Jenis Filter Air untuk Air Minum Isi Ulang

Air merupakan bagian paling penting dalam hidup kita. Bahkan, sebagian besar dari tubuh kita juga terdiri dari air loh. Nggak percaya? Nih buktinya : 75% bagian otak terdiri dari cairan, 92% darah terdiri dari air, 22% tulang terdiri dari air dan 75% dari otot juga terdiri air. Hal ini membuktikan bahwa tubuh kita sangat membutuhkan air. Kita mungkin bisa menahan lapar dalam waktu yang lama, tapi kita tidak mungkin bisa menahan haus terlalu lama. Jika kebutuhan air di dalam tubuh tidak tercukupi dapat mengakibatkan gangguan kesehatan seperti pusing, badan lemas, pandangan menjadi buram, dan lainnya.

Jenis Filter Air untuk Air Minum Isi Ulang

jenis fliter air untuk air minum isi ulang

Namun, supaya air tersebut layak untuk dikonsumsi tentu saja harus bersih dan jernih sehingga tidak berbahaya untuk kesehatan, termasuk air minum isi ulang. Salah satu cara agar air layak minum adalah dengan menggunakan filter untuk setiap pengolahan air. Berikut ini beberapa jenis filter air yang digunakan untuk air minum isi ulang :

Pasir Silika

Sesuai dengan namanya, filter air ini berupa pasir yang memiliki fungsi untuk menyaring material berbahaya baik yang berukuran besar ataupun kecil yang ada di dalam air. Biasanya, pasir silica digunakan untuk penyaringan tahap sebelum berlanjut ke penyaringan berikutnya. Pasir silica juga sering digunakan untuk bahan campuran semen, pembuatan gelas, dan lainnya.

Pasir Mangan

Filter air ini berbentuk pasir yang berwarna merah yang memiliki manfaat untuk menurunkan kadar zat besi yang ada di dalam air. Untuk anda yang belum tahu, ciri-ciri air yang memiliki kadar zat besi tinggi yaitu memiliki bau yang bangar, jika diendapkan dalam semalam maka warna air akan berubah menjadi kuning, jika air tersebut tumpah maka dinding atau lantai yang terkena tumpahannnya akan berwarna merah.

Karbon Aktif

Memiliki bentuk granular yang berfungsi untuk menghilangkan bau yang tidak sedap pada air dan juga menjernihkan air yang disaring.

Pasir Aktif

Pasir ini memiliki fungsi yang tidak jauh berbeda dengan pasir silica. Maka dari itu, pasir aktif bisa digunakan untuk menggantikan pasir silica untuk menyaring partikel berbahaya, baik itu partikel yang besar ataupun partikel yang kecil.

Resin Kation

Filter ini berbentuk butiran dan seringkali digunakan untuk industri air minum. Karena butiran filter ini sangat halus maka dibutuhkan tabung dengan desain khusus untuk menampung resin kation ini.

Resin Anion

Tidak jauh berbeda dengan filter sebelumnya, resin anion juga sering digunakan untuk industri air minum, baik itu industri skala besar ataupun skala kecil. Namun, untuk menggunakan resin anion ada aturan khusus tersendiri.

Klorin Table

Filter ini sering disebut dengan kaporit tablet yang digunakan untuk membunuh berbagai macam bakteri, virus dan kuman yang ada di dalam air. Klorin Tablet juga bisa digunakan untuk menghilangkan bakteri E.Colli yang sering bersarang di dalam air.

Pasir Ziolit

Pasir ziolit merupakan filter air yang sangat bermanfaat untuk menyaring air supaya terhindar dari zat berbahaya dan juga menambah oksigen yang ada di dalam air. Biasanya, pasir ziolit sering digunakan untuk bak terbuka karena fungsinya yang mampu menambah oksigen dalam air.

Pastikan anda memilih jenis filter air untuk air minum isi ulang dengan benar. Selain itu, gunakan juga tabung yang bagus untuk tempat filter air sehingga penyaringan air dapat berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan.

Silahkan berdiskusi..

Comments are closed.

Pin It on Pinterest

Share This