10 Hacks Untuk Mempercepat Pertumbuhan Bisnis Anda di 2019

10 Hacks Untuk Mempercepat Pertumbuhan Bisnis Anda di 2019

Oke, mari kita berterus terang tentang ini: peretasan pertumbuhan tidak seperti dulu.

Di masa lalu, perusahaan dapat membangun jangkauan luas dan banyak penjualan dengan menggunakan tagar yang tepat atau memposting di sosial media yang tepat.

Namun saat ini, suasana media sosial sedikit berbeda.

Alih-alih bisa memainkan sistem, platform media sosial ingin melihat konten berkualitas tinggi — dan terus terang — sebagian dari biaya iklan Anda tidak berjalan efektif. Namun, platform media sosial harus menghasilkan uang juga, bukan?

Tapi itu tidak berarti peretasan pertumbuhan media sosial benar-benar mati.

10 Hacks Untuk Mempercepat Pertumbuhan Bisnis Anda di 2019

Sebenarnya, mereka jauh dari itu — peretasan pertumbuhan hanya sedikit berbeda dari sebelumnya.

Saat ini, peretasan pertumbuhan sebagian besar berkaitan dengan mengikuti orang yang tepat, jaringan, dan memposting konten yang hebat.

Jadi dengan itu dalam pikiran, mari kita lihat 10 hack pertumbuhan terbaik yang dapat Anda gunakan pada tahun 2019.

Ikuti orang yang tepat di jejaring sosial

Hal pertama yang pertama: ikuti orang baru di media sosial!

Ketika orang melihat pengikut baru, ada kemungkinan besar mereka akan memeriksa profil Anda dan mengikuti Anda kembali. Poin bonus jika Anda menjangkau pengikut baru melalui DM dan memberi mereka wawasan tentang produk Anda (bahkan jika itu hanya “terima kasih telah mengikuti”).

Peretasan pertumbuhan sederhana ini hanya membutuhkan beberapa menit sehari untuk selesai. Atau, Anda dapat menggunakan alat untuk mengotomatiskan proses di Instagram.

Jawab pertanyaan di Quora

Quora adalah media untuk mengajukan pertanyaan dan menerima jawaban dari jutaan orang di seluruh dunia. Tidak seperti Yahoo Answer, bagaimanapun, jawabannya umumnya dipikirkan dan dimoderasi oleh komunitas.

Caranya sangat sederhana: pergilah ke Quora dan temukan pertanyaan yang terkait dengan industri Anda. Kemudian, tulis jawaban yang bijaksana dan tautkan kembali ke blog atau website landing page untuk perusahaan Anda untuk mendukung fakta atau memperluas wawasan.

Pastikan jawaban Anda adalah memiliki kualitas tinggi dan mendalam, dan Anda akan dengan cepat naik ke tempat jawaban teratas. Ini akan memberikan lalu lintas ke situs Anda dan — pada gilirannya — lebih banyak prospek dan penjualan.

Bagikan konten blog pihak ketiga

Saat ini, setiap bisnis harus konsisten dalam membuat konten asli. Ini memang proses yang sulit dan memakan waktu. Namun setelah tahun ke 2 Anda lakukan hal tersebut secara konsisten, maka Anda akan melihat peningkatan hasil pada prospek dan konversi.

Namun, di akun sosial media, Anda dapat membagikan konten blok pihak ketiga yang relevan dengan bisnis Anda. Dan di situlah fitur Sindikasi Konten Laporan Sosial berperan.

Singkatnya: Sindikasi Konten akan mendengarkan umpan RSS untuk Anda dan secara otomatis mengirim konten yang relevan ke saluran sosial Anda.

Anda dapat melakukan ini secara otomatis. Sistem otomatis dapat mencari sekumpulan kata kunci tertentu dan bahkan mengecualikan kata kunci. Ketika sistem menemukan artikel yang pas, itu akan secara otomatis menambahkannya ke jadwal posting Anda dan membagikan tautan dan judul artikel.

Sukai review terbaru

Dapat banyak review di Facebook? Gunakan hack pertumbuhan sederhana ini untuk keuntungan Anda!

Sukai semua ulasan positif di halaman Facebook Anda. Interaksi sederhana ini menunjukkan kepada audiens bahwa Anda peduli dengan bisnis mereka dan membuat mereka lebih cenderung mengikuti halaman bisnis Anda untuk menemukan konten di masa depan.

Selalu memperbarui konten lama

Anda memiliki banyak posting blog atau buat infografis? Mungkin ini tidak terlihat oleh seluruh audiens Anda saat pertama kali Anda mempostingnya.

Dengan memperbarui postingan lama, Anda dapat meningkatkan kualitas SEO postingan Anda. Teknik hack ini disebut dengan Evergreen Content. Mesin pencari google selalu mencari postingan segar, dengan memperbarui postingan Anda, maka postingan tersebut berpotensi terindeks ulang ke halaman pertama google.

Jadikanlah postingan lama Anda lebih menarik, gunakan DIVI Builder untuk dapat membuat konten website yang lux agar pengalaman pemirsa dapat meningkat dan menurunkan bouncing rate.

Bermitra dengan Influencer

Pemasaran influencer merupakan tren yang sedang berkembang di media sosial, dan 94% merek yang menggunakan influencer percaya bahwa strategi itu efektif.

Perusahaan yang lebih besar menggunakan selebritas, atlet, dan model sebagai bagian dari strategi mereka, tetapi merek yang lebih kecil dapat menggunakan media sosial mikro-influencer dengan pengikut besar dan keterlibatan tinggi.

Bermitra dengan influencer dapat membantu meningkatkan kredibilitas merek Anda kepada pengikut mereka. Seperti dukungan selebriti, kemitraan dengan para tokoh di media sosial dapat membuat merek Anda terlihat lebih mapan dan dapat dipercaya. Ini merupakan salah satu strategi pemasaran yang paling digemari oleh Brand saat ini, walau memang semakin surut.

Terakhir, bermitra dengan influencer juga dapat meningkatkan jangkauan Anda dan memaparkan merek Anda ke lebih banyak orang di target pasar Anda.

Tips: Kenali influencer secara real berdasarkan data, bukan dari apa yang Anda lihat. Jumlah follower, likes dan reply bisa diakali. Anda harus menggunakan beberapa alat untuk menganalisa akun sosial media influencer tersebut.

Gunakan gambar dan video sebanyak mungkin

Posting media sosial yang kaya gambar mendapatkan keterlibatan lebih banyak — faktanya, tweet dengan foto dan video mendapatkan retweet 150% lebih banyak daripada teks saja.

Saat ini, ada banyak cara untuk menggabungkan media visual ke dalam posting Anda. Disamping itu, Anda dapat selalu menggunakan jasa pihak ke-tiga, seperti jasa instagram marketing untuk bisnis UKM.

Salah satu jenis gambar yang paling menarik adalah infografis. Gunakan penelitian Anda dan konten jangka panjang lainnya untuk membuat infografis yang dapat dibagi diisi dengan gambar dan nugget informasi lainnya.

Mem-posting video produk dapat memberi tahu pelanggan tentang produk Anda tanpa membaca, dan klip pendek yang lucu dapat membuat audiens Anda lebih tertarik dengan produk Anda.

Selain itu, sebagian besar platform media sosial memiliki fitur putar otomatis. Ini semakin meningkatkan kemungkinan video Anda mendapat perhatian dari pengikut Anda.

Bicara tentang trending topik dengan tagar

Tweeting dan berbagi tentang topik yang saat ini #trending akan memberikan banyak kerterlibatan. Namun, Anda harus bijak dalam melakukan hal ini, jangan sampai masuk pada pusaran polarisasi.

Tidak masalah apakah itu topik yang sedang hangat seperti #BiroJombo, atau tagar evergreen seperti #instagood. Tagar yang digunakan jutaan orang adalah cara yang bagus untuk mendapatkan perhatian audiens Anda. Di Instagram, untuk menjadi teratas pada hasil pencarian tagar, Anda harus berani berinvestasi pada iklan.

Gunakan tagar atau topik yang sesuai dengan merek Anda atau topik yang menarik bagi pengikut Anda. Namun, pada saat yang sama, hindari topik kontroversial seperti politik atau agama — ini dapat membuat merek Anda terlihat tidak profesional, dan bahkan dapat membuat audiens Anda menjauh dari konten Anda.

Temukan topik yang sedang tren menggunakan Google Trends.

Jalankan kontes media sosial

Menjalankan kontes adalah cara yang bagus untuk menumbuhkan pengikut media sosial Anda. Ini dapat meningkatkan keterlibatan, dan feedback dari pengikut Anda. Anda dapat menyelenggarakan kompetisi foto “terbaik” atau sekadar menyelenggarakan undian yang mengharuskan audiens Anda menyukai, berbagi, atau memberi tag seseorang pada suatu gambar.

Dalam mengadakan kontes, perlu Anda ketahui juga bahwa di sosial media banyak sekali pemburu kontes Give Away. Pada umumnya, mereka bukanlah target pemirsa yang ideal. Oleh karena itu, Anda harus membuat kontes se kreatif mungkin dan dapat mendorong jangkauan brand atau produk Anda.

Konsisten

Lakukan pengujian dan tetap konsisten menjalankan 9 point di atas.

Pro Tips

Di tahun 2019 ini, banyak perusahaan yang hanya menjalankan digital activation tidak merasakan manfaat dari aksi digital marketing mereka. Ini disebabkan karena tidak adanya strategi yang jelas dan minimnya pemahaman mengenai digital marketing.

Anggaran digital marketing masih menjadi “anak tiri” di tahun 2019, dan perusahaan pun sadar bahwa iklan di televisi atau di Youtube dirasakan sebagai pemborosan. Pada akhirnya, mereka banyak melakukan acara komunitas seperti lari pagi, dan sebagainya.

Indonesia menghadapi masalah serius dalam bidang pemasaran. Bahkan masih banyak orang yang belum mampu mendefinisikan antara pemasaran dan penjualan, mereka anggap kedua hal tersebut adalah sama. Contohnya, seorang developer perumahan yang “pintar” menghubungi jasa digital marketing untuk menjual rumah mereka yang katanya “laris manis” dan hanya bersedia membayara dalam bentuk komisi 2%.

Kedepannya, Brand akan bersaing di search engine. Jika bisnis Anda tidak segera beradaptasi dengan hal ini, maka ada kemungkinan pesaing Anda yang akan menggantikan posisi. 

Ini merupakan hal yang perlu dipahami betul oleh pemilik perusahaan dan para CEO. Semoga bermanfaat..