3 Software Manajemen Proyek dan Kolaborasi Online

Baik untuk di kantor atau untuk bekerja bersama beberapa orang seperti pada bisnis event organizer, atau pekerjan per proyek yang perlu kerjasama dengan team yang dibentuk di kantor, tentunya akan lebih mudah dengan software manajemen proyek online yang dapat mendukung visibilitas terhadap tugas yang mana saja yang sudah dikerjakan dan belum dikerjakan dan juga dapat berinteraksi satau sama lain. Sehingga fungsi penugasan, pengawasan, dan pengendalian dapat ter-organisir lebih baik.

Konsep Boundary Less Management untuk Back Office Person

Secara sederhana, software kantoran yang dimaksud adalah Online Collaboration and Project Management, dimana seorang manajer dapat memberikan daftar seluruh tugas untuk satu proyek dan menunjuk siapa saja yang melaksanakan tugas tersebut, kemudian semuanya dapat melihat perkembangan penugasan tersebut terhadap proyek yang tengah dikerjakan oleh perusahaan anda.

Sehingga para manajer dapat lebih memantau dan mengelola staffnya terhadap penyelesaian pekerjaan tersebut, dari mana saja dan kapan saja.. karena kini memang sudah dimulai era boundary less management.

3 Software Manajemen Proyek dan Kolaborasi Online

Jika kolaborasi dan visibilitas dapat dimiliki, maka organisasi dapat lebih mengetahui apa yang perlu dilakukan, oleh siapa dan kapan.. sehingga penyelesaian pekerjaan dapat lebih mudah terukur.

Berikut beberapa software manajemen project dan kolaborasi yang kami pilih untuk perusahaan skala kecil menengah (karyawan 50 sampai 500 orang), dapat anda coba gratis pada versi trial 30 hari.

banner perusahaan konsultan IT di Indonesia

Redbooth

Sebelumnya dikenal dengan nama “Teambox” yang merupakan software kantor untuk manajemen proyek yang memudahkan pengelolaan proyek dimana para staf terlibat dapat berkolaborasi (ber-interaksi dan saling membantu).

Berikut beberapa fitur redbooth:software manajemen proyek redbooth harga murah

  • Komunikasi online 1 on 1 dan komunikasi grup untuk berbagi file, video, gambar, idea dan saran-saran secara real time.
  • Pembuatan daftar tugas, penyimpanan file, membuat penugasan dan melihat tugas-tugas yang belum di kerjakan atau yang akan terlambat diluar jadwal, sehingga anda dapat melakukan tindakan pro-aktif terkait hal tersebut.
  • Visualisasi kinerja dan melacak kinerja karyawan yang terlibat dalam tiap proyek.
  • Peyimpanan semua file dan dokumen penting pada lokasi terpusat.
  • Melihat beban kerja untuk menentukan siapa yang kelebihan beban kerja terhadap tugas di proyek tersebut dan siapa yang masih lowong.
  • Dapat di integrasikan dengan Google Drive, Dropbox, Evernote dan software manajemen proyek lainnya.
  • Tersedia plugin untuk mengirim e-mail via Outlook dan Gmail, sehingga begitu anda membuka laptop di kantor, maka anda dapat mengambil data dari Redbooth dan kirim ke client atau atasan.
  • Pilihan saluran komunikasi yang banyak, seperti e-mail, chatting online, dan video call serta conference call, sehingga anda dan karyawan dapat online meeting, saling melihat layar komputer, atau misal untuk di oil and gas company .. ketika ada kebocoran atau kerusakan peralatan maka karyawan di lapangan dapat memperlihatkan kerusakan atau kebocoran tersebut melalui HD Video Chat ke staff ahli di kantor atau ke para konsultan.
  • Dapat diakses melalui aplikasi iOS dan Andoird, selain dari web.

Seperti pada stasiun televisi dan rumah produksi, tentunya software manajemen proyek redbooth seperti ini dapat membantu pekerjaan per acara atau per proyek, dan juga para event organizer juga dapat menggunakan software seperti ini.

Software manajemen proyek ini di sewakan secara bulanan, dengan harga yang cukup murah.. mulai dari sekitar Rp. 50rb per user / per bulan sampai Rp. 450rb / user / bulan, dengan sistem cloud yang memiliki tingkat keamanan dan kestabilan lebih tinggi, yang paling mahal cocok untuk level manager.

Basecamp 3

Salah satu pilihan yang paling populer untuk para entrepreneur, UKM, kelompok dan freelancer, Basecamp membantu Anda berkolaborasi dengan orang yang berbeda untuk mencapai tujuan bersama, yaitu menyelesaikan sebuah proyek.

Aplikasi online project management ini berfokus pada fungsi komunikasi aman antar sesama anggota team sehingaa mereka lebih mudah berdiskusi mengenai tugas, tenggat waktu, isu secara terbuka, membagi ide dan bertukar pikiran untuk keberhasilan proyek.

software kantoran base camp

Aplikasi resmi Bascemp tersedia untuk iOS dan perangkat Android. Berikut beberapa fitur Basecemp:

  • Papan pesan tersusun
  • Real-Time chat dan ping
  • Daftar yang harus dikerjakan
  • Peyimpanan file dan dokumen
  • Penjadwalan terpusat

Silahkan lihat fitur Basecamp selengkapnya.

Huddle

Software manajemen proyek ini lebih mengemukakan fitur untuk berkolaborasi dengan client, yang mana sudah banyak digunakan oleh Kantor Akuntan Publik seperti KPMG dan Deloitte, dan beberapa perusahaan besar seperti Epson, KIA dan P&G, beberapa institusi pemerintahan.

aplikasi online cloud project management and collaboration for auditors

Dalam hal melakukan audit, para auditor independen (akuntan publik) dapat mengajak client untuk bersama mengawasi tenggat waktu yang diberikan, karena biasanya proposal jasa audit akuntan publik sangat ketat dengan tenggat waktu dan ini berkaitan dengan biaya akuntan publik yang dihitung berdasar hari atau jam.

Perusahaan penyedia konten kolaborasi ini membangun jaringan aman untuk kolaborasi lintas organisasi pada komputasi awan (cloud). Berikut adalah beberapa fitur utama aplikasi Huddle:

  • Penugasan. Dapat memungkinkan untuk melacak proses penugasan secara detil dan memerikan tengat waktu (deadline) untuk tiap proyek secara real-time, dimana dapat menyisipkan file penting untuk tugas tertentu.
  • Diskusi. Seluruh team dapat berdiskusi secara bersamaan dan juga dapat diadakan sesi tukar-pkiran (brainstorming) dengan seluruh anggota. Seluruh percakapan ini disimpan pada lokasi yang terpusat secara cloud, sehingga lebih cepat dan lebih aman.
  • Penyimpanan file online. Aplikasi ini dapat menyimpan seluruh file dan dokumen bisnis anda pada cloud server yang ter-enkripsi sesuai standard keamanan “Zero Trust Network”
  • Perizinan. Aplikasi manajemen proyek ini dapat menentukan atau membatasi para pengguna untuk dapat melihat hal tertentu dengan setting perizinan yang terperinci dan otorisasi terhadap setiap ruang kerja atau folder.

Aplikasi Huddle dapat di integrasikan dengan aplikasi lainnya seperti Salesforce.com melalui sistem penghubung konten, sehingga dapat memaksimalkan ROI perusahaan anda. Harga sewa per bulan aplikasi Huddle ini cukup lumayan, namun untuk pemerintahan selama Huddle belum menggunakan data center di Indonesia maka sebaiknya tidak digunakan untuk alasan keamanan.

Kesimpulan:

Aplikasi perkantoran tersebut diatas dapat digunakan pada perangkat android dan iOS. Masing-masing memiliki kelebihan dan keterbatasan tersendiri. Selain untuk manajemen proyek dengan daftar tugas dan penugasan, ketiga aplikasi online tersebut diatas memiliki fitur online chatting untuk berkolaborasi bersama staff yang terlibat dalam proyek.

Fitur penyimpanan cloud dan keamanan data merupakan faktor penting yang dikemukakan oleh ketiga penyedia aplikasi online collaboration and project management tersebut diatas.

Untuk perusahaan kecil, sangat disarankan untuk memakai Aplikasi BaseCamp, untuk perusahaan menengah dapat memakai Redbooth, dan untuk perusahaan besar yang membutuhkan skalabilitas serta kontinuitas disarankan memakai Huddle.

Kini memang saatnya menggunakan aplikasi online untuk memudahkan pekerjaan kantor anda.

Silahkan berdiskusi..

2 Responses so far.

  1. […] Membutuhkan kapasitas jaringan yang lebih untuk aplikasi yang membutuhkan bandwidth, seperti video conferencing atau memakai aplikasi project management and collaboration online. […]

  2. Aplikasi Chatting Plus Video Sembari Kerja dan Tetap Produktif berkata:

    […] ingin meningkatkan produktivitas karyawan, silahkan baca selanjutnya lebih lengkapi lagi mengenai software manajemen proyek redbooth […]

Pin It on Pinterest

Share This