Peluang Usaha Bisnis Kaos Sablon Distro

Bisnis kaos merupakan salah satu peluang usaha yang dari dulu hingga kini tidak ada surutnya, namun memerlukan analisa sebelum mulai memasuki bisnis yang satu ini. Banyak pengusaha kaos distro yang sukses seperti nine inch nails di Bintaro, Tangerang Selatan dan artis Desta yang juga memiliki bisnis kaos sablon distro di Jakarta.

Salah satu faktor kesuksesan bisnis kaos sablon antara lain terletak pada desain, kualitas kaos polos, dan kualitas hasil cetakan sablon di kaos tersebut.

Saat ini, sudah banyak pengusaha startup Indonesia yang mendunia, mungkin anda dapat menjadi salah satunya setelah membaca analisa bisnis kaos sablon ini, silahkan baca secara menyeluruh penjelasan bisnis kaos sablon distro dibawah ini.

Desain Kaos Sablon

peluang usaha bisnis kaos sablon distro

Untuk mendapatkan desain kaos sablon bagi anda yang belum memiliki tenaga atau keahlian desain grafis bukanlah menjadi suatu halangan, sebab banyak sekali di internet yang menyediakan desain untuk dijual dengan biaya sekitar Rp. 5.000 per desain.

Kriteria desain kaos tersebut harus memenuhi kriteria teknis seperti minimal ukuran A3 atau A4 atau 1000 x 1000 pixels, ini minimalnya, semakin besar tentunya semakin bagus dengan format file PNG, Ai (Adobe Illustrator), dan lainnya.

Bentuk design yang dapat dipilih antara lain:

  • Gambar grafis yang menarik, seperti desain grafis : skate art, tatto (tentunya lebih baik men-tatto baju ketimbang di badan), technology, gambar unik, gambar menarik, sketsa, gambar 3D, dan lainnya.
  • Kata-kata lucu, menarik,filosofi
  • Mewakili komunitas yang ramai anggotanya, seperti desain kaos club bola yang unik. Dalam hal ini kreatifitas sangat diperlukan. Pada umumnya penggemar bola pun bosan dengan design kaos yang umum beredar di pasaran. Tidak ada salahnya jika anda membuat desain kaos bola yang lebih bagus dari yang diluncurkan oleh club bola itu sendiri. Semoga anda dihubungi oleh klub bola tersebut untuk dibeli baju kaosnya dalam jumlah besar.
  • Kreatif. Seperti kaos yang di cetak di balik kaos untuk nonton bola. Jika ada gol kaos tersebut dapat diangkat ke kepala pemakainya dan menampilkan wajah si pencetak gol atau wajah pemain bola kesebelasan tersebut
  • Kaos Pasangan, atau populernya “Kaos Couple” ini dapat di design secara menarik sesuai dengan tema kreatif, baik dengan gambar maupun dengan tulisan.

Kreatifitas pemilihan desain merupakan faktor utama dalam menentukan kualitas desain yang dapat menarik minat pembeli kaos distro.

Jenis Kaos Polos untuk Disablon

Banyak kaos polos yang dijual di pasaran. Namun untuk kualitas anda dapat pakai kaos jenis Gildan untuk kualitas terbaik, dan kaos Raglan untuk kualitas medium. Sedangkan untuk kaos umum dapat menggunakan kaos polos apa saja sepanjang bahannya cotton. Semisal untuk kaos kampanye pilkada atau kaos hadiah dari suatu produk sehingga dapat menghemat anggaran.

Beberapa Jenis Kaos Polos Gildan:

  • Kaos polos Gildan ultra cotton Softstyle
  • Kaos polos Gildan ultra cotton Premium
  • Kaos polos Gildan ultra cotton Premium Lengan Panjang

Gilda ultra cotton premium terbuat dari 55% cotton combed dan 45% viscose, yang memiliki ketahanan umur pakai lebih panjang atau tidak mudah susut mengerut. Sedangkan untuk yang jenis gildan softstyle terbuat dari 35%  bahan katun kombet dan 65% polyester dan harganya lebih murah ketimbang ultra premium.

Harga kaos Gildan berkisar antara Rp. 50.000,- sampai Rp. 75.000. Kaos gildan adalah jenis terbaik untuk kaos distro dengan bahan katun yang lembut dan adem. Kaos polos Gildan dapat mendukung kekuatan cetakan sablon karena benangnya lebih rapat dan halus.

Sekali lagi, untuk kualitas t-shirt distro yang lebih exclusive maka perlu pemakaian bahan kaos yang paling bagus karena biasanya para penggemar kaos distro umunya memahami jenis dan kualitas t-shirt yang digunakan selain kualitas cetakan design sablonnya

Biaya Jasa Sablon Kaos

Berikut harga jasa sablon kaos berdasar pemantauan kami:

Untuk satu sisi berukuran A3 dan A4 berkisar Rp. 15.000 sampai 25.000 dengan separasi 6 warna, atau sekitar Rp. 5000 per warna, dan untuk dasar dengan warna putih biasanya dienai biaya sekitar R. 5000 sampai 10.000, untuk sablon DTG (Direct to Garment).

Untuk produksi ratusan sampai ribuan kaos, diperlukan sebuah mesin sablon manual namun terkomputerisasi. Misal, menggunakan mesin sablon karosel yang mendukung separasi 6 warna dan memiliki kemampuan produksi kaos sablon sebanyak 500 t-shirt. Per jam bisa untuk banyak desain dalam sekali produksi.

mesin cetak sablon kaosPerbedaan harga sablon DTG dan sablon manual dengan mesin sablon adalah, harga akan lebih murah memakai mesin sablon manual untuk produksi kaos dalam jumlah ratusan. Untuk cetak kaos sablon satuan dengan desain diatas 50% jumlah kaos yang diproduksi sebaiknya memakai cetak DTG. Tidak ada biaya film pada cetak sablon DTG, artinya anda dapat menghemat biaya film sablon.

Selain itu, sablon DTG dapat mengakomodir kebutuhan cetak sablon untuk tingkat kerumitan tinggi dan lebih presisi hasilnya.

Sedangkan untuk cetak kaos perusahaan atau kaos untuk organisai seperti give-away produk perbankan, donor darah PMI, dapat menggunakan cetak sablon manual karena biasanya kapasitas produksi ribuan sampai pulhan ribu yang dipesan harus selesai dalam waktu kurang dari 1 bulan dan juga biaya cetaknya bisa lebih murah ketimbang memakai jasa cetak sablon DTG.

Memilih Jasa Cetak Sablon Kaos

Dalam memilih jasa cetak sablon, terutama untuk kaos distro, yang terpenting adalah kualitas hasil cetakan, sedangkan biaya cetak hampir mirip semuanya hanya beda sedikit. Dalam hal ini kami dapat mereferensikan anda untuk memakai jasa cetak sablon kaos distro yang memang memiliki mesin dan peralatan sablon yang lengkap seperti di RajaSablon.ID yang berlokasi di BSD, Tangerang.

Disamping itu, di website Rajasablon.id anda dapat langsung menempelkan design kaos anda dan memilih kaos gildan yang akan digunakan. Intinya, hasil akhirnya dapat anda lihat sebelum naik cetak. Ini memberikan manfaat terhadap resiko salah penempatan design pada kaos distro anda. Biaya produksi kaos distro dapat lebih terukur dengan menggunakan jasa sablon mereka.

Jika anda memilih jasa cetak sablon yang perlengkapan sablonnya tidak jelas atau kurang lengkap, bisa saja usaha cetak sablon yang anda pilih tersebut melimpahkan pekerjaan sablonnya lagi ke pihak lain yang memiliki peralatan cetak sablon. Memang tidak ada salahnya, akan tetapi jangka panjangnya untuk masalah harga biaya cetak sablon yang lebih murah akan sulit anda dapati.

Anda dapat mengirim design ke mereka beserta instruksi akan dicetak pada kaos Gildan jenis apa dan ukuran berapa. Kemudian jika sudah selesai maka hasil produksi dapat dikirimkan via ekspedisi atau JNE yang wilayah antarannya mencakup ke seluruh Indonesia.

Analisa Bisnis Kaos Sablon

Untuk pasar Indonesia, harga kaos distro menggunakan bahan t-shirt Gildan berkisar Rp. 100.000 sampai Rp. 150.000 dan kita ambil nilai rata-rata yakni Rp. 125.000 / kaos.

Modal yang dibutuhkan untuk memproduksi 1 buah t-shirt distro jika mengunakan mesin DTG erkisar Rp. 75.000 sudah termasuk kaos Gildan, beli design Rp. 5.000, dan jasa cetak kaos DTG.

Sehingga terdapat laba kotor per kaos sebesar Rp. 50.000 atau sebesar 65% dari modal.

Biaya operasional suatu usaha biasanya berkisar 30% sampai 40%. Kemudian ambil nilai tengahnya,  yakni 35%, sehingga terdapat sisa hasil usaha per kaos distro sebesar 30%.

Modal yang perlu dianggarkan untuk bisnis kaos distro ini dapat disesuaikan dengan kapasitas dan keyakinan terhadap pasar, baik kebutuhan maupun tingkat persaingan. Hanya saja dalam memasuki usaha retail, anda perlu memperkenalkan banyak pilihan desain agar supaya kesempatan penjualan lebih besar. Sehingga, jumlah layak produksi untuk awal adalah sebesar 100 desain atau 100 kaos.

Ini artinya dengan modal produksi kaos sebesar Rp. 7.5jt, anda akan mendapat laba kotor sebesar Rp. 4.950.000 dan biaya operasional yang harus di angarkan di awal adalah sebesar 35% dari laba kotor tersebut atau sekitar Rp. 1.7jt. Sehingga total modal awal binsis kaos distro adalah Rp. 9.2jt dengan target sisa hasil usaha berkisar Rp. 3.250.000,- atau sekitar 30% dari modal keseluruhan.

Dari analisa tersebut diatas, tentunya dapat di kalikan sendiri untuk kapasitas produksi dan penjualan 1000 kaos per bulan. Kapasitas tersebut dapat di tingkatkan jika kurang dari 1 minggu 100 kaos anda habis ludes terjual. Ini akan sangat bergantung pada pemahaman pasar seperti kriteria desain t-shirt seperti apa yang paling laris.

Jalur Pemasaran Kaos Sablon

Selain dapat menjual di departemen store secara konsinyasi, tentu anda juga dapat menjual secara online baik kaos distro itu. Baik dengan membuat website toko online sendiri maupun dengan menjual di marketplace seperti tokopedia dan bukalapak. Anda juga dapat memasarkan kaos distro hasil produksi anda pada pameran seperti “JakCloth” yang sering diadakan di Gelora Bung Karno, Senayan (Jakarta).

Memang banyak sekali channel pemasaran untuk kaos sablon, terutama untuk anda yang memang akan serius menekuni bisnis kaos distro tentunya anda harus memetakan jalur pemasaran dalam sebuah konsep bisnis (canvas business model) agar supaya lebih jelas action plannya.

Facebook, Instagram dan Pinterest merupakan sarana promosi online yang dapat anda pilih, namun untuk pejualannya tetap anda harus mengunakan market place atau dengan online shop kaos distro anda sendiri agar supaya lebih memudahkan proses transaksi dan pelayanan pelanggan.

Pemasaran Kaos Distro Online

Dalam memasarkan kaos distro melalui website toko online, tentunya selain banyaknya jumlah kaos dan kategori design t-shirt, anda juga harus sering mempromosikan tiap halaman produk tersebut ke beberapa sosial media. Seperti Facebook (group FB dan Fanpage), Google plus dan juga ke beberapa komunitas, forum seperti kaskus, pinterest, instagram, path, twitter dan line. Dan jika ingin mempercepat penjualan t-shirt distro maka dapat mengambil promosi berbayar via Facebook, google adwords, instagram dan pinterest.

Jika anda menggunakan jasa SEO, tentunya dapat lebih bagus lagi dalam meningkatkan probabilitas penjualan kaos distro anda, dan dengan menggunakan jasa SEO yang profesional maka anda tidak perlu selalu bergantung pada iklan FB dan Google Adwords untuk menempati indeks hasil pencarian di halan pertam google.

Hanya saja, anda harus berhati-hati dalam memilih jasa SEO. Biasanya jasa SEO dapat menguras kocek puluhan sampai ratusan juta per bulan. Memang, banyak yang menawarkan dengan biaya yang sangat murah akan tetapi hasil kedepannya website anda bisa saja tidak muncul lagi di hasil pencarian google ataupun dapat terlempar jauh ke beberapa halaman pencarian. Ini biasanya karena jasa SEO yang menawarkan harga murah melakukan optimasi dengan cara mencurangi search engine dengan ciri: murah dan cepat.

Peluang Bisnis T-shirt Manca Negara

Pemasaran melalui online membuka peluang penjualan kaos distro ke mancanegara, jika anda memiliki website kaos distro online tentunya anda hanya perlu untuk memperkenalkan website anda melalui forum-forum desain t-shirt di beberapa negara atau melakukan e-mail campaign dengan target para buyer di seluruh dunia.

Jalur pemasaran secara khusus juga dapat anda bidik. Misal anda membuat kaos dengan desain skating dan olahraga hoki, maka anda dapat menitipkan produk kaos distro anda pada toko yang berlokasi di depan saran bermain ice skating seperti di Bintaro Xchange.

Bisnis Kaos Distro Cocoknya untuk Siapa ?

Bisnis t-shirt distro lebih cocok untuk anda yang kreatif dan dapat memahami jiwa pemuda, dengan keunikan desain. Hasil akhir suatu t-shirt dapat membawa suatu kebanggaan bagi yang memakai kaos tersebut. Tentunya jika desainnya umum dan ala kadarnya maka segment pemakai kaos distro tidak akan mau membeli kaos seperti itu.

Untuk anda yang 4 sampai 10 tahun lagi akan pensiun, tentunya sangat elok jika mulai dari sekarang mempersiapkan bisnis sampingan untuk dijadikan aktifitas anda saat pensiun, karena dalam menyiapkan usaha yang stabil dan dapat diandakan untuk jadi sumber penghasilan membutuhkan waktu sekitar 4 tahun untuk melalui 4 stage dalam pendirian bisnis.

Disamping itu disaat anda masih bekerja di kantor, tentunya banyak sekali peluangnya yang tidak hanya sebatas kaos, namun juga untuk merchandise seperti Topi, mug sablon, jaket, hoodie, sweater, baju olah raga, celana senam, kaos polo seragam kantor, seragam polri, seragam kaos tentara dan lain sebaginya, maka jika anda sudah lihai dalam menghitung biaya produksi bisa saja anda ambil orderan tersebut yang mana orderannya bisa datang dari teman atau relasi anda dari kantor yang berbeda.

Dan untuk target penjualan ribuan kaos distro, tentunya akan lebih mudah dicapai melalui order kaos coporate atau untuk perusahaan. Dimana selain orderan kaos, bisa juga orderan sablon lainnya seperti cetak topi, tas ransel, cetak sablon tas belanja, bahkan cetak stiker untuk body mobil kantor, peluangnya sangat besar sekali dan dapat menghasilkan puluhan juta sampai ratusan juta pebulan berdasar pengamatan kami.

Kesimpulan bisnis kaos sablon distro ini:

Pakaian merupakan tingkat pertama dalam kebutuhan manusia selain makanan dan minuman, bisnis kaos sablon distro termasuk pada urutan utama tersebut. Hingga kini, peminat kaos distro di Indonesia terus meningkat, seiring dengan kemajuan teknologi informasi maka saluran pemasaran dapat dipilih untuk menghemat biaya sewa toko dan dapat digunkan untuk memperluas pemasaran hasil produksi kaos distro anda.

Kunci keberhasilan penjualan kaos distro terletak pada kualitas hasil produksi. Mulai dari design t-shirt yang kreatif, unik dan menarik, bahan t-shirt katun yang berkualitas bagus, sampai hasil cetak sablon yang jelas gradasi warnanya dan rapih.

Semoga analisa bisnis kaos distro ini dapat menambah wawasan anda para calon pengusaha di Indonesia. Sudah saatnya untuk memulai bisnis sampingan sendiri yang dapat dilakukan dari rumah sebagai persiapan pensiun untuk menopang kebutuhan keluarga sehari-hari.

Khusus untuk bisnis t-shirt distro, kita tidak bisa terlalu berfokus pada keuntungan semata. Kepuasan yang dapat mendatangkan kebanggan tersendiri bagi para pemakai kaos tersebut dapat menjadi fokus utama. Sedangkan keuntungan akan mengikuti searah dengan bertambah banyak nya peminat dan popularitas brand kaos distro anda.

Semoga kedepannya ada sebuah perusahaan yang dapat men-design t-shirt secara online (cloud t-shirt marketplace) dan menyediakan wajah penjualan design maupun barang jadi kaos sablon tersebut. Terimakasih 🙂

Silahkan berdiskusi..
Tips Mengurangi Biaya dan Investasi IT Pada Perusahaan
Bagaimana Cara Memilih Konsultan Data Center Terpercaya ?

Comments are closed.