Produksi Etanol untuk Meningkatkan Devisa Negara

Sekarang ini, energy fosil yang khususnya minyak bumi merupakan salah satu sumber energi utama dan juga merupakan salah satu sumber devisa Negara. Sayangnya, cadangan energi fosil di Indonesia sangatlah kecil dibandingkan energy fosil cadangan dunia. Sementara itu, ditengah menipisnya energi fosil Indonesia, konsumsi akan energi fosil semakin meningkat. Jika konsumsi energi ini terus meningkat yang tidak diiringi dengan cadangan energi fosil saat ini dapat menyebabkan masalah energi di masa depan nanti. Bahkan, bisa jadi cadangan energi fosil ini akan segera habis.

Padahal, saat ini masih ada sumber energi yang tidak terbatas dan masih diperbarui secara terus menerus, salah satunya adalah etanol. Sumber energi ini dihasilkan dari fermentasi tetes tebu atau molase. Sudah sangat jelas, jika etanol merupakan sumber energi yang juga bisa digunakan untuk kehidupan tanpa harus takut kehabisan. Sayangnya, pemanfaatan akan energi alternatif ini masih sangat terbatas. Selain itu, kebijakan akan harga sumber energi terbarukan masih belum kompetitif dengan sumber energi fosil sehingga pemakaian sumber energi ini masih belum efisien.

Produksi Etanol untuk Meningkatkan Devisa Negara

Produksi Etanol untuk Meningkatkan Devisa Negara

Etanol atau yang lebih dikenal oleh masyarakat Indonesia dengan sebutan alkohol merupakan senyawa kimia dengan rumus C2H5OH yang memiliki ciri khas berbentuk cairan yang tidak berwarna, mudah terbakar, memiliki bau yang sangat khas alkohol dan juga merupakan pelarut yang paling penting selain air. Sekarang ini, etanol mayoritas digunakan oleh produsen minuman alkohol dan juga industri farmasi.

Sebenarnya, etanol memiliki peran penting dalam peningkatan devisa Negara. Semakin banyak ethanol digunanakan maka devisa Negara juga semakin meningkat. Di Amerika, penggunaan etanol terus meningkat untuk berbagai sector industri. Jika ditelusuri lebih dalam, untuk pengolahan etanol ini sebenarnya tidak terlalu sulit. Banyak industri yang terbukti sudah memproduksi etanol sendiri sebagai komposisi produknya.

Maka dari itu, diharapkan Indonesia memiliki lebih banyak lagi infrastruktur pengembangan etanol supaya cadangan fosil di Indonesia tetap terjaga dan devisa Negara bisa meningkat.

Dengan memakai etanol untuk semua sector, maka tujuan produksi etanol untuk meningkatkan devisa Negara bisa segera terlaksana. Bahkan, sejak tahun 2007 pemerintah sudah menyediakan lahan tebu untuk diolah menjadi etanol sehingga produksi energi alam ini bisa terus meningkat. Sayangnya pemerintahan kini terlalu fokus pada pengerjaan infrastruktur yang cukup memberikan resiko pada perekonomian saat ini .. semoga para petinggi di Negeri ini ada membaca tulisan ini.

Untuk pihak yang tertarik ber-investasi pada produksi ethanol silahkan hubungi M. Yakub di nomor 0812  8 1 8 0  0 3 1 3 salah seorang team kami yang sudah pengalaman dan siap dengan business plan untuk pabrik ethanol baik untuk skala kecil, sedang dan besar.

Silahkan berdiskusi..
Post Tagged with , , , ,

Comments are closed.

Pin It on Pinterest

Share This