatan gigi Anda di Instagram seharusnya dapat menambah pengetahuan mengenai kesehatan gigi, alih-alih terus melakukan promosi bisnis.

Perlu kita ingat, media sosial sesuai namanya “Sosial” artinya tempat bersosial, otomatis kehadiran bisnis harus lebih banyak memberikan manfaat kepada para pemirsa di Instagram. Akan tetapi ini bukan berarti sebuah Klinik Gigi tidak dapat melakukan promosi, hanya saja porsi tidak sebesar memberikan edukasi ke para pengguna Instagram.

Daftarkan Klinik Gigi Anda di Google Local Business

“Geo Marketing” ini sangat digunakan dalam algoritma pencarian Google. Ketika seseorang mencari “Klinik Gigi Terdekat”, google akan menampilkan sebuah peta dengan beberapa nomor telepon dan website. Setelah itu baru dibawahnya akan ada hasil pencarian dari website-website klinik gigi.

hasil pencarian dental clinic

Apa yang perlu Anda tambahkan pada Google Local Business Klinik Gigi Anda adalah:

  1. Nama Klinik Gigi
  2. Alamat
  3. Link Website
  4. Nomor Telepon
  5. Informasi Hari dan Jam kerja.

Anda akan mendapatkan analitik mengenai berapa banyak orang yang klik Direction, Link Website, dan Telepon. Ini dapat menjadi parameter performance digital marketing klinik gigi Anda.

Akun WhatsApp Business

WhatsApp Business sangat penting, terutama jika Anda ingin beriklan di Instagram atau Facebook. Akun WhatsApp Business diperlukan ketika Anda memilih iklan untuk mendapatkan pesan dari para pemirsa.

Selain itu, Anda dapat membuat katalog di WhatsApp business mengenai paket dan layanan dental clinic Anda. Ini akan memudahkan Admin Anda dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar harga paket. Menggunakan Whatsapp Business juga dapat meningkatkan keyakinan calon pasien Anda dalam mengambil keputusan.

Iklan Re-Marketing

Group Facebook, memiliki program iklan re-marketing. Ini lebih dikenal dengan FB Pixels dikalangan digital marketing agency. Kode FB Pixel harus “tertanam” di website klinik gigi Anda. Ketika Anda beriklan di Facebook maupun Instagram, pixels akan merekam siapa saja yang klik tombol WhatsApp dan klik tombol “Get Direction” ke Klinik Gigi Anda. Akhirnya Anda mendapatkan data pemirsa iklan yang berkualitas.

Data data pemirsa iklan yang berkualitas tersebut, Anda dapat kembangkan lagi dengan membuat “Pemirsa Serupa”. Penting untuk membatasi pemirsa yang berada radius bebera kilometer saja dari lokasi dental clinic Anda.

Iklan re-marketing juga harus Anda jalankan pada search engine Google, Youtube, dan jaringan periklanan Google lainnya. Jangan sampai orang mengetahui tentang pentingnya perawatan gigi dari Instagram Anda, dan ketika mereka Googling tidak menemukan bisnis Anda.

Penambahan Content Website dan Feed Instagram

Menambahkan konten di website dapat meningkatkan visibilitas bisnis dental clinic Anda di hasil pencarian. Misal, Anda membuat artikel tentang “cara gosok gigi yang benar” dan artikel di website Anda tersebut sering tampil di halaman pertama Google. Ini tentu dapat menambah keyakinan para calon pengguna jasa perawatan gigi Anda.

Feed Instagram perlu di update setiap hari, untuk terus terhubung dengan pengikut dan pemirsa lainnya. Jika Anda berhenti memosting di feed Instagram, tentu orang akan bertanya-tanya, ada apa ini? kliniknya masih buka apa enggak ya?. Ini artinya akan menimbulkan keraguan.

Sebaliknya, jika Anda terus menerus konsisten memosting konten di Instagram, maka Anda dapat mencegah keraguan yang mungkin timbul ketika Anda tidak posting lagi di Instagram.

Berinteraksi di Instagram

Instagram adalah tempat bersosialisasi, Anda tidak dapat menjadi akun monolog seperti para selebgram. Jawablah pertanyaan baik melalui reply comment maupun inbox. Ini artinya Anda harus memiliki seorang Admin atau menggunakan jasa Admin media sosial.

Bentuk interaksi di Instagram juga dapat berupa membuat sebuah quiz. Banyak yang menyertai quiz dengan memberikan hadiah dan mendapatkan perhatian yang lebih banyak. Ini merupakan salah satu cara untuk dapat menonjol di Instagram dan memenangkan persaingan.

Mengumpulkan Feedback Testimonial

Setelah bisnis klinik gigi Anda mulai ada pasien, mulailah kumpulkan testimonial dari mereka. Berikan potongan diskon paket jika mereka mau kita rekam melalui video untuk kita sebarkan di Instagram klinik gigi kita. Ini namanya “user generated content”.

Cara tersebut dapat mempengaruhi para calon pengguna jasa klinik gigi Anda. 86% pengguna internet akan ambil keputusan “beli” atau “tidak beli” setelah mereka melihat testimoni dari pihak lain.

Memberikan Paket Promosi Berkala

Paket Promosi secara berkala dapat Anda sesuaikan dengan kondisi persaingan. Ini dapat membantu meningkatkan Konversi dari Online ke Offline. Artinya, semakin Anda beradaptasi dengan persaingan, maka kemungkinan besar para calon pengguna jasa akan tetap memilih Anda.

Sebaliknya, jika Anda jarang memberikan paket promosi, maka pemirsa Anda juga akan mulai bosan dengan informasi yang Anda berikan.

Banyak cara dalam berpromosi, tidak selalu harus menurunkan harga. Anda dapat memberikan hadiah hampers, souvenir dan sebagainya untuk para pengguna jasa di klinik gigi Anda.

Kesimpulan

Sekarang mari kita wrap-up semua tips digital marketing klinik gigi diatas.

Dental clinic membutuhkan set digital marketing yang tepat agar dapat membawa pemirsa online menjadi pasien offline. Ini memerlukan sebuah website pada awalnya, kemudian hadir di media sosial dan mulai beriklan.

Iklan harus dapat mengumpulkan data pemirsa yang berkualitas, agar dapat kita kembangkan pemirsa serupa. Pada akhirnya Return on Ads Spend (ROAS) dapat meningkat.

Konten harus selalu tersedia di website maupun di akun media sosial Anda untuk dapat tetap terhubung dengan calon pengguna jasa Anda.

Berinteraksi di media sosial sudah menjadi suatu syarat penting untuk keberhasilan digital marketing klinik gigi Anda.

Pin It on Pinterest

Share This