Strategi Sukses Rantai Pasokan Digital Para Pemimpin Pasar

Para pemimpin pasar memiliki cara pandang yang berbeda dalam menyikapi perkembangan digital yang kemudian mengantarkan kesuksesan pada rantai pasokan digital mereka.

rantai pasokan digital yang sukses

Anda telah mengadopsi teknologi digital dan berhasil mengerahkan mereka di seluruh rantai pasokan Anda. Hasilsnya, Anda telah meningkatkan efisiensi dan mengurangi biaya Anda. Anda mendekati visibilitas real-time dalam operasi Anda. Dan berkat standardisasi proses pelanggan – Anda mendapat pengalaman pemenuhan yang dapat diprediksi dan dapat diandalkan.

Pertanyaan selanjutnya adalah:

  • Jadi kenapa pertumbuhan yang terbukti menguntungkan begitu sukar dipahami?
  • Kenapa perusahaan Anda tetap kehilangan pangsa pasar?
  • Mungkinkah rantai pasokan Anda menjadi bagian dari masalah?

Teknologi digital telah dan sedang mengubah pasar di mana-mana. Rantai pasokan yang efisien hanyalah setengah dari cerita penuhnya. Pelanggan digital hari ini, baik di lingkungan B2C maupun B2B, menginginkan pengalaman seunik mungkin, pengiriman “on demand” dan cepat. Hal itu membuat rantai pasokan yang super fleksibel sepenting rantai pasokan digital yang super efisien.

Meski 85% organisasi telah memiliki teknologi digital yang membantu membuat rantai pasokan semakin fleksibel, atau berencana untuk mengadopsi teknologi yang sama dalam setahun, sebagian besar masih belum menyadari potensi penuh dan nilai dari teknologi ini.

Namun, ada satu kelompok yang berbeda. Kami menyebut kelompok ini “trendsetter digital” dan mereka adalah pemain top dalam hal profitabilitas dan pertumbuhan pendapatan dalam sebuah survei dari 400 eksekutif rantai pasokan senior di 14 negara. Trendsetter ini melepaskan diri dari kelompok “pengikut digital” karena mereka merespon perkembangan digital dengan cara yang berbeda. Beginilah caranya.

Pikirkan perusahaan, bukan hanya rantai pasokan digital

Para pemimpin pasar di rantai pasokan digital melihat hal-hal dengan perspektif yang berbeda. Mereka menggunakan teknologi digital untuk memberikan pengalaman pelanggan di seluruh ekosistem.

Tidak seperti ‘pengikut digital’, yang pendekatannya bersifat transaksional dan fokus dalam menyediakan proses belanja dan pembelian yang lebih baik, lebih cepat dan pemenuhan yang lebih fleksibel, trendsetter digital mengambil pandangan yang lebih strategis. Mereka bertujuan untuk memperkuat hubungan dengan pelanggan yang sedang berlangsung dengan update reguler tentang produk dan layanan, layanan mandiri online, dukungan dan umpan balik.

Singkatnya para pemimpin pasar di rantai pasokan digital menggunakan teknologi digital untuk meningkatkan model bisnis yang ada dan mengembangkan yang baru. Dan dengan mengambil pendekatan strategis ini, mereka dapat meningkatkan nilai perusahaan secara keseluruhan.

Meski 63% trendsetter digital mengharapkan teknologi digital untuk mendorong pendapatan, mereka tidak meninggalkan proses tradisional dan efisiensi operasional. Sebaliknya, pengurangan biaya dan pengiriman on-time tetap menjadi indikator kinerja utama (IKU) yang penting untuk mereka.

Tapi trendsetter digital telah melampaui ukuran ini. Mereka secara sistematis memanfaatkan IKU tambahan tersebut untuk menambah kepuasan pelanggan dan pangsa pasar. Dengan cara ini, mereka berhasil secara signifikan mengungguli follower digital.

Angkat permainan teknologi Anda untuk mendapatkan pengalaman yang tersesuaikan

Dengan merangkul volatilitas terkendali, trendsetter digital bertujuan untuk melayani pelanggan, produk, dan pemasok secara berbeda dan dengan syarat mereka sendiri. Mereka merancang operasi rantai pasokan digital sesuai kebutuhan para pemasok, produk dan pelanggan, sampai konsumen akhir.

Dan tidak seperti follower digital, yang berkata bahwa memberikan pelanggan B2B dan B2C pengalaman terpadu tetap menjadi tujuan rantai pasokan utama mereka, trendsetter digital berusaha memberikan pengalaman pelanggan yang tersesuaikan.

Pengalaman pelanggan tersebut termasuk pada produk yang sangat individual dan terfokus dengan layanan yang disesuaikan sepenuhnya. Misal, dengan menyediakan layanan berkemampuan buy-anywhere, collect-anywhere,  return-anywhere melalui saluran yang fleksibel.

Contoh Rantai Pasokan Digital Yang Sukses

Schneider Electric contohnya, perusahaan manajemen energi global ini telah memanfaatkan teknologi digital untuk mengidentifikasi 10 pelanggan berbeda segmen berdasarkan kebutuhan. Schneider Electric telah mengoperasikan empat rantai pasokan digital yang berbeda model untuk memberi pengalaman pelanggan yang disesuaikan.

Produk dan layanan yang disesuaikan membutuhkan kemampuan fleksibel. Para trendsetter  digital tahu bahwa memanfaatkan penuh spektrum teknologi digital adalah sebuah kunci sukses.

Mereka terus berinvestasi di analytics, mobilitas dan Cloud: teknologi yang paling disukai oleh follower digital. Tapi trendsetter digital juga membawa teknologi digital lebih jauh, berinvestasi secara signifikan lebih banyak daripada pengadopsi baru di teknologi digital untuk memfasilitasi fleksibilitas yang lebih tinggi.

Trendsetter digital hampir 3x lebih banyak berinvestasi di Artificial Intelligence (AI) daripada follower digital. Dan hampir dua kali lipat trendsetter digital berinvestasi di Industrial Internet of Things (IIoT). Trendsetter digital mengungguli follower digital 8: 1 secara keseluruhan.

Mengetahui itu, General Electric berinisiatif uintuk berhasil memanfaatkan teknologi IIoT dan analisa real-time yang canggih. Sistem ini memfasilitasi pengambil keputusan dengan visibilitas real-time dan intelijen operasional yang dibutuhkan untuk merespon kejadian tak terduga dengan lebih cepat. Selain itu, rantai pasokan digital juga berguna untuk menyeimbangkan produksi dengan tujuan mutu dan profitabilitas.

Amazon.com menghadirkan sebuah Sistem “antisipasi pengiriman”, yang memanfaatkan pengetahuan mendalam tentang preferensi pelanggan untuk mengirimkan pesanan sebelum pelanggan mengklik “tombol beli”.

Cara yang dilakukan Amazon ini dapat meminimalkan biaya pengembalian dengan memberikan diskon atau memungkinkan pelanggan untuk mengubah pengiriman yang tidak diinginkan menjadi hadiah. Ini adalah sebuah seni manajemen rantai pasokan digital.

Karena kepemilikan teknologi pengambilan keputusan bergeser dari CIO ke Eksekutif C-suite dengan tanggung jawab untuk area bisnis individu, COO dan CSCO juga perlu meningkatkan permainan teknologinya.

Jangan pernah berjalan sendirian

Trendsetter digital memanfaatkan investasi digital mereka untuk membangun tingkat kolaborasi baru. Hal ini dilakukan jauh melampaui batasan mereka. Menciptakan ekosistem digital yang fleksibel dimana setiap orang dapat memiliki akses ke informasi yang benar untuk bekerja sama secara kolaboratif menuju tujuan bersama adalah prioritas utama.

Tidak seperti follower digital, yang fokus tetap pada memungkinkan kolaborasi antara fungsi internal, ekosistem trendsetter digital mencakup semua pemangku kepentingan. Ekosistem digital ini termasuk start-up, dalam jaringan yang luas, lancar dan dikelola secara proaktif. Biasanya, para trend setter digital akan bermitra dengan penyedia jasa manajemen infrastruktur IT untuk meningkatkan efisiensi dan kegesitan.

Salah satu pembuat pesawat terbang global, misalnya, menggunakan platform berbasis Cloud untuk melacak dan mengelola risiko pemasok di sejumlah KPI (Key Performance Index). Platform tersebut telah memungkinkan perusahaan untuk mengamankan kinerja operasional jaringan multi pemasok yang ditantang untuk menjaga kecepatan saat memproduksi pesawat baru.

Trendsetter digital mengenali risiko berbagi data. Mereka memiliki sistem untuk memungkinkan akses yang aman, cepat dan mudah untuk pembagian informasi. Dengan terlibat secara proaktif di ekosistem yang luas, trendsetter digital mendorong inovasi yang signifikan.

Sebagai contoh, pabrik obat Pfizer. Dengan kemampuan berbagi data, mereka dapat memungkinkan percepatan penelitian obat baru melalui kolaborasi yang belum pernah terjadi sebelumnya antara raksasa farmasi dan aliansi mitra.

Salah satu perusahaan otomotif, menginkubasi kelompok start up yang menyediakan sarana untuk berkembang dengan cepat dan menguji peluang bisnis baru di segmen mobilitas. Gagasan bisa datang dari in-house “intrapreneurs” atau sumber luar, termasuk jaringan start-up.

Bermitralah dengan pihak yang strategis dan dapat Anda andalkan untuk kelincahan dan efisiensi. Jangan pernah berjalan sendiri.

Jalan ke depan

Para trendsetter digital yang berhasil menggabungkan semua teknologi digital yang dibutuhkan untuk mendorong kinerja yang lebih tinggi. Ditambah dengan fokus strategis mereka, dan keberanian untuk berkolaborasi secara terbuka dengan pihak luar. Kemampuan digital pihak luar dapat mendukung mereka menjadi penggerak pertama di pasar on-demand saat ini.

Trendsetter digital mengikuti pola yang dapat diprediksi. Mereka menunjukkan kemampuan yang dibutuhkan selanjutnya. Dengan memperjelas kebutuhan, mereka dapat mengambil tindakan untuk menerapkan strategi rantai pasokan digital dalam cara yang berarti, dan menangkap manfaatnya.

Dengan mengikuti langkah-langkah berikut, Anda juga bisa merespon perkembangan digital secara berbeda dan mengubah rantai pasokan digital Anda menjadi nilai baru yang signifikan.

Menilai ulang rantai pasokan digital Anda.

Mempertahankan efisiensi dasar dengan memeriksa bagaimana Anda bisa memanfaatkan platform digital untuk mengubah proposisi nilai Anda. Selain itu, apakah rantai digital yang ada dapat memungkinkan pertumbuhan pada kecepatan untuk perusahaan sebagai keseluruhan.

Anda tidak bisa dan tidak seharusnya, melakukan semuanya. Cari apapun yang bisa membuat dampak yang tidak proporsional pada pertumbuhan dan profitabilitas perusahaan. Anda memerlukan area fokus baru:

  • KPI tambahan untuk meningkatkan pangsa pasar dan pendapatan,
  • alat pelacakan baru,
  • dan bahkan lebih banyak tata kelola lintas fungsi.

Memikirkan ulang model operasi Anda.

Pindai rantai pemasok Anda untuk pemberdayaan digital dan biarkan teknologi digital memberi informasi tentang bagaimana Anda bisa mempertimbangkan kembali rantai pasokan digital Anda. Memperbanyak teknologi canggih tanpa menyadari potensi besar Anda dapat terjadi jika tanpa pertimbangan yang matang.

Lihatlah pada teknologi yang dapat memberikan dampak finansial yang tinggi. Tanyakan, “Langkah apa yang harus kita buat pada strategi, proses, dan organisasi untuk mendorong jauh di luar kenyataan saat ini? ”

Dan ingat: jika rantai pemasok organisasi tidak dapat secara proaktif mengusulkan kemampuan untuk menambahkan model baru, sisa bisnis akan mencari pertambahan tersebut di tempat lain.

Memikirkan ulang ekosistem Anda

Perluas ekosistem digital Anda di luar batasan biasa Anda. Manfaatkan kemampuan digital untuk mengakses dan berbagi data, sekaligus mengelola risiko keamanan cyber sesuai praktik terbaik.

Libatkan secara proaktif dengan mitra strategis, termasuk digital start-up, untuk membantu Anda memulai inovasi yang meningkatkan nilai. Trendsetter digital tahu bahwa apa yang membentuk rantai pasokan digital yang besar kemarin sudah tidak lagi cukup pada saat ini.

Dengan melakukan strategi digital secara berbeda, mereka mengubah rantai pasokan menjadi supercepat, fleksibel dan sangat kolaboratif untuk membuat layanan pelanggan yang unggul. Pada akhirnya, Perusahaan mereka memiliki pertumbuhan yang menguntungkan. Sekarang Anda tahu rahasia mereka. Saatnya untuk bergabung dengan mereka hari ini juga.

Silahkan berdiskusi..

Comments are closed.

Pin It on Pinterest

Share This