Manfaat Aplikasi Cloud Car untuk Bisnis Rental Mobil

Aplikasi bisnis rental mobil akan menggantikan fungsi GPS tracking, namun untuk pengusaha rental mobil tetap GPS tracking diperlukan sebagai cadangan pemantauan keberadaan unit kendaraan tersebut.

Fleet Management untuk Usaha Rental Uber, GrabCar, Go-Car

Manfaat Aplikasi Cloud Car untuk Bisnis Rental Mobil (Software aplikasi bisnis rental mobil)Saat ini jumlah armada taxi di Indonesia sekitar 50.000 unit lebih (Blue Bird 30.000 unit taksi, dan Express Taxi sekitar 20.000 lebih armata taxi). Fenomena ini berlanjut dengan sedikit perubahan karena teknologi internet yang semakin canggih yakni dengan hadirnya UBER, GO-CAR, dan GRAB CAR yang berdasar pantauan kami dapat mencapai sekitar 50.000 unit armada mobil bergabung ke moda transportasi independen tersebut.

Bahwa sangat diperlukan sebuah aplikasi cloud dengan base android yang dapat memantau kondisi mobil baik dari jarak, service, penggunaan BBM, dan lainnya, agar para pemilik usaha rental mobil dapat meng-optimalkan unit kendaraan roda empat mereka.

Manfaat Aplikasi Cloud Car untuk Bisnis Rental Mobil

Aplikasi bisnis rental mobil merupakan solusi bagi para pemilik persewaan mobil di seluruh Indonesia. Dengan fitur monitoring yang lengkap maka para pengusaha rental mobil dapat melihat:

  • Data unit kendaraan, seperti merk, foto kendaraan, kondisi awal kendaraan.
  • Pemasukan dari pelanggan, baik pelanggan harian maupun pelanggan lepas dari Uber, GrabCar dan GoCar. Kesemuanya dapat di lihat dalam bentuk laporan real-time dan dapat di e-mail berdasar pendapatan rental per hari, per minggu, per bulan dan per tahun, atau dapat di set-up periode laporan berdasar rentang waktu tertentu.
  • Posisi unit mobil, dapat dilihat melalui peta yang mana arah dan tujuan serta waktu tiba dapat diketahui dan di ukur dengan menggabungkan data dari satelit GPR tracking.
  • Perbaikan dan Suku cadang, dapat lebih terukur dengan menggabungkan data histori perbaikan dan penggantian suku cadang dengan jarak yang sudah di tempuh mobil tersebut. Sehingga anda dapat lebih mengetahui kapan harus ganti ban mobil, ganti oli, ganti saringan bensin dan suku cadang lainnya. Fitur ini sebaiknya diberikan fungsi reminder atau pengingat tentang waktu untuk mengganti suku cadang tersebut.
  • Pemakaian BBM, dapat di monitor lebih jelas dan juga dimana mobil tersebut berhenti di pom bensin dapat di rekam, juga dapat mengirimkan pengingat untuk mengisi bensin.
  • Pencarian unit kendaraan, dapat dilihat unit kendaraan yang tersedia untuk di sewakan dan di pilih dari pendapatan dari pelanggan Uber, GrabCar dan GoCar yang paling sedikit atau sepi pelanggan, dalam hal ini para pemilik rental mobil dapat lebih meng-optimalkan pendapatan mereka.
  • Profile supir, seperti foto, ijazah, SIM dan masa berlakunya serta akan ada pengingat jika harus ada supir yang harus perpanjang SIM ke komdak.
  • Biaya supir, dan biaya operasional lainnya seperti cuci mobil dapat dilihat dan lebih ter ukur, serta biaya tersebut dapat di ajukan terlebih dahulu oleh per masing-masing driver.
  • Kalkulasi biaya per kilo meter, hal ini dapat membantu pengembangan usaha rental mobil anda, seperti akan menambah atau harus mengurangi kendaraan anda.
  • Perhitungan aset, fitur ini dapat menghitung nilai aset per mobil, baik secara akuntansi maupun nilai pasar, sehingga dapat memudahkan anda dalam proses pembuatan laporan keuangan tahunan untuk di laporkan ke pajak.
  • Data Kejadian, seperti kecelakaan, tilang, parkir, dan lain-lain. Hal ini dapat membantu anda dalam melihat kinerja sehari-hari tiap supir di lapangan.

Dengan memakai software aplikasi bisnis rental mobil ini, para pemilik kendaraan dapat lebih mengukur pendapatan dari mana saja yang lebih bagus, dan berapa biaya yang di perlukan, sehingga jika untuk menawarkan rental mobil harian dapat lebih menetapkan harganya secara tepat dan jika bisa memberkan harga sewa mobil lebih murah maka tentunya dapat meningkatkan daya saing.

Peluang Usaha Software Rental Mobil (Aplikasi Bisnis Rental Mobil)

Seperti dijelaskan diatas, bahwa di Indonesia bisa saja terdapat ratusan ribu mobil yang di sewakan, baik melalui rental mobil maupun melalui aplikasi Uber, GrabCar, dan GoCar. Mari kita ambil asumsi untuk jumlah unit 100.000 kendaraan.

  • Harga Software per Bulan Rp. 25.000 per kendaraan
  • Jumlah kendaraan 100.000
  • Pemasukan per bulan Rp. 2.500.000.000
  • Biaya development dengan 9 orang programmer dan 1 business analyst selama 6 bulan sekitar Rp. 750 juta dan penyesuaian selama 6 bulan, sekitar 250jt sehingga total Rp. 1 milyar sampai 1.5 milyar.
  • Investasi perangkat untuk beberapa server dan SSD storage sebagai pusat operasional cloud sekitar Rp. 1 milyar
  • Biaya sewa ruangan data center atau colocation server sekitar Rp. 25jt per bulan.

Pengembalian modal dapat diperkirakan selama 2 tahun, dan di tahun ke 3 biaya operasional per bulan sekitar Rp. 500jt sudah termsuk promosi di TV dan lainnya. Sehingga pendapatan per bulan di tahun ke tiga adalah Rp. 2 milyar dan per tahun Rp. 24 milyar.

Dan dibulan seterusnya dapat dilakukan pengembangan untuk API atau untuk di konsolidasikan ke modul-modul aplikasi lainnya secara luas, sehingga dapat lebih meposisikan aplikasi tersebut lebih kuat.

Kemudahan pembayaran juga perlu di perhitungkan, seperti menggabungkan dengan BCA dan Mandiri, PayPal untuk pangsa internasional dan saluran pembayaran lainnya.

Bagi para investor, silahkan hubungi kami di 0 8 8 8 1 6 2 6 2 5 2 untuk berpartisipasi dalam pengembangan software ini, kami memiliki team yang dapat di andalkan dalam pembuatan aplikasi cloud untuk pemilik kendaraan, yang juga dapat dipakai oleh perusahaan apa saja.

Silahkan berdiskusi..
Data Center untuk Perusahaan Media Televisi
Disaster Recovery Center untuk Pemerintah Sangat Mendesak

Comments are closed.