Tips untuk memulai jasa reparasi komputer

Dengan berkembangnya era internet, komputer menjadi alat utama yang dibutuhkan oleh orang untuk menggunakan internet. Khususnya warga perkotaan yang mengikuti perkembangan teknologi, sebagian masyarakat sudah banyak yang membeli sebuah komputer / laptop baik untuk pekerjaannya, untuk anak sekolah. Komputer memang alat teknologi serbaguna yang dapat membantu mengoptimalkan aktifitas kita.

Banyak sekali kegunaan dari komputer, namun alat ini rentan sekali mengalami masalah yang menyebabkan komputer rusak. Komputer memiliki bagian-bagian yang sangat kompleks sehingga tidak semua orang mampu memperbaiki bila muncul kerusakan pada komputer. Membutuhkan tenaga khusus yang ahli dalam meperbaiki komputer, serta waktu yang relatif lama tergantung masalah pada komputer. Ini dapat memberi peluang untuk membuka jasa reparasi komputer.

Tips untuk memulai jasa reparasi komputer:

1. Persiapan modal
Biasanya ini jasa dikerjakan oleh perseorangan dan orang tersebut memiliki keahlian tentang komponen komputer beserta permasalahannya. Berikut adalah modal tambahan yang harus dikeluarkan:

1. Sewa tempat (gratis bila memakai tempat / rumah milik sendiri)
2.peralatan kursi dan meja serta alat pembantu untuk membuka isi komputer
3. Pembelian suku cadang komputer

2. Membuka usaha lain berkaitan
Banyak peluang usaha yang kita dapatkan melalui jasa ini seperti usaha jual beli aksesoris maupun hardware komputer, bahkan sampai jual beli komputer bekas. Hal tersebut menjadi keuntungan yang ganda karena selain kita mendapatkan keuntungan dari usaha utama, kita juga tidak perlu meluangkan waktu / mempersiapkan tempat baru untuk usaha tambahan ini.

3. Promosi jasa reparasi komputer
Dengan hanya mendirikan palang / spanduk yang bertuliskan “reparasi komputer” di depan rumah kita tidaklah dapat mengembangkan usaha kita. Buatlah brosur menarik dan murah mengenai usaha reparasi kita serta usaha tambahan kita yang lainnya. Kita juga bisa bekerja sama dengan pemilik toko penjual aksesoris komputer dengan pembagian komisi yang sudah disepakati. Dengan menjamurnya usaha / bisnis warnet, kita bisa menjalin kerjasama dengan pemilik warnet tersebut untuk memperbaiki komputer mereka bila mengalami kerusakan.

Hal-hal lainnya yang dapat kita berikan seperti berikut:

1. Garansi, Berikan tanda garansi bagi orang yang datang untuk reparasi komputer ke toko kita, sehingga mereka merasa tidak rugi dan yakin untuk memperbaiki komputernya.
2. Profesionalitas dan kejujuran, jangan melakukan hal-hal seperti menambah daftar masalah komputer dari yang seharusnya sehingga tarif menjadi mahal atau bahkan mengambil spare part bagus komputer konsumen untuk kita tukar. Hal tersebut dapat merusak usaha kita.

 

Hambatan usaha

Biasanya setiap memulai usaha, ada hambatan yang mungkin terjadi, tujuan kita mengetahuinya adalah menyiapkan cara untuk mengatasi hambatan yang mungkin kelak akan timbul. Berikut hambatan membuka jasa reparasi komputer:

1. Beberapa kerusakan komputer tidak bisa tertangani

2. Kesulitan mendapat spare part komputer tertutama jenis komputer model lama
Semoga tips membuka jasa / usaha reparasi komputer ini bisa membantu anda dalam membuka usaha menarik ini.