5 Praktik Terbaik untuk Dapat Melakukan Kerja Jarak Jauh

Beberapa tahun terakhir telah melihat peningkatan yang signifikan dalam tenaga kerja jarak jauh. Hal ini dikarenakan perkembangan teknologi telah memberi karyawan kebebasan untuk bekerja di mana saja, kapan saja. Menurut Forrester, telecommuting A.S. akan membengkak menjadi 63 juta orang dewasa tahun ini. Seiring tren kerja jarak jauh terus berlanjut, semakin banyak perusahaan yang menawarkan kepada karyawan kemampuan untuk bekerja secara jarak jauh secara reguler.

praktik terbaik cara kerja jarak jauh

Pilihlah pekerjaan yang lebih mudah, seperti penulis, insinyur dan perekrut. Namun lebih banyak industri terpengaruh oleh munculnya pekerjaan jarak jauh hari ini. Merintis tren kerja jarak jauh dengan mempekerjakan agen layanan pelanggan telah dilakukan oleh banyak perusahaan besar di dunia. Ini memungkinkan yang bekerja dari jarak jauh 100 persen jika didukung oleh teknologi yang tepat.

5 Praktik Terbaik untuk Dapat Melakukan Kerja Jarak Jauh

Dalam artikel ini, penyedia perangkat lunak cloud terkemuka untuk pasar contact center perusahaan, mengidentifikasi lima cara bahwa perusahaan di semua industri dapat memberdayakan karyawan untuk bekerja dari jarak jauh.

  1. Evaluasi Infrastruktur Teknologi

    Sebelum membuat kebijakan kerja jarak jauh secara permanen, evaluasi kekuatan dan kemampuan infrastruktur teknologi perusahaan. Lakukan pengujian kualitas untuk komponen seperti bandwidth internet dan kapasitas penyimpanan untuk memastikan kecepatan dan keamanan dalam menangani operasi jarak jauh sehari-hari.

    Jika bisnis inti beroperasi di cloud, secara alami akan lebih mudah bagi karyawan untuk bekerja melalui web. Jika tidak, perusahaan dapat memakai alat dan aplikasi web – seperti Microsoft 365 dan Slack, misalnya. Peralatan tersebut dapat mempermudah karyawan dalam mengakses email, berkolaborasi dengan rekan kerja dan mengakses dokumen secara online. Untuk contact center pada khususnya, lengkapi agen dengan platform perangkat lunak yang menyimpan semua alat dan aplikasi di satu tempat.

  2. Tetapkan Kebijakan Kerja Jarak Jauh

    Buatlah kebijakan keseluruhan perusahaan untuk menentukan berapa persen personil yang dapat bekerja dari jarak jauh, dan bagaimana caranya. Misalnya, apakah semua karyawan berhak bekerja dari jarak jauh? Apakah itu hak istimewa berbasis kinerja?

    Terlepas dari jumlah karyawan yang bekerja dari rumah, menetapkan protokol yang jelas termasuk harapan kinerja saat bekerja dari jarak jauh. Misalnya, agen contact center yang bekerja dari rumah harus berusaha menjawab 20 sampai 30 pertanyaan pelanggan setiap hari. Tetapkan pedoman ini untuk menjaga agar karyawan tetap pada jalur sementara tidak berada di tempat fisik.

  3. Berinvestasi dalam Peralatan untuk Menjaga Efisiensi

    Karyawan jarak jauh memerlukan alat yang tepat untuk bekerja secara efisien, dan tergantung pada perusahaan untuk memutuskan peralatan apa yang akan diinvestasikan untuk membantu menjaga pengalaman kerja jarak jauh yang lancar dan produktif.

    Beberapa perusahaan lebih memilih kebijakan “BYOD” bawa perangkat Anda sendiri. Ini memunculkan kebutuhan peralatan seperti laptop, headset, internet berkecepatan tinggi. Namun, yang paling umum bagi perusahaan adalah menyediakan alat penting untuk memastikan karyawan jarak jauh ditetapkan untuk sukses. Misalnya, penting bahwa agen layanan pelanggan memiliki headset berkualitas tinggi untuk melakukan sejumlah panggilan telepon pelanggan.

    Jika perusahaan memutuskan terhadap kebijakan “BYOD”, investasikan elemen yang akan membuat pekerjaan karyawan jauh lebih efisien. Sebagai contoh, selesaikan biaya internet berkecepatan tinggi atau sediakan mouse nirkabel. Selain itu, organisasi perlu mempersenjatai karyawan dengan perangkat lunak keamanan untuk melindungi informasi perusahaan yang sensitif dari pelanggaran data. Anda dapat mengandalkan jasa outsourcing keamanan infrastruktur IT yang berpengalaman dalam ekosistem kerja jarak jauh agar anggaran lebih efektif dan efisien.

  4. Tentukan Rencana Tindakan Berskala

    Penting untuk memiliki rencana tindakan krisis sementara karyawan berada jauh. Jika masalah tak terduga terjadi namun tim bekerja dari rumah, pastikan ada cara untuk segera terhubung dengan semua orang sekaligus. Misalnya, pusat kontak untuk menghadapi sejumlah besar panggilan dan pertanyaan saat ada pelanggaran layanan dan harus melakukan operasi skala sebagai hasilnya.
    Penting bagi semua agen untuk segera mendapatkan halaman yang sama dan mengatasi masalah sebagai satu unit. Entah itu sistem komunikasi internal atau panggilan darurat melalui video Skype untuk Bisnis, pastikan orang-orang di tim memasang aplikasi ini dan siap menggunakannya. Dengan begitu saat situasi muncul, rekan tim jarak jauh tidak akan mencegah perusahaan menemukan solusi cepat.

  5. Perbarui Program Manajemen

    Karyawan yang bekerja jarak jauh biasanya karyawan yang dipercaya bekerja tanpa pengawasan langsung. Namun, penting bagi karyawan dan manajer untuk tetap berkomunikasi dengan baik, terutama bila kedua belah pihak tidak secara fisik berada di kantor.

    Jika tim manajemen tidak yakin untuk mengizinkan karyawan bekerja dari jarak jauh, buatlah metrik kinerja untuk menunjukkan perbandingan antara karyawan di tempat dan karyawan jarak jauh agar manajer lebih nyaman. Seperti yang disebutkan sebelumnya, taktik ini juga akan membantu karyawan tetap produktif. Hasilnya mungkin mengejutkan manajemen – kebanyakan perusahaan mempertahankan produktivitas dengan pekerja jarak jauh.

    Menurut jajak pendapat Gallup tahun 2015, 58 persen pekerja A.S. mengatakan bahwa telecommuters sama produktifnya dengan pekerja lainnya.

Efisiensi Dari Boundary Less Management

Dengan konsep kerja dimana saja dan kapan saja, perusahaan dan para karyawan sama-sama mendapatkan penghematan dalam:

  • Biaya Transportasi. Seperti di Jakarta yang semakin parah kemacetan, tentu dengan bekerja dimana saja dan kapan saja dapat menghemat BBM yang terhambur pada saat macet di jalan.
  • Waktu. Banyak waktu yang dapat di gunakan untuk aktivitas penting lainnya, daripada harus hadir setiap hari pada kemacetan di jalan raya.
  • Ruangan. Dengan bekerja tidak di kantor, tentunya ada penghematan dalam biaya sewa ruangan kantor.

Untuk dapat mengaktifkan ekosistem boundary less management, ikuti 5 langkah terbaik diatas. Sehingga selain memperluas fleksibilitas dalam bekerja, perusahaan juga akan mendapatkan efisiensi yang cukup besar.

Untuk dapat dengan mudah menganggarkan investasi yang diperlukan, perusahaan dapat menghitung potensi penghematan yang dapat dilakukan. Baru kemudian penghematan tersebut dapat dialokasikan pada investasi teknologi untuk mendukung ekosistem boundary less management.

Silahkan berdiskusi..
Serangan Cyber Ke Perbankan Meningkat Drastis 2.5x Lipat
5 Tren Teknologi Informasi Paling Penting di Tahun 2017

Comments are closed.