Branding Produk Melalui T-Shirt Promosi Apakah Efektif ?

Mungkin kita sering lihat kaos promosi digunakan lebih umum untuk partai politik. Hal tersebut hanya untuk momen yang lebih singkat. Tujuan branding produk adalah agar merk produk kita lebih di ingat diantara produk sejenis lainnya dan lebih kuat dipilih konsumen.

Papan Iklan Berjalan

Efektifitas T-Shirt branding sebagai sarana promosi produk anda dapat di ibaratkan seperti Papan Iklan Berjalan. Hanya dengan t-shirt yang exclusive untuk memperoleh efektifitas dari branding produk melalui kaos promosi. Sebab, seperti layaknya anda memberikan sesuatu namun jika barang tersebut kurang bagus maka dapat membentuk pemikiran negatif disisi penerimanya. Dan sebaliknya, jika barang bagus yang mereka terima dari anda maka mereka akan berpikir positif terhadap perusahaan atau produk anda. Disinilah kita bisa memahami motivasi orang untuk memakai kaos promosi, dan mulai mengiklankan produk kita secara sukarela.

Kriteria T-Shirt untuk Promosi Branding Produk

Untuk branding produk melalui T-Shirt, tidak bisa sembarangan. Ada beberapa kriteria agar tujuan marketing anda dapat berjalan pada saluran tersebut. Kriteria tersebut antara lain:

  • Memiliki material berkualitas, seperti katun 100%. Banyak kaos polos yang beredar, namun jika gampang kusut atau melar tentunya akan mereka pakai hanya di rumah. Untuk mencapai ketahanan efektifitas yang panjang, anda harus memilih T-shirt yang berkualitas. Gunakan t-shirt tidak ada jahitan di samping agar semakin exclusive.
  • Design T-Shirt yang Kreatif. Unik dan menarik, tujuannya adalah agar dapat memberikan ikatan emosional dan pengalaman memakai kaos yang berkualitas.
  • Sablonan yang berkualitas. Banyak tempat sablon kaos yang tersebar di kota besar Indonesia. Seperti tempat sablon di wilayah Jakarta, Tangerang, Depok, Bekasi dan Bogor. Namun anda harus mendapatkan contoh dari tiap design sablon kaos promosi yang akan anda produksi sebelum naik cetak dalam jumlah banyak.

Untuk masalah Design T-Shirt, perlu kami break down karena ini adalah masalah kreatifitas pemasaran.

Design T-Shirt untuk Promosi Produk

Branding Produk Melalui T-Shirt Promosi

Ada 2 pendapat yang beredar mengenai kekuatan kata-kata dan kemudahan ingatan terhadap visual. Dalam hal branding t-shirt kita perlu memakai 2 pendekatan tersebut. Tujuannya adalah agar orang mau memakai t-shirt branding kita, jika perlu mereka berebut untuk mendapatkan t-shirt tersebut.

Anda dapat memakai slogan atau jargon produk anda dan menggabungkan image visual yang menggambarkan produk anda. Tujuannya adalah agar setiap mengingat kalimat slogan produk anda maka orang akan mengingat produk anda. Misal, produk anda adalah mie sedap instan. Anda dapat membuat slogan “Feed The Hunger” hal ini akan memberikan rasa emotional yang positif baik bagi si pemakai sablon kaos promosi maupun yang melihat t-shirt tersebut. Lantas untuk branding secara visual, anda dapat

Dalam hal design kaos promosi, bisa saja untuk 10.000 T-shirt anda memiliki 100 design. Ini artinya 1 design untuk 100 t-shirt. Dan dengan teknologi printer DTG serta heat transfer, anda dapat memproduksi 1 t-shirt untuk 1 design.

Dalam hal exclusivitas, memang ada baiknya 1 design untuk 1 kaos. Sehingga setiap orang yang memakai kaos promosi produk anda tidak merasa khawatir akan menemukan orang yang sama memakai t-shirt tersebut ketika berjalan-jalan ke mall. Dan menurut pengamatan kami, belum ada perusahaan yang melakukan dengan cara ini. Sehingga, dari sekian banyak design t-shirt yang dilihat oleh orang-orang, mereka akan menemukan satu kemajemukan yakni merk produk anda.

1 T-Shirt untuk 100 target pemirsa yang berinteraksi

Jika anda memiliki target permirsa di sosial media sebanyak 1 juta orang, tentunya lebih cepat dan efisien jika anda menggunakan cara kreatif. Misalnya, membuat kuis di twitter dan yang menang akan mendapat 1 T-Shirt exclusive. Biasanya di Twitter untuk event seperti ini di buru oleh puluhan hingga ratusan audience. Dan jika T-Shirt branding produk anda memang bagus, tentu yang memperebutkan akan lebih banyak lagi.

Jika 1 Tshirt branding tersebut diperebutkan 100 orang, maka untuk mencapai 1 juta orang audience dibutuhkan 10.000 sablon kaos promosi. Dan program promosi seperti ini akan menyisakan rasa penasaran terhadap hadiah yang diperebutkan. Dengan demikian hasilnya adalah produk anda akan lebih di ingat oleh 1 juta orang tersebut. Selain itu acara branding produk anda di sosial media tersebut akan ramai di bicarakan. Gunakan hastag ‘#’ untuk tiap kuis yang anda selenggarakan, anda akan mengetahui efektifitasnya kemudian.

Cara tersebut lebih efisien jika dibandingkan dengan iklan berulang di sosial media. Untuk mencapai 1 juta pemirsa setidaknya dibutuhkan sekitar Rp. 13 juta, namun perlu pengulangan setiap hari, setidaknya dalam setahun harus di anggarkan sekitar 50x. Dan hasilnya hanya jumlah kunjungan ke website anda. Jika website anda merupakan web e-commerce, saluran ini tentu lebih efektif bagi anda.

Distribusi Kaos Gratis Melalui Sosial Media (Twitter Quiz)

Distribusi atau “give away” kaos promosi produk anda selain dapat anda lakukan di lokasi atau outlet penjualan atau melalui para agen, anda juga dapat mendistribusikan melalui sosial media.

Jika anda ingin mengambil pendekatan hari kerja, dalam setahun ada 250 hari kerja. Dan untuk hari sabtu dan minggu otomatis ada 48 hari. Hanya dengan t-shirt yang exclusive sebagai cara untuk mempertahankan jumlah audience. Anda dapat mengeluarkan kuis tiap jam 12 siang, jam 5 sore, dan jam 8 malam. Jam tersebut merupakan ‘peak point’ pada beberapa sosial media populer seperti twitter dan facebook.

Anda dapat mencoba untuk membuat 100 t-shirt branding, dengan 10 design untuk awalnya. Dan gunakan Twitter serta Fanpage anda untuk mencari peserta quiz produk anda.

Silahkan isi komen dibawah ini untuk saling berdiskusi mengenai efektifitas branding produk melalui papan iklan berjalan, alias T-Shirt Promosi.

 

Branding Produk melalui T-Shirt Promosi
Branding Produk melalui T-Shirt Promosi
Dalam membuat kaos promosi, kita harus serba kreatif. Selain itu harus berfokus pada kualitas kaos promosi tersebut secara keseluruhan.
KiosMaya
Silahkan berdiskusi..
Uber Rugi Hampir Rp. 17 Triliun di Semester I Tahun 2016
Apple Cetak Rekor Denda Pajak Terbaru Senilai Rp. 192 Triliun

Comments are closed.